alexa-tracking

Gangguan Saraf Bisa Dicek Lewat Kaki

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e8c918c3cb1767268b4573/gangguan-saraf-bisa-dicek-lewat-kaki
Gangguan Saraf Bisa Dicek Lewat Kaki
Gangguan Saraf Bisa Dicek Lewat Kaki
Awal Juni 2014, Ceritanya ane hadir di acara media workshop PT Merck di FX. Nah, kebetulan waktu itu temanya adalah neuropati. Terus terang ane sama sekali buta tentang neuropati. Baru akhirnya, ane tahu kalo kesemutan, kebas, nyeri pada tangan atau punggung itu merupakan gejala gangguan saraf yang disebut neuropati. Penyebabnya bisa macam-macam, dari keseringan ngetik, ngendarain motor/mobil, sering pake high heels dan lain-lain.

Yang lebih nyeremin, katanya kalo gak cepet diatasi, bisa berakibat lumpuh. Wih! Kayaknya sih kalo gejala itu mah, ane pernah. Dan emang banyak pekerjaan ane yang beresiko neuropati.

Nah trus ane iseng-iseng aja tuh ikutan tes buat ngecek bener gak ane kena gangguan saraf yang disebut neuropati. Kebetulan di situ juga ada booth khusus buat cek saraf.

Pertama-tama gue disuruh ngisi kuesioner namanya "Skor Michigan" yang merupakan skor untuk skrining awal neuropati. Isinya sih cuma pengen tahu, apa yang ane rasain trus kegiatan ane tuh apa aja. Ada gak yang beresiko neuropati. Nah, abis it baru pemeriksaan fisik pada kaki pake alat yang namanya kalo gak salah palu reflek, garpu tala 128 Hertz (Hz), dan monofilament 10 gram.

Jadi kaki ane, dipukul-pukul pake palu reflek tadi, trus ditusuk, buat tahu saraf kaki ane masih oke gak responnya. Jadi katanya sih ada batas toleransinya. Ane dah deg-degan aja, soalnya emang ane tuh lakuin hampir semua yang beresiko. Trus gak kepikiran deh konsumsi vitamin neurotropik. Tapi akhirnya sih, ane sehat walafiat. Saraf ane masih normal. Masih jauh dari neuropati. Alhamdulillah

Ane, awalnya juga agak bingung kenapa mesti dicek lewat kaki, bukan yang lain. Kata terapisnya sih karena kaki itu emang pusat saraf. Nah, ane yang gak percayaan langsung deh browsing.

Menurut ahli penyakit kaki di Bay Area dan Presiden California Podiatric Medication Association, Carolyn McAloon, kaki adalah bagian pertama yang akan terpengaruh jika tubuh bermasalah. Terutama, jika berkaitan dengan saraf.

Nah, kalo agan ngerasa kesemutan, kebas dan nyeri mulai sering datang. Cepetan deh periksain. Takutnya telat. Gak sakit kok periksanya. Cepet juga.
image-url-apps
Kata guru ane yang ahli terapi saraf, ane juga ketahuan klo ada gangguan lambung sama asam urat lewat telapak kaki gan. Caranya cuma ditekan doang dibagian telapak kaki tertentu, tapi ga sembarangan ditekan, ada tekniknya. Klo terasa sakit, berarti ada gangguan.
image-url-apps
beda2 pendapat trnyata ya..ada jg yg bilang sumber saraf tu ada di tulang belakang,kl ada mslh soal kesemutan,kebas dll tu krn tulang blakang bermasalah..

cmiiw emoticon-Malu (S)
KASKUS Ads
iya gan

thanks infonya gan emoticon-Smilie