CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539ee733d44f9fc9498b46d6/20-fakta-unik-moluska-bermantel

.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.

.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.
.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.
.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.


HT #8
.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.


Ada tiga hal yang bisa digunakan untuk menjelaskan moluska yaitu, mantel dengan rongga yang digunakan untuk bernafas serta tubuh yang sangat fleksibel, ekskresi yang menghasilkan radula serta struktur sistem saraf dan sensorik yang luar biasa dimana darah mengalir dengan filamen gilli yang mengandung pigmen hemocyanin sekaligus perturakaran oksigen dan karbondioksida terjadi antara darah dan air yang mengalir. Mereka juga memiliki tempurung (shell) yang dihasilkan oleh mantel berasal dari protein dan chilin yang diperkuat oleh kalsium karbonat, dimana ada 3 lapisan yaitu pertama: nacreous, lalu kedua: prismatik dan ketiga: periostracum. Uniknya, tubuh moluskan termasuk bilateral simetris sehingga ukuran panjang sisi kanan dan kiri dengan batasan tengah adalah sama persis. Keistimewaan moluska lainnya adalah bukan saja mereka sering dimanfaatkan sebagai santapan makanan tapi juga komoditas barang dagangan bahkan sebagai alat tukar. Sekali lagi, keindahan dan kerumitan morfologi dari moluska jelas begitu berbeda dengan makhluk hidup lainnya sekaligus menambah kekayaan akan keberagaman di dunia ini, sungguh kecil kemungkinan bahwa segala sesuatu itu terjadi tanpa adanya desain yang sempurna yang dilakukan oleh Pemilik sebenarnya, Allah ta'ala. Berikut rangkuman keunikan yang bisa TS rangkum berkaitan dengan moluska.

1. Moluska juga mampu memproduksi mutiara, yaitu tiram dari ordo Pterioida, dan menurut catatan, maka mutiara terbesar yang dapat dihasilkan adalah dari "Pinctada maxima" (read: Philippine Pearl), dan juga menjadi satu2nya yang memproduksi mutiara laut selatan (south sea pearl) yang terindah dibandingkan yang lainnya sehingga mendapat julukan Mother of Pearl. Bahkan mantan presiden Filipina, Fidel Ramos mendeklarasikan pada tahun 1996 melalui Proclamation No. 905 menetapkannya sebagai gem nasional serta dapat dijumpai pada lembaran uang 1000 peso. Temperatur air, plankton dan sedimen adalah faktor2 penting yang menentukan kecerahan warna.

.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.


Spoiler for ..:


Code:
http://www.australiansouthseapearls.com/the-world-s-finest-pearls#pinctada-maxima
http://animals.howstuffworks.com/marine-life/question630.htm


2. "Teredo navalis" (read: Shipworm) adalah spesies luar biasa dengan ukuran yang kecil sekitar 2 cm yang kemungkinan berasal dari timur laut Samudera Atlantik, tetapi telah menyebar di seluruh dunia melalui tumpukan2 komoditas perdagangan di dermaga2 pelabuhan. Spesies inilah yang menjadi penyebab utama kerusakan dan kehancuran struktur kayu dan lambung kapal. Sampai sekarang belum ada metode yang terbukti efektif untuk menanggulangi pengrusakan kayu ini. British Royal Navy pada abad ke-18 mengganti dengan tembaga bawah kapalnya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, sementara Belanda pada abad ke-17 mengganti tanggul2nya dengan batu agar mencegah terjadinya banjir bandang, bahkan pada awal abad 19, kapal ferry yang berlabuh di San Fransisco mengalami kerugian yang luar biasa mencecah angka 2 trilyun dolar serta masih banyak kerugian lainnya [link] dan [link]

Spoiler for ..:


Code:
http://www.poseidonsciences.com/teredo-worm.html


3. Tiga serangkai siput ini adalah moluska yang paling beracun, "Conus geographus" (read: Geographic Cone Snail), "Conus tulipa" (read: Fish Hunting Cone Snail), dan "Conus Striatus" (read: Striated Cone Snail). Siput geografi adalah juaranya kalau mengacu kepada standar LD50 yaitu 4 µg/kg dimana mengandung MVIIA yang merupakan omega-conotoxin yang mengakibatkan efek kekakuan total pada curut, implikasinya adalah chronic neuropathic. Sementara itu, dalam bidang kesehatan dilakukan penelitian terhadap conotoxin ini dalam obat ziconotide untuk penyakit AIDS dan kanker. Sementara itu, siput tulipa memegang rekor kedua dengan LD50 10 µg/kg dan siput striatus pada urutan ketiga dengan LD50 100 µg/kg.

Spoiler for ..:


Code:
http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/geographers-cone-snail/
http://penelope.uchicago.edu/~grout/encyclopaedia_romana/aconite/geographus.html
http://www.nature.com/nature/journal/v429/n6994/full/429798a.html


4. "Helix pomatia" (read: Burgundy snail) dan "Saccostrea glomerata" (read: Sydney Rock Oyster) adalah 2 spesies moluska di dunia yang sering mendapat perhatian manusia karena kelezatannya, sehingga menjadi jenis moluska yang paling sering dimakan, karena mudah ditemukan bahkan di restoran sekalipun. Siput Burgundi memiliki ukuran 30–50 mm dengan ukuran cangkang 30-45 mm, dan mampu melakukan hibernasi dan estivasi dengan membentuk calcareous epiphragm yang akan mengunci cangkangnya, selain itu siput ini termasuk hermaprodit sehingga kedua pasangan dapat bertelur setelah kimpoi (membuahi). Sementara itu, tiram sydney dengan panjang tubuh 8 cm dan berat 50 gram menjadi primadona di Australia dimana industri budidaya nya berkembang pesat di New South Wales dan Queensland selatan. Uniknya, tiram ini bisa bertukar kelamin, pada awal kelahiran sebagai jantan kemudian saat bertelur menjadi betina. Keunikan lainnya adalah, yang betina menghasilkan 2 juta sel telur dan jantannya mengeluarkan 100 juta sperma ketika gelombang dan arus pada saat yang pas.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.snail-world.com/roman-snail-escargot/
http://www.mesa.edu.au/aquaculture/aquaculture33.asp


5. Sementara itu, siput yang paling kecil yang telah diamati adalah "Ammonicera rota" (read: European Snail) dengan ukuran 10-15 mm, dan pesaing terberatnya adalah "Partula rosea" (read: Pacific Snail) yang memiliki ukuran tidak terlalu berbeda, namun sayangnya hanya tinggal ratusan saja karena terancam punah, lebih parahnya lagi, hanya bisa kita saksikan di kebun binatang Inggris dan Amerika Serikat. Cangkang siput terdiri dari tiga lapisan: 1) hypostracum yang merupakan lapisan terdalam; 2) ostracum, yaitu lapisan tengah, sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat; dan 3) kulit shell atau periostracum, yang terbuat dari campuran protein yang menentukan warna cangkang. Setelah siput mati, lapisan ini akan terkikis lalu memperlihatkan warna putih atau abu-abu.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.welcomewildlife.com/?folder=pages/urban%20wildlife/other/snails


6. Sedangkan "Syrinx aruanus" (read: Australian trumpet) adalah siput yang terbesar dengan ukuran 77-91 cm, bahkan menjadi yang paling berat diantara semua dengan berat mencapai 18 kg. Cangkang siput ini sering dijadikan koleksi, sumber kapur, penampungan air bahkan sebagai umpan menangkap ikan. Sementara siput yang terpanjang adalah "Parenteroxenos doglieli" (read: ) yang hidup sebagai parasit di teripang dari kelas Holothuroidea, sehingga menjadikan panjangnya mencapai 130 cm.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.qm.qld.gov.au/Find+out+about/Animals+of+Queensland/Molluscs/Gastropods/Marine+snails/Syrinx+-+Worlds+largest+snail#.U58olBZz3Bw
http://www.conchology.be/?t=66&species=Syrinx+aruanus


7. Tridacna gigas (read: Giant Clam) termasuk kandidat moluska yang terbesar, terutamanya dari kelas Bivalvia dengan ukuran 137 cm dengan berat 250 kg dan mampu hidup lebih dari 100 tahun lamanya seperti yang ditemukan pada tahun 1817 di pantai barat Sumatera. Sementara itu, pada tahun 1984 di pantai Ishigaki juga ditemukan yang tak kalah besarnya dengan ukuran panjang 113 cm dan berat mencapai 340 kg. Uniknya, kerang ini hanya punya satu kali kesempatan untuk mendapatkan tempat tinggalnya, ketika dia sudah dapat maka dia akan kerasan sampai mati dengan lama waktu hidupnya dapat mencecah 100 tahun juga. Kenyataannya juga legenda pemakan orang kerang ini tidak terbukti sama sekali, berdasarkan penelitian mengenai sistem pencernaannya. Namun, kelas Cephalopoda yang memegang rekor terbesar, yaitu "Mesonychoteuthis hamiltoni" (read: Colossal Squid) dengan ukuran panjang 12-14 m dimana matanya saja 23 cm. Cumi-cumi ini mengalami pertumbuhan abyssal gigantism yang menyebabkan adanyai kecenderungan tumbuh besar karena pengaruh kedalaman laut dengan tekanannya.

Spoiler for ..:


Code:
http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/giant-clam/
http://a-z-animals.com/animals/giant-clam/
http://marinebio.org/species.asp?id=247


8. "Nautilus pompilius" (read: Chambered Nautilus) memiliki keunikan yaitu adanya sekitar 90 tentakel yang mempunyai mata pada setiap tentakel tersebut (walaupun tidak ada lensa) dan kerennya mereka berenang dengan cara mundur. Moluska ini dapat ditemui pada kedalaman 300-600 meter pada siang hari dan 90-150 meter pada malam hari.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.thecephalopodpage.org/Npompil.php


9. "Artica Islandica" (read: Ocean Quahog) memiliki kulit kerang berwarna hitam dengan ukuran mencapai 50 mm. Kerang dengan nama Ming Clam merupakan yang tertua dari kingdom animalia yang berdasarkan rekod terkini dari pertumbuhan tahunan garis pada kulit cangkangnya merupakan yang paling lama usianya pada tahun 2006. Alan Dr. Wanamaker, Dr Paul Butler, Professor James Scourse and Professor Chris Richardson dalam penelitian tersebut secara akurat menyatakan usianya adalah 507 tahun, sementara data sebelumnya menunjukkan juga di ISlandia pada tahun 1868, menemukan kerang dengan usia 374 tahun [link].

Spoiler for ..:


Code:
http://sciencenordic.com/new-record-world’s-oldest-animal-507-years-old
http://www.bbc.com/news/science-environment-24946983
http://www.mirror.co.uk/news/weird-news/ming-clam-confirmed-bangor-university-2788505


10. "Sepia Apama" (read: Australian Giant Cuttlefish) adalah spesies sotong terbesar dengan ukuran 52 cm dengan berat 10,5 kg yang dengan sel chromatophores, mereka mampu memberikan pertunjukan yang sangat spektakuler dengan merubah warnanya dalam waktu yang instan (ada 3 kelas warna: kuning, merah dan hitam/cokelat) sehingga mendapat julukan chameleon batu karang, dengan 2 jenis struktur yaitu iridophores (menghasilkan iridescence/permainan warna pada kulit) and leucophores, yang memproduksi warna keputih2an pada pola tubuh. Selain itu, keunikan lainnya adalah mereka juga memiliki kulit papillae yang dapat mengubah penampilannya secara dramatis, disamping memiliki neurotoxins untuk menghalau bahkan membunuh mangsanya serta memiliki warna darah berwarna hijau, yang uniknya termasuk hewan yang buta warna [link].

Spoiler for ..:


Code:
http://eol.org/pages/593213/details
http://www.sportdiver.com/photos/seaview-giant-australian-cuttlefish-decline
http://www.molluscs.at/cephalopoda/index.html?/cephalopoda/main.html


11. "Enteroctopus dofleini" (read: Giant Pacific Octopus) adalah gurita terbesar dengan ukuran 9.1 m dan berat 272 kg, layaknya gurita yang lain mereka bergerak menggunakan hyponome yang sama prinsipnya dengan mesin jet serta mampu meregenerasi tentakelnya yang ilang dalam waktu 6 minggu. Sementara itu, Hapalochlaena fasciata (read: Blue-lined Octopus) termasuk spesies gurita yang beracun juga dari genus yang beracun, disamping itu mereka juga memiliki sel chromatophore yang berfungsi untuk berkamuflase mengubah warna apabila terprovokasi menjadi kuning menyala dengan cincin atau garis biru.

Spoiler for ..:


Code:
http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/giant-pacific-octopus/
http://australianmuseum.net.au/Southern-Blue-lined-Octopus-Hapalochaena-fasciata
http://www.arkive.org/north-pacific-giant-octopus/enteroctopus-dofleini/


12. "Arion rufus" (read: Red Slug), "Arion vulgaris" (read: Spanish Slug) dan "Arion Ater" (read: Black Slug) adalah tiga kawanan pemegang rekor keong darat terbesar tanpa cangkang dengan ukuran 7-14 cm, 8-12 cm dan 10-15 cm. Uniknya, keong ini bernafas dengan pneumostome yang berada pada bagian kanan mantelnya dan juga termasuk hewan hermaprodit serta mampu menghasilkan mucus yang mengandung enzim antiseptik lysozyme, immunoglobulins, garam inorganik, dan protein lactoferrin serta glycoproteins, meskipun begitu mampu menyebabkan penyakit terutamanya berhubungan dengan infeksi viral seperti flu, sinusitis dan demam. Uniknya lagi, meskipun terlihat kecil, mereka mampu mengangkat beban dengan berat 10x beratnya, jadi secara hitungan kasar, andaikan kita memiliki berat 65 kg maka mampu mengangkat beban 650 kg.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.slugoff.co.uk/slug-facts/bad-slugs
http://www.spanishslug.co.uk
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Diubah oleh samanosuke20
Halaman 1 dari 16
13. "Janthina janthina" (read: Bubble Raft) dapat ditemui hampir di semua lautan di dunia, uniknya siput ini memerangkap gelembung air dalam cangkangnya agar mempertahankan posisinya yang melayang dengan permukaan air, sehingga menyebabkannya dapat mengembara ribuan kilometer dengan memanfaatkan arus pasang dan gelombang tanpa sekalipun menyentuhkan badannya ke dasar laut. Uniknya, dari perilaku moluskan dengan tinggi sekitar 40 mm ini menyebabkan seumur hidupnya yang puluhan tahun, penuh dengan aktivitas berselancar atau berjalan di air sepanjang hidup.

Spoiler for ..:


Code:
http://news.nationalgeographic.com/news/2008/10/081020-snails-walking-water.html
http://eol.org/pages/594698/details


14. Tidak perlu diragukan lagi bahwa "Achitina fulica" (read: Giant African Snail) adalah keong darat terbesar dengan tinggi 7 cm dan panjang 20 cm yang masuk daftar sebagai 100 hewan yang berbahaya karena wabahnya. Menurut penelitian, keong ini mengandung banyak sekali parasit seperti Aelurostrongylus abstrusus, Angiostrongylus cantonensis (menyebabkan eosinophilic meningoencephalitis), Angiostrongylus costaricensis (menyebabkan abdominal angiostrongyliasis), Schistosoma mansoni (menyebabkan schistosomiasis), Trichuris spp., Hymenolepis spp. dan Strongyloides spp. yang ditemukan di kotoran juga atau saat sekresi mucus. Keong ini juga dapat menyebabkan meningitis serius pada manusia.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.petsnails.co.uk/species/achatina-fulica.html
http://www.invasivespeciesinfo.gov/animals/africansnail.shtml


15. Begitu sering kita mendengar tentang dogeng dimana siput mampu berlari dengan sangat kencangnya, bahkan pilem terbaru dari Dreamwork yaitu Turbo sedikit banyak menjelaskan fenomena tersebut. Adalah "Helix aspersa" (read: Garden Snail) sedikit banyak merealisasikan hal tersebut, siput ini adalah yang tercepat dari semuanya, mampu berjalan dengan kecepatan 60 cm dalam 3 menit (20 cm/menit), atau sekitar 2 km dalam waktu 5,5 hari. Mungkin terlihat sepele, tapi kalau kita sesuaikan dengan skala tubuh mereka yang tak lebih dari 20-35 mm dengan berat cangkang 25-40 g (40% berat cangkang) maka, manusia yang memiliki tinggi sekitar 160 cm (skala 1:80), dan berat 40 kg sambil merangkak, maka akan mampu berlari kencang sambil membawa beban 10 kg, memiliki kecepatan sekitar 16-18 m/menit atau 1 km/jam, sungguh rekor fantastis untuk seorang tentara katak. Uniknya, garam dan gula sangat berbahaya bagi keong yang dapat menyebabkan mereka keracunan, selain itu mereka menggunakan seni menyentuh untuk menarik pasangannya, meskipun mereka hermaprodit tetap memerlukan pasangan untuk melangsungkan perkimpoian.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.arkive.org/garden-snail/helix-aspersa/


16. Sungguh luar biasa, "Dreissena polymorphs" (read: Zebra Mussel) 500 juta telur setiap tahunnya, dimana moluska ini berukuran 5,1 cm dan dapat bertahan selama 7 hari di luar air. Termasuk moluska yang berbahaya karena agresifitasnya yang parasit, karena memiliki potensi untuk merusak ekologi dan lingkungan, bukti berbahanya remis ini adalah kolonisasi mereka terhadap Great Lakes, Lake Erie dan Lake St. Claire di Amerika Serikat. Bahkan cangkangnya yang sangat tajam yang mengandung detritus mampu memotong kaki ataupun minimal melukainya. Kemudian, bayangkan saja apa jadinya kalau 500 juta telur tersebut berkembang biak dengan kelipatan yang sama dalam jangka waktu sepuluh tahun saja, maka akan ada total (secara hitungan kasar saja);

T = (5 x 108) e10,
T = (5e10 x 10e80) x 5 (cm)
T = 9765625 x 10e80 x 5 (cm)
T = 48.828.125 x 10e80
T = 4.9 x 10e87 cm

sementara volume bumi sekitar 8.695.377.657.617 km3 kalau kita ubah ke cm3 maka menjadi 8,7 x 10e27 cm3 mengindikasikan bahwa siput ini bukan hanya menjadi parasite bagi makhluk hidup tapi bumi seluruhnya. Beruntungnya meskipun mereka memiliki banyak telur, namun persentase kelahirannya begitu sangat sangat kecil.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.issg.org/database/species/ecology.asp?si=50
http://nas.er.usgs.gov/queries/factsheet.aspx?speciesid=5


17. "Protothaca staminea" (read: Pacific Littleneck Clam) memiliki keunikan yaitu bersembunyi dengan menggali tanah dengan kedalaman mencapai 10 cm sehingga warna kulit kerang tersebut akan banyak terpengaruhi oleh sedimen ataupun pasir tempat mereka bersembunyi. Kerang ini juga termasuk yang dapat dimakan. Selain itu, kerang ini memanfaatkan 2 sifonnya untuk makan, ketika air masuk melalui sifon yang pertama maka oksigen masuk ke dalam insang, namun makanan juga terperangkap melalui rambut kecil yaitu cilia terutamanya plankton. Sehingga tanpa perlu berusaha keras kerang mampu menikmati makanannya.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.wallawalla.edu/academics/departments/biology/rosario/inverts/Mollusca/Bivalvia/Veneroida/Veneridae/Protothaca_staminea.html
http://animals.howstuffworks.com/marine-life/clam-info.htm


18. "Tridacna squamosa" (read: Fluted Giant Clam) spesies kerang yang melakukan symbiosis dengan zooxanthellae dari jenis alga yang melakukan fotosinstesis sehingga segala nutrisi tercukupi untuk yang sangat lama berupa glukosa, glycerol dan asam amino. Sementara itu, keunikan lainnya adalah kerang ini selalunya hidup dengan menempel dengan substrat, batu ataupun permukaan yang solid, sehingga apabila dipaksa lepas maka akan kerang ini akan mengalami kerusakan yang sangat parah. Kerang ini juga memiliki kelebihan menyaring air menjadi partikel2 yang kecil dan murni.

Spoiler for ..:


Code:
http://www.liveaquaria.com/product/prod_display.cfm?c=497+529+589&pcatid=589
http://oceanservice.noaa.gov/education/kits/corals/coral02_zooxanthellae.html


19. Octopus vulgaris (read: Common Octopus) adalah spesies gurita dengan besar 25 cm namun tentakelnya mencapai 1 m, merupakan moluska yang paling sering digunakan untuk hal penelitian. Uniknya gurita berenang secara terbalik dengan kepala terlebih dahulu, selain itu mereka juga mampu mengeluarkan tinta yang pekat (mengandung melanin) untuk menghalau musuhnya bahkan melakukan autotomi yaitu memutuskan tentakelnya untuk menipu dan mengejutkan predator. Keunikan lainnya adalah mereka memanfaatkan statocyst (struktur yang mengandung mineral dan rambut sensitif) untuk mengeluarkan suara. Gurita ini dapat mendengar suara meskipun di air pada 400 Hz dan 1000 Hz, dan yang paling baik pada 600 Hz. Uniknya ada jenis gurita yang berjalan dengan tentakel mereka, seperti pada "Adopus aculeatus" (read: Algae Octopus) yang berukuran 25 cm ini melakukan kamuflase dengan alga sekitarnya sehingga menyerupai cangkang gastropoda [link].

Spoiler for ..:


Code:
http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/common-octopus/
http://marinebio.org/species.asp?id=2164


20. Dunia kesehatan sedang giat meneliti mengenai hilang ingatan dan juga sistem saraf, uniknya sel neuron dari "Aplysia dactylomela" (read: Spotted Sea Hare) sangat membantu dalam bidang Electrophysiology dan Neurological yang berkaitan dengan jaringan. Moluska ini memiliki ukuran yang mencecah 410 mm dengan rata2 berada pada kedalaman 3-40 m pada perairan dangkal, dan juga mengeluarkan tinta dan opaline layaknya gurita namun mengandung toksin yang berbahaya [link].

Spoiler for ..:


Code:
http://animaldiversity.ummz.umich.edu/accounts/Aplysia_dactylomela/
Diubah oleh samanosuke20
Post ini telah dihapus
Sepi benar mod

Itu giant african snail besar banget yah segenggaman tangan
Quote:


makanya ajak yang lain main disini
kita ramekan... emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

iya, itu keong terbesar di darat
Quote:


kapan hari pernah jadi korban karena ini di marina semarang emoticon-Frown
keliatannya berkelompok padet gitu tapi akhir akhirnya kalau di injek bakalan berdarah juga... ane juga pernah nemu ginian di sungai daerah tulakan-jogja... habitatnya emang sampai di air tawar??
Quote:


ane masih belom begitu paham mekanisme parasit serta perkembangannya, kenapa disatu saat dia tiba2 bisa meresahkan kenapa pulak bisa tiba2 hilang...

mgkn hampir mirip dengan wabah belalang, ada faktor alam dan ketersediaan makanan
Post ini telah dihapus
kerang mutiara kek gituu isinya yeee emoticon-Matabelo
nomer 5 imut banget emoticon-Kiss (S),
langsung digoreng sama cangkangnya dapet protein + kalsiumnya emoticon-Ngakak

eh mod, itu nomer 6 panjang banget termasuk siput juga??? emoticon-Takut
Diubah oleh zenkage
mahluk-mahluk unik emoticon-Matabelo
Kok ane jadi geli ya gan emoticon-Takut
walah,... emang ciptaan Tuhan bener2 luar biasa emoticon-Big Grin
keren bangett.. emoticon-Embarrassment
informatif banget nih tritnya.. emoticon-Angkat Beer
ad yg gede ada yg kecil........ tp bkin geli semua emoticon-Hammer2



wuihh mantap infonya gan.
pict-nya juga keren2
emoticon-Cendol (S)
Wuih keren masbro
mantap emoticon-Matabelo
hiiii
geli banget

tapi mewah dan megah yaaa
kalo mutiara nya

kesian juga budidaya nya
nice inpoh gan
.: 20 Fakta Unik Moluska Bermantel :.
jenis ini nih yg sering ane liat pas sajian makan malam
ky yg di pelem Mr.Bean juga emoticon-Belo
Halaman 1 dari 16


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di