alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53b6680d9e740469518b4629/tetap-olahraga-saat-sibuk-bisa-coba-ini
icon-hot-thread
Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!
Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

STRETCHING

Gerakan-gerakan sederhana ini bisa dilakukan secara singkat di sela-sela kesibukan di kantor. Meskipun tampak ringan, stretching sebenarnya sangat penting bagi Anda yang aktivitas sehari-harinya banyak dihabiskan dengan duduk di depan komputer.

Duduk dalam waktu lama dapat memberikan tekanan pada tulang punggung dan membuat otot-otot tubuh menjadi tegang. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan stretching atau peregangan guna membantu mengurangi kekakuan otot dan rasa pegal.

Beberapa contoh gerakan stretching yang dapat Anda coba di kantor antara lain:

Quote:Side neck stretches

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik.
2. Lakukan gerakan untuk kedua sisi.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot leher

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian leher.

Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Tips: Lakukan dengan posisi punggung tegak. Gerakan ini cocok bagi Anda yang pekerjaannya melibatkan posisi kepala menghadap satu arah terus menerus, misalnya di depan komputer.


Quote:Shoulder Shrug

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik.
2. Turunkan kembali pundak ke posisi normal.
3. Ulangi gerakan hingga 2-3 kali.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot bahu

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian bahu.

Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari terutama ketika Anda sedang merasa pegal di bagian pundak.

Tips: Selain untuk mengurangi kekakuan pada bagian pundak, gerakan ini juga bermanfaat untuk bagian leher.


Quote:Back side-stretch

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan.
2. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot bahu, lengan, punggung.

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian punggung dan bahu.

Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari ketika punggung Anda merasa pegal ataupun lelah.

Tips: Latihan ini dapat membantu mengurangi rasa pegal dan kekakuan punggung setelah lama duduk saat bekerja.


Quote:Middle back stretch

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak, pegang siku kiri dengan tangan kanan, lalu gerakkan dan dorong siku kiri ke arah pundak kanan. Tahan selama 5 detik.
2. Ulangi untuk siku sebelah kanan


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot bahu, punggung dan lengan atas.

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu meregangkan otot bahu dan lengan.

Frekuensi latihan: Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari ketika Anda merasa otot bahu dan lengan terasa lelah atau pegal.

Tips: Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot punggung dan juga lengan.


Quote:Back and leg curl

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Saat duduk di kursi, pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk.
2. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut.
3. Ulangi gerakan dengan kaki kiri.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot paha

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu meregangkan lutut dan paha.

Tips: Lakukan gerakan ini untuk membantu mengatasi rasa kaku di punggung dan kaki, yang terutama sering terasa kaku dan pegal setelah lama duduk saat bekerja.


Quote:Ankle flex and stretch

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak, angkat kaki kanan dari permukaan lantai.
2. Gerakkan pergelangan kaki dengan cara mengarahkan ujung jari ke atas dan ke depan.
3. Ulangi untuk kaki kiri.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot paha dan betis.

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu mengurangi kekakuan pada bagian kaki jika Anda lama duduk saat bekerja.


EXERCISE WITH OFFICE TOOLS

Untuk berolahraga, tidak selalu dibutuhkan alat khusus. Coba manfaatkan perlengkapan kantor di sekitar Anda, seperti kursi dan meja.

Tips: Saat melakukan gerakan-gerakan olahraga di kantor, sebaiknya Anda melepaskan sepatu hak tinggi yang dikenakan. Hal ini penting untuk mencegah agar Anda tidak terjatuh atau mengalami cedera.

Quote:Leg squats

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Berdiri tegak di depan kursi dengan posisi kursi berada di belakang Anda.
2. Ulangi gerakan duduk dan kembali bangun berdiri sebanyak 10 kali.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot paha

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu meregangkan dan juga membentuk otot kaki secara keseluruhan


Quote:Bench dips

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Gunakan kursi atau meja yang kokoh dan tidak mudah digerakkan.
2. Berdirilah di depan kursi atau meja tersebut dengan posisi kursi atau meja berada di belakang Anda.
3. Letakkan tangan pada ujung kursi atau meja tersebut, lalu tekuk siku lengan untuk menurunkan tubuh secara perlahan hingga bagian bokong lebih rendah dari permukaan kursi atau meja.
4. Angkat kembali tubuh dengan meluruskan siku lengan, dan ulangi hingga 10 kali.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot lengan bagian belakang, perut dan kaki.

Kegunaan: Latihan ini dapat baik untuk melatih bagian lenga bagian belakang, paha, dan bokong Anda.

Tips: latihan ini bisa dilakukan saat sehabis pulang kantor dan ketika Anda tidak sempat pergi ke gym.


Quote:Hand table

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Letakkan tangan kanan di atas meja dengan telapak tangan mengarah ke bawah (telapak tangan menempel pada permukaan atas meja) dan letakkan tangan kiri di bawah meja dengan telapak tangan mengarah ke atas (telapak tangan menempel pada permukaan bawah meja).
2. Tekan kedua tangan ke arah meja, dan tahan hingga 10 detik.
3. Ganti posisi tangan sehingga tangan kanan berada di bawah meja dan tangan kiri berada di atas meja, lalu ulangi gerakan seperti pada no. 2.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot lengan

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu melatih otot lengan Anda secara keseluruhan.


Quote:Leg lift

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak pada bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari permukaan lantai dan tahan hingga beberapa saat. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat.
2. Turunkan kaki kembali, dan ulangi gerakan dengan kaki kiri.
3. Jika Anda sudah terbiasa, angkat kaki lebih tinggi sehingga latihan menjadi lebih efektif.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot paha dan betis

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu melatih dan meregangkan otot kaki terutama otot betis dan paha Anda.

Tips: Latihan ini juga bermanfaat untuk melatih otot perut.


Quote:Exercise it all

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak dengan kedua tangan di atas permukaan meja.
2. Angkat kedua kaki dengan kedua tangan menekan permukaan meja, dan tahan selama beberapa saat. Pastikan posisi kaki lurus saat diangkat.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot kaki, tangan.

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu meregangkan otot tangan dan kaki secara keseluruhan.

Tips: angkat kaki setinggi dan selama Anda bisa. Tingkatkan secara bertahap agar latihan lebih efektif.


Quote:Pull it up

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Duduk tegak dengan tangan berada di bawah bagian kursi.
2. Lakukan gerakan seperti Anda akan mengangkat kursi dari sisi bawah, dan tahan selama Anda bisa.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot lengan

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu meregangkan otot lengan secara keseluruhan.

Tips: Latihan ini bermanfaat untuk lengan, pundak, dan punggung Anda.


BRING YOUR SPECIAL TOOLS

Sebagai variasi latihan di kantor, Anda dapat juga membawa perlengkapan ’bertempur’ yang biasa digunakan saat latihan di gym. Tidak perlu perlengkapan yang besar dan rumit, cukup yang sederhana seperti pada gerakan-gerakan berikut ini.

Quote:Dumbbell curls Props

Quote:Gerakan yang dilakukan :
1. Genggam dumbbell dengan salah satu tangan.
2. Luruskan tangan, lalu tekuk dan angkat ke atas menuju pundak. Pastikan telapak tangan yang menggenggam dumbbell mengarah ke arah atas.
3. Lakukan gerakan untuk tangan yang lain, dan ulangi hingga 20 repetisi.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot lengan terutama bagian depan.

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu membentuk dan mengencangkan otot Anda terutama bagian lengan bagian depan.

Tips: Lakukan gerakan ini saat Anda sedang menelpon. Tapi pastikan tulang punggungnya tetap lurus. Satu tangan berolahraga dan tangan lainnya memegang telpon. Anda bisa mulai dengan beban seberat 1 kg dan tingkatkan secara bertahap. Jika Anda tidak memiliki dumbbell, Anda juga dapat menggunakan botol yang berisi air sebagai beban pengganti dumbbell.


Quote:Fitness ball

Quote:Gerakan yang dilakukan :
Jika memungkinkan, Anda bisa menggantikan kursi di kantor dengan fitness ball atau swiss ball. Fitness ball atau swiss ball lebih tidak stabil dan kurang seimbang sehingga diperlukan ’usaha ekstra’ untuk duduk di atasnya. Duduk di atas fitness ball atau swiss ball akan membantu melatih core muscle yang diperlukan untuk menjaga dan mempertahankan postur dan keseimbangan tubuh.


Tetap Olahraga saat Sibuk? Bisa, Coba Ini!

Quote:Bagian tubuh yang terlatih: otot perut.

Kegunaan: Latihan ini dapat membantu mengencangkan otot perut Anda dan juga membantu melatih keseimbangan.

Tips:
  • Core muscle adalah otot di bagian badan yang penting saat bergerak dan untuk menjaga postur tubuh.

  • Jika memungkinkan duduk dengan fitness ball untuk gantikan kursi Anda selama Anda bekerja untuk bantu latih otot perut Anda.


Quote:sumber: www.wrp-diet.com
Dipakai TS untuk update dan lainnya
satu lagi emoticon-Cendol (S)

===

Quote:Baca juga trit lain yang ane buat

Spoiler for :
Olahraga tangan kalo ane emoticon-Cool


Maen game emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By mohamadnh
Olahraga tangan kalo ane emoticon-Cool


Maen game emoticon-Stick Out Tongue


tangan atau jari?

karena bagian tubuh yang terlatih cuma jari-jari emoticon-Big Grin emoticon-Hammer
ane olahraga cuma 3 kali aja seminggu gan...kdg" nmbah klo lagi pengen......sama bini...emoticon-Ngakak......







emoticon-Ngacir2
ha ha di mari dah pada nyetak tuh gan emoticon-Ngakak

wkwkwk kalau gi suntuk pada suka olahraga gitu
Quote:Original Posted By thianb0y
ane olahraga cuma 3 kali aja seminggu gan...kdg" nmbah klo lagi pengen......sama bini...emoticon-Ngakak......







emoticon-Ngacir2


olahraga 3 kali seminggu nambahnya lebih dari 3 kali emoticon-Hammer
~nyoba bench clips kudu pake korsi yg tanpa roda gan, kl pake yg beroda bisa2 cedera
emoticon-rose
Tips yang bagus gan
emoticon-2 Jempol
ane hari hari tidur ajh kerjanya
emoticon-Hammer2
wah nice inpoh,. ane banget yang dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore duduk depan PC buat coding gan,.
wah nice info nih, ane cobain deh gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By virtual2reality
~nyoba bench clips kudu pake korsi yg tanpa roda gan, kl pake yg beroda bisa2 cedera
emoticon-rose


dicontoh gambar di atas dengan kursi tanpa roda emoticon-Cendol (S)
Nice trit gan emoticon-2 Jempol
Bsk2 kalo ane dah kerja, ane praktekin deh emoticon-Ngakak
tipsnya bermanfaat buat yg sibuk kerja .
Quote:Original Posted By siepopop
Tips yang bagus gan
emoticon-2 Jempol
ane hari hari tidur ajh kerjanya
emoticon-Hammer2


sejak kapan tidur itu jadi pekerjaan? emoticon-Bingung (S)
sebenernya gerakan" biasa y emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kokosip
wah nice inpoh,. ane banget yang dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore duduk depan PC buat coding gan,.


silakan dicoba, semoga ada manfaatnya emoticon-Toast
boleh di coba nih gans emoticon-Big Grin
secara ane kerjaanya kebanyakan duduknya emoticon-Cape d... (S)
ane jarang olahraga gan emoticon-Berduka (S)