alexa-tracking

Cara Mengobati Varises Pada Kaki

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53c96355bfcb177f1c8b45f7/cara-mengobati-varises-pada-kaki
Thumbs up 
Cara Mengobati Varises Pada Kaki
Varises adalah pelebaran pembuluh balik. Kata varises berasal dari bahasa Latin yang berarti memutar, "varix".Varises (Varicose Vein) merupakan pelebaran vena yang sering terjadi di vena superfisialCara Mengobati Varises Pada Kaki, dan yang banyak terjadi di ekstremitas bawah.
Varises merupakan pembengkakan pembuluh darah vena karena ada kerusakan pada katup satu arah sehingga terjadi tegangan pada dindingnya yang relatif tipis. Umumnya, gangguan ini terjadi di daerah kaki.



Berikut Beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya varises adalah sebagai berikut :

- Kurang gerak.
- Terlalu lama berdiri.
- Kelebihan berat badan (overweight)
- Menumpangkan kaki saat duduk
- Memakai Pakaian yang terlalu mengompresi (ketat).
- Terlalu sering atau terlalu lama mengenakan sepatu berhak tinggi.
- Frekuensi berdiri yang terlalu sering dan terlalu lama sehingga memaksa pembuluh darah - - - - vena untuk bekerja lebih keras.
- Faktor genetik dan perubahan hormon.
- Penyakit kencing manis dan kolesterol tinggi.
- Gaya hidup tidak aktif atau kekurangan gerak.
- Adanya trauma secara langsung pada katup vena yang menyebabkan kerusakan 1 atau lebih katup.

Penyebab terjadinya varises pada kaki, pada umumnya berhubungan dengan kebiasaan berdiri pada satu posisi untuk waktu yang lama, kegemukan, dan kehamilan. Pada keadaan tertentu, faktor keturunan juga dapat menjadi penyebabnya

Gejala dan tanda-tanda varises, antara lain adalah :

- Pegal
- Mudah lelah
- Terkadang pergelangan membengkak.
- Arteri darah (vena) menggelembung dengan perubahan warna di bawah permukaan kulit

CARA MENGHILANGKAN VARISES KAKI SECARA ALAMI

Pengobatan alami atau cara menghilangkan varises kaki secara alami biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama walaupun sebenaranya caranya cukup mudah, yaitu:
Setelah beraktivitas setiap hari, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Bagi penderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti ini sepanjang malam. guna melancarkan peredaran darah ke jantung.
Jangan berdiri terlalu lama.
Olahraga rutin untuk melatih otot kaki: jalan santai, jalan cepat; joging, bersepeda, berenang (minimal 30 menit per hari).
Penting !! Jangan pernah memijat daerah yang bervarises, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. Lakukan pijatan secara ringan namun teratur, di daerah rawan varises dengan arah menuju jantung dengan lembut dan gunakan minyak esensial yang sudah dilarutkan.
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe dan cabai merah. Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc.
Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani.
Sering-sering duduk berselonjor kaki, tungkai dan panggul.
Suntik Varises

Cara menghilangkan varises kaki secara alami cukup memakan waktu, namun kalau ingin varisesnya cepat hilang dapat dilakukan dengan cara injeksi atau suntik secara langsung ke varises dan tentunya hal ini dilakukan oleh dokter ataupun orang yang ahli dibidang ini. Akan tetapi tindakan ini cukup sakit.
Dokter yang berkompeten untuk varises itu spesialis apa? Apakah dokter umum bisa? Atau dokter bedah vaskuler? Dokter jantung & pembuluh darah? Dokter kulit?

Thanks.
image-url-apps
Wah bahaya ya gan memijat bagian kaki yang varises emoticon-Belo baru tau ane gan emoticon-Malu (S) nice share gan emoticon-Cendol (S)
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


varises dapat ditangani oleh dokter spesialis bedah vaskuler atau dokter spesialis kulit kelamin yg sudah tersertifikasi tentunya
ane varisesnya banyak banget gan, ampe di perut samping kanan kiri juga, gmn tuh? ane gendut sih..
Quote:


Tergantung tindakannya, varises tahap awal bisa ditangani hanya dengan teknik kompresi dengan stocking, dokter mana saja harusnya bisa. Kalau sudah lebih besar tapi masih sporadis dan tidak banyak bisa dengan suntikan, ini juga dokter mana saja harusnya bisa. Kalau lebih besar lagi, bisa dengan multiple phlebotomy, dokter bedah yg biasanya mengerjakan. Kalau sudah hebat sekali dari atas sampai bawah, biasanya dilakukan stripping vena, jadi vena vena superfisial yg dekat kulit itu akan dikeluarkan dengan alat khusus, yg mengerjakan dokter bedah, dokter bedah vaskuler, atau dokter bedah torax kardiovaskuler.

Quote:


Bedah vaskuler ga ada di kota gw, adanya BTKV, toraks kardio vaskuler. Bisa gak yang BTKV ini? Dia kan spesialis pembuluh darah besar sekitar dada dan jantung.
SpKK bisa ya, wah coba kutanyakan deh.

Quote:


Lho berarti EVLT yang saat ini sudah menggantikan stripping vena, itu hanya kalau sudah parah banget ya?

Kalau derajat sedang gitu suntikan sclerotherapy oleh dokter mana saja bisa? Takutnya salah suntik kalau tidak berpengalaman, soalnya gw baca2 kalau meleset bisa menyebabkan efek samping.
Quote:


RFA (dengan radiofrequency) dan ELA (dengan laser) memang dianggap lebih bagus dari stripping vena, karena itu murni in office procedure, masalahnya gak semua rumah sakit punya alatnya, dan gak semua dokter familiar dengan prosedur begitu. Dulu saya di Manado, satu SULUT gak ada alat begitu. Di RS di Jakarta yg cukup besar tempat saya bekerja sekarang juga tidak ada alat begitu.

Suntikan begitu istilah kerennya mungkin ECA ya, endovein/venous chemical ablation, memang kalau tidak masuk persis di dalam pembuluh darahnya bisa menyebabkan destruksi jaringan yg lain. Yg mengerjakan kalau di bagian bedah, ya beberapa dr bedah yg memang sering melakukan itu, di RS saya dr BTKVnya juga mengerjakan, dr bedah KV juga harusnya bisa. Tapi paling bagus dikonsultasikan dulu dengan dokternya, metode apa yg paling bagus dan cocok untuk varises pasiennya.

Wah thanks infonya. Setau saya RFA gak ada di Jakarta. tapi EVLT/ELA ada ya, katanya di Venosan Clinic? Atau RSCM? Striping vena ngeri, soalnya kan seperti bedah gitu, kalau yang baru ini kan gak sampai dibuka2.

Dokter2 bedah vaskular ngumpulnya di Jakarta semua, mengapa ga disebar ke daerah2 supaya merata ya. Apakah mungkin dikarenakan orang2 yang sakit bersedia datang sendiri ke Jakarta? Kalau gw gak mau, soalnya misalnya suntik itu kan harus beberapa kali datang ke dokter, dan harus lebih dari satu minggu.

Kalau dokter bedah umum atau BTKV gw ngeri, kalau belum berpengalaman. Taunya dari mana ya dokter yang sudah berpengalaman?
×