alexa-tracking

Tidur terlalu malam? Waspadai efeknya ya gan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539f9a1d98e31b7c3d8b4567/tidur-terlalu-malam-waspadai-efeknya-ya-gan
Tidur terlalu malam? Waspadai efeknya ya gan
Tidur terlalu malam? Waspadai efeknya ya gan

Sudah sepatutnya seseorang menghabiskan waktu tujuh sampai delapan jam dalam sehari untuk beristirahat. Namun, karena kesibukan, tak jarang ada orang yang memangkas waktu tidurnya menjadi kurang dari enam jam. Padahal, jika telat tidur dan bangun dengan kondisi kepala agak pusing, bisa jadi Anda mengalami gegar otak kecil.

Selian itu, banyak efek negatif yang bisa dirasakan jika Anda kurang mendapat waktu istirahat. Dikutip dari Boldksy, Jumat (28/2/2014), inilah dampak buruk bagi kesehatan jika Anda kerap tidur larut malam:

1. Penambahan berat badan
Berat badan berbanding lurus dengan kurang tidur. Jika Anda tidak tidur minimal enam jam semalam, metabolisme lemak akan terganggu. Apalagi jika tidak kunjung terpejam di malam hari, Anda akan cenderung mengunyah makanan tinggi lemak.

2. Sistem imun melemah dan delayed sleep syndrome
Terjaga sampai larut malam bisa mengahancurkan sel-sel darah putih yang berguna untuk kekebalan tubuh. Itu sebabnya tidur larut malam bisa memperlemah imunitas Anda. Jika terlalu sering tidur larut, ada satu waktu di mana Anda akan tidur dengan waktu sangat awal. Hal ini disebut delayed sleep syndrome di mana siklus tidur Anda mulai terlambat.

3.Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi
Tidur larut malam yang konsisten membuat Anda rentan terhadap penyakit jantung dan bisa berujung pada stroke. Ditambah lagi dengan tidak mendapat jumlah waktu istirahat yang optimal, tekanan darah akan meningkat karena tidak mendapat istirahat yang cukup.

4. Diabetes
Tidur terlambat bisa merusak hormon di tubuh. Hal ini bisa membuat Anda tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin yang dihasilkan tubuh menurun. Akibatnya, diabetes pun berisiko Anda alami.

5. Sakit kepala
Setiap kali Anda tidur larut malam dan bangun dengan perasaan tidak nyaman, itu adalah tanda Anda mengalami gegar otak kecil. Sebab, otak manusia yang sering mengalami guncangan melalui waktu istirahat yang kurang dalam periode waktu tertentu bisa, mengakibatkan kerusakan otak.

6. Refleks lemah
Tidur kurang selama berjam-jam bisa mempengaruhi sistem saraf pusat Anda. Akibatnya, sistem refleks pun akan melemah.

Hehehe begitulaah efeknya gan, jadi harap di waspadai ya, apalagi musim piala dunia nih, kalau pengen liat bola tidur nya diganti dari jam 6 sampe jam 11 dulu, baru liat bola sampe jam 3 trus tidur lagi sampe jam 5 baru deh beraktifitas, oke oke emoticon-Big Grin

Sumber :
http://m.detik.com/health/read/2014/...ur-larut-malam


Kalau bagus dan bermanfaat, ane gg nolak kok kalo dikasi emoticon-Cendol (S)
terimakasih emoticon-Smilie
nih gan, biar tidurnya ga malem-malem terus emoticon-Big Grin

Lima Langkah Dapatkan Tidur Berkualitas
Gaya Hidup Sehat
Selasa, 02 Desember 2014

Walaupun sudah banyak aturan tentang bagaimana mendapatkan tidur berkualitas, tetap saja ada beberapa kebiasaan seseorang yang unik agar bisa tidur nyenyak. Entah mesti tidur mendekap bantal guling, memeluk boneka beruang, atau tengkurap.

Namun, sebagaimana dilansir dari kanal kesehatan huffingtonpost.co.uk, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mendapat tidur yang baik. Mungkin U Doctorians mau mencoba?

Mandi
Ketika otak bersiap untuk tidur, secara alamiah suhu tubuh akan turun sekitar dua jam sebelum tidur. Berendam dalam bak mandi diyakini dapat menaikkan suhu tubuh Anda, sehingga dengan cepat akan membuat kondisi badan segar dan rileks. Sebuah studi kecil yang dilakukan tahun 1985 juga mengungkapkan bahwa orang yang berendam air hangat sebelum tidur tidak hanya memtidur lebih nyenyak, tapi lebih berkualitas.

Menyumbat telinga
Para ahli sepakat bahwa tidur ideal itu ruangan harus sejuk, gelap, dan tenang. Penyumbat telinga merupakan cara sederhana (dan murah) untuk memperoleh ketenangan dan tidur yang cepat. Kenapa? Karena menyumbat telinga membantu Anda memblokir, tidak hanya lalu lintas suara, tapi pasangan tidur yang mendengkur atau bahkan suara dengung elektronik.

Klik next untuk mengetahui lebih banyak cara tidur yang berkualitas

- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha....BMn5MTti.dpuf

Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin
apa lebih baik tidur dini hari/subuh sekalian gan emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) wahh saya ga tidur malem gan.. tapi tidur nya pagii jem 1 kan pagi lg ituu...
btw nice info ganemoticon-Betty (S)

Quote:
vaksin bcg
vaksin hepatitis b
×