alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53dbda8f96bde6d77f8b498f/yuk-mengenal-hewan-hewan-sahabat-petani
YUK MENGENAL HEWAN-HEWAN SAHABAT PETANI
sebelumnya ane ucapin selamat Idul Fitri MINAL A'IDZIN WAL FA"DZIN mohon maap lahir batin

ohya agan/aganwati semua ane pengen nulis thread ini bermula dari pas ane mudik ke desa kakek ane. kebetulan kakek ane petani jadi pas ane kecil sering kali maen ke sawah ama kebunnya kakek. biasanya ane ketemu banyak binatang yg punya manfaat luar biasa bagi petani

ok gan langsung ke TKP
1. LEBAH/TAWON
Spoiler for lebah:

lebah/tawon ini punya manpaat yg luar biasa yaitu membantu penyerbukan bunga. sebagian jenis bunga memang dapat diserbuki oleh angin namun tetaplah penyerbukan oleh lebah adalah yg terbaik.
di negara2 maju seperti amerika umumnya para petani jagung mengundang para peternak lebah untuk menggembalakan lebahnya di ladang jagung mereka. tarip sewa lebah tergantung luas lahan dan lama waktu. dan tentunya lebah memberikan bonus yg luar biasa yaitu MADU


2. CAPUNG
Spoiler for CAPUNG:

hewan ini adalah insektivora terbaik yg pernah ada. capung akan memakan nyaris semua jenis serangga yg mempunyai ukuran tubuh setara dengan tubuhnya.
manpaat bagi petani, tentu saja hama tanaman seperti wereng, walang sangit, kumbang pengerek batang akan sangat berkurang dengan keberadaan capung. manpaat lainya adalah capung hanya akan bertelur di air yg bersih dan bebas polusi.
FYI capung juga sangat suka makan nyamuk. ALLAH MAHA ADIL gan soalnya nyamuk terutama nyamuk DB akan bertelur di genangan air. nah capung ini baik ketika masih larva atau sdh dewasa hobi makan nyamuk. capung dpt dijadikan indikator populasi nyamuk gan. pokoknya si capung ini kereeeng banged gan emoticon-thumbsup.
Spoiler for CAPUNG LG MAKAN:

Spoiler for CAPUNG DEWASA:

Spoiler for LARVA CAPUNG:

Spoiler for CAPUNG BERTELUR:

sayang sekali gan beberapa tahun terakhir ane udah JARANG banget ketemu capung di sawah kakek ane. seiring berkembangya desa kake ane banyak sekali embung air dan wilayah resapan air yg berkurang. ditambah lagi penggunaan pestisida non-organik yg gila-gilaan berakibat si capung enggan bertelur lagi

3. BELALANG SEMBAH (PRAYING MANTIS)
Spoiler for BELALANG SEMBAH:

si belalang sembah atau walang kadung (jawa timur) ini temasuk insektivora. nih hewan napsu makannya luar biasa gan mulai serangga ampe tikus disikat abis. beuuh pokok'e luarr biasa gan emoticon-thumbsup.
Spoiler for LAGI MAKAN EUY:

belalang sembah dapat dijadikan pengontrol hama yg epektip sperti yg dilakukan para petani di amerika. soalnya nih hewan ga peduli siang atau malem kalo ada mangsa langsung sikat emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for TELURNYA:

belalang sembah hanya bertelur di lingkungan yg bebas polusi n sepi gan. jd cocok bagi petani yg ingin bertani organik

4. KODOK
Spoiler for si kodok:

ada dua jenis kodok yg sering ane jumpai di sawah kakek ane yaitu kodok sawah dan kodok bangkong. kalo kodok sawah munculnya pas musim hujan kalo kodok bangkong muncul sepanjang tahun.
manpaat bagi petani kodok juga merupakan insektivora yg epektip. nyaris semua jenis serangga adalah pakan alami kodok. dan juga kodok hanya mau bertelur di air atau tanah lembap yg bebas polusi.
nasib si kodok juga ga bagus2 amat gan. maraknya penangkapan kodok sawah untuk konsumsi memperparah tingkat kepunahan kodok. dulu pas ane kecil sekitar tahun 1990an ( ane kliatan tua banget ya emoticon-Malu (S)) kalo pas ujan banyak sekali kodok yg bersliweran di sawah ampe rumah kakek ane. kalo sekarang udah jarang malah hampir ga ada emoticon-Frown
FYI sekitar tahun 1995 ada pembantaian besar2an populasi kodok di India tepatnya di sepanjang DAS Gangga. krn populasi kodok menurun beberapa waktu kemudian ketika musim hujan tiba malaria mewabah di sepanjang DAS Gangga dan banyak warga yg terserang malaria


5. ULAR
Spoiler for POTO SI ULAR:

memang banyak sekali jenis ular yg habitatnya di areal persawahan. namun umumnya ular yg sering ane jumpai di sawah adalah ular phyton ama ular kobra.
manpaat utama ular bagi petani adalah sebagai pemangsa tikus. hama tikus sifatnya sangat merusak gan. tikus umumnya menyerang padi muda, tanaman jagung dan kedelai.
Spoiler for pakan si ular:

sayang gan sekarang populasi ular jg semakin menurun akibat perburuan untuk diambil kulitnya dan juga untuk konsumsi emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S). SEDIH plus MIRIS gan emoticon-Frown
Spoiler for nasib si ular:


6. BURUNG2 PEMAKAN SERANGGA
banyak jenis burung pemakan serangga. umumnya berparuh lancip dan runcing. tapi di sini ane akan bahas hanya beberapa saja. berdasarkan pengamalan ane di sawah kakek
Spoiler for burung pemakan serangga:

manpaat burung pemakan serangga bagi petani sebagai pengontrol serangga. terutama hama belalang kayu, ulat hama dan hama kumbang
nasib para burung pemakan serangga malah lebih mengenaskan gan. banyak dari diburu untuk dijadikan hewan peliharaan. mereka ditangkap dalam jumlah besar kemudian diperdagangkan dipasar hewan dalam kondisi yg sangat tidak layak
Spoiler for kondisi di pasar hewan:

bukan maksud ane untuk meperolok para pedagang hewan. tapi mbokya kalo jual dikasih kandang yg layak. tidak sebaiknya burung2 itu ditaruh dlm kandang dlm jumlah banyak krn beberapa jenis burung punya sifat agresif thd sesamanya. selain itu dlm kondisi kandang yg sesak banyak dari burung2 itu yg mati krn stres emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S).
di forum omkicau (maap bukan maksud ane promosi gan) sdh banyak anggota yg mampu mengembangbiakkan burung berkicau, terutama jenis burung pemakan serangga seperti burung ciblek, cucak hijau, cucak jenggot bahkan cucak rowo

7. BURUNG HANTU
bagi yg demen ame harry potter pasti kenal ame nih burung. selain punya raut wajah dan yg seram burung hantu kerap diidentikkan dg kematian (di ASIA) dan penyihir (di EROPA).
Spoiler for si burung hantu:

manpaat bagi petani sebagai pengontrol hama tikus. selain ular burung hantu adalah pemangsa tikus terbaik. dan juga sipat burung hantu akan membunuh setiap tikus yg dijumpai ga peduli dia laper ato ga
Spoiler for laper euyy:

karena sipatnya yg menguntungka petani maka sekarang mulai marak budidaya burung hantu. Kabupaten Nganjuk Jawa TImur, Kabupaten Sleman Jogjakarta dan Kabupaten Demak Jawa Tengah adalah contoh daerah yg berhasil mengembangbiakkan burung hantu sebagai pengontrol hama. sekarang juga banyak perkebunan sawit yg mengembangbiakkan burung hantu
Spoiler for budidaya burung hantu:

FYI burung hantu yg dibudidayakan adalah dari jenis TYTO ALBA krn punya sipat lebih jinak dan mudah di domestikasi

dan yg terakhir hewan sahabat petani dari jaman baheula adalah
9. SAPI / KERBAU
sejak manusia mulai mengenal pertanian dan dimulainya domestikasi hewan2 liar seperti sapi dan kerbau maka semenjak itulah keberadaan sapi dan kerbau tidak terpisahkan dari kehidupan petani. bukti2 sejarah mencatat penggunaan sapi/kerbau untuk membajak sawah di mesir dimulai sekitar 5000 SM dan di asia sekitar 3000 SM.
Spoiler for si sapi & kerbau lagi bajak sawah:

manpaat sapi/kerbau selain untuk membantu membajak sawah adalah sebagai harta kekayaan / rojokoyo (bhs jawa). dan yg tidak kalah penting untuk diambil feses atau kotorannya sebagai pupuk organik dan juga sebagai biogas
Spoiler for pupuk kandang:

Spoiler for biogas:

btw kalo sapi lebih cocok di iklim kering karena sapi ga terlalu butuh air banyak. kalo kerbau lebih cocok di iklim basah atau di daerah dimana pasokan air melimpah soalnya si kerbau ga tahan panas jd lebih sering dimandiin
FYI dulu pas jaman pak harto tiap desa ada program peminjaman sapi. kepala desa ame penyuluh pertanian biasanya menawarkan kepada petani yg ingin dan mampu untuk memelihara sapi indukan betina. ntar tiap tahun penyuluh pertanian akan keliling desa melakukan kimpoi suntik. nah anakan sapi jd milik petani perawat tapi indukan betinanya dibalikin ke pemerintah. program peminjaman sapi berlangsung selama 4-5 tahun tergantung daerah. kakek ane dulu dapat 2 kali program peminjaman sapi.
btw bukan maksud ane ngebelain pak harto soalnya dia jug banyak korupsinya. alangkah baiknya program peminjaman sapi dilanjutkan lagi terutama untuk petani miskin yg punya lahan dikit atau ke petani penggarap

Akhir kata sekilas pengalaman ane mudik ke desa kakek ane. kalo ada salah mohon maap, kalo ada kurang mohon ditambahi
Ane ga minta apa2 cuman ingin berbagi pengetahuan dan sekedar menggelitik kesadaran agan2/aganwati2. mengingat keberadaan beberapa hewan yg dulunya melimpah berkeliaran di sawah sekarang ini sudah sangat jarang ane temui emoticon-Frown.
JANGAN SAMPE PAS ANAK CUCU KITA NANTI, PENGEN LIAT KODOK SAWAH AJE AMPE HARUS KE KEBUN BINATANG
STOP PERDAGANGAN HEWAN LIAR & YUK MARI BELAJAR BUDIDAYA
pertamax - calon HT gan
kirain jenis belalang tuh makannya cuma tumbuhan doang emoticon-Hammer
ternyata ampe tikus juga dimakan sama si belalang sembah emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By patchkom
pertamax - calon HT gan


wah, numpang pejwan klu gt.... emoticon-Peace
Cacing gak masuk TS ?? emoticon-Bingung (S)
Tritnya rapihin lagi gan emoticon-Angkat Beer moga HT




Baca juga gan...
Quote:[CENTER]Inilah Hal-Hal Menakjubkan yang Bisa Kamu Saksikan di Flipina!! Cekidot!![/CENTER][CENTER]Inilah 5 Fakta Tentang Air Kelapa Yang Belum Tentu Kamu Tahu!![/CENTER]Ikutan 8Share Yuk!!
tenang aja bos.. gak akan ilang
namanya juga rantai siklus
ilang satu pasti berantakan semua gakkan jadi







Spoiler for bonus ebook lepas utang:
oh baru tau gan

kalo cacing gimana? emoticon-Embarrassment
trit keren nih.. semua dibahas emoticon-Matabelo program pak harto kebanyakan bagus gan khusuznya yg menyasar petani..klompencapir misalnya emoticon-Big Grin
semoga petani gak kehilangan sahabatnya gan..
emoticon-Mewek


Nebeng Dolo pejwan emoticon-Ketupat

Smile 

iya gan ane lupa
CACING juga sahabat petani gan. soalnya cacing adalah pengurai sampah organik terbaik. cacing juga penanda kesehatan tanah. manpaat lainnya cacing jg bisa untuk obat tipus gan

FYI tanah stres tandanya retak2 trus bagian atas tanah sekitar ketebalan 10cm memutih(berubah warna keputihan)

btw mohon maap nih thread perdana ane kalo ada salah ato kurang rapi mohon maapemoticon-Malu (S)
gilaa, mantab gan emoticon-2 Jempol
emoticon-2 Jempol mantab gan
Quote:Original Posted By designbyson
trit keren nih.. semua dibahas emoticon-Matabelo program pak harto kebanyakan bagus gan khusuznya yg menyasar petani..klompencapir misalnya emoticon-Big Grin
komennya, sungguh terlaluuu emoticon-Hammer (S)
Kasian Capung gan, ane jarang liat sekarang..emoticon-No Hope
Keren jg gan. Hehehe.
Quote:Original Posted By errcode99
Kasian Capung gan, ane jarang liat sekarang..emoticon-No Hope


ane juga jarang lihat
nice share gan cuman sayangnya sekarang kok nemuin belalang sembah rasanya uda jarang banget ya gan emoticon-Frown
TSnya udah expert bgt soal prtanian nih emoticon-Malu
ane baru tau kalo belalang sembah bisa makan tikus emoticon-Ngakak
pejwan ane gembok gan.......

seharusnya dah ht gan...📢