alexa-tracking

Catatan mengenai Web Framework - Part 1

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53dcc2d4bfcb17de528b4673/catatan-mengenai-web-framework---part-1
Catatan mengenai Web Framework - Part 1
Lumayan bagus bagi para programmer yang baru memulai pemograman web : http://blog.kodelokus.com/?p=7

Quote:HTML (HyperText Markup Language)

Ini adalah pondasi dasar pemograman web. Sejarahnya dulu web hanya digunakan untuk menampilkan suatu dokumen dengan format tertentu. HTML adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk mempublikasikan konten dengan format tertentu, misal italic, bold, strikethrough, dan lain-lain.

Pada saat saya mengenal dunia web saya belum mengenal CSS (Cascading Style Sheets), sehingga semua desain seluruhnya memanfaatkan tag-tag HTML, terutama table emoticon-Smilie. Pada jamannya dulu saya menggunakan Microsoft FrontPage dan Macromedia Dreamweaver.

Hanya saja HTML masih sifatnya static content, artinya konten-konten yang ditampilkan jika hanya menggunakan HTML harus diperbarui secara manual. Dari sana maka saya mulai mengenal PHP.

PHP

Agar konten kita dapat bersifat dinamis, maka kita membutuhkan bahasa pemograman di sisi server. Salah satu bahasa pemograman yang paling populer adalah PHP. Bahasa ini sangat populer karena sangat mudah untuk digunakan karena merupakan dynamic typing language dan mudah diintegrasikan dengan apache sebagai modul.

Salah satu kenapa PHP populer juga dikarenakan banyak windows installer package yang sudah membundle PHP dengan Apache dan MySQL. Karena dulu Linux masih sangat sulit di gunakan karena tidak ada package repository seperti sekarang (red: apt-get), sehingga jika ingin menginstall aplikasi harus mengkompilasi dari source code.

Paket instalasi PHP di Windows yang saya gunakan pertama kali adalah PHPTriad, kini sudah tidak populer, digantikan oleh XAMPP atau WAMP.

Pada saat itu, pengembangan web menggunakan PHP belum populer menggunakan framework. Biasanya pengembangan dilakukan dari nol, karena PHP versi 3-4 belum mendukung sepenuhnya OOP, sehingga kebanyakan kode hanya berupa fungsi-fungsi yang di include di halaman-halaman yang dibutuhkan.

Sehingga pada zaman ini tidak ada yang namanya perang framework :P, setiap proyek baru dikembangkan dari codebase yang baru. Walaupun ada juga fungsi-fungsi yang bisa di reuse di proyek lama. Karena spesifikasi kebutuhannya juga masih sederhana, sebatas manajemen pengguna, artikel, dan tanggapan pengguna.
kirain apaan, taunya teori doang emoticon-Hammer2
PHP 3 dan 4? Tahun berapa sekarang? emoticon-Bingung (S)
Ini teori doang ya gan.?
Quote:Original Posted By eranoitulover
Lumayan bagus bagi para programmer yang baru memulai pemograman web : http://blog.kodelokus.com/?p=7



promosi web / blog yah ? Catatan mengenai Web Framework - Part 1
dpkg & apt-get udah ada sejak jamannya web masih pada pake cgi-perl... emoticon-Ngacir
dikit amat gan emoticon-Malu (S)

gelo ente

ente gelo, gan?
tulisan ente hasil copy dari mana?
lain kali kalo mau nulis, tulis sendiri ya.
emoticon-Najis