alexa-tracking

5 Situs Untuk Belajar Pemrograman Secara Gratis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53e055f7de2cf2d72a8b4656/5-situs-untuk-belajar-pemrograman-secara-gratis
5 Situs Untuk Belajar Pemrograman Secara Gratis
Bagi pembaca yang ingin belajar mengenai pemrograman baik itu untuk aplikasi mobile, web, dan desktop. Mungkin ada baiknya mencoba situs-situs di internet yang menyediakan tutorial pemrograman secara gratis. Di situs ini, pembaca dapat belajar pemrograman secara bertahap, interaktif, dan tentunya dengan waktu yang bisa disesuaikan.


Untuk itu, saya akan menyajikan beberapa situs internet untuk belajar pemrograman secara gratis dengan informasi sebagai berikut.


Codecademy

Ini merupakan salah satu situs menarik untuk belajar pemrograman secara online. Dalam situs Codecademy pembaca dapat belajar dengan menu latihan yang ada atau memberikan pelajaran kepada yang sedang belajar.


Menariknya untuk belajar pemrograman di situs ini, pembaca akan disajikan kotak yang berisikan petunjuk untuk kode, kotak untuk memasukkan kode, dan kotak yang berisikan hasil dari kode yang pembaca masukkan. Apabila kode yang telah dimasukkan benar, maka pembaca dapat langsung menyimpan, dan mengajukan programnnya kepada pihak Codecademy.


Dengan hal ini akan sangat memudahkan pembaca untuk mempelajari struktur pemrograman baik ketika benar, maupun terdapat kesalahan. Selain itu, ketika pembaca selesai dengan menu latihan maka situs akan memberikan penghargaan berupa badge, dan mengetahui seberapa jauh persentase dalam menuju tahap akhir latihan.


Bahasa yang didukung oleh situs ini terdir dari Ruby, Python, PHP, HTML, HTML5, CSS, JavaScript,dan JQuery. Selain itu, tampilan antarmuka dari situs ini mengusung Flat UI sehingga walaupun sederhana namun enak dilihat.


Bagi pembaca yang ingin mulai belajar pemrograman dapat langsung mengunjungi situs resmi Codecademy.


Code School

Dalam situs ini, pembaca akan disajikan tutorial, contoh kode, latihan, dan penghargaan menarik mengenai bahasa pemrograman. Bisa dibilang situs ini bersifat interaktif dalam melakukan pengajarannya hampir sama seperti Codecademy.


Ketika pembaca melakukan latihan terhadap bahasa pemrograman yang dipilih, maka situs ini akan menyajikan penjelasan inti, kotak untuk memasukkan kode, dan kotak dari hasil kode yang telah berjalan.


Menariknya, tampilan dari menu latihan pada situs ini ditambahkan dengan unsur game yang akan bergerak hingga menyelesaikan misi ketika pembaca berhasil menyelesaikan setiap tantangan pembuatan program dengan benar.


Setiap pembaca berhasil yang menyelesaikan menu latihan akan mendapatkan nilai seperti layaknya di sekolah. Situs ini mendukung bahasa pemrograman yang terdiri dari Ruby, JavaScript, HTML, CSS, dan Objective C.


Bagi pembaca yang ingin mulai belajar pemrograman dapat langsung mengunjungi situs resmi Code School.


Learn

Situs ini terbilang seperti memiliki cabang, karena ketika pembaca mengakses salah satu menu bahasa pemrograman akan dihadapkan pada domain situs yang diawali dengan kata learn, namun belakangnya ditambahkan kata untuk bahasa pemrograman yang dipilih.


Situs ini terbilang interaktif dalam membantu penggunanya untuk mempelajari struktur pemrograman dari setiap bahasa karena pada bagian bawah situs Learn ini akan disajikan kotak yang digunakan untuk memasukkan kode untuk latihan, dan kotak hasil kode yang telah dijalankan.


Dukungan bahasa yang disediakan oleh situs Learn ini terdiri dari Python (learnpython.org), Java (learnjavaonline.org), C (learn-c.org), JavaScript (learn-js.org), PHP (learn-php.org), Shell (learnshell.org), dan C#(learncs.org).

W3Schools

Situs W3Schools ini merupakan tempat yang baik untuk belajar pemrograman web. Dukungan dari situs ini cukup lengkap mulai dari tutorial untuk setiap langkah pemrograman, contoh-contoh kode yang dapat langsung ditampilkan secara interaktif, pembaca dapat mencoba sendiri melakukan pemrograman yang akan ditampilkan secara interaktif, dan forum tanya jawab untuk kode pemrograman yang tidak dimengerti.


Bahasa web yang didukung oleh W3Schools ini terdiri dari PHP, HTML, HTML5, CSS, JavaScript, SQL, JQuery, XML, ASP, ASP.Net, ADO, AJAX, hingga dukungan terhadap Flash. Namun bagi pembaca yang ingin mencoba versi bukunya pun dapat membeli di Amazon.


Bagi pembaca yang ingin mulai belajar pemrograman web dapat langsung mengunjungi situs resmi W3Schools.


LearnStreet

Situs ini menyediakan tutorial, menu latihan, dan proyek untuk belajar pemrograman dari JavaScript, Ruby, dan Python. Untuk metode latihannya, situs ini hampir sama dengan Codecademy dan Code School dimana penggunanya akan disajikan penjelasan inti, glosarium, video tutorial, kotak memasukkan kode, dan kotak hasil kode yang berjalan.


Menariknya di situs ini terdapat proyek-proyek aplikasi yang dapat diujikan oleh situs ini kepada penggunanya agar dapat memahami struktur program dari proyek tersebut. Selain itu, pada LearnStreet ini pembaca bisa menjadi guru untuk memberikan tutorialnya.


Bagi pembaca yang ingin belajar pemrograman dapat langsung mengunjungi situs resmi LearnStreet.


Ini merupakan beberapa situs untuk belajar pemrograman secara online yang disajikan secara interaktif. Jika menurut pembaca ada situs yang bagus untuk belajar pemrograman maka dapat memberikan informasinya di kolom komentar.

[sumber gambar shutterstock]

sumber dari teknojurnal.com/belajar-pemrograman/

Tambahan:

Microsoft Virtual Academy
Khusus untuk technology stack dari Microsoft. Semua yang menyangkut .NET, termasuk C#, VB, F#, ASP.NET, ADO.NET, TypeScript, dan tutorial2 tentang development untuk Windows Phone dan Windows 8 AppStore. Tutorial2 tentang Azure dan DirectX juga ada. Menggunakan sistem point, dan untuk beberapa topik, ada sertifikasinya.

Coursera
Online course gratis yang disediakan oleh berbagai perguruan tinggi kelas dunia. Beberapa course menyediakan sertifikasi bila berhasil diselesaikan.

edX
Prinsipnya sama dengan Coursera, bermula dari jointeffort beberapa perguruan tinggi ternama di AS, termasuk MIT dan Harvard. Hampir semua course menyediakan sertifikasi, dan beberapa punya pilihan untuk mengubah hasil yang kita dapat jadi credit point untuk perguruan tinggi yang memberi course tersebut.

Udacity
Kumpulan online course yang disediakan oleh para profesional di bidangnya. Sebagian course berbayar, tapi ada sebagian yang gratis.

Quote:


jangan cuma namanya doang ... cantumkan juga alamatnya emoticon-Nohope
KASKUS Ads

Smile 

Kalau mau nanya-nanya seputar bahasa pemrograman bisa berkunjung ke Bariskode.com
Quote:


ane udah baca itu semua gan
selain disitu ada lagi gak
Quote:


Makasih bget nich infonya... ada lagi gak selain nich.. ane mw bljr html5 n css3 nich emoticon-Big Grin

HUTRI Domain $3.99| Hosting 50% diskon| Free 1 bulan Reseller
Quote:


gan bisa search d google dech namanya pasti dpt kok.. ga ush risau pasti da url nya dech d google emoticon-Big Grin

HUTRI Domain $3.99| Hosting 50% diskon| Free 1 bulan Reseller
Quote:


kalao bariskode kurang lengkap dech tutorialnya gan.. da yg laen gak selain ini dech emoticon-Big Grin

HUTRI Domain $3.99| Hosting 50% diskon| Free 1 bulan Reseller
Quote:


Ada StackOverflow. Ini bapaknya situs2 QA kayak Bariskode.com emoticon-Big Grin

Selain itu CodeProject. Yang ini ada tutorialnya. Ane sih tinggal subscribe ke newsletternya. Beritanya update.
wah ada course gratis nih, terima kasih gan atas share infonya...
Quote:


makasih bget gan beritanya ane dah lihat websitenya. websitenya pd QA blh jg kalao da masalah tinggal post d sna.. tar master" dkt sna kasih tipsnya dech emoticon-Big Grin

HUTRI Domain $3.99| Hosting 50% diskon| Free 1 bulan Reseller
Quote:


sama-sama gan.. semoga bs blejar dgn baik ya.. selamat menikmati bljrnya emoticon-Big Grin

HUTRI Domain $3.99| Hosting 50% diskon| Free 1 bulan Reseller
numpang gelar tiker siapa tau ane masih butuh trit ini hehe
WOhhh trimakasih ya agan emoticon-Matabelo

pas bgt nih
w3sholls dong gan, guru pertama ane html emoticon-Ngakak
image-url-apps
ninggal jejak sambil bookmark dulu
image-url-apps
titip sendal gan !
×