alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a116b70f8b46a0198b4574/ask-meditasi-untuk-melatih-pernapasan
[ASK] Meditasi Untuk Melatih Pernapasan
Assalammualaikum Puh,

Ane mau nanya nih puh, khususnya soal meditasi untuk melatih pernapasan. Kira-kira bagaimana ya caranya? Sebelumnya saya taunya meditasi cukup nenangin pikiran dan fokus di ubun-ubun (praktek jarang berhasil emoticon-Malu (S) ) dan juga gak tau khasiatnya gak terlalu kerasa.

Sebelumnya ane punya kendala sering susah napas atau cepet capeknya kalau olahraga, napas jadi susah diatur. Nah mungkin agan-agan atau puh disini berkenan untuk memberikan bagaimana atau setidaknya tips untuk ane. Yang terpenting agar ane bisa mengontrol napas ketika sedang capek di kendala kondisi kayak tadi puh.

Itu aja sih, wassalammualaikum wr. wb. emoticon-Malu (S)
Berenang om emoticon-thumbsup

nubi izin comment ya puh,
kalo kata sesepuh TS thread sebelah, harus rajin olahraga.. dan yang bagus untuk pembelajaran supra katanya olahraga beladiri..

cmiiw
emoticon-Salaman
tarik napas 3 detik, tahan 3 detik, buang napas
kalau sudah biasa (tidak ngos-ngosan) tambah tarik napas 5, atau 7 atau 11.
Quote:Original Posted By squiddy
Berenang om emoticon-thumbsup

makasih banyak puh sarannya emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By TheJapemethe

nubi izin comment ya puh,
kalo kata sesepuh TS thread sebelah, harus rajin olahraga.. dan yang bagus untuk pembelajaran supra katanya olahraga beladiri..

cmiiw
emoticon-Salaman

kalau rajin olahraga udah pasti puh, tapi tetep aja sering gak tahan napasnya sama yang lain emoticon-Malu (S) kalau bela diri ikut sih pernah cuma udah stop, pencak silat lebih tepatnya waktu itu puh

Quote:Original Posted By eyangtapaksanca
tarik napas 3 detik, tahan 3 detik, buang napas
kalau sudah biasa (tidak ngos-ngosan) tambah tarik napas 5, atau 7 atau 11.

wah ada rumusnya kek gini juga ya puh baru tau, ntar deh tak coba praktekan makasih puh emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Garyu73

makasih banyak puh sarannya emoticon-Malu (S)


kalau rajin olahraga udah pasti puh, tapi tetep aja sering gak tahan napasnya sama yang lain emoticon-Malu (S) kalau bela diri ikut sih pernah cuma udah stop, pencak silat lebih tepatnya waktu itu puh


wah ada rumusnya kek gini juga ya puh baru tau, ntar deh tak coba praktekan makasih puh emoticon-Malu (S)


hati hati simpen/tahan nafas nya, cari yg paling nyaman untuk diri kamu sendiri, tahan di dada atau perut.
ente coba search syekhbandar insya Allah disitu banyak jenis pernafasan
nafas segitiga.
Duduk di kursi ato tmpat tdur, posisi kaki menginjak tanah, luruskan punggung, posisi tlapak tangan menggenggam ibu jari, pikiran dan tubuh wajib rileks, kemudian tarik nafas atur selama 10detik, tahan 10 detik fokuskan di dahi dan dibawah pusar, kluarkan nafas atur dalam hitungan 10 detik,, lakukan selama 30menit gan,, pagi dan malam ,,

Oiya gan, ane jg org olahraga, cb dh ente sering2 berenang,, insya Allah brkurang,,
Quote:Original Posted By eyangtapaksanca


hati hati simpen/tahan nafas nya, cari yg paling nyaman untuk diri kamu sendiri, tahan di dada atau perut.

siap makasih puh emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By outl00k
ente coba search syekhbandar insya Allah disitu banyak jenis pernafasan

kok ane gak nemu ya puh, hehe emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By alradjaku
nafas segitiga.


makasih puh udah search tadi, nanti dicoba deh emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By toinkuyya
Duduk di kursi ato tmpat tdur, posisi kaki menginjak tanah, luruskan punggung, posisi tlapak tangan menggenggam ibu jari, pikiran dan tubuh wajib rileks, kemudian tarik nafas atur selama 10detik, tahan 10 detik fokuskan di dahi dan dibawah pusar, kluarkan nafas atur dalam hitungan 10 detik,, lakukan selama 30menit gan,, pagi dan malam ,,

Oiya gan, ane jg org olahraga, cb dh ente sering2 berenang,, insya Allah brkurang,,


mirip sama pernapasan segitiga yang dikasih tau puh alradjaku itu ya gan, cuma disini agan nyaraninnya 10 detik. dicoba sekuat ane dulu berarti ya gan, mulai 3 detik dulu mungkin. oh ya gan makasih juga sarannya emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Garyu73
Assalammualaikum Puh,

Ane mau nanya nih puh, khususnya soal meditasi untuk melatih pernapasan. Kira-kira bagaimana ya caranya? Sebelumnya saya taunya meditasi cukup nenangin pikiran dan fokus di ubun-ubun (praktek jarang berhasil emoticon-Malu (S) ) dan juga gak tau khasiatnya gak terlalu kerasa.

Sebelumnya ane punya kendala sering susah napas atau cepet capeknya kalau olahraga, napas jadi susah diatur. Nah mungkin agan-agan atau puh disini berkenan untuk memberikan bagaimana atau setidaknya tips untuk ane. Yang terpenting agar ane bisa mengontrol napas ketika sedang capek di kendala kondisi kayak tadi puh.

Itu aja sih, wassalammualaikum wr. wb. emoticon-Malu (S)

kl melatih pernapasan sambil merem itu bisa mengakibatkan pusing / pening di kepala.
Jadi gak baik kl melatih pernapasan sambil merem.

Yg terbaik itu melatih pernapasan sampe berkeringat, tapi mata melek dan berdiri.... Jangan merem.
Quote:Original Posted By hexasana

kl melatih pernapasan sambil merem itu bisa mengakibatkan pusing / pening di kepala.
Jadi gak baik kl melatih pernapasan sambil merem.

Yg terbaik itu melatih pernapasan sampe berkeringat, tapi mata melek dan berdiri.... Jangan merem.


apakah yang buta matanya ndak baik kalo ikut latihan pernapasan?
Quote:Original Posted By hexasana

kl melatih pernapasan sambil merem itu bisa mengakibatkan pusing / pening di kepala.
Jadi gak baik kl melatih pernapasan sambil merem.

Yg terbaik itu melatih pernapasan sampe berkeringat, tapi mata melek dan berdiri.... Jangan merem.

Loh yang bener ya kang? Berarti bukan pernapasan segitiga dong, duh ane jadi tambah bingung nih emoticon-Malu (S)
Uk berlatih meditasi baiknya ada pembimbing disampingnya

Bukan dgn teori2 dan jarak jauh pula
Quote:Original Posted By davelavega
Uk berlatih meditasi baiknya ada pembimbing disampingnya

Bukan dgn teori2 dan jarak jauh pula


Iya sih, tapi di tempat saya jarang ada pelatihan khusus kayak gini puh. Makanya meditasi yg pengen saya lakuin juga gak utama juga dan dilakuin kalo ada waktu luang puh emoticon-Malu (S)
meditasinya fokus di solar plexus gan
Quote:Original Posted By Garyu73


Iya sih, tapi di tempat saya jarang ada pelatihan khusus kayak gini puh. Makanya meditasi yg pengen saya lakuin juga gak utama juga dan dilakuin kalo ada waktu luang puh emoticon-Malu (S)


Agan tidak boleh main-main dengan meditasi, karena nanti cakra agan akan kacau.
Meditasi harus rutin dilakukan dan dengan bimbingan ahlinya (expert) bisa bimbingan jarak dekat atau jarak jauh.
Pembimbing meditasi dapat berperan sebagai pancer, yang menjadi sentral membimbing agan sampai selesai.
Quote:Original Posted By FrigidAirport
meditasinya fokus di solar plexus gan

Barusan saya liat di mbah guugle, katanya di atas perut pusar ya gan?

Quote:Original Posted By MasterOfHorror


Agan tidak boleh main-main dengan meditasi, karena nanti cakra agan akan kacau.
Meditasi harus rutin dilakukan dan dengan bimbingan ahlinya (expert) bisa bimbingan jarak dekat atau jarak jauh.
Pembimbing meditasi dapat berperan sebagai pancer, yang menjadi sentral membimbing agan sampai selesai.

oh jadi gitu ya puh? berarti tutorial2 meditasi yang bertebaran di internet, walaupun meditasinya hanya tujuan menenangkan diri bisa jadi beresiko juga ya puh?

kira2 ada solusi gak ya, wadah online atau dimana gitu bisa belajar jarak jauhnya puh emoticon-Malu (S) makasih banyak ya puh
Quote:Original Posted By Garyu73
Assalammualaikum Puh,

Ane mau nanya nih puh, khususnya soal meditasi untuk melatih pernapasan. Kira-kira bagaimana ya caranya? Sebelumnya saya taunya meditasi cukup nenangin pikiran dan fokus di ubun-ubun (praktek jarang berhasil emoticon-Malu (S) ) dan juga gak tau khasiatnya gak terlalu kerasa.

Sebelumnya ane punya kendala sering susah napas atau cepet capeknya kalau olahraga, napas jadi susah diatur. Nah mungkin agan-agan atau puh disini berkenan untuk memberikan bagaimana atau setidaknya tips untuk ane. Yang terpenting agar ane bisa mengontrol napas ketika sedang capek di kendala kondisi kayak tadi puh.

Itu aja sih, wassalammualaikum wr. wb. emoticon-Malu (S)


meditasi untuk melatih pernapasan> biasanya latih pernapasan dulu, itu baru salah 1 dasar utk meditasi sempurna

meditasi cukup nenangin pikiran > itu bukan meditasi, itu relaksasi biasa

fokus di ubun-ubun (praktek jarang berhasil emoticon-Malu (S) ) > berarti km tidak punya tujuan utk suatu "tujuan" di ubun2, dan tujuan km pasti di "area" yang lain

sering susah napas atau cepet capeknya kalau olahraga, napas jadi susah diatur > km kurang latihaan cardio (sepeda, jalan, jogging, lari) dan otot quadriceps (squat, dll).

tips utk apa? relaksasi? atur nafas?
Quote:Original Posted By pixelfreax


meditasi untuk melatih pernapasan> biasanya latih pernapasan dulu, itu baru salah 1 dasar utk meditasi sempurna

meditasi cukup nenangin pikiran > itu bukan meditasi, itu relaksasi biasa

fokus di ubun-ubun (praktek jarang berhasil emoticon-Malu (S) ) > berarti km tidak punya tujuan utk suatu "tujuan" di ubun2, dan tujuan km pasti di "area" yang lain

sering susah napas atau cepet capeknya kalau olahraga, napas jadi susah diatur > km kurang latihaan cardio (sepeda, jalan, jogging, lari) dan otot quadriceps (squat, dll).

tips utk apa? relaksasi? atur nafas?


oh jadi gitu ya puh, makasih puh jadi banyak yang tau emoticon-Malu (S)

tips untuk atur nafas puh, seenggaknya biar bisa kontrol nafasnya puh emoticon-Malu (S)
×