alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53de2da50d8b46b3388b4900/ini-cara-bedakan-es-batu-air-mentah-dan-es-batu-air-matang
Ini Cara Bedakan Es Batu Air Mentah dan Es Batu Air Matang
Ini Cara Bedakan Es Batu Air Mentah dan Es Batu Air Matang

Saat kita pergi ke sebuah restoran ataupun pedagang kaki lima hanya untuk membeli sebuah minuman, maka biasanya kita memesan minuman yang mengandung es. Namun pernahkah terpikir dibenak kita, apakah aman es batu yang kita konsumsi tersebut. Terbuat dari air apakah es batu tersebut, air matang atau air mentah?

Es batu yang terbuat dari air mentah mengandung banyak bakteri e-coli. Bakteri ini banyak dijumpai pada air minum yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Apalagi bila pada es batu yang terbuat dari air mentah dimana bakteri ini belum tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Bahayanya bakteri ini bagi tubuh adalah selain dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius, merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak kecil.

Memang sangat sulit untuk bisa membedakan es batu yang terbuat dari air mentah ataupun matang. Berikut cara membedakan es batu yang terbuat dari air mentah atau matang seperti dirangkum dari berbagai sumber :

Es batu dari air mentah
Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya susu. Hal tersebut dikarenakan masih banyak gas atau oksigen yang berada didalamnya. Kebanyakan es batu yang terbuat dari air mentah ini adalah berupa es balokkan atau es dalam bungkusan plastik. Es balok ini sudah pasti sangat berbahaya untuk dikonsumsi dan tidak baik untuk kesehatan. Apalagi bila air untuk membuat es batu ini diambil dari air sungai yang tercemar.

Es batu dari air matang
Sementara itu es yang terbuat dari air matang akan terlihat bening. Hal tersebut dikarenakan gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan terjadi. Selain itu ketika pendinginan terjadi sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.

Es kristal ini memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang, selain itu sekarang ini sudah banyak dijumpai di berbagai restoran. Es batu jenis ini aman dikonsumsi dan tidak beresiko memiliki kandungan bakteri didalamnya karena air yang dipakainya adalah air matang.

Nah sekarang tentu Anda sudah mengetahui dan bisa membedakan mana es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang. Semoga bermanfaat.

Sumber :
Sumber
Bener banget kamu gan, air mentah aka butek warnanya emoticon-Smilie
mantep gan
biasanya pedagang eceran yang gini gan emoticon-Cape d... (S)
wah, di sekolah, di jalan dan di tempat wisata pun ane juga nemu pedagang curang emoticon-Cape d...
kebanyakan sekarang es nya mentah gan, kalo pingin mateng ya buat sendiri emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Bener banget kamu gan, air mentah aka butek warnanya emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By goodstart
biasanya pedagang eceran yang gini gan emoticon-Cape d... (S)


Biasanya penampakan kyk begini sering muncul ya kalo kita lagi minum Es Teh Manis di warung emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By aryosd007
kebanyakan sekarang es nya mentah gan, kalo pingin mateng ya buat sendiri emoticon-Hammer2


bener gan ini termasuk kategori junk food, dan junk food itu hanya sedikit aja yang masuk dalam seleksi kategori makanan sehat.
bener banget maksud perkataan agan ini, jadi kalo mau sehat ya makanannya olah sendiri emoticon-Shakehand2
haha iya kalo di warung'' pecel lele misal beli es teh kalo diliat butek'' es batu nyaemoticon-Ngakak

Brati pake air mentah yaemoticon-Cape d... (S)
iya gan' bagus info nya emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
ane dulu pernah dikasi tau gan
kalo air mateng dinginnya enak
kalo air mentah dinginnya bikin cekot2
entahlah emoticon-Cape d... (S)
Ane kalo bikin es pake air mateng suka jadi yg sebelah kanan gan, bingung ane
waah makasih banget gan
ane udah lama pengen tau gimana cara ngebedain es batu dr air mentah ama yang dr air mateng
ane sih kalo es batu bikin sendiri biar aman
thanks gan infonya baru tau ane perbedaannyaemoticon-2 Jempol
jadi bisa bedain nih mana yang mateng ama yang mentahemoticon-Ngakak
yg esbatu balokan gt yah gan yg mentah emoticon-Sorry
Nais lah, biarpun ane udah tau, tapi tetep naic inpoh...

emoticon-2 Jempol
lebih baik beli minuman yang didinginkan dari pada minuman yang di kasih es batu emoticon-Malu (S)
lah ane kalo bikin jadinya butek emoticon-Bingung
makek plastik itu lho gan emoticon-Bingung
ane baru tau gan.. emoticon-Matabelo
makasi infonya gan..