alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f2d5f6a4cb173a638b4592/manfaat-buah-pepaya
MANFAAT BUAH PEPAYA
MANFAAT BUAH PEPAYAMANFAAT PEPAYA :

Pepaya adalah tanaman buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Buah pepaya atau papaya mudah tumbuh di kawasan tropis seperti di Indonesia. Jika Anda tinggal di daerah yang cukup sejuk, cobalah untuk menanam pepaya sendiri agar suatu saat Anda tidak perlu lagi membelinya karena tinggal memetik saja.

MANFAAT BUAH PEPAYA

Buah pepaya dikenal sebagai buah pelancar BAB karena dagingnya yang lembut pada buah ini sangat mudah untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Jumlah bijinya yang banyak dengan warna hitam terkadang membuat sebagian orang ogah untuk makan buah ini. Tetapi percayalah, dibalik warna dan bentuk yang menjijikan dari biji pepaya tersimpan banyak manfaat pada bagian dagingnya.

Setelah sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang manfaat daun pepaya hingga biji dan bunganya, kali ini saya ingin juga berbagi perihal manfaat buah pepaya. Dimulai dari kandungan nutrisi yang ada pada buah pepaya tersebut.


Kandungan Nutrisi Pepaya

Dikatakan banyak manfaat sudah pasti karena banyak kandungan nutrisinya. Sebagai data pasti agar Anda percaya akan khasiat buah pepaya, berikut ini beberapa kandungan yang tersimpan dalam satu buah pepaya.
89,7 gram mineral
1,7 mg ferrum
12 mg zat besi
12,2 mg hidrat arang
46 kal kalori
23 mg kalsium
0,5 protein
365 SI vitamin A
78 mg vitamin C
Zinc
Potassium, dan
Selenium
Jumlah nutrisi tersebut sepadan dengan efek positif yang akan diterima oleh tubuh.

Manfaat Buah Pepaya

Mengetahui jumlah nutrisi yang tertanam dalam satu buah saja segitu banyak, apalagi manfaatnya? Pasti tak kalah banyak. Oleh sebab itu pada artikel ini saya juga ingin memperkenalkan pada Anda soal manfaat buah pepaya baik itu untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Menyembuhkan Kulit Melepuh

Kulit yang melepuh akibat terbakar bisa disembuhkan secara efektif dengan bantuan getah pepaya. Caranya dengan memarut bagian kulit buah, getah yang keluar langsung ditadangi pada mangkuk, setelah itu oleskan pada area kulit yang melepuh, diamkan semalaman.

Apabila kulit yang melepuh cukup lebar, gunakan juga daging buah pepaya, lalu tumbuk halus dan tempelkan (tutupi) bagian kulit yang melepuh. Diamkan semalaman dan bersihkan saat pagi hari, lakukan rutin untuk hasil maksimal.

Obat Malaria dan Demam

Cara meraciknya adalah menumbuk daun pepaya muda sampai terisi 1/2 gelas, tuangkan air sebanyak 3/4 gelas dan taburi sedikit garam. Peras airnya, saring, lalu minum 3 kali sehari. Rutin lakukan pengobatan dengan ramuan daun pepaya selama 5 hari berturut-turut.

Menghilangkan Bisa Ular

Gigitan ular berbisa sangat berbahaya jika tidak segera disembuhkan. Disini buah pepaya ikut berperan dalam hal menyembuhkan luka berkas gigitan ular berbisa tersebut.

Siapkan 5 jari akar pepaya, cuci bersih, lalu bubuhkan (tumbuk) sampai halus. Tempelkan akar pepaya yang sudah halus tadi pad bagian kulit yang terkena gigitan, balut dengan kain. Ganti kain balutan 2 kali sehari.

Susah Buang Air Besar Karena Makan Jengkol (Jengkolan)

Sediakan 1/2 tangkai daun pepaya, 10 lembar daun kacang panjang dan 6 tangkai daun singkong. Cuci semua bahan tersebut, kemudian ditumbuk hingga halus, tambahkan 1/2 gelas air masak, remas, dan tambahkan 1 sendok madu murni. Peras air dan saring, lalu minum 1 - 2 kali secara rutin.

Sembelit, Sakit Maag, Sariawan, dan BAB tidak teratur

Cukup makan buah pepaya matang sebanyak 3 kali sehari dengan jumlah yang cukup banyak. Lakukan sampai gangguan kesehatan tersebut pulih atau setidaknya mendingan. Buah pepaya juga mengandung cukup banyak vitamin C yang mamu meredakan gejala sariawan akibat kekurangan asupan vitamin C.

Menambah Nafsu Makan

Pepaya dapat meningkatkan dan mengembalikan nafsu makan, jadi sangat cocok untuk si kecil yang lagi ngambek atau sakit.

Caranya dengan memetik selembar daun pepaya, lalu cuci bersih. Lumatkan pakai tangan atau alat penumbuk, taburi garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas. Airnya diperas, dan minum air hasil perasan sampai habis.

Manfaat buah pepaya lainnya bisa untuk mengobati flu, demam, sebagai pelancar air seni, obat batu ginjal, hipertensi, mengatasi keputihan, diare, jerawat dan masih banyak lagi.

MARI KITA MENANAM SENDIRI GO GREEN
by. DACOCHI


nice info gan
ane suka buah pepaya
Buah fav ane jgemoticon-Stick Out Tongue.. omong2, ada yg perna makan pepaya pake kecap manis ga?