alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e06bb4c0cb179e1d8b48de/ask-beda-tiongkok-dan-china
[ask] Beda Tiongkok Dan China
Misi Gan, numpang nambah wawasan..


Ane mau nanya apa bedanya Tiongkok sama China?

Soalnya ane sekarang seringnya denger-denger di tipi pada nyebut tiongkok.. Maklum ane lagi hidup di luar peradaban dunia modern Gan. Jadinya kudet. Hehe.

Trims yang udah mau berbagi wawasan..

beberpa jawaban Dan informasi Dari agan2:

Quote:Original Posted By abd2005
setau ane perubahan istilah china menjadi tiongkok untuk negara dan tionghoa untuk istilah ras nya untuk menghargai teman2 dari tiongkok... sudah ada aturannya

kopas...
Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
secara resmi mengharuskan penggunaan sebutan etnis
Tionghoa dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Perubahan itu ditetapkan dalam Keputusan Presiden No.
12/2014 tentang Pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet
Ampera No. 6/1967.
Pokok SE Presidium Kabinet Ampera yang diterbitkan pada 28
Juni 1967 adalah keputusan pemerintah untuk mengganti
kata ’Tionghoa/Tiongkok’ menjadi kata ‘Cina’.
Dalam Keppres No. 12/2014, Presiden menyatakan
perubahan istilah 'Tionghoa' menjadi 'Cina' telah
menimbulkan dampak diskriminatif dalam hubungan sosial
WNI beretnis Tionghoa.
Penggunaan kata ‘Cina' juga dinilai bertentangan dengan
semangat konstitusi. Pendiri bangsa Indonesia terbukti
memilih penggunaan istilah ‘Tionghoa' di dalam penjelasan
Pasal 26 UUD 1945.
Pertimbangan tersebut menjadi dasar Presiden untuk
mencabut dan menyatakan tidak berlaku SE Presidium
Kabinet Ampera No. 6/1967.
Kepala Negara menetapkan penggunaan istilah orang/
komunitas ‘Tionghoa' untuk menggantikan sebutan ‘Cina'
dalam semua kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.
Selain itu, pemerintah menetapkan perubahan penyebutan
negara Republik Rakyat China menjadi Republik Rakyat
Tiongkok.

sumber
http://m.bisnis.com/quick-news/read/20140318/16/211744/sebutan-cina-resmi-diganti-dengan-tionghoationgkok


Quote:Original Posted By Bertoxxulous
Bahasa inggrisnya memang China. Ini gak berubah.
Tapi yang diganti itu kan Cina menjadi Tiongkok.

Alasannya, karena banyak WNI keturunan / etnis Tiongkok yang merasa bahwa "Cina" itu terkesan menghina / merendahkan.

Sama saja kalo orang kulit item itu dipanggil "negro" atau "nigger" kan marah. Padahal artinya negro ya kulit hitam.

Semua karena dalam sejarah sosialnya, kata-kata "Cina", "Negro" itu dulunya digunakan untuk merendahkan suatu ras.

Begitu ceritanya....


Oke deh kalo bgtu. jadi perubahan tersebut adalah upaya pemerintah untuk mencegah adanya persepsi negatif terhadap pengunaan Kata Cina..

tengkyu buat agan2 yang sudah berbagi wawasan. ane sama sekali gak ada niatan menyinggung Sara di trit ini.

lagian gak ada untungnya juga ngeributin Sara. semoga bangsa Indonesia tetap Bhineka Tunggal Ika.. buat presiden terpilih. kita gak butuh blusukan, yang kita butuh adalah ketentraman dalam beribadah, bekerja, Dan bersosialisasi..
ane juga g ngerti gan kenapa sekarang di tipi nyeutnya tangkokemoticon-Ngakak
mungkin bawah ane tau
kurang paham gan..emoticon-Matabelo
Tiongkok itu ya china gan, China udah ganti nama jadi Republik Tiongkok. Setau ane sih gitu . CMIIW
setau ane perubahan istilah china menjadi tiongkok untuk negara dan tionghoa untuk istilah ras nya untuk menghargai teman2 dari tiongkok... sudah ada aturannya

kopas...
Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
secara resmi mengharuskan penggunaan sebutan etnis
Tionghoa dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Perubahan itu ditetapkan dalam Keputusan Presiden No.
12/2014 tentang Pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet
Ampera No. 6/1967.
Pokok SE Presidium Kabinet Ampera yang diterbitkan pada 28
Juni 1967 adalah keputusan pemerintah untuk mengganti
kata ’Tionghoa/Tiongkok’ menjadi kata ‘Cina’.
Dalam Keppres No. 12/2014, Presiden menyatakan
perubahan istilah 'Tionghoa' menjadi 'Cina' telah
menimbulkan dampak diskriminatif dalam hubungan sosial
WNI beretnis Tionghoa.
Penggunaan kata ‘Cina' juga dinilai bertentangan dengan
semangat konstitusi. Pendiri bangsa Indonesia terbukti
memilih penggunaan istilah ‘Tionghoa' di dalam penjelasan
Pasal 26 UUD 1945.
Pertimbangan tersebut menjadi dasar Presiden untuk
mencabut dan menyatakan tidak berlaku SE Presidium
Kabinet Ampera No. 6/1967.
Kepala Negara menetapkan penggunaan istilah orang/
komunitas ‘Tionghoa' untuk menggantikan sebutan ‘Cina'
dalam semua kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.
Selain itu, pemerintah menetapkan perubahan penyebutan
negara Republik Rakyat China menjadi Republik Rakyat
Tiongkok.

sumber
http://m.bisnis.com/quick-news/read/20140318/16/211744/sebutan-cina-resmi-diganti-dengan-tionghoationgkok
barusan saja gan presiden SBy mengubah penyebutan china menjadi tiongkok di indonesia
kek nya
sama aja deh gan emoticon-Amazed

emoticon-rose
Sama aja gan, baru-baru ini pemerintah mengubah cina menjadi tiongkok, tuh ada beritanya dr agan abd2005
sama ajh gan menurut ane..
berarti yang menyebut tiongkok hanya di indonesia aja donk
Perguruan sakti Tiongkok


emoticon-Bingung (S)

sama aja sih gan
mungkin bawah ane tau gan emoticon-Sundul Up
Quote:Original Posted By dr.lala
berarti yang menyebut tiongkok hanya di indonesia aja donk


kayanya cuma disini doank dibilangnya begitu. Tapi negara luar tetep aja cina disebutnya
baru tau ane ad perubahan bginian
Bahasa inggrisnya memang China. Ini gak berubah.
Tapi yang diganti itu kan Cina menjadi Tiongkok.

Alasannya, karena banyak WNI keturunan / etnis Tiongkok yang merasa bahwa "Cina" itu terkesan menghina / merendahkan.

Sama saja kalo orang kulit item itu dipanggil "negro" atau "nigger" kan marah. Padahal artinya negro ya kulit hitam.

Semua karena dalam sejarah sosialnya, kata-kata "Cina", "Negro" itu dulunya digunakan untuk merendahkan suatu ras.

Begitu ceritanya....
Kayaknya pernah ada yang ngulas tuh bedanya tiongkok ama china deh, emoticon-Bingung tapi ane dah lupa baca dimana yaa
Quote:Original Posted By abd2005
setau ane perubahan istilah china menjadi tiongkok untuk negara dan tionghoa untuk istilah ras nya untuk menghargai teman2 dari tiongkok... sudah ada aturannya

kopas...
Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
secara resmi mengharuskan penggunaan sebutan etnis
Tionghoa dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Perubahan itu ditetapkan dalam Keputusan Presiden No.
12/2014 tentang Pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet
Ampera No. 6/1967.
Pokok SE Presidium Kabinet Ampera yang diterbitkan pada 28
Juni 1967 adalah keputusan pemerintah untuk mengganti
kata ’Tionghoa/Tiongkok’ menjadi kata ‘Cina’.
Dalam Keppres No. 12/2014, Presiden menyatakan
perubahan istilah 'Tionghoa' menjadi 'Cina' telah
menimbulkan dampak diskriminatif dalam hubungan sosial
WNI beretnis Tionghoa.
Penggunaan kata ‘Cina' juga dinilai bertentangan dengan
semangat konstitusi. Pendiri bangsa Indonesia terbukti
memilih penggunaan istilah ‘Tionghoa' di dalam penjelasan
Pasal 26 UUD 1945.
Pertimbangan tersebut menjadi dasar Presiden untuk
mencabut dan menyatakan tidak berlaku SE Presidium
Kabinet Ampera No. 6/1967.
Kepala Negara menetapkan penggunaan istilah orang/
komunitas ‘Tionghoa' untuk menggantikan sebutan ‘Cina'
dalam semua kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.
Selain itu, pemerintah menetapkan perubahan penyebutan
negara Republik Rakyat China menjadi Republik Rakyat
Tiongkok.

sumber
http://m.bisnis.com/quick-news/read/...onghoationgkok


gak ngerti kenapa kata Cina bisa disebut diskriminatip emoticon-Bingung
sama aja gan. cuma beda istilah. Sebenarnya istilah Cina (Tjina) itu dipopulerkan jaman Soeharto, lewat Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/Pred.Kab/6/1967 tanggal 28 Juni 1967. sebelumnya kita nyebutnya Tiongkok. tujuannya ga jelas, tapi dugaan kuat istilah itu digunakan untuk membatasi akses warga keturunan tionghoa di Indonesia karena setelahnya kebebasan warga tionghoa benar-benar dibatasi.

secara arti sama aja, tiongkok=china, Tionghoa=warga china. cuma karena istilah Cina selama ini digunakan untuk konteks diskriminatif jadi diputuskan untuk mengembalikan sebutan cina ke TIongkok dan TIonghoa.
Tiongkok sama saja dengan china gan artinya, tiongkok adalah dialek hokkien dari kata zhongguo(中国) yang artinya china

Kenapa dipakai di indonesia? Mayoritas masyarakat tionghoa indonesia adalah dari suku hokkien, bahasa sehari2 juga kebanyakan menggunakan bahasa hokkien yang berbeda pelafalan nya dibandingkan bahasa mandarin yang resmi

Nih untuk lebih jelasnya

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Tiongkok_(istilah)

Taruh atas gan kalau berkenan
Quote:Original Posted By abd2005
setau ane perubahan istilah china menjadi tiongkok untuk negara dan tionghoa untuk istilah ras nya untuk menghargai teman2 dari tiongkok... sudah ada aturannya

kopas...
Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
secara resmi mengharuskan penggunaan sebutan etnis
Tionghoa dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Perubahan itu ditetapkan dalam Keputusan Presiden No.
12/2014 tentang Pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet
Ampera No. 6/1967.
Pokok SE Presidium Kabinet Ampera yang diterbitkan pada 28
Juni 1967 adalah keputusan pemerintah untuk mengganti
kata ’Tionghoa/Tiongkok’ menjadi kata ‘Cina’.
Dalam Keppres No. 12/2014, Presiden menyatakan
perubahan istilah 'Tionghoa' menjadi 'Cina' telah
menimbulkan dampak diskriminatif dalam hubungan sosial
WNI beretnis Tionghoa.
Penggunaan kata ‘Cina' juga dinilai bertentangan dengan
semangat konstitusi. Pendiri bangsa Indonesia terbukti
memilih penggunaan istilah ‘Tionghoa' di dalam penjelasan
Pasal 26 UUD 1945.
Pertimbangan tersebut menjadi dasar Presiden untuk
mencabut dan menyatakan tidak berlaku SE Presidium
Kabinet Ampera No. 6/1967.
Kepala Negara menetapkan penggunaan istilah orang/
komunitas ‘Tionghoa' untuk menggantikan sebutan ‘Cina'
dalam semua kegiatan penyelenggaraan pemerintahan.
Selain itu, pemerintah menetapkan perubahan penyebutan
negara Republik Rakyat China menjadi Republik Rakyat
Tiongkok.

sumber
http://m.bisnis.com/quick-news/read/20140318/16/211744/sebutan-cina-resmi-diganti-dengan-tionghoationgkok


thanks info sama sumurnya Gan...