alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53df3b06d44f9f56748b465a/penyebab-ketindihan-saat-tidur-dan-cara-mengatasinya
Peringatan! 
Penyebab Ketindihan Saat Tidur dan Cara Mengatasinya
Penyebab Ketindihan Saat Tidur dan Cara Mengatasinya
Ketindihan atau sleep paralysis adalah fenomena yang sering terjadi saat kita tidur. Dalam kondisi tersebut, seseorang terbangun dari tidur, pikirannya sadar tetapi seluruh badan tidak bisa digerakkan.

Seolah ada beban berat di atas tubuh, napas sesak dan seperti tercekik. Belum lagi munculnya bayang-bayang hitam di atas tubuh. Sudah pasti, fenomena tindihan atau ditindih makhluk halus menjadi hal mistis.

Akan tetapi dengan ilmu pengetahuan yang makin maju dan modern, ada penjelasan ilmiah apa itu "ditindih setan", nama kerennya adalah sleep paralysis.

Penyebab Ketindihan atau Sleep Paralysis
Sebelum menjelaskan apa itu ketindihan atau sleep paralysis, kami jelaskan dulu 4 tahapan dalam tidur. Tidur tidak sekedar menutup mata, ada tingkat berlapis untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Semua orang dalam kondisi normal akan melewati tahap ini:

Tahapan dalam tidur
Quote:1. Kondisi saat masih setengah sadar.
2. Kondisi mulai tertidur dalam.
3. Kondisi tidur yang lebih dalam.
4. Rapid eye movement (REM) dalam kondisi ini, mimpi terjadi.


Semua tahapan itu harus dilalui berurutan, sehingga ada koordinasi yang bagus antara kesadaran dan gerakan anggota tubuh.

Dalam kasus tindihan atau sleep paralysis, seseorang yang tidur dengan kondisi tubuh lelah membuat otak tidak merespon tidur dalam urutan yang benar. Biasanya dari tidur setengah sadar langsung menuju REM. Akibatnya, saat terbangun, pikiran sudah sadar, tetapi tubuh masih dalam kondisi tidur,. Hal itu membuat tubuh terasa seolah lumpuh tidak bisa digerakkan.

Ketindihan biasanya terjadi pada orang yang sedang dalam kondisi sangat capek, stres, banyak pikiran, punya lingkungan kerja buruk dan sebagainya. Tubuh yang setengah sadar saat mengalami sleep paralysis sering menimbulkan bayangan atau halusinasi makhluk menyeramkan, sehingga sleep paralysis sering dianggap sebagai kejadian mistis.

Cara Mengatasi Ketindihan Atau Sleep Paralysis
Setiap orang bisa mengalami ketindihan, jika ini sampai terjadi pada Anda, ingatlah tiga poin di bawah ini:

Quote:Cara Mengatasi Ketindihan Atau Sleep Paralysis
1. Jangan panik. Saat Anda panik, Anda akan semakin sulit bernapas dan bergerak. Tarik napas panjang dan berdoa, karena semua akan baik baik saja.

2. Setelah tenang, walaupun tubuh dalam kondisi tidak bisa digerakkan, Anda masih bisa menggerakkan jempol kaki atau tangan. Gerakkan jempol kaki,tangan perlahan, maka sedikit demi sedikit, tubuh Anda bisa kembali digerakkan.

3. Sebisa mungkin hindari posisi tidur terlentang, karena korban ketindihan biasanya dalam posisi terlentang. Pilih posisi tidur menghadap ke samping.

Demikian Penyebab Ketindihan Saat Tidur dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Quote:
susah gan kalau ga panik emoticon-Big Grin

btw makasih nih infonya
Makanya kalau tidur jangan tumpuk"
ane sering tuh ketindihan gan emoticon-Hammer
Ane Gapernah
kek nya gan emoticon-Amazed
baiklah,, mulai sekarang saya akan rajin berolahraga jempol,, emoticon-Cool
Ane sering nih ketindihan tangan dan juga kaki, serasa kaku & mati rasa tp ane tahu ini karena peredaran darah terhambat karena ketindihan. Yah gampangnya disebut salah posisi tidur yeh emoticon-Malu (S)
Sip ini menurut sains nya y gan emoticon-Big Grin



Baca juga gan...
Quote:[CENTER]Inilah Hal-Hal Menakjubkan yang Bisa Kamu Saksikan di Flipina!! Cekidot!![/CENTER][CENTER]Inilah 5 Fakta Tentang Air Kelapa Yang Belum Tentu Kamu Tahu!![/CENTER]Ikutan 8Share Yuk!!
pernah gan tindihan pas tidur, ane paksain nekuk kaki akhirnya hilang deh tuh tindihan...emoticon-Big Grin
lebih enak ketindihan bini saat tidur gan...
pasti setelah itu tidurnya pules les les...
Wah, baru tau ane emoticon-Matabelo
Kalo ane juga dulu sering ngalamin gan, biasanya kalo pikiran lagi galau misalnya kalau setiap mau ujian. Begitu secara tiba-tiba tau2 tengah malam/dini hari mata melek sendiri, badan kaku gak bisa gerak, mau teriak suara ngga keluar. Kalo udah gini biasanya ane coba baca2 doa menurut agama ane (Islam) sambil menengkan diri terus menggerakkan ke kiri/kanan. Kalo udah abis kena gitu, ane terus ambil wudhu kadang shalat malam habis itu tidur lagi tapi ngga terlentang/terlungkup/menghadap ke kiri tetapi ane tidur menghadap ke kanan dan sebelumnya membaca doa sebelum tidur....
Klo ane biasany panik gan, mai teriak tapi gax bisa... yaudah ane biarin aja
tambahan gan. badannya dihentak. paksa aja. ntar jg bisa gerak lg. ane pernah coba. emoticon-Jempol
tritnya bagus sekali gan, semoga bermanfaat buat semua emoticon-Kiss
bener tuh biasanya klo kecapean pasti suka gitu kirain ane doang emoticon-Cape d... (S)
dulu sering...tapi sekarang dah jarang banget
Quote:Original Posted By nipta1179
lebih enak ketindihan bini saat tidur gan...
pasti setelah itu tidurnya pules les les...

waduh susah nih, soalnya ane belum punya bini....emoticon-Ngakak
baru tau emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak (S)
Ane tdr ga telentang jg bs tindihan tuh emoticon-Nohope