alexa-tracking

[ASK] Bagaimana Membuat Sistem Barcode Untuk Input Value Ke Server?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a800d5a4cb171f0e8b4569/ask-bagaimana-membuat-sistem-barcode-untuk-input-value-ke-server
[ASK] Bagaimana Membuat Sistem Barcode Untuk Input Value Ke Server?
Sebelumnya saya meminta maaf kepada mod/min, agan/sista kalau postingan ini salah kamar atau salah tempat, dan juga kalau judulnya kurang nyambung
saya ingin menanyakan dan meminta informasi untuk pembuatan sistem untuk pembacaan value dari sebuah device untuk dijadikan report,
kalau logic cara kerjanya seperti ini :
1. Device yang mempunyai nilai value yang berubah2 mempunyai sebuah barcode,
2. barcode tersebut dapat di scan menggunakan software barcode scanner,melalui tablet phone,android dsb.
3. setelah di scan menggunakan software, akan mengeluarkan nama device nya dan meminta input value berupa angka,
4. setelah value nya kita input,data tersebut akan terkirim kepada server sesuai jam dan tanggal pada saat kita scan barcode tersebut
5. input value yang sudah terkirim di server dapat di print secara otomatis oleh operator atau admin melalui koneksi jaringan

saya membutuhkan informasi alat/software seperti apa yang bisa digunakan untuk menjalankan logic seperti diatas?

mohon bantuan nya kepada agan2 yang mengerti atau memang sudah pernah menggunakan teknologi seperti ini

trimakasih sebelumnya yang mau jawab dan membantu
salam emoticon-Cendol (S)
image-url-apps
waduh..sepi banget,ayo gan/sist yang pernah ato yg kira2 tau cara membangun sistem nya bagaimana,mohon bantuan nya
Quote:


barcode reader itu mirip keyboard. Ngga perlu pakai software apa-apa, begini doang:

<input type="text" name="scan_barcode" value="" />
KASKUS Ads
Intinya barcode hanya sebuah pengganti keyboard...
maksud aplikasi barcode di tablet/android itu kan harus terkoneksi kedatabase pusat untuk print di device lain (contoh komputer)
Yang dibutuhkan :
* Aplikasi Android yang bisa scan barcode dan terhubung ke database pusat
* Aplikasi Generator Barcode untuk dipasang ke Device (nb: barcode yang dicetak merupakan kode device yang sudah terdaftar didatabase)
* Aplikasi Print
Quote:


akhirnya ada yg jawab,thx
iya betul klo barcode sistem nya hanya menscan saja,tetapi bagaimana menscan dan membaca value yang berubah2 setiap menit dari device yang sudah kita pasang barcode nya di database?

Quote:

thx juga dah jawab, ok semisal database barcode device nya tersebut sudah saya buat, lalu ingin saya scan menggunakan scanner, pada saat scan barcode nya, nama device yg sudah terkoneksi dengan database akan keluar, lalu meminta input value pada saat kita scan device tersebut, misal value nya 95000, lalu value tersebut akan masuk ke database sebagai report dan sudah siap di print.
nah yang mau ditanyakan bagaimana membuat sistem seperti itu gan?
apakah untuk input value nya menggunakan aplikasi seperti java?
atau bagaimana,bingung emoticon-Bingung (S)
oya gan yang harus diingat value yang mau diinput itu berubah2 setiap menit,kalau value static sih ane juga ga pusing mikirnya,ga jauh beda sama supermarket klo static CMIIW
Quote:


ngga ngerti emoticon-Bingung (S)
Quote:


Maksudnya berubah-ubah setiap menit itu bagaimana? Kayak foto di Harry Potter? emoticon-Hammer (S)
Quote:

sama gan makanya nanya n cari info disini hehehe

Quote:

begini gan,biar ane jelaskan lagi
jadi di suatu site ada sebuah device, misalnya device ini bekerja sebagai penghitung kWH meter, nah untuk mempermudah pekerjaan operator daripada operator harus mencatat dan memasukkan nilai dari kWH meter tersebut ke dalam report, maka kita mau membuat sistim scan barcode, jadi operator hanya cukup scan barcode di device kWH meter tersebut, lalu value nya akan langsung masuk kedalam report, jadi operator tidak perlu mencatat dan menginput lagi kedalam report, setelah value tersebut masuk kedalam report, operator hanya tinggal print saja.
jadi metode yang akan dibuat simple nya begini :
Operator => Scan Device => Print Report

kalau metode sebelumnya itu seperti ini :
Operator => Catat Value Device Pada Jam XX.XX => Input Value Melalui Ms.Excel sesuai jam pada saat value dicatat => Print Report

hanya saja untuk metode baru tersebut,kita mempunyai masalah di value device nya yang berubah2 setiap menit

misal :
- Device kWH Meter pada saat jam 09.01 adalah 157002
- Device kWH Meter pada saat jam 09.05 adalah 157010

nah untuk menjalankan metode tersebut bagaimana caranya dengan sistem scan barcode, input ke database nya bisa sesuai dengan value yang berubah2 di device nya?

begitu kurang lebih nya gan
ane juga masih kurang paham dengan metode nya
belom pernah denger teknologi scan barcode bisa baca value yang berubah2 kecuali di database nya dirubah, sedangkan ini scan barcode lalu input value ke database emoticon-Bingung (S)
Tetap gak jelas maksudnya ... bisa tunjukin foto barangnya atau apa gitu ... mana pernah ada kwh meter yang pake cara begituan .. emoticon-Bingung (S)

Berubah-ubah maksudnya apaan tho?

misalnya ini ...
[ASK] Bagaimana Membuat Sistem Barcode Untuk Input Value Ke Server?

di-scan sekarang atau besok ya tetap sama saja isinya. Berubahnya di sebelah mana? Selama balok-baloknya sama, angka yang keluar ya tetap sama. Gak ada ceritanya balok sama angka bisa berbeda-beda. emoticon-Nohope
Ini kayaknya salah istilah deh, bukan barcode kali. Barcode ya nilainya pasti, ga bakal berubah2. Kalo dari contoh yang dikasih misalkan scan nilai KWH di meteran berarti perlu aplikasi semacam OCR yang bisa ngenalin angka apa yang ketangkap di kamera (jangan pake barcode reader).

EDIT.
Contohnya buat ngitung pipa berdasarkan hasil capture kamera:
http://proceedings.spiedigitallibrar...ticleid=724035
Quote:

wkwkwkw maaf gan udh bikin agan pusing,sama ane juga pusing
iya itu sebuah barcode dengan balok dan angka yang static seperti beli barang di supermarket,harganya langsung kluar sesuai yg ada di database.
yang saya maksud nilai berubah itu bukan angka di barcode nya,tapi angka di kwh meter nya,jadi ane scan barcode yang ada di kwh meter nya pada jam 13.01,nilai kwh meter yang masuk ke report nya misal 15000
lalu besoknya ane scan pada jam yang sama, nilai yang masuk ke report 25000, pernah ada atau ga teknologi atau sistem yang bisa seperti itu?
gitu maksudnya,maaf klo agan kurang ngerti,saya juga kurang begitu mengerti,hanya saja cara kerja yang diinginkan nya seperti itu kurang lebihnya

Quote:


sepertinya betul salah istilah,tetapi saya meneruskan apa yang diinginkan sama usernya,pengen nya scan barcode pake android,bb dan semacamnya
hm..boleh juga ini tapi ada penjelasan lebih lanjutnya gan OCR itu semacam apa?penggunaan nya seperti apa?
sekalian ane googling dulu
thanks

Quote:

OCR itu Optical Character Recognition, jenis aplikasi image processing yang bisa mengenali huruf/angka yang diambil lewat scanner/camera. Misal ane langganan koran kompas edisi cetak. Ane bisa scan 1 halaman trus pake OCR buat nulisin karakter2 yang di halaman itu. Jadi nanti hasilnya bisa disimpan dalam dokumen teks. Kalo tanpa OCR kan jadinya berupa gambar, ngolahnya susah. Kalo teks kan lebih gampang, bisa di-copas ke blog atau masukin google translate buat terjemahin ke bahasa lain dsb.

Nah contoh yang pipa tuh gini, misal ane punya pabrik pipa paralon. Ane banyak terima order dari customer. Tiap customer pesen pipa beda2 jumlahnya, ada yang 100 pipa, ada yang 110 pipa dsb. Nah pipa2 ini kan harus dimuat ke truk. Sebelum berangkat, pake software image processing buat ngitung jumlah muatannya bener ga. Daripada itung satu2 kan lama, lagian bisa aja salah. Liat gambar di bawah, bulatan2 pipa itu yang bakal dipake oleh aplikasi untuk menghitung berapa pipa dalam 1 tumpukan di atas truk. Kira2 gitu sistem kerjanya.

[ASK] Bagaimana Membuat Sistem Barcode Untuk Input Value Ke Server?

Dan ini bukan barcode. Jangan bikin bingung yang laen di sini, nanti jadi ngawur kalo bahas barcode. Ini image processing.
Itu aplikasi yang pipa harus pake kamera. Jadi hasil jepretan kamera itu kan gambar pipa2, nah pipa2 ini nanti dihitung pake image processing.
Quote:


Keren banget software-nya emoticon-2 Jempol

Itu tingkat akurasinya brp % gan ?
Quote:

Maaf gan, ane ga pernah bikin, cuma denger cerita temen aja emoticon-Malu
Quote:


Quote:


Quote:


boleh juga gan klo denger agan menjelaskan cara kerja OCR tersebut,lalu apakah nilainya seudah kita jepret pake camera itu bisa langsung extract text nya dan input langsung ke report gan?atau tetep harus manual input?
Quote:

Tujuan orang pake OCR tuh biar ga usah ngetik lagi, kan tadi dah dijelasin contoh yang surat kabar. Masa diketik ulang 1 lembar koran gede? Pake OCR di-scan atau di-foto nanti bisa keluar langsung hasil ketikannya.

Yang OCR ama cerita yg pipa mirip, sama2 image processing. Bedanya kalo yang OCR itu kan aplikasinya berusaha mengenali huruf/angka yang di foto. Misalnya angka berapa atau kata apa. Sedangkan kalo yang pipa itu aplikasinya berusaha mengenali suatu pola yaitu bentuk pipa. Nanti pipa2 ini dihitung ada berapa.
Quote:


ok gan thx info dan bantuan nya,maaf blom bisa kasih cendol
ane coba menggali lebih dalam lagi mengenai OCR tersebut
trimakasih gan emoticon-Cendol (S)
gan, ikut nimbrung ya.. ane sidikit paham klo itupun ga melencong, case study nya hampir sama dengan project ane .. emoticon-Malu (S)

1. Site tsb harus ada function yang melakukan barcode creator yang menggenerate kan dari angka KWH menjadi Sebuah Barcode pastinya ada substring nya sebagai pacuan karena karena klo ga begitu creator akan berjalan terus2an sehingga ga ada waktu untuk melakukan scanning.
2. Aplikasi android ada librarynya ZXING, code nya sedikit tp aplikasi bawaan Barcode Scanner ZXING tersebut harus diinstall juga di device, kecuali klo mo custom pasti panjang, atau ga pakai ZBAR agak mudah..
3. Dan dari substring tersebut itulah yang akan mengetahui siapa pelanggan ketika ane sent ke server dengan menggunakan JSON karena substring diproject ane, ane buat sebagai IDPelanggan..

kiranya begitu dah.. klo melencong maaf ya gan.. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


waduh bahasanya ane kurang ngerti gan,bisa disimple kan gan? emoticon-Big Grin
gpp nimbrung sama2 mencari solusi hehe
×