CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
Mengenal Lebih Jauh Tentang Jepara atau Kota Ukir (part 1)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53ccdd56d44f9f24568b46c6/mengenal-lebih-jauh-tentang-jepara-atau-kota-ukir-part-1

Mengenal Lebih Jauh Tentang Jepara atau Kota Ukir (part 1)


Mengenal Lebih Jauh Tentang Jepara atau Kota Ukir (part 1)
Spoiler for Ukiran Jepara Punya :

BUDAYAKAN
KOMENG
dan

emoticon-Toast

minimal menghargai thread TS


Numpang Buat Thread Ya Agan, maaf kalo masih biasa2 aje maklum Ane masih Newbie emoticon-Malu (S)
Agan Tau Kota Jepara atau Kota ukir Nggak?
Yang tau silakan angkat tangan, tapi jangan tinggi ya gan, takutnya baunya sampe sini emoticon-Big Grin
Sehubungan dengan Ane Orang Jepara yang merantau dikota sebrang dan kangen akan suasana kota Jepara, maka Ane buat Thread ini yang motifnya adalah untuk mengilangkan sedikit kerinduan akan suasana kota dan ingin pula mengenalkan kota Jepara keseluruh penjuru Indonesia. emoticon-I Love Indonesia (S)
Mungkin sebagian dari agan2 sudah mengenal Kota Jepara melalui pulau tempat wisata yang sekarang lagi digandrungi banyak orang yaitu Pulau Karimun Jawa.
Jangan salah agan, tempat2 wisata lain juga nggak kalah keren lohh.. nggak percaya yuk kita buktikan. Nah disini Ane mau membahas tetang semua yang berhubungan dengan kota Jepara, dari mulai Julukan Kota Jepara, Makanan Khas Kota Jepara dan Tempat-tempat Wisata di Kota Jepara emoticon-Smilie

MENGENAL KOTA JEPARA


Kabupaten Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.
Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah, dimana bagian barat dan utara dibatasi oleh laut. Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan.

Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yakni gugusan pulau-pulau di Laut Jawa. Dua pulau terbesarnya adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Penyeberangan ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bertolak dari Pelabuhan Jepara. Karimunjawa juga terdapat Bandara Dewandaru yang didarati pesawat dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Asal Usul Kata Jepara


Dulu ada orang dari Majapahit yang sedang berjalan melewati Jepara melihat nelayan yang sedang membagi-bagi ikan hasil tangkapannya "membagi" dalam bahasa jawa adalah "Para" (dibaca: Poro), maka pengembara tersebut menceritakan di kota tujuannya bahwa dia melewati Ujung Para karena dia melewati ujung pulau Jawa yang ada yang membagi ikan. lama-lama kata Ujung Para berubah ejaannya menjadi lebih singkat yaitu Jung Para, masyarakat pun lama kelamaan berubah menjadi Jumpara, lalu berubah menjadi Japara, dan ahirnya berubah menjadi Jepara. Orang Jawa menyebut menyebut nama Jepara menjadi Jeporo, dan orang Jawa yang menggunakan bahasa krama inggil menyebut Jepara menjadi Jepanten. Sedangkan orang Belanda menyebut Yapara atau Japare.

JULUKAN KOTA JEPARA



Kota Ukir

Pada zaman Kerajaan Kalinyamat yang dipimpin Sultan Hadlirin ayah angkatnya yang berasal dari Cina mengukir batu yang dia bawa dari Cina untuk di letakan di Masjid Mantingan. Lalu dia mengajarkan cara mengukir yang indah kepada warga Jepara sampai sekarang. maka Jepara di Juluki Kota Ukir.
Spoiler for kota ukir:

Spoiler for Sentra Industri dan Patung:


Bumi Kartini

Jepara adalah kota dilahirkanya pahlawan nasional R.A. Kartini, maka Jepara di juluki Bumi Kartini.
Spoiler for Bumi Kartini:


Spoiler for Musium Kartini:

Spoiler for Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara:



Kota Energi


Slogan R.A Kartini Habis Gelap Terbitlah Terang hal tersebut terealisasikan oleh pemerintah kabupaten Jepara dengan adanya 4 PLTU di Jepara, yang menjadi pemasok listrik Jawa, Bali, Madura. Oleh karena itu Bibit Waluyo (Gubernur Jawa Tengah) secara resmi memberi julukan KOTA ENERGI kepada kota Jepara.
Spoiler for PLTU:


Kota Fashion

Di Jepara banyak ditemukan beberapa produk fashion seperti: Tenun Ikat di Troso, Konveksi Baju di Sendang, Konveksi Celana di Bandungrejo, Konveksi Kerudung di Pendosawalan, Konveksi Bordir di Nalumsari, Perhiasan Monel di Kriyan, Perhiasan Emas di Margoyoso. Produk fashion Jepara telah membanjiri Pasar Semarang, Surabaya, Bali, Jakarta, Palembang, dll.
Spoiler for Tenun Troso:

Spoiler for Monel Kriyan:


Kota Kerajinan Atau Seni

Banyak seni kerajinan di Jepara seperti seni ukir, sini, patung, seni relief, seni monel, seni emasan, seni gerabah, seni rotan, seni anyaman bambu, seni macan kurung, kaligrafi dll. Oleh karena itu Jepara di juluki Kota Kerajinan.
Spoiler for Seni Ukir:

Spoiler for Seni Patung:

Spoiler for Seni Relief:

Spoiler for Ukiran Tempat Tidur:

Spoiler for Ukiran Kurungan:

Spoiler for Kursi Ukir:

Spoiler for Seni Monel:

Spoiler for Seni Gerabah:

Spoiler for Seni Rotan:

Spoiler for Seni Bambu:

Spoiler for Macan Kurung:

Spoiler for Seni Kaligrafi:


Kota 1000 Ponpes

Pondok Pesantren sangat banyak di Rembang, tetapi di Jepara terdapat Pondok Pesantren 2x lipat jumlah pondok pesantren di Kabupaten Rembang. Oleh karena itu Jepara di kenal sebagai Kota Seribu Pondok Pesantren.
Spoiler for Contoh Salah Satu PONPES di Jepara Az Zahra Boarding School:


The World Carving Center


Jepara berhasil membuat Rekor MURI sekaligus Rekor Dunia dalam bidang mengukir kayu bersama terbanyak di dunia. Maka Jepara resmi menyandang gelar The World Carving Center.
Spoiler for The World Carving Center:


The Beauty of Java

Berkali-kali Jepara mendapat Adipura di karenakan kota Jepara begitu bersih. Selain itu Jepara sangat indah, dari pantai, pulau, hingga pegunungannya. Untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Bupati Jepara mengambil slogan pariwisata Jepara, The Beauty of Java (Keindahannya Jawa) sebagai upaya pencitraan kota Jepara sebagai pusat Wisatanya Jawa.
Spoiler for Keindahan Pantai Jepara:

Spoiler for Keindahan Pegunungan Jepara:


Caribbean van Java

Keindahan Kepulauan Karimunjawa keindahanya seperti di Karibia. Karimunjawa mempunyai kesamaan lain dengan Karibia yaitu terdiri dari beberapa pulau kecil, oleh karena itu belanda memberi julukan sebagai Caribbean van Java
Spoiler for Keindahan Karimun Jawa:

Spoiler for Wisata Bawah Laut Karimun Jawa:



Scheveningen van Java

Menjelang kenaikan kelas di saat liburan pertama,NY. OVINK SOER dan suaminya mengajak R.A. Kartini beserta adik-adiknya Roekmini dan Kardinah menikmati keindahan pantai bandengan yang letaknya 7 km ke Utara Kota Jepara, yaitu sebuah pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang memukausebagaimana yang sering digambarkan lewat surat-suratnya kepada temannya Stella di negeri Belanda. RA Kartini dan kedua adiknya mengikuti Ny. Ovink Soer mencari kerang sambil berkejaran menghindariombak, kepada RA Kartini ditanyakan apa nama pantai tersebut dan dijawab dengan singkat yaitu Pantai Bandengan.Kemudian Ny. Ovink Soer mengatakan bahwa di Holland pun ada sebuah pantai yang hampir sama dengan bandengan namanya Klein Scheveningen secara spontan mendengar itu RA Kartini menyela kalau begitu kita sebut saja Pantai Bandengan ini dengan nama Klein Scheveningen

Spoiler for bandengan:

Ane rasa Thread Mengenal Kota Jepara Part 1. Sampai disini dulu ya Gan, nanti masih lanjut di part 2 tentang Kuliner Khas Kota Jepara. tetap pantengin Thread Ane Ya Gan emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh wida.nw
mantap gan, kalau ada ditambahin penginapannya gan emoticon-Big Grin
Quote:


kalo soal penginapan saya kurang tau gan emoticon-Cape d...
Diubah oleh wida.nw

Mantabbb

Josss gan.. Podo2 cah njeporo seng merantau.. Dadi menarik klu baca tentang ini.. Menjadi obat rindu emoticon-Peluk
Kalo penginapan saya biasa di Palm Beach gan kalo sama keluarga, sekalian maen aer emoticon-Big Grin
Terimakasih agan, ini newbie yang masih belajar berjalan emoticon-Malu emoticon-Big Grin
gan kotanya panas ga?
ada alternatif kuliner yg murah?

thanks
ada satu lagi yang kurang, yaitu seni kerajinan payung kertas, tapi sekarang sudah mau punah.. sedih


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di