alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a042a3dc06bdd3438b458b/7-mitos-dunia-kesehatan
Breaking News! 
7 mitos dunia kesehatan
Kali ini ane bakalan ngasih inpoh ke agan sis skalian tentang mitos didunia kesehatan. Menutur ane ini penting, karna banyak masyarakat kita yang salah mengambil langkah gegara info yang gak bener tentang kesehatan. langsung cek yok...

Spoiler for mitos kesehatan:
1. Cacar air hanya bisa diderita sekali seumur hidup
Umumnya, seseorang memang hanya akan menderita cacar air sekali seumur hidup karena tubuh sudah membentuk sistem kekebalan dari virus tersebut. Ketika virus cacar kembali datang, tubuh sudah siap sehingga dapat langsung dirusak oleh sistem pertahanan tubuh. Namun, tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menderita cacar air lebih dari sekali. Hal ini berkaitan dengan imuintas / system kekebalan tubuh masing-masing orang.
2. Tidak Boleh Mandi Saat Cacar
Mitos mengenai penderita cacar tidak boleh mandi sangat bertentangan dengan medis. Menurut dunia kesehatan, sangat penting bagi penderita penyakit kulit seperti cacar atau campak untuk menaga kebersihan kulitnya untuk mencegah penyebaran penyakit. Mandi yang dipercaya dapat menyebarkan virus cacar tersebut tidak terbukti dalam dunia medis. Justru dengan mandi tubuh akan menjadi lebih bersih.
3. Mandi Malam Menyebabkan Rematik
Tidak ada hubungan antara mandi malam hari dengan rematik. Selama tubuh dalam kondisi sehat maka tidak akan masalah mandi dimalam hari. Hanya saja, jika sudah terlanjur menderita rematik, lebih baik mandi dengan air hangat. Hal ini sangat penting diketahui berkaitan dengan beberapa orang yang mungkin sibuk dengan pekerjaan dan kerap pulang kerja di malam hari, agar tetap mandi untuk menjaga kebersihan badan.
4. Berselimut Tebal Saat Demam
Pakaian tebal/ selimut akan menaikan suhu tubuh karena hawa panas yang keluar terperangkap dalam selimut. Suhu yang sangat tinggi (39 derajat atau lebih) pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang. Disarankan untuk mengenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin. Hal ini bertujuan agar suhu tubuh tidak terperangkap dalam pakaian yang tebal. Disarankan jika ingin menggunakan selimut lebih baik selimut yang tipis.
5. Makan biji-bijian menyebabkan usus buntu
Usus buntu terjadi karena sistem pengeluaran tubuh yang nggak lancar. Ketika frekuensi buang air besar berkurang, sedangkan makanan di dalam perut tertahan di usus besar, lama-kelamaan bisa naik dan masuk ke usus buntu. Makanan yang sudah membusuk inilah yang akhirnya menyebabkan infeksi sehingga usus buntu mengalami peradangan. Jadi, penyakit ini bukan disebabkan biji-bijian yang tersangkut di usus buntu.
6. Langsung mandi setelah makan berbahaya bagi tubuh
Memang, kerja pencernaan kita akan maksimal apabila berada dalam suhu 40 derajat Celsius, namun suhu dingin yang terpapar di luar tubuh sewaktu mandi nggak langsung membuat suhu dalam usus menjadi dingin. Jadi, mandi setelah makan nggak berbahaya hanya saja memperlambat proses pencernaan.
7. Tidur setelah makan membuat perut buncit
Buncit disebabkan oleh gas perut atau timbunan lemak karena kesalahan pola makan. Sebaiknya, total kalori makanan yang kita asup sesuai dengan kalori yang akan terbuang. Ketika tubuh bertambah gemuk, lapisan lemak di perut pun akan bertambah.


semoga bermanfaat, ini treath pertama ane..boleh masukannya ganemoticon-Shakehand2
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
hmmmm, , ,ane mo tnya gan,
kalo cuaca panas tuh ga boleh minum air es gmn gan?
yang demam itu pengen nyelimutin pake selimut tebel gegara tulang rasanya linuemoticon-Matahari
tolong dicantumkan sumber/referensi yg digunakan untuk threadnya ya gan. terimikisi

minum es

Quote:Original Posted By bersekker666
hmmmm, , ,ane mo tnya gan,
kalo cuaca panas tuh ga boleh minum air es gmn gan?


pada dasarnya minum terlalu dingin (es) dan terlalu panas (air mendidih) tidak baik untuk tubuh. seperti untuk gigi anggota tubuh yang pertama terpapar, hal ini dikarenakan perbedaan suhu tubuh dengan suhu es atau air panas.
Quote:Original Posted By makankamus
tolong dicantumkan sumber/referensi yg digunakan untuk threadnya ya gan. terimikisi


makasi sarannya gan, semoga tread selanjutnya bisa nyantumin sumber. soalnya yg kemarin ane random sumbernya sambil ane tambahin ilmu yang ane dapet. thanks anyway emoticon-Smilie
×