alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53df9281c0cb174d448b45b1/otak-orang-indonesia-otak-tempe-so-what-gtu--nosara
otak orang indonesia otak tempe. so what gtu ,.. (nosara)
gan ane mau cerita sedikit banyak manfaat tempe gan, maap kalo emoticon-Blue Repost. tempeh merupakan salah satu jenis makanan asli indonesia yang menduniaemoticon-I Love Indonesia (S) .kalo dalam bahasa inggris kalo ngak saah nyebut nya TEMPEh atau SOY BAR( kalo ini pernah denger dari guru ane)emoticon-Ngakak.

Spoiler for Tempe:


bukan cuma enak gan tempeh sendiri punya gizi yang ngak kalah loh gan sama dagingemoticon-Matabelo berikut tabel nya nih gan...
otak orang indonesia otak tempe. so what gtu ,.. (nosara)

tempe juga mememiliki manfaat gan dan ngak sedikit loh gan berikut manfaat tempe:

1. Manfaat Tempe Sebagai Pencegah Anemia & Osteoporosis

Tempe dipercaya bermanfaat untuk mencegah anemia dan osteoporosis, dua penyakit yang bayak diderita wanita, sebab kodrat wanita yang harus mengalami haid, hamil serta menyusui bayi. Penyakit anemia ini dapat menyerang wanita yang malas makan, karena takut gemuk, sehingga persediaan dan produksi sel-sel darah merah dalam tubuh yang menurun., tempe juga dapat berperan sebagai pemasok mineral, vitamin B12 (yang terdapat pada pangan hewani), dan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, tempe juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa protein, asam lemak PUFA, serat, niasin, dan kalsium di dalam tempe dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat.

2. Manfaat Tempe Untuk Mencegah Kanker Payudara dan Penuaan

Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isofalvon. Seperti halnya vitamin C, E dan karotenoid, isoflavon merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikan bebas. Dalam kedelai terdapat tiga jenis isoflavon, yaitu daidzein, glisitein, dan genistein. Pada tempe, di samping ketiga jenis isoflavon tersebut juga terdapat antioksidan faktor II (6,7,4 trihidroksi isoflavon) yang mempunyai sifat antioksidan paling kuat dibandingkan dengan isoflavon dalam kedelai.

Penelitian yang dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bahwa genestein dan phytoestrogen yang terdapat pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat, payudara dan penuaan (aging).Antioksidan ini disentesis pada saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus leteus dan Coreyne bacterium.

3. Manfaat Tempe Untuk Anak

Bubur tempe ternyata sangat bermanfaat untuk memperpendek masa diare dan meningkatkan berat badan setelah diare. Bubur tempe yang diproduksi oleh pabrik maupun dari tempe tradisional dapat mengurangi gejala lebih baik dibandingkan dengan formula kedelai. Tempe lebih mudah dicerna karena kandungan asam lemak bebas, peptida, dan asam amino yang tinggi. Proses peragian tempe menghasilkan vitamin B. Kecuali itu selama proses produksinya terjadi pengurangan jumlah rafinose dan stakiose, sehingga keluhan kembung yang disebabkan kedua zat tersebut telah berkurang.

Berdasarkan penelitian, Anak yang mendapat bahan makanan campuran tempe-terigu berhenti diare setelah 2,39 ± 0,09 hari (rerata), lebih cepat bila dibandingkan dengan anak yang mendapat bahan makanan campuran beras-susu (rata-rata 2,94 ± 0,33 hari). Sebuah studi uji klinis randomized controlled double-blind yang dilakukan oleh Soenarto et al (1997) menunjukkan bahwa formula yang berbahan dasar tempe dapat mempersingkat durasi diare akut serta mempercepat pertambahan berat badan setelah menderita satu episode diare akut.

4. Manfaat Tempe Bagi Kecantikan Kulit

Tempe tak lagi menjadi makanan kelas dua. Sajian yang diolah dari kedelai ini sudah menjadi makanan harian segala kalangan. Dengan kadar protein yang tinggi, dan mengandung sedikit lemak, serta rasanya yang lezat, membuat tempe jadi makanan favorit banyak orang.

Protein dalam tempe juga dibuktikan paling baik dibandingkan jenis kacang-kacangan lain. Kandungan proteinnya setara dengan protein hewani dari daging, susu, dan telur.

Dalam penelitiannya Dr. Siti menyimpulkan bahwa khasiat tempe tak hanya itu saja, kandungan nutrisi tempe ternyata dapat meningkatkan total antioksidan darah dan juga menurunkan kadar 8-hidroksi-2-deoksiguansin urine dan menurunkan kerusakan jaringan kulit yang teradiasi sinar ultraviolet. Apa yang diuraikan Dr. Siti ini terbukti pada hewan percobaan, yaitu tikus wistar.

Kesimpulan penelitian ini, untuk menghindari efek negatif paparan radiasi ultraviolet dan ingin merawat kulit dari kerusakan radiasi ultraviolet, cobalah rutin mengonsumsi tempe. Anda pun tak perlu keluar uang banyak untuk percantik kulit Anda.

Selain itu, sebuah studi menyatakan bahwa kerut-kerut tipis pada wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung isoflavon dari kedelai, seperti tempe, tampak berkurang. Para relawan mengonsumsi aglycone, yang setara dengan 3 ons tempe per hari selama 12 minggu. Bonusnya lagi, dengan menambahkan tempe pada makanan Anda sehari-hari bisa mengurangi risiko kanker endometrial dan ovarium, diabetes, juga mencegah tumbuhnya bibit kanker payudara. Cobalah untuk mengonsumsi kacang edamame, tempe, tahu, untuk menggantikan daging merah maupun unggas.

5. Tempe Kaya Serat Tinggi

Selain kaya isoflavon, sajian tempe mengandung serat yang sangat tinggi. Serat ini sangat berguna untuk proses pencernaan serta mampu mencegah penyakit kronis.

6. Tempe Mudah Dicerna

Tempe adalah pilihan makan yang baik untuk orang yang punya kesulitan mencerna makanan berprotein tinggi yang berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan. Proses fermentasi tempe membuat kacang kedelai dalam tempe menjadi lebih lembut karena enzim yang diproduksi ragi sebelumnya sudah mencerna nutrisi yang ada di biji kedelai.

7. Tempe Bagus untuk Pola Makan Rendah Garam

Tempe mempunyai kadar garam yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk orang-orang yang disarankan mengurangi konsumsi garam seperti orang yang menderita hipertensi atau darah tinggi.

8. Tempe Mengandung Antibiotika Alami

Jamur Rhizopus memproduksi zat antibiotika alami untuk melawan sejumlah organisme merugikan. Zat antibiotika alami dalam tempe ini bisa jadi obat untuk disentri bila dikonsumsi setiap hari.

9. Tempe Bagus untuk Diabetes

Protein dan serat dalam tempe dapat mencegah kenaikan gula darah dan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Manfaat Tempe Lainnya antara lain :

10 Protein yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare.
11. Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.
12. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.
13. Penanggulangan anemia. Anemi ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurang tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein, asam folat dan vitamin B12, di mana unsur-unsur tersebut terkandung dalam tempe.
14. Anti infeksi. Hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe (R. Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.
15. Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapat menurunkan kadar kolesterol.
16.Memiliki sifat anti oksidan, menolak kanker.
17.encegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakit yang menyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.
18. Mencegah timbulnya hipertensi
19.Kandungan kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah osteoporosis.

kalo yang penasaran nih gan cara buat nya :
otak orang indonesia otak tempe. so what gtu ,.. (nosara)




dan terakhir ane mohon maaf kalo emang ada yang ngerasa nih tritemoticon-Salah Kamar


demikian trit dari newbie, ane ngak ngarep emoticon-Blue Guy Bata (L) atau emoticon-Blue Guy Cendol (L) ane cuman mau belajar nulis dan mau bagi inpho gan,.. thks...

[URL="sumber 1"]http://lihatyangkitamakan.blogspot.com/2012/08/manfaat-tempe.html[/URL]
[URL="sumber2"]http://intisari-online.com/read/keajaiban-tersembunyi-di-balik-tempe[/URL]
[URL="sumber 3"]http://nikenwp.blogspot.com/2014/05/tempe-asli-indonesia-bukan-yang-lain.html[/URL]
tempe banyak
manfaatnya emoticon-Big Grin

emoticon-rose
tempe makanan ane tiap hari bro emoticon-Cool
Sayang banget patennya dipegang jepang emoticon-Berduka (S)
Tiap hari makan nasi uduk + tempe.
Jangan bilang ane kismin.
Ane cuma melestarikan makanan khas betawi
emoticon-Cool
Wah agan malah promosi tempe nih emoticon-Big Grin
Tapi ane suka gan tempe, apalagi klo tempe mendoan
sedep gan rasanya emoticon-Big Grin
~tempoe kan emang makanan sehat
walopun dibuatnya dengan cara diinjak2 emoticon-Mewek

emoticon-rose
Quote:Original Posted By ularpiton
Wah agan malah promosi tempe nih emoticon-Big Grin
Tapi ane suka gan tempe, apalagi klo tempe mendoan
sedep gan rasanya emoticon-Big Grin

Disini ada, emang enak rasa nya emoticon-Big Grin
Tapi minyak nya ganahan emoticon-Nohope
tempe enak kok gan, kalo olahnya bagus emoticon-Big Grin
emang kenapa gan kalo otak tempe?

oh iya,, jengkol jengkol emoticon-Ngakak

(ane gak suka jengkol, udah pernah coba, gak enak hahaha)
wah ini mah makanan ane gan . malah pas ane masih kecil suka banget ngemilin tempe pake coki coki emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Sayangnya ane cumanya cuma tempe mendoan gan emoticon-Big Grin
kamu sukanya apa? TEMPE!
saya juru masaknya....
ada tempe goreng ada tempe bacem semuanya digoreng... (asin asin asin)
emoticon-Ngacir2
Tempe itu dulu kata guru ane daging tanpa tulang gan emoticon-Matabelo manfaat nya segudang harganya ekonomis

nitip
Spoiler for jangan buka:
Wah ternyata tempe banyak manfaatnya yah,bergizi emoticon-Smilie
ane sering makan tempe(k) gan emoticon-Cool ,berarti ane sehat dong emoticon-Cool
bngst tuh yang naro gambar tokai dimakan emoticon-Najis

gua sumpahin lu nginjek tokai emoticon-Najis

btw trit ente keren gan ;cool
ane vegetarian,, ane cinta tempe emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By alivzra
wah ini mah makanan ane gan . malah pas ane masih kecil suka banget ngemilin tempe pake coki coki emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


ane pikir ente ngemilin tempe pake coli coli gan emoticon-Ngakak (S)
makanlah makanan tradisional emoticon-Ngakak