alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Tentang Android Virtual Reality , Google Cardboard , Augmented Reality , VR , AR
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f280c0bccb17115a8b4580/tentang-android-virtual-reality--google-cardboard--augmented-reality--vr--ar

Tentang Android Virtual Reality , Google Cardboard , Augmented Reality , VR , AR

Android Virtual Reality (VR) & Augmented Reality (AR)

Memang di Android punya VR & AR ? , tentu punya gan .... yang terbaru adalah Google Cardboard, .... wah apaan itu gan? ... , nah entu kita belajar bareng-bareng yaa .. he he .. yang pasti dia semacam HMD (Head Mounting Device), yang dipake agar kita nanti bisa merasakan VR atau AR dengan lebih baik.

Ane dah nyoba bikin sendiri, sampe beli ini Google Cardboard dan hasilnya menjanjikan gan kedepannya, .. dia pake system stereoscopics, dimana sebuah gambar atau video dalam satu layar akan ditampilkan dalam 2 gambar atau video sekaligus, untuk mata kanan dan mata kiri. Beda nggak itu gan?, gambar atau video kanan sama kirinya? ...

Tentu gan, ada teknik tertentu, yang digunakan sehingga 2 gambar atau video itu ketika dilihat akan menjadi memiliki kedalaman (3D). Yang sekarang lagi populer ya Oculus Rift, udah pernah nyobain gan? .... , he he ... ane udah kebetulan ..... ,dan maknyus gan .... , Google Cardboard ya miriplah sama itu, meski pake kardus ...... , mirip sedikit maksudnya .. ha ha

Nah layarnya pake apa gan? ... pake Handset Android kita dunk, .. masak iya pake TV 21" CRT kita ... emoticon-Ngakak

Tentang Android Virtual Reality , Google Cardboard , Augmented Reality , VR , AR


Nanti kita bahas lebih lanjut daaah emoticon-Smilie , sebelumnya kita bahas sedikit dasar-dasarnya :

Virtual reality (VR)

Virtual reality (VR) adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan (Enviroment) atau objek yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment). Lingkungan atau objek itu bisa suatu hal yang sebenarnya, ditiru dan dibuat ulang secara digital atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.

Lingkungan dan objek yang ditirukan dapat menjadi mirip dengan dunia nyata, sebagai contoh, bangunan arsitektur, interior, kendaraan, simulasi kedokteran , simulasi untuk pilot atau pelatihan pertempuran dll

Selain itu dapat sangat dibuat berbeda dengan kenyataan, seperti di VR games , virtual tour dll. Kekuatan utama dari VR adalah menjadikan kita merasakan (Presence) seolah-olah berada didalamnya, dan bisa berinteraksi seperti halnya di dunia nyata. VR bisa digunakan untuk edukasi, entertainment, bermain dll.


Spoiler for VR:



Augmented Reality (AR)
Menyusul emoticon-Smilie

Bisa gabung di Indonesia VR
Atau baca-baca di blog : Blog Indonesia VR
Diubah oleh adiandroid
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Headset Virtual Reality / HMD saat ini adalah salahsatu alat yang digunakan untuk mengakses dan melihat virtual reality

Headset Virtual Reality 3D populer juga dengan sebutan Head Mounting Device (HMD), yang sebenarnya sudah cukup lama telah di temukan, dikembangkan dan bahkan digunakan untuk berbagai simulator di dunia. Memang untuk masyarakat umum mulai populer semenjak Oculus sebuah startup di amerika berhasil mendapatkan pendanaan Crowd Funding di Kickstarter pada tahun 2012.

Oculust kemudian mengeluarkan Oculust Rift DK1 , yaitu Headset Virtual Reality 3D yang lebih ditujukan kepada pengembang konten (Aplikasi & Game), ini tercermin dari namanya yaitu DK1 (Development Kit 1). HMD DK1 cukup menyedot perhatian, menyadarkan masyarakat akan peluang dan masa depan dari Virtual Reality, sehingga berlanjut dengan diluncurkannya Oculust Rift DK2. Ini merupakan strategy bisnis dari Oculust, untuk tidak langsung mengeluarkan versi untuk konsumen, bahkan ketika kemudia Oculust di akuisi oleh Facebook , versi untuk konsumen juga belum dipasarkan.

Spoiler for Oculus HMD:


Malah kemudian yang dimunculkan adalah versi Headset Virtual Reality 3D Mobile hasil kerjasama Oculust dengan Samsung yaitu Galaxy Gear VR. Meskipun pada saat artikel ini dibuat Galaxy Gear VR baru mendukung satu device yaitu Samsung Galaxy Note 4, kemunculan Galaxy Gear VR membuat gembira bagi pengguna VR. Oculust Rift DK1 & DK2 adalah jenis HMD untuk Desktop/Laptop, artinya pengguna harus berada di dekat komputer mereka untuk dapat menikmati aplikasi dan game VR. Kelebihan utamanya adalah, dengan powerfullnya daya komputasi & perfomance Desktop/Laptop , maka konten aplikasi/game yang berat dengan grafis yang super tajam akan bisa dijalankan (Sesuai dengan spesifikasinya).

Spoiler for Samsung Gear VR:


Sony juga membuat HMD dengan projek Morpheus, kemungkinan besar ini akan disandingkan dengan PS4. Begitu juga dengan Carl Zeiss, sebuah nama besar di jagat optik, baru-baru ini mengeluarkan VR One, sebuah headset yang ditujukan untuk device mobile, seperti halnya Gear VR. Selain itu ada beberapa HMD lain yang mulai di publikasikan, dan ini sangat menarik, karena masing-masing berlomba untuk mengeluarkan headset virtual.

Tentang Android Virtual Reality , Google Cardboard , Augmented Reality , VR , AR

Headset Virtual Reality 3D Mobile, memiliki kelebihan bisa digunakan dimanapun dan kapanpun, asalkan handset smartphone tersedia. Tentu ini diimbangi dengan perfomance komputasi yang masih dibawah komputer Desktop maupun laptop. Dan di tengah boomingnya perangkat mobile, Google juga menangkap peluang besar di wilayah Virtual Reality ini, yaitu terlihat dengan diluncurkannya Google Cardboard, sebuah projek Headset Virtual Reality 3D Mobile, dengan menggunakan box kertas kardus (Cardboard), dimana sebuah Handset Android kemudian yang bisa dipasang didalamnya, tidak terbatas pada merk tertentu, akan tetapi disarankan dengan ukuran display 4” - 5,5” , dan memiliki sensor Gyroscope, atau lebih-lebih telah mendukung NFC.


Model seperti Google Cardboard inilah, yang sangat mungkin untuk diakses masyarakat secara luas, dilihat dari fleksibilitas dan harga keekonomiannya, sebagai sarana “Testing” dan menarik perhatian publik untuk mencoba virtual reality. Tentu kemudian secara kualitas, akan berbanding lurus, artinya ketika handset android yang digunakan juga bagus, maka akan didapatkan visual yang lebih bagus dan imersive.

*Tulisan ane diblog tentang Oculus Rift
Diubah oleh adiandroid
Jadi kenapa membuat sendiri cardboard , pertama cardboard standar tidak memiliki pengatur jarak lensa , sehingga kadang tidak bisa maksimal , paling parah adalah terlihat blur atau berbayang. Coba agan-agan lihat tips & trik dibawah ini :


Tips membuat sendiri Cardboard VR :

  1. Lensa kaca adalah komponen utama dalam membuat Cardboard, apabila tidak menggunakan standar lensa cardboard. Cari lensa pembesar dengan titik fokus 4-5cm.

  1. Jarak mata (IPD : Interpupillary Distance) , antara satu orang dengan lainnnya berbeda, untuk mendapatkan ukuran ideal, dengan mengukur jarak titik mata kita sendiri. (Standarnya 5.5 - 7.5cm)

  1. Terkait dua hal diatas, maka ukuran dari lensa ke smartphone akan tergantung dengan jarak fokus lensa. Kemudian, ukuran jarak antar lensa (antar titik tengah lensa), bisa disesuaikan dengan jarak antar titik tengah mata kita.

  1. Pola / Template Cardboard bisa dimodifikasi sesuai, dengan kebutuhan dan keinginan kita.

  1. Kardus yang dipakai, usahakan tipis tapi kuat, kalau mungkin pernah beli Keyboard buat komputer , atau kardus sepatu biasa, semacam itulah.



Cara membuat :

  • Print pola / template cardboard (Download Pola / Template disini)
  • Tempelkan pada lembaran kardus (Bisa kardus bekas)
  • Potong sesuai pola / template
  • Rangkai menjadi Carboard, dan jangan lupa pasang lensa
  • Download aplikasi VR pada market aplikasi (Misal : Tuscany)
  • Ujicoba dengan smartphone (Yang memiliki sensor Gyroscpoe)



Sample ane membuat cardboard memakai kardus bekas microphone , mudah sekali , bisa modifikasi dari ukuran pola / template cardboard.

Tentang Android Virtual Reality , Google Cardboard , Augmented Reality , VR , AR

Selengkapnya ane tulis disini : Blog posting membuat cardboard VR
Grup Indonesia Virtual Reality FB Grup

Diubah oleh adiandroid
Idem di atas
Persiapan lahan lagi emoticon-Smilie
ini juga buat lahan parkir gan ... emoticon-Ngakak
Barusan datang Lensanya yg pesan dari ebay, tinggal bikin sendiri Google Cardboard tapi yg lebih bagus pake foam hitam.

Oculus DK2 juga sudah pesan bulan lalu, tapi bakal tahun depan deh sampenya.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Maap, ..
ane lupa bikin thread ini emoticon-Cape d... (S) ......

Kayaknya udah bnyak yg nyobain Google Cardboard ni ..... ayo bagi2 pengalamannya emoticon-Smilie

Ane udah nyoba beberapa aplikasi di playstore (Kalau mau cari tinggal ketik virtual reality di searchnya playstore) ........ , sejauh ini yg ane suka Tuscany ... sama Little VR Shooter .... yg lain suka juga sih .. emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:


Gimana hasil lensa yg dari Ebay gan? ....
Waah ... DK2-nya ane jg pengen ni ... , ane baru pernah nyobain DK1

Dari hasil coba-coba, lensa darurat yang cukup bagus untuk dipake adalah kaca pembesar linen ukuran diameter 2.5-5cm . Bongkar kemudian ambil lensa kacanya, jangan lupa beli dua biji .. he he . Ane nemu ini barang di TB Gunung Agung

Penampakannya :

Spoiler for Linen Folding Lens:
Diubah oleh adiandroid
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Lensa alternatifnya dong..
Quote:


Ada gan ane dah nemu lensa alternatif, yg lebih besar dari standar cardboard ..... standar cardboard kan kecil .. ane bisa bantu mendapatkannya, .... gabung di grup indonesia virtual reality gan .. dsana ja, do boleh dagang dsini emoticon-Ngakak (S)

Tentang Android Virtual Reality , Google Cardboard , Augmented Reality , VR , AR

Grup FB Indonesia Virtual Reality
Diubah oleh adiandroid
yang uda nyoba in google cardboard reviewnya nya dong emoticon-Embarrassment
Aprove dong udah minta gabung di fb tp lum di aprov2...
minta repiew nya gan
Quote:

pakai nama apa gan, perasaan udah pada ane approve smua, kecuali bbrp nama yg bkn orang indo

Quote:


ada diblog ane gan indonesia virtual reality Indonesia virtual reality"]http://indonesiavirtualreality.blogspot.com

Riview singkat tentang headset VR plastik atau cardboard plastik :

Tentang Android Virtual Reality , Google Cardboard , Augmented Reality , VR , AR

Diubah oleh adiandroid
Quote:


Padahal ane mesen yang plastik ini. baru mau nunggu datengnya 2 hari lagi. ane beli yang merek color cross 2 yang udah pakai magnet, ragu ane beli yang kardus soalnya. kardus cepet ancur. emoticon-Takut (S)


kalau bisa kasi review gan aplikasi yang asik" di google cardboard. dan gimana caranya bikin game pc bisa jalan lewat cardboard. soalnya di yutub ane dapet liat orang main euro truck simulator pakai google cardboard serasa di kemudinya truck scania emoticon-Cendol (S)
tongkrongin dulu biar paham...
Brati itu hh nya harus support gyroscopeya gan?
Wah mantep ulasannya. Ane tadinya pengen beli yg plastik, eh ternyata ngga recomended emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di