CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Zikir pakai ruas jari lebih praktis dari pada pakai tasbih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53d08b72bccb17b6378b46e4/zikir-pakai-ruas-jari-lebih-praktis-dari-pada-pakai-tasbih

Zikir pakai ruas jari lebih praktis dari pada pakai tasbih

Kebanyakan orang kalo zikir pake tasbih, tapi ada cara yang lebih praktis dan mudah serta sunah Rosul yakni dengan menggunakan jari, kok bisa? Itulah maha kuasa Allah menciptakan makhluknya yang tujuan utama penciptaan kita adalah untuk selalu beribadah kepadanya.

Penasaran tentang zikir menggunakan ruas jari tangan, cek it out!

Keajaiban Jari Jemari

‌ ” Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan‌ ‌ mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (QS. 36. Yaasin: 65)

Di antara ni’mat Allah yang besar kepada manusia adalah diberikannya tangan dan kaki yang sangat besar manfaat kegunaannya. Di ujung tangan itu ada jari jemari yang memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan. Selain untuk mengambil, meletakkan atau membawa sesuatu bersama telapak tangan jari jemari dapat mengepal, memijit, menggosok, memukul, memilih, meremas, membelai, menopang dan masih banyak lagi yg lainnya.

Firman Allah dalam Surat Yasin ayat 65 tsb mengajarkan pula kepada kita, selain digunakan untuk beraktifitas, jari-jemari di tangan kita juga berfungsi untuk bertasbih kepada ALLAH SWT

Zikir pakai ruas jari lebih praktis dari pada pakai tasbih

مَنْ سَبحَ اللهَ فِى دُبُرِ كُل صَلاَةٍ ثَلاَثًا وَثَلاَثِينَ وَحَمِدَ اللهَ ثَلاَثًا وَثَلاَثِينَ وَكَبرَ اللهَ ثَلاَثًا وَثَلاَثِينَ فَتِلْكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لاَ إِلَهَ إِلا اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُل شَىْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ ».
“Barangsiapa yang bertasbih (mengucapkan Subhanallah – pent.) pada setiap selesai sholat sebanyak 33 kali, bertahmid (Alhamdulillah – pent.) sebanyak 33 kali dan bertakbir (mengucapkan Allahu akbar – pent.) sebanyak 33 kali. Sehingga jumlah seluruhnya 99 kali kemudian ia menutupnya dengan kalimat “Laa Ilaaha Illallah Wahdahu Laa Syariika Lahu al Mulku wa Lahu al Hamdu wa Huwa ‘Alaa Kulli Syay’in Qodiir” (artinya : tiada Sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi Nya, milik Nya lah seluruh kerajaan dan bagi Nya lah segala pujian. Dia adalah Dzat Yang Berkuasa/Mampu atas segala sesuatu) akan diampuni kesalahannya walaupun banyaknya sebagaimana buih di lautan” (HR. Muslim No. 597)
Jadi yang disunahkan dalam berdzikir adalah dengan menggunakan jari – jemari tangan :

Abdullah bin Amr ra berkata, “Ra-aytu rasulullahi ya’qidut tasbiiha bi yamiinihi” yang artinya “Aku melihat Rasulullah menghitung bacaan tasbih (dengan jari–jari) tangan kanannya” (Hadits Shahih Riwayat Abu Dawud no. 1502 dan Tirmidzi no. 3486)

Bahkan Nabi SAW memerintahkan para sahabat wanita menghitung : Subhaanallah, alhamdulillah dan mensucikan Allah dengan jari–jari, karena jari–jari akan ditanya dan diminta untuk berbicara (pada Hari Kiamat) (Hadits Hasan Riwayat Abu Dawud no 1501 dan At Tirmidzi, dihasankan oleh Imam An Nawai dan Ibnu Hajar Al ‘Asqalani)

***

Wallahu’alam bishowab.

Thanks yah gan n sis atas kunjungannya, jdi lebih praktis kan zikir pakai jari tangan, sunah Rosul lagi, brakallah emoticon-Smilie

Mohon emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Share dan coment nya gan n sis
Diubah oleh ruprayo
Halaman 1 dari 4
emoticon-Matabelo lebih baik zikir dari pada harus berfikir pakai alat apa, baik suatu hal jgn di persulit dengan cara dan keharusan, melakukan kebaikan akan secara langsung diberikan kemudahan dalam menjalankan, asalkan niat baik.
Mantra ane gagal.
Diubah oleh veryfreak
iya, tidak punya tasbih juga soalnya emoticon-Hammer (S)
wah makasih banyak gan infonya emoticon-Matabelo

jadi tahu nih kalau lebih praktis
Diubah oleh ruprayo
lebih praktis, sederhana dan nggak repot
Quote:


Zikir pakai ruas jari lebih praktis dari pada pakai tasbih

Nice info gan
ane lebih prefer pake jari gan daripada pake tasbih karena sering rasullulah mempraktekan nya
ijin nyimak emoticon-Smilie
ane jg biasa pake jari klo mau zikir..
Gue biasa pke tasbiH.. sampe akhirnya gue pernah tuh baca bahwa semua yg ada dalam tubuh akan dimintai pertanggung jawabannya.. bahkan ruas jari sekalipun.. jd daripada ruas jari nanti ga bersaksi apa2 yaa mending dipakai siapa tau ruas jari kecil ini yg menyelamatkan dari panasnya api neraka
bener gan, ane pakai jari aja. gak pernah makai tasbih walau tasbih banyak di rumah
zikir mau pake tasbih atau tangan itu sama-sama baik gan ..
yg gak baik tuh yg gak mau dan gak pernah zikir emoticon-Ngakak
bener sih kak,lebih simpel n praktis emoticon-Smilie
bisa dicoba gan...
gitu caranya, gan... ane baru tau
emoticon-Matabelo
iy gan lebih praktis pakai tangan, udah ada yang gratis ngapain harus bayar, hehe...
betul

ane jg jaranga pake tasbeh kok gan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di