alexa-tracking

BUAH-BUAHAN , SAHABAT SAAT BERPUASA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53be148f138b4605468b45cf/buah-buahan--sahabat-saat-berpuasa
BUAH-BUAHAN , SAHABAT SAAT BERPUASA
Apakah Anda mengalami lemas atau kurang stamina saat berpuasa? Nah , mulai sekarang biasakan mengonsumsi jus saat berbuka atau pun sahur , sebab jus kaya nutrisi sehingga dapat mengembalikan stamina tubuh Anda setelah menjalani puasa satu hari penuh.

Setiap hari tubuh manusia membutuhkan karbohidrat kompleks sebanyak 60% , protein 10-15% , dan lemak sehat. Meski berpuasa , kebutuhan asupan itu jangan sampai kekurangan , agar tubuh tak menjadi lemas dan loyo.

Nah , makanan pertama yang dipilih saat berbuka dan sahur penting untuk membangun kesegaran tubuh setelahnya. Pasalnya yaitu saat puasa usus akan mengecil karena berkurangnya asupan makanan yang diolah.

Jenis makanan pun juga harus diperhatikan , karena dapat mempengaruhi stamina Anda. Disarankan , agar kebugaran tubuh kembali terbangun , baiknya Anda mengonsumsi jus buah saat berbuka dan sahur.

Dokter Samuel Oetoro , ahli gizi , mengatakan dalam bulan puasa perbanyaklah makan buah-buahan pada saat berbuka dan sahur. Ketika berbuka , gunakan rasa manis yang terkandung dalam buah-buahan , dan jadikan buah-buahan atau jus buah menjadi penutup menu sahur harian. Berikut daftar buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Pomegranate.
Dikenal sebagai buah delima , buah ini bisa dikonsumsi langsung. Namun , sering dikonsumsi dalam bentuk jus , karena lebih praktis. Banyak kandungan polifenol pada biji delima dapat diserap tubuh. Mengandung sumber antioksidan tinggi , yaitu polifenol , tannin , dan anthocyannins. Mengkonsumsi pome secara langsung maupun diolah menjadi jus dapat membuat kulit tetap sehat.

Sirsak.
Selain berfungsi menyerap kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh , sirsak juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan. Kandungan zat-zat dalam sirsak dapat mencegah beragam penyakit , seperti hipertensi dan osteoporosis.

Apel.
Dari dulu manfaat buah ini memang sudah dikenal. Mengandung vitamin A , B , dan C , apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah , mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar. Buah apel mengandung AHA (Alpha Hidroxy Acid) yang dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati , sehingga membuat kulit menjadi halus dan cerah.

Jeruk.
Buah identik dengan warna oranye ini mengandung vitamin A , B1 , B2 , dan C serta antikanker bagi tubuh. Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry , mengkonsumsi 1 buah jeruk setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 15,5% dan trigliserida sebanyak 27%.

Jambu.
Buah jambu (guava) kaya kandungan vitamin A dan C. Jambu mengandung likopen yang berperan sebagai antioksidan , dapat melindugi kulit dari radikal bebas. Mengandung serat larut yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Pepaya.
Buah tropis satu ini mengandung vitamin C dan provitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam , sistem pencernaan dan membuat lancar saluran pencernaan makanan. Bagi mereka yang berpuasa , buang air besar akan tetap lancar.

Pisang.
Buah ini mengandung vitamin A , B1 , B2 , dan C yang dapat membantu mengurangi asam lambung. Pisang cocok bagi orang yang berpuasa , karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Mangga.
Buah ini mengandung vitamin A , E dan C yang dapat membersihkan darah. Bagi orang yang berpuasa , jus mangga dapat mengurangi dehidrasi.

Strawberry.
Buah imut berwarna merah ini kaya vitamin A , vitamin B1 , dan C , serta antioksidan , bagus untuk melawan zat radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh orang yang berpuasa tetap terjaga dari virus.

Note : jangan menambahkan gula atau susu ketika membuat jus buah. Biarkan Anda mendapatkan rasa manis alami dari buah , bukan dari gula atau susu.

Sumber : dr. Samuel Oetoro
×