Quote:
Baik dari atasan maupun rekan, kritikan di tempat kerja pasti sering Anda dapatkan. Meski kadang terdengar menyakitkan, kritik bisa jadi masukan bermanfaat jika tahu cara
menanggapinya. Namun pakar sumber daya manusia, Handi Kurniawan mengatakan dalam bukunya 'Go Global' bahwa tak semua kritikan adalah benar. Ada beberapa cara menghadapi kritik agar Anda tidak salah menerimanya. Berikut adalah empat cara tersebut:
1. Menanggapi dengan Bijaksana
Sesaat setelah menerima kritikan yang pertama harus dilakukan bukanlah melontarkan pembelaan namun mengucapkan terima kasih. Karena dengan adanya tanggapan tersebut, berarti hasil kerja Anda memang diperhatikan juga dipedulikan. Namun yang paling mengerti kelebihan dan kekurangan diri Anda tentu saja Anda sendiri. Jadikan kritikan sebagai masukan jika memang hal tersebut sesuai dengan kenyataan.
2. Siapa yang Memberi Kritik
Ada kalanya Anda merasa bahwa kritikan yang diberikan tidaklah benar. Namun perhatikan pula siapa yang mengatakannya. Jika orang tersebut merupakan sosok yang ahli pada bidang yang Ia kritik serta bermaksud memotivasi, komentarnya patut didengarkan. Namun bila tanggapan negatif mengenai diri datang dari orang kurang mengenal pribadi Anda, ada kemungkinan itu adalah pendapat personalnya saja yang tak harus didengarkan.
3. Jangan Terlalu Dipikirkan
Setelah menerima kritik dari seseorang, wajar saja jika Anda jadi kepikiran. Namun ada baiknya untuk tidak terlalu dimasukan hati sehingga tidak membuat kesal yang berkepanjangan. Lebih baik memikirkan bagaimana cara untuk membuktikan bahwa Anda merupakan karyawan yang cepat belajar dari kesalahan dengan menunjukkan hasil kerja yang lebih baik.
4. Buktikan dengan Hasil
Cara terbaik menghadapi sebuah kritikan adalah menunjukkan sebuah perubahan positif setelahnya. Jika bisa, lakukan perubahan itu secepatnya. Belajar dari sebuah kritik merupakan sebuah pencapaian tersendiri yang membuktikan bahwa Anda adalah orang yang dewasa dan lapang dada.