alexa-tracking

Pola Hidup Sehat Bikin Kamu Jauh dari Resiko Gangguan Saraf

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53dba7a5a1cb177a2b8b4828/pola-hidup-sehat-bikin-kamu-jauh-dari-resiko-gangguan-saraf
Pola Hidup Sehat Bikin Kamu Jauh dari Resiko Gangguan Saraf
Pola Hidup Sehat Bikin Kamu Jauh dari Resiko Gangguan Saraf
Salah satu gangguan saraf yang lazim dialami oleh banyak orang adalah kesemutan dan kebas. Kesemutan dan kebas ini merupakan gejala awal gangguan saraf tepi yang biasa disebut neuropati.

Namun, sayangnya tidak banyak orang yang paham bahwa gejala awal neuropati yang terlihat sepele ternyata bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Gangguan saraf ini dalam jangka panjang bisa berakibat pada tidak berfungsinya anggota tubuh yang terkena.

Sebenarnya gangguan saraf ini bisa diatasi apabila kita menjaga pola hidup sehat, seperti di bawah ini:

  • Memperbaiki asupan gizi. Pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh ada dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi, terutama vitamin B Kompleks yang merupakan makanan saraf.
  • Olahraga yang teratur. Imbangi aktifitas sehari-hari Anda yang beresiko neuropati dengan berolahraga. Olahraga dapat membantu meregangkan saraf yang kaku akibat aktifitas beresiko neuropati yang berulang-ulang.
  • Istirahat yang cukup.
  • Suplemen tambahan. Konsumsi vitamin neurotropik 1 X sehari sejak dini secara teratur.

Ane ada tips buat hidup sehat gan, siapa tau bisa berguna emoticon-Smilie

Quote:


9 Tips Hidup Sehat: Semua Berawal dari Keluarga
Gaya Hidup Sehat
Rabu, 12 November 2014

Siapa yang ingin hidup sehat? Tentu semua orang, termasuk Anda.

Hidup sehat dapat terwujud dengan menerapkan gaya hidup yang sehat pula. Sayangnya di kota-kota besar, khususnya Udoctorians yang tinggal di Ibukota jarang sekali memiliki waktu untuk menerapkan pola hidup yang sehat, seolah tertelan dengan kesibukan yang berulang setiap harinya. Tidak heran, jika saat ini terjadi peningkatan jumlah penyakit tidak menular, seperti kencing manis/diabetes, penyakit jantung koroner, dan stroke. Tahukah Anda, sebenarnya dengan menerapkan prinsip perilaku hidup bersih dan sehat bisa mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut, baik menular maupun penyakit tidak menular?

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bermula dari lingkungan keluarga, sebab dalam keluarga lah perilaku terbentuk yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. PHBS di rumah tangga bertujuan untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Dengan menerapkan PHBS, banyak penyakit yang bisa dicegah seperti diare, demam berdarah, malaria dan bahkan kanker. Dengan menerapkan gaya hidup sehat berarti kita satu langkah lebih maju karena mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati.

Lalu, manfaat seperti apa yang didapat dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat? Sangat banyak. Ada begitu banyak manfaat dengan menerapkan perilaku ini di rumah tangga, diantaranya seperti:
Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.
Anak tumbuh sehat dan cerdas.
Produktivitas meningkat
Pengeluaran rumah tangga menjadi lebih terkendali sebab tidak ada biaya untuk sakit/berobat

Memperingati Hari Kesehatan Nasional 12 November , kami akan berbagi 9 tips hidup sehat yang dapat mulai dilaksanakan di keluarga anda.

1. Memberi ASI ekslusif
ASI adalah makanan ideal bagi bayi, menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan yang sehat dan memberikan antibodi terhadap penyakit anak yang umum seperti diare dan pneumonia. ASI eksklusif adalah intervensi yang paling efektif untuk mencegah kematian anak. Yang dimaksud dengan ASI ekslusif, ialah hanya memberikan air susu saja tanpa makanan pendamping yang diberikan pada enam bulan pertama.
2. Menimbang bayi dan balita
Ada banyak sekali manfaatnya, seperti mengetahui apakah balita tumbuh sehat, tahu dan bisa mencegah gangguan pertumbuhan balita, mengetahui balita sakit (demam, batuk, pilek, diare), dan bisa mendeteksi gizi buruk jika berat badan dua bulan berturut-turut tidak naik atau bahkan balita yang berat badannya dibawah garis merah (BGM).
3. Menggunakan air bersih untuk minum, mandi dan mencuci
Manfaat menggunakan air bersih diantaranya agar terpelihara kebersihan dri dan terhindar dari gangguan penyakit seperti diare, kolera, disentri, thypus, kecacingan, penyakit mata, penyakit kulit atau keracunan sebab air yang tidak bersih mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit.
4. Membuang sampah pada tempatnya
Sampah erat kaitannya dengan kuman dan bakteri. Dengan membuang sampah pada tempatnya, berarti melindungi diri Anda sendiri dari terserangnya berbagai kuman penyakit sebab tidak aka nada kuman dan bakteri yang menumpuk dan lingkungan menjadi bersih.
5. Mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun
Seperti pada artikel sebelumnya (hand sanitizer, efektifkah?), mencuci tangan dengan air dan sabun tetap dipercaya lebih mampu menghilangkan kotoran dan kuman, apalagi ketika tangan memang terlihat kotor dan berminyak. Mencuci tangan mencegah penyakit diare, thypus dan ebola.
6. Makan buah dan sayur setiap hari
Sederhana, murah dan banyak manfaatnya. Semua jenis sayuran bagus untuk dimakan, terutama sayuran yang berwarna (hijau tua, kuning, oranye) seperti bayam, kangkung, daun katuk, kacang panjang, selada hijau atau daun singkong. Begitu pula dengan buah, semua bagus untuk dimakan, terutama yang berwarna (merah, kuning) seperti mangga, papaya, jeruk, jambu biji atau apel lebih banyak mengandung vitamin dan mineral serta seratnya.
7. Tidak merokok
Dalam sebatang rokok, terkandung ribuan bahan kimia, yang artinya dalam setiap hisapan rokok ribuan bahan kimia masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan penelitian, rokok menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, salah satunya penyakit kanker (artikel: ini yang anda hisap saat merokok).
8. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
Pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ringan sekitar 30 menit setiap hari.
9. Memberantas jentik nyamuk di rumah
Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) merupakan kegiatan pemberantasan telur, jentik, kepompong nyamuk penular penyakit seperti demam berdarah dengue, chikungunya, malaria, filariasis (kaki gajah) di tempat-tempat perkembangbiakannya. PSN dapat dilakukan dengan cara 3M plus yaitu menguras bak air, menutup tempat penampungan air dan mengubur benda yang berpotensi menjadi sarang nyamuk plus menghindari gigitan nyamuk.
- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha....Lt1KsYHQ.dpuf
Quote:


Vitamin B kompleks dan vitamin neurotropik yang disarankan apa Gan?

×