alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e06d8fa09a3914778b4615/ayo-gabung-di-bisnis-hijau-jelantah-emas
Ayo gabung di Bisnis Hijau Jelantah Emas
Halo agan dan aganwati..emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Salam kenal,

Taukah anda apa yang dimaksud dengan minyak jelantah??
Minyak jelantah adalah minyak bekas dan sisa minyak penggorengan yang telah digunakan secara berkali - kali. Minyak jelantah biasanya berwarna coklat gelap hingga hitam jika semakin sering ia digunakan untuk menggoreng.

Tahukah anda bahaya dari penggunaan minyak goreng secara berkali - kali?
Bagi anda yang sering menggunakan minyak tersebut berhentilah dari sekarang!!!.
pemakaian minyak goreng dengan suhu tinggi dapat mengakibatkan terjadinya perubahan kimia dan sifat- sifat fisiknya. sebuah percobaan kepada hewan menggunakan secara langsung minyak yang telah rusak melaporkan adanya gejala penyakit seperti; peningkatan kolesterol darah, keracunan, serta terbentuknya sel kanker.

Pertanyaan selanjutnya, berapa kali minyak jelantah masih aman untuk di gunakan?
Sebenarnya tergantung dari bahan yang digoreng, minyak goreng serta suhu penggorengan. semakin tinggi suhu penggorengan, semakin memperpendek masa penggunaan. Namun, sebenarnya minyak goreng sudah tidak layak di pakai setelah 3 sampai 4 penggorengan

Oleh sebab itu, perhatikanlah agar jangan digunakan berulang- ulang. Biasanya bagi sebagian orang, minyak jelantah akan dibuang begitu saja lewat saluran air ataupun selokan depan rumah, namun untuk skala besar seperti rumah makan, minyak jelantah biasanya dijual ke pengepul.

Mengapa??
Walaupun berbahaya bagi kesehatan, minyak ini dapat digunakan sebagai bahan bakar biodisel melalui reaksi transesterifikasi. Bahkan hasil penelitian menyatakan minyak jelantah lebih ramah lingkungan dari pada solar.

Apa kendala minyak jelantah sebagai bahan alternatif?
Dari semua pernyataan yang muncul maka yang menjadi permasalahan utama ialah proses pengumpulan minyak jelantah yang tidak mudah, selain karena persebarannya cukup luas dan tidak merata, tapi juga tidak sedikitnya pengepul minyak jelantah dari restoran-restoran yang nantinya akan mereka olah kembali, bisa juga tidak, untuk kemudian dijual ke pedagang kecil maupun untuk keperluan lain. Disatu sisi, para pedagang kecil yang menggunakan minyak goreng untuk dagangannya akan membuang minyak jelantah sisa menggoreng ke selokan yang terdekat yang bermuara pada sungai, sehingga dapat menjadi salah satu sumber polusi pada perairan sungai. Oleh karena itu, pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan bakar motor diesel merupakan suatu cara pembuangan limbah (minyak jelantah) yang menghasilkan nilai ekonomis serta menciptakan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar solar yang bersifat ethis, ekonomis, dan sekaligus ekologis Biodiesel mengurangi pencemaran hidrokarbon yang tidak terbakar, karbon monoksida, sulfur dan hujan asam.

Penggunaan biodiesel juga dapat menggurangi beban lingkungan karena sampah/limbah biodiesel tidak menambah jumlah gas karbon dioksida, karena minyak berasal dari tumbuhan/nabati. Energi yang dihasilkan mesin diesel lebih sempurna dibandingkan solar sehingga mesin yang menggunakan biodiesel tidak mengeluarkan asap hitam berupa karbon atau CO2, sedangkan mesin yang menggunakan solar mengeluarkan asap hitam. Selain itu, biodiesel mengeluarkan aroma khas seperti minyak bekas menggoreng makanan. Bagus ya kedengarannya,,hehe.. tapi kenyataannya pengumpulan minyak jelantah untuk skala rumah tangga butuh waktu yang panjang dan skalanya yang kecil membuat nilai ekonomis minyak ini kurang besar dan pasokannya tidak menentu jika ingin dijual ke industri secara perorangan.

Nah Agan dan Aganwati,,,Ternyata jelanta yang hitam bisa juga menjadi emas,,hehe.

Kami mengambil peluang bisnis disini sekaligus membuat sebuah gerakan hijau terutama untuk level rumah tangga terkait minyak jelantah ini. Gerakan ini untuk sementara akan difokuskan di sekitar kota Bandung dan Medan. Mudah - mudahan kalau lancar sistem ini bisa menyebar dan kuat, sehingga penyebaran minyak jelantah ini dapat terkontrol (jadi keinginan awalnya memang selain bisnis adalah agar minyak berbahaya ini tidak digunakan untuk dijual kembali sebagai sembako olahan seperti yang dapat ditemui di pasar - pasar).

Bagaimana anda mengontrolnya?
Setiap anggota dan transaksi pembayaran akan dicatat sehingga kuantitas masuk dan keluar serta keterangan lainnya akan terpantau. Catatan tersebut nantinya dapat dicek di website yang akan dikembangkan seiring dengan perjalannya proyek ini. dengan begitu kita sama - sama mengontrol penyebaran minyak jelantah ini bukan??

Apa yang dilakukan dan ditawarkan?
Buat agan dan aganwati yang berniat bergabung dalam bisnis ini, begini caranya:
- Agan dan aganwati yang berminat bergabung akan diberi jerigen 30 liter baru untuk setiap rumah/KK secara gratis, namun sebagai jaminan anda akan diminta untuk menyimpan biaya Rp.25.000/jerigen
(kira - kira 1/2 harga jerigen baru. biaya ini akan dikembalikan langsung jika anda mengembalikan jerigen 30 liter yang kami berikan sebelumnya atau jika anda memakai jerigen 30 liter anda sendiri).

- Beberapa minggu/bulan kemudian, setelah jerigen tersebut penuh kami akan datang untuk menebus dan mengangkut minyak jelantah yang telah terkumpul (harus sudah penuh sesuai takaran pada jerigen yang diberikan).

- Untuk setiap minyak jelantah yang terkumpul akan dihargai Rp.3500/liter jadi kalau 30 ltr harganya 30 x Rp. 3500 = Rp. 105.000 (ingat minyak dijemput sehingga tidak perlu biaya transport dan harga tetap).

- Kami juga dapat memberikan harga tambahan untuk masing - masing koordinator kampung atau RT/RW tertentu sebesar Rp.500/liter dari setiap liter minyak jelantah yang dikumpulkan dari setiap rumah/KK yang dikoordinirnya.

Jadi memang visinya agar setiap rumah memiliki jerigen - jerigen minyak jelantah kami. Cita - cita kami jika memang mendapat respons yang baik dan pasokan yang stabil, kami berencana untuk mengembangkan bahan bakar biodiesel yang nantinya akan dijual untuk kepentingan usaha masyarakat kecil terutama pedesaan seperti desa nelayan, usaha ukm, dll. Nah,,jadi sama - sama untung kan??

Buat agan dan aganwati yang tertarik bisa call/sms saja ke 081320020918.
sms tidak masalah, kami akan datang ke alamat yang diberikan.

Ingat tidak perlu repot-repot mengumpulkan hingga puluhan jerigen untuk dijual, kami bisa ambil satu jerigen saja dan tidak perlu membuang sisa minyak jelantah anda ke selokan. minyak ini bisa bermanfaat dan anda cukup diam dirumah karena kami akan datang menjemput. mudah - mudahan ide sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih..

wah mayan juga di hargai 3500

biasanay gw buang tuh kalau dah item emoticon-Big Grin
yang item juga sama aja gan harganya,,
Up Uppss Uppssss emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul Up

benar ga nih..

BENER GA YAHHHHH....emoticon-Bingung (S)

lokasi proses biodiesel dmn gan??
target proses per hari brp?

minat gan, ninggalin jejak dulu