alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53be20fe9e740484708b473b/makanan--minuman-yang-baik-dikonsumsi-saat-berbuka
MAKANAN/ MINUMAN YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT BERBUKA
Untuk berbuka puasa , ada beberapa makanan/minuman yang baik sekali dikonsumsi lebih dahulu.

Air Putih
Pada saat berpuasa terjadi penurunan gula darah karena tidak mengonsumsi makanan sekitar 14-16 jam. Seseorang yang mengalami gejala tersebut berpotensi mengalami dehidrasi. Disarankan ketika berbuka puasa , pertama-tama konsumsilah dulu segelas air putih untuk rehidrasi terhadap tubuh.

Buah-buahan
Semangka , melon , dan anggur merupakan beberapa buah-buahan yang memiliki kadar air yang tinggi. Buah-buahan yang tinggi kadar airnya membantu proses rehidrasi tubuh setelah berpuasa. Hindari buah-buahan yang asam untuk berbuka , seperti jeruk dan belimbing karena dapat mengiritasi lambung Anda.

Sop Sayuran
Setelah berbuks puasa diawali dengan segelas air , beberapa potong buah , baik sekali bila diikuti dengan sop sayuran. Disarankan sop tersebut berkuah bening (tidak mengandung santan dan tidak terlalu pedas). Sop sayuran mudah dicerna oleh saluran pencernaan , selain itu dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Karbohidrat
Sebagai menu buka puasa Anda disarankan mengonsumsi karbohidrat , yaitu nasi atau yang lainnya seperti ubi. Makanan ini mengandung glukosa sehingga baik sekali dikonsumsi ketika berbuka untuk menggantikan kadar gula darah yang turun. Namun ingat , porsi makanan Anda jangan berlebihan. Disarankan mengkonsumsi karbohidrat kompleks.

Telur
Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu , telur tidak sulit dicerna oleh saluran pencernaan. Mengonsumsi telur adalah salah satu cara termudah untuk mengganti kebutuhan protein tubuh setelah berpuasa.

Menu ideal untuk Sahur :

. Ketika sahur , Anda perlu sekali makan dengan gizi yang seimbang. Yang dimaksud dengan seimbang yaitu mengandung sayuran , karbohidrat , lemak , serta protein.

. Konsumsi banyak protein karena berkhasiat sebagai penghasil energi. Protein dicerna lama di dalam saluran pencernaan sehingga membantu kita merasa kenyang lebih lama.