alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53df11a612e25753238b45c9/buat-ente-yang-punya-kakek-nenek-yang-udah-lansiapikun-sikahkan-masuk-gan
Smile 
Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!

Spoiler for ane repost gan!:

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:Sebelumnya ane gak bermaksud untuk menghina kakek nenek kaskuser sekalian. Ane cuma mau kita sharing aja gans tentang salah satu penyakit mereka ini, yaitu pikun. Dibawah ada penjelasannya kok, jadi stay tuned ya emoticon-thumbsup
Oh iya plus ente ente bisa sekalian sharing di trit ini tentang kakek nenek ente. Sharing terbaik dapet +1 emoticon-Cendol (S) dari ane.

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:#Sharing
Ane punya nenek nih gans, umur udah 83 tahun. Dan pikunnya nih tuh udah kelewatan banget. Pernah ane makan bareng sama nenek ane, 5 menit kemudian nenek ane dateng ke kamar ane nanyain ane udah makan belom, padahal tadi makannya bareng emoticon-Cape d... (S) Dan begitu seterusnya sampe 5x bolak balik ke kamar ane nanya hal yang sama. Meskipun agak ngeganggu tapi ane tetep sayang banget kok sama nenek ane emoticon-Kiss (S)

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:APAAN SIH PIKUN DAN APA PENYEBAB SERTA FAKTORNYA?
Spoiler for orang tua lansia pikun:


Pikun secara istilah berarti menurunnya kemampuan kognisi (berpikir) seseorang dengan indikasi menurunnya daya ingat, menurunnya kemampuan penalaran, serta menurunnya kemampuan menyelesaikan masalah sehari-hari. Pikun disebabkan oleh gannguan pada jaringan otak dan semakin lama akan bertambah parah. Dalam dunia medis, pikun dikenal dengan istilah demensia yang berarti kemunduran fungsi intelektual dan sosial seseorang secara perlahan-lahan. Pikun disebabkan oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut :
Spoiler for Faktor Usia:

Spoiler for Menurunnya fungsi sel syaraf otak:

Spoiler for Faktor makanan dan gaya hidup:

Spoiler for Stress:

Spoiler for Faktor tidur:

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:LALU PIKUN DI USIA LANJUT ITU NORMAL GAK SIH?
Spoiler for usia lanjut:

Sering banget kita nganggep kalo pikun di usia lanjut usia itu normal. Benarkah itu?
Lanjut Usia (Lansia) tidak identik dengan pikun (demensia), perlu diketahui bahwa pikun bukanlah hal yang normal pada proses penuaan. Lansia dapat hidup normal tanpa mengalami berbagai gangguan memori dan perubahan tingkah laku seperti yang dialami oleh Lansia dengan demensia. Sebagian besar orang mengira bahwa demensia adalah penyakit yang hanya diderita oleh para Lansia, kenyataannya demensia dapat diderita oleh siapa saja dari semua tingkat usia dan jenis kelamin (Harvey, R. J. et al. 2003). Tulisan ini akan berfokus pada demensia yang diderita oleh Lansia dan perawatan yang dapat dilakukan keluarga sebagai support system yang penting untuk penderita demensia.

Pada usia muda, demensia bisa terjadi secara mendadak jika cedera hebat, penyakit atau zat-zat racun (misalnya karbon monoksida) menyebabkan hancurnya sel-sel otak.

Tetapi demensia biasanya timbul secara perlahan dan menyerang usia diatas 60 tahun.

Namun demensia bukan merupakan bagian dari proses penuaan yang normal. Sejalan dengan bertambahnya umur, maka perubahan di dalam otak bisa menyebabkan hilangnya beberapa ingatan (terutama ingatan jangka pendek) dan penurunan beberapa kemampuan belajar. Perubahan normal ini tidak mempengaruhi fungsi.

Demensia dapat di artikan sebagai gangguan kognitif dan memori yang dapat mempengaruhi aktifitas sehari-hari. Penderita demensia seringkali menunjukkan beberapa gangguan dan perubahan pada tingkah laku harian (behavioral symptom) yang mengganggu (disruptive) ataupun tidak menganggu (non-disruptive)

gangguan kognitif adalah gangguan pada proses pikir, memori, perhatian dan persepsi

Sebagian besar peneliti dalam risetnya sepakat bahwa penyebab utama dari gejala demensia adalah penyakit Alzheimer, penyakit vascular (pembuluh darah, cth: stroke), demensia Lewy body, demensia frontotemporal dan sepuluh persen diantaranya disebabkan oleh penyakit lain.

Lima puluh sampai enam puluh persen penyebab demensia adalah penyakit Alzheimer. Alzhaimer adalah kondisi dimana sel syaraf di otak mati, sehingga membuat signal dari otak tidak dapat di transmisikan sebagaimana mestinya (Grayson, C. 2004). Penderita Alzheimer mengalami gangguan memori, kemampuan membuat keputusan dan juga penurunan proses berpikir.

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:FAKTOR DEMENSIA DAN GEJALANYA?
Spoiler for demensia:

Untuk demensia yang disebabkan alzheimer, faktor resiko:
  1. genetik
  2. alkohol
  3. trauma
  4. diabetes mellitus


Untuk demensia yang disebabkan gangguan vaskular/pembuluh darah, faktor resiko:
  1. hipertensi
  2. gangguan jantung
  3. diabetes mellitus
  4. gangguan faktor pembekuan darah


Gejala Demensia

Demensia biasanya dimulai secara perlahan dan makin lama makin parah, sehingga keadaan ini pada mulanya tidak disadari

Berikut gejalanya:
  • Terjadi penurunan dalam ingatan, kemampuan untuk mengingat waktu dan kemampuan untuk mengenali orang, tempat dan benda
  • Sering terjadi perubahan kepribadian.
  • Gejala awal biasanya adalah lupa akan peristiwa yang baru saja terjadi; tetapi bisa juga bermula sebagai depresi, ketakutan, kecemasan, penurunan emosi atau perubahan kepribadian lainnya.
  • Terjadi perubahan ringan dalam pola berbicara; penderita menggunakan kata-kata yang lebih sederhana, menggunakan kata-kata yang tidak tepat atau tidak mampu menemukan kata-kata yang tepat
  • Ketidakmampuan mengartikan tanda-tanda bisa menimbulkan kesulitan dalam mengemudikan kendaraan.
  • Pada akhirnya penderita tidak dapat menjalankan fungsi sosialnya.

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:ADA GAK SIH GAN HAL HAL YANG BISA MEMPERCEPAT DEMENSIA?
Spoiler for demensia:

Ada banget gan!
Berikut hal-hal yang dapat mempercepat kepikunan:
Spoiler for Makan terlalu banyak:

Spoiler for Merokok:

Spoiler for Mengkonsumsi gula terlalu banyak:

Spoiler for Kebanyakan begadang:

Spoiler for Kurang melatih otak:

Spoiler for Kurang komunikasi:

Spoiler for Banyak berpikir saat sakit:

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:KALO TIPS AGAR TERJAUHI DARI DEMENSIA APAAN GAN?
Spoiler for makanan bergizi:

Spoiler for bonus gan!:

Spoiler for Menjaga kepala dari benturan keras:

Spoiler for Membaca dan menulis:

Spoiler for Bermain catur atau permainan sejenisnya:

Spoiler for Melakukan permainan memori:

Spoiler for Gaya hidup sehat:

Spoiler for Aktifitas sosial:

Spoiler for Aktifitas spiritual:

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:LALU BAGAIMANA PERAN KITA TERHADAP PARA LANSIA YANG PIKUN (DEMENSIA)?
Spoiler for sayangi mereka:

Spoiler for cintai mereka:

Spoiler for hibur mereka:

Spoiler for buat mereka senang:

Walaupun terdapat obat-obatan yang mungkin bisa membantu orang demensia, namun faktor KELUARGA atau orang-orang terdekat lah yang paling penting. Seluruh anggota keluargapun diharapkan aktif dalam membantu Lansia agar dapat seoptimal mungkin melakukan aktifitas sehari-harinya secara mandiri dengan aman.

Walaupun mungkin lansia membutuhkan bantuan kita, namun bukan berarti kita harus melakukan semuanya untuknya. Kita juga harus membantu dia untuk mandiri kembali, untuk membantu rasa ketergantungannya. Rasa ketergantungan karena selalu dibantu akan semakin menurunkan fungsi fisik dan kognitif, sehingga tidak akan memperbaiki pikun nya (demensia).

Kesabaran adalah sebuah tuntutan dalam merawat anggota keluarga yang menderita demensia
mungkin mereka tidak akan pernah mengenal dan mengingat siapa kita, bahkan tidak ada ucapan terimakasih setelah apa yang kita lakukan untuk mereka. Tanamkanlah dalam hati bahwa penderita demensia tidak mengetahui apa yang terjadi pada dirinya, merekapun berusaha dengan keras untuk melawan gejala yang muncul akibat demensia.

Jangan mengubah lingkungan, keadaan sekitarnya! lingkungan dalam rumah misalnya, karena lingkungan tersebut sudah familiar baginya. Tempatkan juga jam, kalender, radio: untuk membantu orientasi waktu lansia. Jelaskan padanya apabila ia bertanya ia ada dimana, dan siapakah orang-orang yang disekitarnya. Ini akan membantu orientasi tempat. Tempatkan cahaya terang untuk membantu lansia yang kurang dalam penglihatan.

Memarahi atau menghukum penderita tidak akan membantu, bahkan akan memperburuk keadaan.

Apabila berdasarkan tingkah laku para lansia:
Pada suatu waktu Lansia dengan demensia dapat terbangun dari tidur malamnya dan panic karena tidak mengetahui berada dimana, berteriak-teriak dan sulit untuk ditenangkan. Mangatasi hal ini keluarga perlu membuat Lansia relaks dan aman, yakinkan bahwa mereka berada ditempat yang aman dan bersama dengan orang-orang yang menyayanginya, duduk bersama dalam jarak yang dekat, genggam tangan Lansia, tunjukkan sikap dewasa dan menenangkan. Berikan minuman hangat untuk menangkan dan bantu lansia untuk tidur kembali.

Lansia dengan demensia melakukan sesuatu yang kadang mereka sendiri tidak memahaminya. Tindakan tersebut dapat saja membahayakan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Mereka dapat saja menyalakan kompor dan meninggalkannya begitu saja. Mereka juga merasa mampu mengemudikan kendaraan dan tersesat atau mungkin mengalami kecelakaan. Memakai pakaian yang tidak sesuai kondisi, atau menggunakan pakaian berlapis-lapis pada suhu yang panas. Seperti layaknya anak kecil terkadang Lansia dengan demensia bertanya sesuatu yang sama berulangkali walaupun sudah kita jawab, tapi terus saja pertanyaan yang sama disampaikan. Menciptkan lingkungan yang aman seperti tidak menaruh benda tajam sembarang tempat, menaruh kunci kendaraan ditempat yang tidak diketahui oleh Lansia, memberikan pengaman tambahan pada pintu dan jendela untuk menghindari Lansia kabur adalah hal yang dapat dilakukan keluarga yang merawat Lansia dengan demensia dirumahnya.

Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Quote:Jadi begitu gan semuanya tentang pikun atau demensia. Jadi untuk ente ente yang punya kakek nenek yang udah pikun, mari kita bantu mereka untuk menikmati hidup sebaik-baiknya. Karna sepikun apapun mereka, mereka adalah kakek nenek kita, ortu dari ortu kita, dan mereka adalah orang yang mendamba dambakan kita saat kita lahir emoticon-Kiss (S)
Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Spoiler for SUMUR:


Quote:JIKA AGAN-AGAN DAN AGANWATI SEKALIAN SUKA DENGAN THREAD ANE, MOHON BANTUANNYA YA UNTUK MENDUKUNG RECOMMEND THREAD ANE JADI HT MELALUI LINK BERIKUT:
RECOMMEND HT


Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Reserved for your comments emoticon-Smilie
lebih byk mengkonsumsi makanan berserat emoticon-ricebowl
nice tread gan......
yg jelas TS ga pikun kan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
kalo kebanyakan main handphone bisa pikun ga ya gaan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By yogaman
kalo kebanyakan main handphone bisa pikun ga ya gaan emoticon-Smilie


ga tau tuh gan emoticon-Malu

MAMPIR GAN

SIRI VS GOOGLE NOW
ane masih punya nenek gan dia pikun bgt gan, setiap 1 mnit ajah dia pikun, bikin ngeselin ajah gan
yang ane punya tinggal nenek emoticon-Mewek
pikun emang bikin kesel buat sebagian orang...

tapi yg bikin lebih kesel lagi adalah jika anaknya memarahi atau bahkan bikin kesel ortunya yg udah pikun tersebut....

padahal saat mereka kecil juga pikun cerdas alias butuh pengulangan repetisi dan ortupun tidak kesal melakukan hal tsb tapi mereka(si anak) mengapa sebaliknya???

mereka hanya tua umur dan fisiknya tapi mereka ingin dimengerti sebagaimana mereka dulu perhatian dengan anak2nya
Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
Wkwkwkw almarhum nenek ane juga gitu gan... Pelupa banget.... Jd inget waktu masih ada.... Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!Buat ente yang punya kakek nenek yang udah lansia+pikun sikahkan masuk gan!!!
nene ane budeg gan jadi harus saaabaaar bgt
hehe
kalo nenek gw orangnya kepo bgt dah emoticon-Cape d... (S)
ada orang ngobrol ditanya2in
waduh ... emoticon-Bingung (S)
Terima kasih aganemoticon-Smilie jadi harus jaga kesehatan dan olahraga biar gak pikun nantinya ya? emoticon-Smilie
TSnya juga pikun keknya, lupa cara ngetik SILAHKAN emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
silahkaan
ngeri jg ya gan...klo diparkiran markir mtr ambilnya mbl,bisa digebukin emoticon-Ngakak (S)
Kakek n nenek ane masih pada sehat gan walaupun udah 80++ emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Febrit Herdias
ngeri jg ya gan...klo diparkiran markir mtr ambilnya mbl,bisa digebukin emoticon-Ngakak (S)


Hahaha bilang aja lupa gan..
Jadi inget Engkong Ane nih emoticon-Matabelo
×