hi gan,
balik lagi sama saya CarolPower
hari ini saya mau ngebahas tentang gimana cara memilih oli yang tepat..
walaupun mungkin di thread thread lain udah ada yang serupa..tapi gak papa deh..
soalnya kalau di ibaratkan manusia, Oli = Darah bagi mesin,.
jadi kita mesti cermat dalam memilih oli..
di pasaran emang udah banyak jenis oli yang serupa tapi tak sama
nah sebelumnya saya mau ngebahas dulu nih tentang fungsi dari oli tersebut secara garis besar
Quote:
1 Mengurangi gesekan komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Supaya gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
2 Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
3 Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
4 Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
5 Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotora n tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
6 Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.
dan jenis oli dibagi lagi nih gan menjadi :
Quote:
1 Oli mineral – Oli yang bahan dasarnya dari proses penyulingan bahan mineral.
2 Oli Vegetable– Oli yang diperoleh dari bahan tumbuh-tumbuhan yaitu minyak dari tumbuhan jarak. Jenis ini mempunyai sifat pelumas yang baik sehingga sering digunakan untuk recing, namum mempunyai kelemahan harga mahal dan tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama, karena proses oksidasi terjadi dengan cepat.
3 Oli Syntetic – Oli yang dibuat dari bahan dasar produk petroleum sepertiettylene, kemudian diproses secara kimiawi untuk menghasilkan viskositas yang stabil sesuai dengan karakteristik yang diinginkan. Keunggulan oli jenis ini adalah karakteristik oli relative stabil, mempunyai kemampuan pelumas yang sangat baik
4 Oli semi syntetic – Oli merupakan paduan antara oli mineral dengan syntetic, menghasilkan kemampuaan pelumas yang baik dengan harga lebih murah darisyntetic.
Quote:
Semakin kecil angka di depan W maka tingkat keencerannya semakin tinggi,tetapi bukan berarti semakin encer oli maka semakin bagus buat motor
Semua tergantung dari faktor lingkungankita juga. jika di daerah pegunungan yang sudah pasti mempunyai suhu alam yang dingin maka disarankan pakai oli dengan tingkat beku yang tinggimisalnya 10W-40 atau 15W-50.Dan untuk daerah yang mempunyai suhu yang panas seperti jakarta cukup pakai oli yang tingkat beku rendah/sedang seperti 15w-40 / 20w-40.
faktor kedua pemilihan kekentalan oli juga dilihat dari karakteristik / sifat motor itu sendiri karena setiap motor mempunyai karakteristik yang berbeda walaupun satu pabrikan
misalnya motor matic yang mempunyai kineerja lebih berat dari motor sport/bebek disarankan pakai oli yang lebih encer seperti 10w-40,agar kinerja mesin jadi lebih ringan dan konsumsi bensin juga ikut irit.
nah begitu deh kira kira
semoga bermanfaat yeee...
boleh dong dilempar cendol dan commentnya
terimakasiihh
