- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
[media panasbung kalah] Di mata media, Jokowi menang tipis dari Prabowo


TS
amingrais
[media panasbung kalah] Di mata media, Jokowi menang tipis dari Prabowo
Mendekati tanggal 9 Juli 2014 elektabilitas kedua pasangan capres/cawapres di social media terus bersaing. Pasangan Jokowi-JK menang tipis dari pasangan Prabowo-Hatta berdasarkan monitoring terhadap kicauan akun twitter 17 media arus utama nasional.
"Posisi Jokowi-JK 51, 47% dengan 14371 kicauan, sedangkan Prabowo 48,53% dengan 13550 kicauan," jelas peneliti social media yang juga CEO VComm Arif Hidayat, dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Sabtu (28/6).
Dijelaskan Arif, VComm melakukan monitoring sejak tanggal 1-27 Juni 2014 dengan merangkum kicauan dari 17 akun twitter media arus utama nasional sebanyak 27.921 kicauan.
"Kicauan mereka merupakan hyperlink yang bersumber dari berita yang dionlinekan di portal masing-masing," jelas Arif.
Akun twitter dari 16 Media yang di monitor VComm yakni @metro_tv, @tvOneNews, @VIVAnews, @detikcom, @temponewsroom, @kompascom, @tribunnews, @merdekadotcom, @inilahdotcom, @republikaonline, @liputan6dotcom, @jpnncom, @antaranews, @Bisniscom, @Beritasatu, @okezonenews dan @SINDOnews.
"Jokowi lebih banyak di tweets oleh akun yakni @metro_tv, @temponewsroom, @kompascom, @tribunnews, @merdekadotcom, @liputan6dotcom, @jpnncom, @antaranews, @Bisniscom, @Beritasatu, sedangkan Prabowo oleh akun @tvOneNews, @VIVAnews, @detikcom, @inilahdotcom, @republikaonline, @okezonenews dan @SINDOnews," terang Arif .
Dari monitoring ini tergambar beberapa media yang cukup dominan memberitakan salah satu pasangan Capres/cawapres.
"Untuk akun @metro_tv terdapat 68.92% kicauan yang ditujukan kepada pasangan Jokowi, sebaliknya kicauan akun @tvOneNews sebanyak 73.61%, @VIVAnews ; 83.83%, dan @okezonenews ; 67.19% serta @SINDOnews 59.48% ditujukan kepada pasangan Prabowo-Hatta," jelas Arif.
Monitoring yang dilakukan selama 27 hari ini juga tergambarkan meningkatnya jumlah kicauan pada momen dan tanggal-tanggal tertentu.
"Terjadi peningkatan kicauan pada saat debat Capres tahap 1 hingga 3, tanggal 9 Juni terdapat 1462 kicauan, 15 Juni terdapat 1771 dan 22 Juni 1908 kicauan," ungkap Arif.
Arif juga memperkirakan, saat dilaksanakan debat ke-4 Minggu (29/6) malam akan terjadi peningkatan jumlah kicauan dari 17 akun media tersebut.
(mdk/bal)
http://m.merdeka.com/peristiwa/di-ma...i-prabowo.html
keliatan jelas vivanews dan tvonenews itu udah overdosis
yang mengejutkan adalah detikdotcom yang katanya media panastak malahan banyak reportase mengenai prabowo subianto..
"Posisi Jokowi-JK 51, 47% dengan 14371 kicauan, sedangkan Prabowo 48,53% dengan 13550 kicauan," jelas peneliti social media yang juga CEO VComm Arif Hidayat, dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Sabtu (28/6).
Dijelaskan Arif, VComm melakukan monitoring sejak tanggal 1-27 Juni 2014 dengan merangkum kicauan dari 17 akun twitter media arus utama nasional sebanyak 27.921 kicauan.
"Kicauan mereka merupakan hyperlink yang bersumber dari berita yang dionlinekan di portal masing-masing," jelas Arif.
Akun twitter dari 16 Media yang di monitor VComm yakni @metro_tv, @tvOneNews, @VIVAnews, @detikcom, @temponewsroom, @kompascom, @tribunnews, @merdekadotcom, @inilahdotcom, @republikaonline, @liputan6dotcom, @jpnncom, @antaranews, @Bisniscom, @Beritasatu, @okezonenews dan @SINDOnews.
"Jokowi lebih banyak di tweets oleh akun yakni @metro_tv, @temponewsroom, @kompascom, @tribunnews, @merdekadotcom, @liputan6dotcom, @jpnncom, @antaranews, @Bisniscom, @Beritasatu, sedangkan Prabowo oleh akun @tvOneNews, @VIVAnews, @detikcom, @inilahdotcom, @republikaonline, @okezonenews dan @SINDOnews," terang Arif .
Dari monitoring ini tergambar beberapa media yang cukup dominan memberitakan salah satu pasangan Capres/cawapres.
"Untuk akun @metro_tv terdapat 68.92% kicauan yang ditujukan kepada pasangan Jokowi, sebaliknya kicauan akun @tvOneNews sebanyak 73.61%, @VIVAnews ; 83.83%, dan @okezonenews ; 67.19% serta @SINDOnews 59.48% ditujukan kepada pasangan Prabowo-Hatta," jelas Arif.
Monitoring yang dilakukan selama 27 hari ini juga tergambarkan meningkatnya jumlah kicauan pada momen dan tanggal-tanggal tertentu.
"Terjadi peningkatan kicauan pada saat debat Capres tahap 1 hingga 3, tanggal 9 Juni terdapat 1462 kicauan, 15 Juni terdapat 1771 dan 22 Juni 1908 kicauan," ungkap Arif.
Arif juga memperkirakan, saat dilaksanakan debat ke-4 Minggu (29/6) malam akan terjadi peningkatan jumlah kicauan dari 17 akun media tersebut.
(mdk/bal)
http://m.merdeka.com/peristiwa/di-ma...i-prabowo.html
keliatan jelas vivanews dan tvonenews itu udah overdosis
yang mengejutkan adalah detikdotcom yang katanya media panastak malahan banyak reportase mengenai prabowo subianto..
0
825
4


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan