alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f0b97960e24bf5708b4635/ask-about-palasik
[ASK] About Palasik
Maaf beribu maaf gan kalo sekiranya thread ane ini melanggar rule, dah baca tapi masih bingung emoticon-Bingung (S)

to the point aja deh emoticon-Malu

Nih anak ane sekarang umurnya 1 tahun gan, kemaren kena gejala demam berdarah and di opname di RS, kebetulan bibik ane seorang dokter yang anaknya dlu sempat kena palasik, dia curiga karena berat badan anak ane tuh cuma 6.3Kg, ga wajar menurut dia di beratnya, jadi ane disaranin bawa ke yang ngerti masalah palasik, and setelah diperiksa ( hanya dipegang perutnya sekali ama yang ngerti masalah palasik ini, beliau mengatakan anak ane emank kena, jadi setelah umur 6 bulan, pertumbuhan badannya tidak berjalan lagi, makanya itu badan anak ane segitu2 aja, dia juga sebutin ciri2 yang memang selama ini kita lihat, kepala anak saya sering hangat, jarang mencret dan maaf, pup na agak berbau.

Pertanyaan ane, apakah disini ada yang mengerti masalah palasik ini dari segi pengecekan dan penyembuhan jika sudah terkena?

Dari yang ane baca2 dan dengar dari temen seorang Ustad yang pernah tinggal di dearah Sumbar, lupa nama kampungnya, ciri2 anak ane kena tuh agak berbeda, misalna menurut teman ane itu, salah satu ciri2 yang dia denger dari orang sana, anak bayi yang kena palasik tidak akan mau menyusui kepada ibunya, sedangkan anak ane masih mau dan lumayan lancar, badannya juga ga menyusut secara drastis seperti ciri2 yang ane baca2, makan anak ane juga kuat, walau aneh na memang badan anak ane segitu2 aja, dari pengamatan normal harusna badan serta berat badannya lebih besar dan lebih berat dari yang sekarang karena memang doyan makan emoticon-Big Grin


tolong buat yang bisa bantu, ane sangat berterima kasih kalau ada yang bantu, maklum anak pertama, takut kenapa2 gan emoticon-Mewek
Udah di cek secara medis ke rumah sakit besar gan? emoticon-Matabelo

Palasik itu sejenis kuyang bukan ya? emoticon-Matabelo

Palasik

Palasik menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Palasik sangat ditakuti oleh ibu-ibu di di Minangkabau yang memiliki balita karena makanan palasik adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis palasik tersebut.

Ilmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun akan jadi palasik.
Pada umumnya palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badan nya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepala.

Jenis-jenis palasik

Jenis palasik ada bermacam-macam. Menurut jenis makanannya palasik dapat dibagi sebagai berikut:

* Yang memakan bayi dalam kandungan sehingga bayi tersebut lahir tanpa ubun-ubun / mati dalam kandungan
* Yang memakan bayi yang masih rapuh sehingga bayi tersebut sering sakit-sakitan / meninggal
* Yang memakan mayat bayi yang sudah dikubur

Palasik yang lepas kepalanya disebut Palasik Kuduang. Kuduang artinya terpotong atau buntung. Buntung dalam bahas Minang adalah “kuduang”.

Palasik sangat tenar di masyarakat Minang Kabau, Sumatera Barat. Masyarakatnya meyakini, bayi yang terkena palasik sangat sulit diobati, namun bukan tak ada penangkalnya. Palasik merupakan sebutan seorang kanibal, yang memiliki kegemaran memakan daging dan tulang orang mati. Wujudnya seperti manusia biasa, hanya saja memiliki perangai yang aneh. Menurut kepercayaan masyarakat, jika seorang wanita yang sedang menggendong bayi bertemu dengan palasik, sebaiknya jangan dijauhi, malah sebaliknya, ambil tangan palasik dan katakan "Ini cucumu atau Ini anakmu". Dan ciri umum palasik, tak memiliki parit di atas bibirnya.

Seorang bayi bisa jatuh sakit, hanya dengan tatapan palasik saja. Dan kalau tidak segera diobati orang pintar, tak tertutup kemungkinan anak tersebut meninggal dunia. Diyakini juga, ketika anak tersebut meninggal dunia, dan kemudian dikubur, palasik akan mencuri anak tersebut untuk disantap.
Sorry dopost emoticon-Mewek
cek pm yak. bawang dll di remas hingga keluar aromanya lalu di taruh di samping anaknya bersama gunting dll.
wow bahkan kata dokter pun kena palasik yah. semoga ada sesepuh disini yang mau berkenan membantu,
Quote:Original Posted By derrioo
Udah di cek secara medis ke rumah sakit besar gan? emoticon-Matabelo

Palasik itu sejenis kuyang bukan ya? emoticon-Matabelo


hooh, daerah laen menyebut na kuyang kalo ga salah emoticon-Big Grin

belum sih gan, soalna secara logika kalo makan banyak dan kuat menyusui harusnya badannya lebih berat, walau memeriksa ke dokter spesialis anak bidang perkembangan pertumbuhan juga jadi salah satu opsi nanti emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By derrioo
Palasik menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Palasik sangat ditakuti oleh ibu-ibu di di Minangkabau yang memiliki balita karena makanan palasik adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis palasik tersebut.

Ilmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun akan jadi palasik.
Pada umumnya palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badan nya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepala.

Jenis-jenis palasik

Jenis palasik ada bermacam-macam. Menurut jenis makanannya palasik dapat dibagi sebagai berikut:

* Yang memakan bayi dalam kandungan sehingga bayi tersebut lahir tanpa ubun-ubun / mati dalam kandungan
* Yang memakan bayi yang masih rapuh sehingga bayi tersebut sering sakit-sakitan / meninggal
* Yang memakan mayat bayi yang sudah dikubur

Palasik yang lepas kepalanya disebut Palasik Kuduang. Kuduang artinya terpotong atau buntung. Buntung dalam bahas Minang adalah “kuduang”.

Palasik sangat tenar di masyarakat Minang Kabau, Sumatera Barat. Masyarakatnya meyakini, bayi yang terkena palasik sangat sulit diobati, namun bukan tak ada penangkalnya. Palasik merupakan sebutan seorang kanibal, yang memiliki kegemaran memakan daging dan tulang orang mati. Wujudnya seperti manusia biasa, hanya saja memiliki perangai yang aneh. Menurut kepercayaan masyarakat, jika seorang wanita yang sedang menggendong bayi bertemu dengan palasik, sebaiknya jangan dijauhi, malah sebaliknya, ambil tangan palasik dan katakan "Ini cucumu atau Ini anakmu". Dan ciri umum palasik, tak memiliki parit di atas bibirnya.

Seorang bayi bisa jatuh sakit, hanya dengan tatapan palasik saja. Dan kalau tidak segera diobati orang pintar, tak tertutup kemungkinan anak tersebut meninggal dunia. Diyakini juga, ketika anak tersebut meninggal dunia, dan kemudian dikubur, palasik akan mencuri anak tersebut untuk disantap.


dah baca ini kog gan..

cek pm yak. bawang dll di remas hingga keluar aromanya lalu di taruh di samping anaknya bersama gunting dll.
edit dopost
Quote:Original Posted By sakti.tanpailmu
cek pm yak. bawang dll di remas hingga keluar aromanya lalu di taruh di samping anaknya bersama gunting dll.


sekarang dah sering dibawa istri kog gan bungkusan kain yang isi na, bawang putih tunggal, gunting, dan yang laen2, slama ini juga bawa sih, tapi mungkin kemaren istri sempat ga bawa, jadi emank dah takdir kali yah gini, walau anak ane badannya kecil, Allhamdulillah lincah dan pinter buat umur segitu, jadi tetep bersukur dan berusaha mencari solusi emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By akukembali2015
semoga gakda apa2 yah gan.


makasih gan doanya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Kaskus.Dbest


sekarang dah sering dibawa istri kog gan bungkusan kain yang isi na, bawang putih tunggal, gunting, dan yang laen2, slama ini juga bawa sih, tapi mungkin kemaren istri sempat ga bawa, jadi emank dah takdir kali yah gini, walau anak ane badannya kecil, Allhamdulillah lincah dan pinter buat umur segitu, jadi tetep bersukur dan berusaha mencari solusi emoticon-Smilie


amin
semoga ga apa2 dan anakny jd soleh/ soleha
Quote:Original Posted By sakti.tanpailmu


amin
semoga ga apa2 dan anakny jd soleh/ soleha


amin gan, makasih doanya, doa yang selalu ane baca setiap saat buat anak ane emoticon-Kiss (S)

Kalo lincah mah insya allah gpp om
Tinggal cek medical aja
Quote:Original Posted By Kaskus.Dbest


sekarang dah sering dibawa istri kog gan bungkusan kain yang isi na, bawang putih tunggal, gunting, dan yang laen2, slama ini juga bawa sih, tapi mungkin kemaren istri sempat ga bawa, jadi emank dah takdir kali yah gini, walau anak ane badannya kecil, Allhamdulillah lincah dan pinter buat umur segitu, jadi tetep bersukur dan berusaha mencari solusi emoticon-Smilie



makasih gan doanya emoticon-Smilie


jujur, kalau lihatan ane gakda masalah aneh2 selain medis, itu juga ane liat cuman daerah tenggorokan,gak nyambung ama pertumbuhan(jadi fix lihatan ane ngaco). sukses yah gan. semoga ada sesepuh yang bisa membantu. dan semoga cepet sembuh
Quote:Original Posted By squiddy
Kalo lincah mah insya allah gpp om
Tinggal cek medical aja


moga2 gitu gan, thanks saran serta doanya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By akukembali2015


jujur, kalau lihatan ane gakda masalah aneh2 selain medis, itu juga ane liat cuman daerah tenggorokan,gak nyambung ama pertumbuhan(jadi fix lihatan ane ngaco). sukses yah gan. semoga ada sesepuh yang bisa membantu. dan semoga cepet sembuh


maksudna ngacok gmn gan? masih bingungemoticon-Bingung (S) tapi makasih info na gan emoticon-Smilie

Insya Allah Dek Amalia sehat mas manan, Selain apa yang diwejangkan para sepuh2 diatas juga perbanyak baca Alquran yah...diperdengarkan di dekat putrinya ,Adakan pengajian. Syukuran.
Untuk masalah begitu sepuh yang lain yang lebih berpengalaman emoticon-Smilie
Semoga putrinya menjadi putri yang soleha. Amin
Quote:Original Posted By .ganesha.
lebih ke medis nih


thanks gan, membaca dari yang diatas, ane putusin ntar fokus pengobatan kearah medis, mungkin diawali dengan pengobatan tradisional baru nanti ke dokter kalau ga ada perkembangan, maklum posisi di kampung, ga ada akses ke dokter spesialis anak dibidang pertumbuhan emoticon-Smilie
lebih ke medis nih
Quote:Original Posted By onyok
Insya Allah Dek Amalia sehat mas manan, Selain apa yang diwejangkan para sepuh2 diatas juga perbanyak baca Alquran yah...diperdengarkan di dekat putrinya ,Adakan pengajian. Syukuran.
Untuk masalah begitu sepuh yang lain yang lebih berpengalaman emoticon-Smilie
Semoga putrinya menjadi putri yang soleha. Amin


penerus om kw nih emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By onyok
Insya Allah Dek Amalia sehat mas manan, Selain apa yang diwejangkan para sepuh2 diatas juga perbanyak baca Alquran yah...diperdengarkan di dekat putrinya ,Adakan pengajian. Syukuran.
Untuk masalah begitu sepuh yang lain yang lebih berpengalaman emoticon-Smilie
Semoga putrinya menjadi putri yang soleha. Amin


SUBHANALLAH, agan tau nama ane dan nama anak ane emoticon-Mewek

terima kasih banyak gan, ane sekarang lebih tenang, sekali lagi makasih, ga tau mo balas gimana, semoga kebaikan agan dibalas Allah SWT emoticon-Smilie