alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / ... / Airsoft Indonesia /
!!! INDEX KASKUS AIRSOFTGUN COMMUNITY !!! -- Mohon Dibaca Dulu --
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53b7c72c529a45170f8b4680/index-kaskus-airsoftgun-community-----mohon-dibaca-dulu

!!! INDEX KASKUS AIRSOFTGUN COMMUNITY !!! -- Mohon Dibaca Dulu --

!!! INDEX KASKUS AIRSOFTGUN COMMUNITY !!! -- Mohon Dibaca Dulu --


KASKUS AIRSOFTGUNNER COMMUNITY

since 2006





Thread ini adalah sebagai TEMPAT NGUMPULNYA PARA AKTIVIS ERSOP untuk saling bertukar pikiran,pengalaman,serta mengeluarkan aspirasinya,dengan tujuan bangkitnya Komunitas Airsoftgun di Indonesia,so silakan deh ngomong sepuasnya tentang ersop..nggak dilarang kok.
Rookie?welcome juga.dibantu dech.Viva le ersopter indonesia!!
oya...saya nggak ada maksud untuk menjadi Bos disini,semuanya saya anggap sama..jujur masih ada yang lebih daripada saya..jadi tolong nggak ada pikiran jelek yaa..sekali lagi,langkah saya ini demi kepentingan Semua komunitas ersop di seluruh indonesia.makasih.

Salam Ersop


NB : buat rekan2 yang mo tau tentang ersop,ya disini ini tempatnya....
Tanya-tanya hal umum tentang ersop juga boleh.di thread ini ajah...

Apa itu Airsoft ?
Wikipedia-English - Wikipedia-indonesia

SAYA SEORANG PEMULA....

Apakah saya pantas bermain ersop?
Ya dan tidak,ya bila anda sudah memahami dan menerapkan konsep RSSF.Tidak bila anda melenceng dari konsep RSSF

Apa itu RSSF?
R-esponsible,dimana dalam memegang dan memiliki ersop kita dituntut untuk memiliki tanggung jawab untuk diri sendiri dan sekitarnya.oleh karena itu terdapat aturan untuk memiliki ersop adalah umur diatas 18th.yang pada saat itu dianggap seseorang telah sadar akan artinya suatu tanggung jawab.
S-mart,setiap tindak tunduk dalam memiliki,menggunakan,dan bermain ersop kita dituntut untuk bertindak secara cerdas.tahu bagaimana mesti bertindak,tahu bagaimana cara menghindari dari masalah.dapat menilai apakah tindakan kita dapat menyebabkan masalah atau tidak dalam waktu yg singkat.
S-afe,aman dalam hal ini bukan hanya menggunakan goggle dan rompi ketika bermain tapi lebih ke sikap aman ke diri sendiri dan orang lain.bisa jadi seseorang aman untuk dirinya sendiri..tapi apakah dia aman buat orang lain?
F-un,kesenangan adalah hasil apabila kita dapat menerapkan ketiga faktor diatas dengan baik,setidaknya tahu benar konsepnya.sehingga hal2 yang tidak diinginkan dapat dihindari dan permainan menjadi lebih mengasyikkan..buat semua..bukan buat diri sendiri.
silahkan baca terus info yang terdapat pada thread ini.

Apakah ersop itu hobi yang mahal
tergantung sejauh mana anda menilai diri anda sebagai peng-hobi.

Ersop apa yang cocok untuk saya?
Tidak ada,tidak ada ersop yg secara spesifik cocok untuk kelas rookie sebelum anda merasakannya sendiri di lapangan.
dan yang utama,hilangkan pemikiran bahwa airsoft yang bagus adalah airsoft yang tenaganya kuat dan bisa menyakiti.itu tidak benar! airsoft yang benar adalah airsoft yang aman dan tidak menyakiti

Terus bagaimana saya bermain?
Anda dapat ikut/datang sesi skirmish suatu komunitas atau rental ersop/field,dan mencoba bermain.dari situ akan keliatan tipikal bermain anda.
khusus pada suatu komunitas,anda dapat meminta pendapat dari sesepuhnya.

Apa yang saya lakukan bila saya sudah tau tipikal saya?
saatnya anda memilih model ersop anda,untuk rookie:
Anda suka grasak grusuk,rapid movement,front men (assaulter)...cocok menggunakan jenis laras pendek seperti G36C,MP5,M4A1.
Anda cukup tenang,constant movement,middle men (support)...cocok menggunakan jenis rifle seperti M16,AK47,Steyr.
Anda sangat tenang,low movement,rear men (sniper/marksman)...cocok menggunakan jenis laras panjang seperti L96,BAR-10,MP001.

Apakah saya memerlukan handgun?
Tidak.handgun bersifat optional.diskusikan ini kepada teman yang lebih berpengalaman

Apakah saya perlu memodifikasi ersop saya
Tidak.

Berapa bujet untuk memulai hobi ini untuk seorang rookie,termasuk gearnya
100rb - 2jt.

Merk ersop apa yang sesuai untuk saya?
Banyak,sesuaikan dengan budget dan jangan lupa konsultasikan dulu dengan yang mengerti

Bagaimana apabila saya ingin bertanya di forum ini
Cukup di thread ini,jangan bikin thread baru.atau setidaknya tanyakanlah di thread yang sesuai.

Selain dari internet,darimana saya bisa mendapat info ttg ersop?
Bergabunglah dengan komunitas,yang tentunya cocok dengan anda

Apa yang saya patut ingat sebagai rookie
1. RSSF
2. Know the rules 1st,Play later
3. Read the other threads
4. Ersopter sejati tidak dinilai dari ersop atau gearnya...tapi bagaimana cara dia bermain dan bagaimana dedikasi dia untuk hobi tersebut.

Terima kasih
Sama-sama....


WAJIB BACA


ETIKA AIRSOFTGUN INDONESIA

Dalam hal mengkoleksi dan bermain airsoftgun ada hal-hal yang tidak tertulis tapi patut ditaati bagi siapapun terutama bagi anggota club yang memiliki dan bermain airsoftgun di Indonesia,yaitu :
  1. Tidak membawa-bawa airsoftgun anda secara terangan-terangan ataupun dibawa-bawa dalam kendaraan diluar keperluan dan kepentingan dalam mengkoleksi atau bermain airsoftgun (untuk diperbaiki,dibawa ke lokasi permainan,dan lain-lain).
  2. Tidak menggunakan perlengkapan dan aksesories permainan di luar lokasi permainan/skirmish.
  3. Airsoftgun bukanlah alat bela diri,oleh karena itu tidak disarankan menggunakan airsoftgun anda untuk (dengan sengaja,diluar permainan) mencederai orang lain atau dimodifikasi dengan alasan keamanan kecuali ada daya paksa (overmacht) terhadap keselamatan jiwa.
  4. Tidak menggunakan seragam,aksesories (perlengkapan),serta lambang yang berkaitan dengan lembaga Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia serta lembaga keamanan dan pertahanan lainnya di dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia.
  5. Menjaga nama baik club dan komunitas airsoftgun di Indonesia.
  6. Memahami dan mematuhi aturan dan norma-norma yang berlaku di lokasi permainan airsoftgun.
  7. Tidak menyebut airsoftgun sebagai senjata,akan lebih baik bila menggunakan kata ersop/arsenal.Atau dengan menyebutkan berdasarkan jenis seperti rifle,SMG,dll.Hal ini demi menghindari adanya kesalahpahaman dengan pihak – pihak lain di luar komunitas airsoftgun.



!!! INDEX KASKUS AIRSOFTGUN COMMUNITY !!! -- Mohon Dibaca Dulu --!!! INDEX KASKUS AIRSOFTGUN COMMUNITY !!! -- Mohon Dibaca Dulu --



MOHON JANGAN BERDAGANG DI SUB-FORUM INI,BERDAGANGLAH DI FJB KASKUSatau FJB Airsoft


WARNING !!!
Pelanggar aturan di atas akan dikenakan sanksi berupa BRP
Diubah oleh putra_parker
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 14
Basic Knowledge About Airsoftgun


Ass Wr.Wb...

Kali ini mbah mau bikin tulisan kecil mengenai ersop,soalnya banyak juga yang masih awam mengenai ersop yang ingin tahu lebih dalam mengenai hobi kita tercinta kita ini.
Sebelumnya mbah mohon maaf kalau ada yang salah dalam tulisan mbah ini ataupun ada hal2 yang menyinggung perasaan.

tulisan ini mbah persembahkan kepada semua aktivis ersop yang ada di indonesia dengan tujuan makin majunya dunia per-ersopan di indonesia...

terima kasih.



Airsoftgun atau disini mbah menyebutnya sebagai ersop adalah suatu mainan replika yang berasal dari jepang (walau kini duproduksi juga oleh produsen di luar jepang seperti china,taiwan,korea,dll) diperkenalkan pada era 80-an di jepang sebagai penyaluran hobi serta penggemar arsenal di dunia.
ersop ini menyerupai arsenal pada umumnya,bahkan ada yang mendisain secara custom sehingga memiliki disain unik tersendiri.

mayoritas ersop memiliki skala ukuran 1:1 dengan aslinya,dan diproduksi dengan berbagai macam jenis seperti pistol,assault rifle,sub machine (SMG),sniper rifle,shotgun,dll

mainan ini dapat memuntahkan BB (ball bearing) yang berupa campuran plastik dan keramik berukuran 6mm pada umumnya dengan berat 0.12g-0.3g secara satu persatu (single action) , semi otomatis maupun otomatis.

material ersop sendiri terbuat dari bahan ABS resin (bahan untuk membuat casing hape) atau untuk ersop jenis premium biasanya dipadukan dengan bahan alloy dan zinc agar material terlihat lebih alami (baca:asli) dan kuat.
walaupun menyerupai aslinya ersop tidaklah memiliki berat yang sama,pada umumnya ersop memiliki berat 70%-90% dari aslinya.

Cara kerja ersop sendiri pada dasarnya memiliki prinsip yang sederhanya.yaitu memanfaatkan hembusan angin yang dikompres oleh silinder yang terdapat di dalam ersop itu sendiri atau dengan memanfaatkan gas yang dimampatkan.
namun sejalan dengan majunya teknologi dan riset pasar,maka semenjak tahun 90-an ersop mulai berkembang.adapaun jenis2nya adalah sbb:

Spring/Bolt action
pada jenis ini ersop murni menggunakan tenaga manusia dalam hal ini adalah tangan,dengan mengokang ersop satu kali maka ersop tersebut dapat menembakn peluru BB satu per-satu.jenis ini biasanya diterapkan pada ersop jenis sniper dan shotgun walaupun ada juga yang berupa pistol dan assault rifle,dan karena memiliki sedikit part mekanis maka jenis ini memiliki tingkat durability/ketahanan yang tinggi.

Gas
jenis ini terbagi lagi dalam dua jenis yaitu Gas Blow Back dan Non-Blow Back.
Dengan memanfaatkan tekanan gas freon (HFC134/R22) yang dimampatkan pada magazine atau dengan tabung tambahan,tanpa memerlukan silinder dan piston ersop jenis ini dapat menembakkan BB dalam mode single ataupun auto.Jenis ini pada umumnya berupa pistol ataupun revolver serta shotgun.
pada jenis Gas Blow Back (GBB) berbeda dengan ersop jenis gas biasa lainnya,GBB memiliki mekanisme pemanfaatan gas buang sehingga dapat menggerakan slide pada pistol ataupun cocking lever sehingga ersop tersebut memiliki action menyerupai aslinya.

Automatic Electronic Gun (AEG)
Jenis ini yang sekarang sedang mewabah dan lebih banyak penggemarnya,karena dari segi harga dan efisiensi bisa dibilang mumpuni sehingga banyak digemari.
pada jenis ini piston digerakkan oleh dinamo dengan torsi tinggi melalui suatu gear-set sehingga dapat menggerakan piston maju mundur untuk menyedot udara dan menekannya sehingga dapat menghembuskan angin yang diperlukan untuk melesatkan peluru BB.pada tipe tertentu telah dilengkapi dengan mekanisme Blow Back

Automatic Electronic Pistol(AEP) dan Electronic Blow Back (EBB)
Ini adalah varian dari ersop jenis AEG hanya saja diterapkan pada ersop jenis pistol,pada beberapa tipe juga menerapkan sistim blow back.

Biasanya pemula dalam bidang ersop banyak yang memilih untuk memiliki ersop dari jenis AEG,seperti yang diuraikan di atas.jenis ini memiliki range harga yang sesuai (terutama buatan non-jepang) dengan fungsinya dimana hanya dibutuhkan tenaga baterai yang bisa di-isi ulang dan tanpa memerlukan banyak gerakan,tinggal tarik trigger dan AEG pun aktif.

Baterai yang digunakan untuk menggerakkan ersop terdiri dari berbagai jenis,pada awalnya digunakan jenis NiCd dan berkembang ke jenis NiMh akhir-akhir ini marak digunakan LiPo dan Li-ion.Umumnya baterai2 tersebut memiliki voltase 3,4v - 14v dengan kapasitas mulai dari 600mAh sampai dengan 2500mAh atau bahkan lebih.
berikut penjelasan singkat mengenai jenis2 baterai:
NiCd memiliki karakteristik yang kuat namun memiliki kelemahan dalam hal perawatan,sehingga dianggap tidak efisien.
NiMh adalah baterai yang umum digunakan saat ini dengan karakter mudah dalam perawatan,tapi tidak lebih bertenaga dari NiCd dan mudah habis
LiPo adalah baterai yang kuat dan tahan lama namun tidak stabil,sehingga bila panas berlebih cenderung meledak
Li-ion adalah baterai yang tahan lama dan bisa dibilang stabil tapi tidak sekuat LiPo

Selain merk-merk terkemuka seperti Tokyo Marui,KSC,Maruzen,WA,dll ersop kini juga diproduksi oleh non-jepang seperti JG,AnK,Cyma,Well,DE,dll.
Semakin detail dan rapi pengerjaan sebuah ersop maka harganyapun akan semakin tinggi.jadi jangan heran apabila produk2 buatan jepang lebih mahal daripada buatan china atau taiwan karena selain dari segi riset dan lisensi tentunya produk jepang lebih detail dan rapi kualitas pengerjaannya.apabila ersop jepang (AJM=All Japan MAde) untuk jenis assaul bisa seharga 4-5 jutaan maka untuk produk cina (ACM=All China Made) bisa berkisar di 1-2 jutaan.yang jelas pakem harga gak pernah bohong itu layak disanding oleh ersop.



ERSOP BUKANLAH ALAT UNTUK BELADIRI ATAU UNTUK MENYAKITI!!


Walau ersop memiliki rupa yang sama dengan aslinya tapi ersop memiliki mekanisme yang dirancang hanyak sebagai mainan dan berbeda dengan aslinya sehingga dengan ilmu apapun ersop tidak akan pernah berubah menjadi seperti aslinya apalagi fungsinya.
Oleh karena itu penggunaan ersop hendaklah berhati-hati dan disertai tanggungjawab pemiliknya.

Terapkan konsep RSSF,yaitu Responsible + Smart + Safe = Fun

Responsible,dimana dalam memegang dan memiliki ersop kita dituntut untuk memiliki tanggung jawab untuk diri sendiri dan sekitarnya.oleh karena itu terdapat aturan untuk memiliki ersop adalah umur diatas 18th.yang pada saat itu dianggap seseorang telah sadar akan artinya suatu tanggung jawab.

Smart,setiap tindak tunduk dalam memiliki,menggunakan,dan bermain ersop kita dituntut untuk bertindak secara cerdas.tahu bagaimana mesti bertindak,tahu bagaimana cara menghindari dari masalah.

Safe,aman dalam hal ini bukan hanya menggunakan goggle ketika bermain tapi lebih ke sikap aman ke diri sendiri dan orang lain.bisa jadi seseorang aman untuk dirinya sendiri..tapi apakah dia aman buat orang lain?

Fun,kesenangan adalah hasil apabila kita dapat menerapkan ketiga faktor diatas dengan baik,setidaknya tahu benar konsepnya.sehingga hal2 yang tidak diinginkan dapat dihindari dan permainan menjadi lebih mengasyikkan..buat semua..bukan buat diri sendiri.


ditekankan sekali lagi bahwa ersop hanya sebagai alat untuk hobi,bermain dan koleksi saja.tidak untuk menyakiti.
dan ini dengan tegas terdapat pada manual ersop anda.


Rata-rata ersop standard pabrikan jepang menghasilkan energi sebesar 1 joule,dengan kecepatan lesat BB (muzzle velocity) sekitar 280fps-330fps atau antara 90m/detik - 100m/detik.Dengan jangkauan efektif 5m-20m lebih.
pada produk buatan cina skrg menjadi tren diproduksi dengan fps pabrikan sebesar 400 lebih dan ini bisa dianggap dapat melukai,oleh karena itu ditegaskan sekali lagi agar pengguna ersop dapat benar2 menerapkan konsep RSSF.




sekian dulu dari mbah,belum bisa ngetik panjang2.nanti kalau ada yang mau ditambahin mbah akan edit ulang.

dan berhubung nggak sempat apload foto2nya.saya akan dengan senang hati apabila ada yang membantu menambahkan,karena sifatnya open source jadi silahkan di copy-paste kalau perlu dipermak agar info yang di sampaikan lebih padat.nanti kalo cocok saya ganti di halaman satu.(PM aja hasil permak-nya nanti kalau oke,mbah masukin ke halaman satu..)
mo bikin sendiri juga oke...pokoke...sebarin info sebenar-benarnya.

mohon maaf kalo ada salah2 kata.mohon dikoreksi.

terima kasih.
Diubah oleh putra_parker
Q:APA SAJA SIH KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN ERSOP?
A: Dalam dunia ersop,ada beberapa kegiatan yang umumnya digemari oleh para penggemar ersop.bisa berupa penggunaan ersopnya,atau cuma membuat ersop sebagai pelengkap.Pada artikel ini saya akan menjabarkan secara singkat kegiatan2 tersebut.

Berikut beberapa kegiatan yang anda bisa ketahui:


1. SKIRMISH (Wargame)
Kegiatan ini yang bisa dibilang peminatnya cukup banyak di Indonesia,skirmish itu bisa diartikan simpelnya sebagai WARGAME atau permainan perang-perangan.yaitu dimana ada beberapa grup yang dipisah dan bertugas untuk saling menyerang secara frontal ataupun tergantung dengan misi yang diberikan.cabang ini sangat memerlukan apa yang namanya sportifitas.karena tidak adanya tanda (marking) yang dapat menandakan seseorang itu terkena tembakan (HIT) atau tidak.Walau faktanya peminat kegiatan ini adalah yang paling banyak,pada kenyataannya kegiatan wargame di Indonesia sampai saat ini belum direstui secara hukum oleh pmerintah.jadi bisa dibilang kegiatan ini sekarang dilakukan secara underground atau mungkin lebih sopannya dapat dibilang masih berada di wilayah abu-abu.

2. TEMBAK REAKSI (Practical Shooting)
Kegiatan ini lebih mengentalkan kemampuan individual dalam kemampuannya menembak target yang berupa plate atau kertas pada suatu stage yang tidak terlalu luas,stage2 tersebut dibagi menjadi 3 macam yaitu: Short stage,Medium Stage,Long Stage.Penembak (shooter) dituntut untuk dapat menjatuhkan dan menembak target (plate dan paper) dalam waktu sesingkat,seefisien,dan seefektif mungkin dengan mendapatkan skor terbaik yang nantinya akan dibagi dengan waktu anda pada stage tersebut untuk mendapatkan HIT FAKTOR atau kalau dalam dunia pendidikan dikenal dengan IP (Indeks Prestasi).Cabang ini membutuhkan disiplin yang tinggi dari penggemarnya.organisasi internasional yang menaungi cabang ini adalah IPSC.Sedangkan untuk wilayah Indonesia sejak 20 Februari 2010 telah dinaungi oleh PERBAKIN jadi hanya kegiatan Tembak reaksi yang di Indonesia saat ini telah resmi legal alias tidak lagi berada di wilayah abu-abu.

3. GROUP/INDIVIDUAL TACTICAL
Kegiatan ini hampir mirip dengan tembak reaksi namun dilakukan oleh sekelompok (walau ada juga yang dilakukan secara individu) yang dituntut untuk menghabiskan target yang ditentukan pada suatu field/stage/building yang diletakkan secara random (acak).Gamblangnya,kegiatan ini mirip dengan kegiatan pasukan SWAT dalam melakukan clearing target ketika latihan.cabang inipun banyak ragamnya dan namanya.untuk wilayah indonesia saat ini dikenal dengan DWS (Double Weapon System) dan IDPA.Untuk status hukumnya,sama dengan kegiatan wargame.

4. SNIPER
Kegiatan ini adalah kegiatan yang menguji kemampuan seseorang dalam membaca cuaca,geografis,dsb.serta kemampuan seseorang dalam menembak target dengan ukuran terbesar hingga terkecil,dalam jarak yang cukup jauh (untuk ersop) dengan ketepatan sepresisi mungkin.kesabaran dan ketelatenan mutlak dimiliki oleh ersopter yang ingin menguasai cabang ini.
Kegiatan ini umumnya dilakukan di rumah yang lumayan luas.

5. GEARS OF WAR
Kegiatan ini bisa dibilang hampir tidak membutuhkan skill tapi lebih ke source.karena pada cabang ini,seorang ersopter dituntut untuk memiliki GEARS (seragam,perlengkapan,peralatan,dsb.) yang se-otentik mungkin dengan para serdadu2 yang ada di dunia.bisa yang classic ataupun yang modern,fiksi atau non-fiksi tergantung kegemaran masing-masing.kenapa source?karena tidak mudah dalam menemukan bagian-bagian yang diperlukan terutama untuk item-item yang bisa dibilang langka,selain sulit..kualitaspun menentukan.semakin tinggi tingkat ke-maniak-an dari para penggemar gears ini,semakin tinggi juga tuntutan yang dihadapinya.yang paling jelas..para penggemar cabang ini nggak akan jauh-jauh dari yang namanya kamera.



== OTHERS ==

6. MODDING
Kegiatan ini lebih fokus ke orang orang yang suka membongkar dan mengutak atik airsoft.target utama modding pun beragam,penilaian performa,penilaian otentik,penilaian eksotik.penilaian performa jelas,yang dilihat adalah hasil akhir dari modding tersebut,apakah sesuai dengan performa yg diminta.sedangkan penilaian otentik adalah penilaian yang menitik beratkan kepada penampilan ersop itu sendiri.seberapa otentik dengan unit2 real arm yang digunakan para militer atau law enforcement modern atau klasik.sedangkan eksotik adalah modding terhadap airsoft agar penampilan bisa se sexy mungkin..segarang mungkin.dibeberapa tempat ditambah kegiatan bongkar pasang airsoft tertentu.dihitung siapa yang paling cepat dalam bongkar pasang.


Untuk sementara hanya ini yang bisa saya sampaikan,semoga dapat dicerna dengan baik dan dimanfaatkan sebagai pengetahuan saja.Semakin bervariasi semakin berwarna hobby yang kita cintai ini.mari kita cintai ersop,kita jaga kita harumkan namanya.cetak prestasi bila perlu.

Semoga dengan segala keterbatasan pengetahuan saya ini,dapat membantu rekan-rekan terutama yang masih baru (rookie) dalam dunia per-ersop-an.Apabila ada kekurangan atau kesalahan,saya sangat berterima kasih apabila cukup diberitahu ataupun dikoreksi saja.

Sekian dan terima kasih.

Diubah oleh putra_parker
Pengen ikutan, tapi baru punya ersop nya doang emoticon-Ngakak
kalau ada yang mau menambahkan silahkan.

silakan di quote dan edit.
kontribusi temen2 sangat membantu berlangsungnya forum ini.

terima kasih.
Mejeng di pejwan dulu deh emoticon-Big Grin nanti ane edit dengan muatan bermanfaat emoticon-shakehand
Yang mau komunitas/tim/club nya masuk list. silahkan daftar kan thread nya.

termasuk yang punya komunitas airsoft jenis tertentu.

terima kasih.
Om Put rikues dong, BARK nya ditambahin keterangan GBBR bandung, mungkin jadi kayak gini: BARK (Bandung GBBR Community)
Maksudnya biar lebih representatif aja, biar yg gbbr user langsung ngeh emoticon-Big Grin
Trimakasi sebelumnya emoticon-Smilie
Quote:


Oke, nanti malam ya.
Kalau 1x24 jam belum gue rubah tolong diingatkan lagi.
Btw,BARK sudah ikut arahan KASCOM khan? Sudah orange tip,fps aman,dll?

Thx.
Diubah oleh putra_parker
Quote:


Okai thx Oom Put emoticon-Big Grin
Syudah dong emoticon-Smilie
Spoiler for Barang bukti:
Quote:


Mantap!
Om Putra boleh dong kalo JKT GBBR tolong dimasukin jugaemoticon-Wink buat info teman2 yg suka sm GBBR and mau sukir sesama GBBR:2shakehand makasih banyak sebelumnyaemoticon-2 Jempol
Quote:


Mana foto orange tip nya?
Diubah oleh MutationEngine
@all


done ya.tolong diperiksa atau ditambahkan bila perlu.

thanks.
Om Put, ini ada yang ketinggalan, yang paling bejibun parts nya emoticon-Big Grin
1911 sama Hi-Capa hehehe

Sekedar masukan om, buat yang pembagian type/merk, dibagi lagi berdasarkan jenis umum size nya kayak handgun, rifle, smg, dsb, biar ga numpuk panjang mksdnya hehehe cmiiw emoticon-Big Grin
Quote:


Tinggal elu quote,edit,kasih spoiler, Nanti tinggal gue pindah in.

Mau?
Quote:


Siap Om
Spoiler for pesenan:

semoga membantu emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 14


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di