CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53ea0976bdcb17553d8b456d/bonus-demografi-apa-itu-buat-apa-kita-tahu

BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]

Proud To Be Part Of
BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]
Click To Visit Our Home
Spoiler for Thanks To: Breaman, Kaskus Officer and Kaskusers.. #HT 12/01/2015:

BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]

Ehm.. Biar agan-sista betah bacanya sampe tuntas, ane bikin format santai aja ya gan?.. emoticon-Big Grin
Ada yang jawab "jangan" ane lempar duit segepok dah.. emoticon-Ngacir emoticon-Big Grin

Akhir-akhir ini agan-sista pasti sering sekali mendengar istilah BONUS DEMOGRAFI dari berbagai media, entah agan-sista sadar atau ga sadar, iya kan?.. emoticon-Smilie
Sebagian dari kita (penduduk Indonesia) hanya akan melewatkan tanpa peduli sedikitpun tentang hal itu..

>>> emoticon-Cool : bodo amat, urusan gua gak mikirin.. masalo buat lah?..
Err.. ya gak apa-apa sih.. gak ada yang maksa juga harus update semua informasi semacam ini.. emoticon-Nohope Cuma, menurut ane sih generasi sekarang harus ngerti dah gan, soalnya nanti saat momentum itu tiba generasi kitalah yang berada didalam keadaan itu..

>>> emoticon-Cool : kita?.. lo aja kali, gua enggak..
Mmmm.. entahlah, apakah ane yang terlalu lebay ato kebanyakan pikiran sampe bela-belain bikin thread yang bahas beginian emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

LALU APA SIH SEBENARNYA BONUS DEMOGRAFIITU?..
APA PENTINGNYA BUAT KITA?..


Dalam bahasa umum, kata BONUS biasanya punya konotasi pada hal yang positif. Yah, kurang lebih mengandung arti tambahan, keuntungan atau hadiah. Kayak kalo agan pacarin cewek dapet bonus pacarnya emoticon-Betty (S).. eh emoticon-Shutup mak..maksud ane misal beli kopi 2 bonus 1 gitu gan.. emoticon-coffee
Lalu DEMOGRAFI, kalo agan di sekolah dulu gak ketiduran sih pasti udah pernah dijelasin sama guru agan..

>>> emoticon-Cool gua anak IPA coy, ga diajarin kalee..
Alesan aja dah.. emoticon-Nohope ga peduli agan anak IPA ato IPS, itu ada dijelasin sebelum kelas penjurusan soalnya.. DEMOGRAFI adalah adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia (meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan).. Jadi, istilah BONUS DEMOGRAFI mengandung arti gabungan keduanya yaitu keuntungan dari dinamika kependudukan. Definisi lebih spesifiknya sih: BONUS DEMOGRAFI adalah keuntungan ekonomi yang disebabkan oleh menurunnya tingkat kelahiran jangka panjang..

>>> emoticon-Cool : **garuk2 pantat lalu garuk2 kepala
Hadeh, masih belum nyantol juga?.. Makanya perhatiin.. emoticon-Mad
Begini nih:
Bonus demografi terjadi karena proses transisi demografi yang berkembang sejak beberapa dekade sebelumnya. Di Indonesia keadaan ini dipercepat oleh keberhasilan dalam menurunkan tingkat fertilitas yang berdampak pada natalitas (kelahiran), mortalitas (kematian) dan pertumbuhan penduduk berkat keberhasilan program KB, kesehatan dan pembangunan lainnya.
Keberhasilan program-program tersebut selama tigapuluh tahun terakhir telah mampu menggeser anak-anak dan remaja, berusia dibawah 15 tahun, yang biasanya besar dan berat di bagian bawah dari piramida penduduk Indonesia, ke bagian piramida dengan usia yang lebih tinggi, yaitu usia diatas 15 tahun, atau pada usia 15-64 tahun.


BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]

>>> emoticon-Cool : itu mah gua tau.. Usia produktif lebih besar dari usia tidak produktif, jadi penduduk yang ditanggung lebih sedikit kan?
Nah itu pinter.. emoticon-Big Grin Bener banget, yang ente sebutin itu adalah dependency ratio, yaitu rasio yang menyatakan jumlah penduduk usia nonproduktif yang ditanggung oleh usia produktif. Di tahun 2020-2035 mendatang, Indonesia diperkirakan akan memiliki dependency ratio sebesar 0,4-0,5 yang berarti setiap 100 orang penduduk usia produktif hanya menanggung 40-50 orang penduduk usia nonproduktif. Hal ini tentu jauh berbeda dengan kondisi di tahun 70-an, di mana dependency ratio Indonesia berkisar di angka 0,8-0,9.

>>> emoticon-Cool : Asseek.. lebih enak dong kita..
Ya, namanya bonus.. Kemungkinannya sih iya, akan lebih baik.. emoticon-Smilie

>>> emoticon-Cool : trus?.. gitu doang?..
Ya enggaklah.. emoticon-Smilie.. Kita kan belum bahas semuanya..
Momentum bonus demografi nanti tidak akan berlangsung lama, maka manfaatkan sebaik-baiknya. Sebab angka ketergantungan 15 tahun berikutnya atau pada tahun 2035 akan mulai naik lagi karena sebagian penduduk yang sebelumnya berusia produktif akan memasuki usia nonproduktif.

>>> emoticon-Cool : waduuh.. trus gimana dong?.. emoticon-Bingung
Ya tergantung kita bisa melewati dengan baik ato enggak momentum BONUS DEMOGRAFI itu.. emoticon-Smilie

>>> emoticon-Cool : kita?.. lu...
Iyaaaa, kitaaaa.. bukan ane aja.. emoticon-Mad Maksudnya kita seluruh elemen masyarakat Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S) baik rakyat maupun pemerintah.. emoticon-Smilie

>>> emoticon-Cool : ohh.. terus? gua harus bejimane nih.. emoticon-Bingung
Ehm.. Kata Bapak Sonny Harry B. Harmadi, Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi UI nih.. Sedikitnya, ada 4 prasyarat utama agar bonus demografi dapat diraih, di antaranya:

1. Pasar tenaga kerja harus mampu menyerap seluruh tenaga kerja dalam negeri.
Quote:


2. Kesadaran untuk menabung.
Quote:


3. Human capital atau sumber daya manusia yang mumpuni.
Quote:


4. Program Keluarga Berencana yang harus tetap berjalan.


>>> emoticon-Cool : waah, iya juga ya.. emoticon-Bingung (S) kalo kita, iya kita semua, gak berhasil melewatinya berabe juga ya bro?..
Makanya jangan cuekin.. emoticon-Nohope
Bonus demografi, atau juga the window of opportunity, hanya akan bermanfaat kalo mutu penduduk mendapat pemberdayaan yang memadai dan penyediaan lapangan kerja yang mencukupi. Dan kita termasuk didalamnya. Persaingan bakal makin ketat antar kita broo..

>>> emoticon-Cool : emoticon-Amazed emoticon-Amazed emoticon-Amazed..
Bonus demografi seharusnya berpotensi menghasilkan perubahan ekonomi secara drastis dan luar biasa dalam bidang industri besar emoticon-thumbsup
BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]
Namun justru akan menjadi malapetaka yang mengerikan jika ..... emoticon-Takut (S)

>>> emoticon-Cool : jika??..
Pada tahun 2050, dependency ratio Indonesia akan kembali naik menjadi 0,73. Jika saving tidak berhasil dilakukan, 73 orang tanggungan penduduk usia nonproduktif akan benar-benar menjadi beban 100 penduduk usia produktif ke depannya. Hampir mendekati kembali seperti pada tahun 1970-an, dengan tingkat kebutuhan (konsumsi) yang pasti jauh lebih tinggi..
BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]


>>> emoticon-Cool : waduuh, warning buat bapak-bapak ibu-ibu yang sekarang berusia 40-50 tahun dong bro?.. emoticon-Cape d... (S) Gimana caranya kasih tau bokap-nyokap ane nih?..emoticon-Frown
Ya nggak cuma beliau-beliau gebleek.. Ente jugaaa.. emoticon-Frown emoticon-Frown

>>> emoticon-Cool : iya iyaa.. emoticon-Frown.. jadi inti thread ini gimana dong?..
Ya, kita berharap momentum bonus demografi nanti dapat dimanfaatkan secara baik oleh pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Manfaat bisa dilakukan dengan adanya kesiapan kebijakan seperti memperkuat investasi di bidang kesehatan, pendidikan maupun ketenagakerjaan. Lalu untuk kita, siapkan diri kita masing-masing untuk mempunyai kesiapan karya.. Ada kesempatan mendapatkan kemudahan pada masa itu, rajinlah menabung jangan boros.. Inget masa tua ntaar.. Jangan jadi beban anak.. emoticon-Cape d... (S)

BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]


BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]


>>> emoticon-Cool : Wah.. Thanks infonya ya bro.. Mari berdoa dan berusaha agar pemerintah dan masyarakat Indonesia mampu melewati momentum BONUS DEMOGRAFI nanti.. Dan 2030 manjadi negara yang maju.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Oke sip.. Sementara ini dulu bahasan kita ya bro, makasih buat agan ekkyjull atas tambahan penjelasannya.. Semoga thread ini bermanfaat.. emoticon-Smilie emoticon-Smilie

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
KLIK JIKA BERKENAN
BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]
emoticon-Smilie

BONUS DEMOGRAFI [apa itu?.. buat apa kita tahu?.. ]


Sumber:
1.
2.
3.
4.

Diubah oleh Perment103
Halaman 1 dari 24
emoticon-Blue Guy Cendol (L)Thakns gan!
Spoiler for Seger-seger..:


emoticon-Kiss
Komentar Super:


Quote:


Pertanyaan keren gan.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Jawaban ane:
Itulah kenapa ini dibahas sebagai BONUS gan, soalnya untuk menciptakan kestabilan dependency ratio itu sangat tidak mudah.. emoticon-Big Grin
Akan sangat sulit jika dipaksakan hanya demi mencapai kestabilan dependency ratio dengan cara semakin memperkecil jumlah kelahiran pada generasi selanjutnya. Hal itu justru bisa menimbulkan permasalahan baru dibidang-bidang lain.. Dari sisi demografi saja sih sebenarnya bagus.
Dan, logika yang agan sampaikan sudah benar..
emoticon-Cendol (S) cendol gan..



emoticon-Cool
Agan-agan keren yang bersemangat menanggapi dengan komentar masing2:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



emoticon-2 Jempol emoticon-Ngakak emoticon-2 Jempol
Terima kasih gaan, ane tersanjung baca yang di bawah ini:

Yang Pusing:


Quote:


Quote:


Quote:


Yang Faham... Mmm.. emoticon-AmazedBeneran Faham kan gan.. emoticon-Ngakak (S)


Quote:


Quote:


Yang ngaco emoticon-Ngakak


Quote:


Quote:

Diubah oleh Perment103
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Bentar gan, gue pahami pelan" biar gak bocel" nih otak
anak muda sekarang masuk masa emas ya gan

semoga Indonesia mampu memanfaatkannya dengan baik

emoticon-I Love Indonesia
Quote:


emoticon-Angkat Beer

Quote:


emoticon-Ngakak (S) kalo gak dibikin begini ga ada yg mau baca gan..

Quote:


emoticon-I Love Indonesia (S) Iya gaan.. semogaa.. emoticon-I Love Indonesia (S)
hmmm itu maksudnya? ada benernya juga tp yah kesadaran dari kita sendiri aja lah gan

[URL="bit.ly/1oGrqDx "]Untuk yg jomblo akut ahaha!![/URL]
gk ngeri ment

► Salam Hangat Terdahsyat dari Devil's Rose KasKus ◄

asli bahasannya berat banget
bingung mo komeng apa otak ane ga kuat emoticon-Matabelo
Saya kira demografis dalam pemilihan target customer Ment
Ternyata kependudukan emoticon-Hammer
Lumayan deket.sih

Buat calon orang iklan kayak gw sepertinya cukup penting
Makin.luas yak demografi emoticon-Big Grin



ネオ 一発 丸
Insurgent_Army & Fucking Proud
Diubah oleh Insurgent_Army
Quote:


Pengen ngeri ya di kandang macan laper sana el.. emoticon-Ngakak

emoticon-Rate 5 Star
kenyataannya yang produktivitasnya pada tinggi2 malah hijrah ke negeri orang emoticon-Frown
akibat pemerintah ga mampu mengembangkannya
jadi tugas dan pr kita kedepan buat majukan negri
mulai dari dukung pemerintahan saat ini
Quote:


wooy, salam hangat deros.. emoticon-I Love Indonesia (S)
baca pelan2 sambil ngopi gan.. enteng sebenernya.. emoticon-Big Grin

Quote:


Bukan, bukan ar.. emoticon-Big Grin
gak ngerti
ane gan
emoticon-rose
aduh aku pernah komen soal bonus demografi, nanti om aku ubek dulu emoticon-Ngacir

dikit dulu komen, kalau negara kita isinya banyakan alay atau cabe cabean gini mah bonus demografi gak jadi 'bonus' namanya emoticon-Ngakak (S)



Quote:

makanya dibaca biar ngerti emoticon-Cape d... (S)

lah lo nya gak mau baca emoticon-Nohope


om pusing aseli emoticon-Hammer2
Jadi serasa balik lagi ke jaman SMA belajar geografi dan kependudukan. emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak bangkeeee... ane minum sampe nyemprot baca bobo omelin agan ini..
iya gan, baca dulu.. emoticon-Ngakak (S)
ternyata ngeri kalo gak bisa ngelewatin momentum BONUS DEMOGRAFI emoticon-Takut
Hmm.. jadi gt

Masyarakat dan pemerintah mesti bisa bekerja sama untuk memanfatkan momen tsb sebaik2nya
Halaman 1 dari 24


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di