alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53dde9ac32e2e622038b489b/cara-olah-vokal-untuk-dubber
Cool 
Cara Olah Vokal Untuk Menjadi Dubber
Cara Olah Vokal untuk Dubber
Cara Olah Vokal untuk Dubber
Quote:Quote: PERNAHKAH Anda memerhatikan lagu yang dibawakan seorang penyanyi atau grup band? Terkadang vokal penyanyi bertaburan improvisasi. Kata-kata dalam lirik salah satu lagu Peterpan misalnya “Terus melangkah melupakanmu…” terdengar menjadi “Cerus melangkah melupakanmu….
Ya, pada saat menyanyi, vokal penyanyi adalah vokal basah. Sehingga beberapa huruf atau kata dibunyikan tidak seperti seharusnya. Ini mungkin bertujuan agar lagu yang dinyanyikan terdengar empuk.

Sedangkan vokal akting suara dubbing adalah vokal kering. Dalam akting suara warna-warna vokal basah harus dihindari. Ketika berakting suara, seorang voice actor harus mengucapkan suatu kata—bahkan huruf—dengan (1) pernafasan yang baik, dan (2) artikulasi yang benar.


Quote:Quote:Olah Nafas

Cara Olah Vokal untuk Dubber

Cara Olah Vokal untuk Dubber
TUJUAN dari pengolahan pernafasan adalah agar suara akting seorang voice actor bisa panjang, tidak ada kesan tersengal-sengal apalagi putus di tengah jalan. Ini sangat diperlukan pada saat mengucapkan terutama dialog dengan kalimat-kalimat yang panjang.

Dunia voice actor Indonesia mengakui para voice actor dengan kepiawaian olah nafas yang mengagumkan. Asdi Suhastra, Idris Apandy, Petrus Urspon, Ferry Fadly hanyalah sedikit nama yang bisa kita sebut.

Dewasa ini, dengan teknologi perekaman yang semakin canggih, pengucapan sebuah kalimat yang panjang bisa dimanipulasi pada saat proses perekaman. Kalimat berikut ini misalnya: “Aku sangat terkesan pada saat melakukan dinas ke luar negeri dua bulan yang lalu bersama sejumlah rekan kerja,” bisa di-take secara bertahap. Misalnya take pertama hanya merekam: “Aku sangat terkesan pada saat melakukan dinas ke luar negeri.” Ada pun kata-kata berikutnya di-take kemudian.

Dalam praktik dubbing, pengarah (sutradara) dubbing terkadang memberi kebijakan dan pertimbangan apakah take satu kalimat bisa dilakukan secara bertahap, ataukah harus dalam sekali take. Sekali take berarti voice actor mengucapkan kalimat tersebut dalam satu nafas. Adapun jika memungkinkan dilakukan pengambilan suara secara bertahap, voice actor bisa menyiasati dengan mengambil nafas ulang ketika jeda.

Tetapi, hasil dari pengambilan secara bertahap akan mengesankan suara akting sang actor seperti tambalan. Cara perekaman secara bertahap seperti ini juga sangat mungkin akan mengubah emosi dari karakter tokoh yang sedang diisi suaranya. Efek lainnya, ruh dan maksud dari suatu kalimat itu pun bisa saja berubah.

Memiliki nafas yang baik, sangat diperlukan oleh seorang voice actor. Pernafasan yang digunakan dalam akting suara adalah pernafasan perut. Berikut cara sederhana untuk melatih pernafasan perut:

1. Berdirilah dengan posisi badan tegak, tetapi rileks. Jarak kedua kaki agak renggang, jangan terlalu rapat. Kira-kira sisi luar kedua telapak kaki akan sama ratanya dengan bahu kanan dan kiri. Kedua tangan diletakkan di samping paha, juga dengan serileks, jangan mengepal.

2. Tarik nafas perlahan-lahan dengan hitungan. Untuk tahap awal boleh sampai 8 hitungan.

3. Salurkan oksigen yang sudah diambil, simpan di perut. Bagaimana kita tahu kalau nafas yang kita tarik tadi kita simpan di perut? Caranya adalah dengan seakan-akan menegangkan perut, sehingga perut akan kaku jika dipukul. Lakukan penyimpanan ini juga dengan hitungan.

4. Lepaskan perlahan-lahan nafas itu, dengan mulut yang hanya sedikit membuka, bisa juga dengan mendesis. Lakukan dengan hitungan.

5. Ulangi tarik nafas, simpan di perut, lepaskan perlahan beberapa kali dalam sekali latihan. Sesuai dengan keseringan berlatih, tambahkan (perlama) hitungan tarik, tahan, dan lepaskan nafas tadi
.

Quote:Quote:Artikulasi

Cara Olah Vokal untuk Dubber


Cara Olah Vokal untuk Dubber
SEBUAH kata sudah pasti terdiri dari beberapa huruf. Agar makna, arti dan maksud sebuah kata tertangkap secara jelas, pengucap harus mengucapkan kata itu dengan benar. Jangan sampai sebuah kata dipersepsikan secara berbeda-beda, apalagi tidak dipahami maknanya oleh pendengar.

Pengucapan kata yang terdiri dari huruf-huruf harus menegaskan bahwa memang itulah huruf dan kata yang ingin diucapkan. Misalnya huruf j adalah j, bukan g; huruf r jelas r bukan l; a bukan e; dan seterusnya. Atau kata bisa adalah bisa, bukan bise, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, seorang voice over sebaiknya tidak cadel, kecuali memang untuk peran-peran yang memang dikisahkan bersuara cadel. Selain itu agar membentuk kata yang benar, suara voice over harus bulat. Maksud dari suara bulat adalah ketegasan dalam mengucapkan kata, tidak canggung atau gagap apalagi terdengar ragu-ragu.

Di bawah ini adalah latihan yang bisa dilakukan untuk membentuk suara yang bulat.

1. Buka mulut Anda lebar-lebar, seperti dalam keadaan menguap. Jika pada saat menguap, mulut terbuka dengan malu-malu, dalam latihan ini mulut benar-benar sengaja dibuat terbuka lebar. Caranya adalah dengan merennggangkan atau melebarkan rongga-rongga mulut.

2. Sekarang buatlah mulut dalam keadaan tertutup. Gelembungkan mulut Anda. Pindahkan gelembung mulut Anda ke pipi kanan, kiri, depan. Lakukan beberapa kali.

3. Lakukan senam mulut, caranya seperti mengunyah permen karet. Monyong-monyongkan (muncu) mulut Anda ke depan dan samping.

4. Buka mulut Anda. Pilih huruf vokal a. Teriakan huruf a dengan sekali hentak. Coba teriakan dengan huruf-huruf vokal lainnya yaitu e, i, o, u.

Dalam sekali latihan, latihan di atas bisa dilakukan secara keseluruhan, ataupun salah satunya saja. Dengan latihan ini, selain akan memudahkan pengucapan artikulasi, juga akan memudahkan pada saat harus mengeluarkan suara dengan emosi tertentu, misalnya marah, sedih, menangis, atau tertawa. Juga akan sangat berguna pada saat mencoba mengubah suara menjadi lebih besar, lebih kecil, suara tua, suara anak-anak, dan sebagainya. Perubahan ekspresi suara juga bisa dilakukan oleh orang yang biasa melakukan latihan ini.


Quote:Quote:Latihan Kombinasi

Cara Olah Vokal untuk Dubber

Cara Olah Vokal untuk Dubber
LATIHAN kombinasi yang dimaksud adalah penggabungan latihan untuk olah nafas, sekaligus untuk melatih artikulasi. Caranya sebagai berikut:

1. Posisi badan sama seperti pada saat latihan pernafasan perut.

2. Tarik nafas, simpan di perut, tahan. Pada saat mengeluarkan nafas, buka mulut Anda lebih lebar sambil mengucapkan huruf ‘a’.

3. Lakukan teknik seperti nomor 2, namun sekarang ubah hurufnya menjadi e (seperti pada kata ember), e (seperti pada kata emas), huruf i, o, u. Pada saat mengucapkan huruf yang dilakukan sambil membuang udara tadi, lakukan dengan perlahan, jangan tergesa-gesa.


Quote:sumur

Quote:boleh dong emoticon-Blue Guy Cendol (L) sama emoticon-Rate 5 Star nya gan
patut dicoba gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By askbiji
patut dicoba gan emoticon-Ngakak


silahkan dicoba ganemoticon-Big Grin
dubber ini sebenernya pekerjaan yg potensial...

soalnya kalo gw perhatiin, suara khas squidward sering kedengeran di kartun lain emoticon-Ngakak
wah , belajarnya ribet juga ya gan emoticon-Matabelo
ane kira asal ngomong aja, yg penting punya karakter suara emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
dubber ini sebenernya pekerjaan yg potensial...

soalnya kalo gw perhatiin, suara khas squidward sering kedengeran di kartun lain emoticon-Ngakak


memang iya gan setau ane dubber yang udah profesional bisa ngedubbing lebih dari satu karakteremoticon-Matabelo
ternyata jadi dubber juga harus ada pelajarannya ya
Quote:Original Posted By emu99
wah , belajarnya ribet juga ya gan emoticon-Matabelo
ane kira asal ngomong aja, yg penting punya karakter suara emoticon-Hammer2


punya suara berkarakter aja gak cukup ganemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By cumalapak
ternyata jadi dubber juga harus ada pelajarannya ya


harus ada dong gan masa asal2 ngisi suara ajaemoticon-Ngakak
emoticon-Sundul
nice share gan u,u
Quote:Original Posted By adamachmud
nice share gan u,u


makasih ya ganemoticon-Malu (S)
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Up
emang kayaknya jadi dubber itu sulit gan..emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
dubber ini sebenernya pekerjaan yg potensial...

soalnya kalo gw perhatiin, suara khas squidward sering kedengeran di kartun lain emoticon-Ngakak



di pocahontas suaranya juga keluar gan
jadi pengen latihan
emoticon-Leh Uga