KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Budaya /
GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a9733331e2e6950b8b45b3/gendang-beleq---musik-perang-khas-suku-sasak-lombok

GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok

[CENTER]GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok[/CENTER]
GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok


Quote:


Quote:

GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok


Quote:

Quote:

GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok

Quote:

GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok

Quote:

GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok

Quote:

GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok

Quote:


GENDANG BELEQ - Musik Perang Khas Suku Sasak Lombok

Quote:


Quote:



SEMOGA BERMANFAAT

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh colot_nay
Halaman 1 dari 18
Reserpet untuk update
waaahhhh...dibikin emoticon-Big Grin
keren semeton emoticon-shakehand.
baca dulu ~ emoticon-Ngacir
Quote:


Silahkan Puh emoticon-Cendol (S)
Gak Salah Kamar kan Puh ??? emoticon-Bingung (S)
gendang gede gitu beratnya berapa ya om?. bisa dibawa bawa ya. keren
Quote:


ya gak salah kamar banget lah...emoticon-Big Grin

+1, itu gendang gak berat apa ya?
mana sambil nari2 gitu ?emoticon-Bingung (S)
Quote:


Quote:


Gendang Beleq itu beratnya antara 2-5 Kg, bagi yg gak biasa ya rasanya berat emoticon-Big Grin apalagi sambil memainkan dan menari emoticon-Big Grin

Skrg ini Gendang Beleq sering dijumpai saat acara NYONGKOLAN, yakni salah satu prosesi adat menikah di Lombok, itu kegiatan semacam arak-arakan (pawai), dan paling dekat jaraknya 1 Km, bisa dibayangkan bagaimana para pemain, khususnya yg kebagian gendang Beleq itu harus memainkan alat musik sambil jalan dan menari menempuh jarak segitu, mana waktunya kebanyakan siang hari selepas dzuhur emoticon-Big Grin
Quote:


hnaahh...itu.
mana gede gitu, kaki harus ngangkang kan itu, kalo gak pasti ngganjel di selangkangan.

kalo Drum yang dibawa ma Marching Band sih masi mending gampang njaga keseimbangan.karena gak lebar..

nah ini..
Quote:


ya gak harus ngangkang mulu gan emoticon-Big Grin
biasanya untuk penabuh gendang gerakannya gak se wah pemain yg laen, mungkin karena faktor keterbatasan gerak akibat beban gendangnya emoticon-Big Grin
Quote:


itu uth...grup yang kedua, penabuh gendangnya rancak banget, mana kakinya lincah gitu...
Quote:


liat di video gan ??
itu kan lomba gan, jadi wajar kalo banyak gerakannya emoticon-Big Grin


Quote:


ya donk...di video..

lah, mau lomba atau enggak, tetep salut, bisa rancak gitu gerak kakinya,..
iramanya mirip Bali banget emoticon-Big Grin
Quote:


Waktu ane SMA dulu pernah ada festival gendang beleq se-pulau lombok yg diadakan ama salah satu produk rokok nasional, ruame banget, ane dah ubek-ubek nyari tp gak ketemu videonya gan emoticon-Frown

Lombok sejak abad ke-17 kan dikuasai ama kerajaan dari Bali gan, mulai dari kerajaan klungkung sampai kerajaan Karangasem, makanya begitu kental adat bali dalam gendang Beleq tersebut gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:


sial.....tuh video pasti berharga banget.
jaman dulu acara budaya pasti digarap apik banget, mana yang bikin perusahan rokok..

oh ya, kalo mau bulan puasa gini, atau mau lebaran gitu ada arak2an pake Gendang Beleq gak?
ato acara apa gitu yang melibatkan Gendang Beleq waktu Ramadhan.
Quote:


gak ada gan, hanya saat ada nyongkolan ama festival aja baru dah gendang beleq dipake, dan biasanya emang festival2 n orang nikah itu jarang pernah ada saat puasa
Quote:


kudu punya stamina lebih ya om emoticon-Big Grin
Quote:


Pastinya Puh emoticon-Big Grin
tapi karena udah biasa, jadinya terbiasa Puh emoticon-Big Grin
skrang seringnya dipake nyongkolan..dan kolaborasi sama kecimolemoticon-Ngakak
Quote:


kalo kecimol ane gak seberapa suka gan, sudah terlalu terpengaruh ama modernisasi, yang ikutan joged juga rusuh emoticon-Cape d... (S)
Quote:


ya soalnya pada salah arti sih..pada bowos smuaemoticon-Ngakak
Quote:


jaddaah.. kanak lombok wah ne emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 18


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di