Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

calvinhondaAvatar border
TS
calvinhonda
Tips Menentukan Produk Saat Memulai Usaha

Spoiler for Quate:


Spoiler for Keren Banget:




Memulai bisnis bagi sebagian orang terkadang memicu kebingungan. Banyak dari pebisnis pemula terbentur oleh satu pertanyaan : “apa yang akan saya buat atau jual?”. Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya ada beberapa pilihan cara, berikut adalah tips untuk merencanakan produk yang akan dijadikan peluang usaha.


Produk adalah sesuatu yang anda hasilkan atau miliki dan kemudian dapat anda jual dan pasarkan. Produk yang unik tentu saja akan mendapatkan kemungkinan untuk dapat laku lebih banyak di pasaran daripada produk yang biasa-biasa saja. Untuk dapat menciptakan produk yang dapat laku di pasaran dapat dilakukan beberapa langkah berikut.



Segmentasi konsumen


Segmentasi konsumen adalah proses penentuan awal, “siapakah yang akan menjadi calon konsumen produk saya?”. Secara sederhana kita dapat menentukan calon konsumen kita ke dalam beberapa segmentasi seperti :



1. Lokasi



Berdasarkan lokasi maka anda dapat menargetkan produk untuk calon konsumen. Saat anda melakukan segmentasi ini anda dapat menilai peluang apakah yang ada di daerah tertentu. “Jenis produk apa yang banyak dijual?” , “Produk apa yang dibutuhkan di lokasi ini?” pertanyaan seperti ini akan membantu kita melakukan perencanaan produk dengan lebih mudah.


2. Masyarakat



Lebih terkhusus lagi kita akan melakukan segmentasi calon pembeli yang potensial bagi produk yang akan kita produksi. Berdasarkan kriteria berikut kita dapat memilah-milah calon konsumen kita : umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan lain sebagainya.



Produk yang baik adalah yang direncanakan dan fokus terhadap konsumen yang dituju. Saat anda sudah berhasil menemukan peluang usaha, langkah berikutnya adalah ACTION.Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan menurut seorang pengusaha.



Mengamati Perilaku Calon Pembeli

Perilaku masyarakat adalah cara lain untuk membantu Anda menentukan produk yang akan dijual. Dengan jeli kita harus memperhatikan perilaku calon pembeli.

1. Tentukan Image Produk Anda

Saat Anda melakukan produksi maka sekaligus menciptakan image produk Anda. Apakah produk yang terjangkau untuk semua masyarakat atau terbatas hanya untuk kelompok tertentu? Misalnya : Anda memproduksi jam tangan yang dirancang khusus untuk olahragawan, maka hanya dari kalangan olahragawan saja yang akan membelinya karena merasa sesuai dan mendukung kegiatannya. Selain itu juga ini memberikan image eksklusif bagi produk yang Anda buat.

2. Kenali Pembeli Anda

Hal ini membutuhkan kemampuan pengamatan yang lebih mendalam, seiring berjalannya waktu kemampuan ini akan terlatih dengan sendirinya. Jika produk yang dibuat cocok dengan perilaku pasar maka sangat besar kemungkinan produk atau jasa yang ditawarkan akan mudah diterima.

Misalnya : Di sekitar tempat usaha Anda masyarakatnya gemar berbelanja di akhir minggu. Kebiasaan ini dapat Anda jadikan peluang untuk melakukan promosi di akhir minggu agar produk lebih dikenal lagi.

Hal paling terakhir namun juga penting adalah menjadi fleksibel. Hasil pengamatan belum tentu dapat memberikan gambaran seutuhnya tentang produk seperti apa yang harus dibuat, melainkan sebagai salah satu alat bantu dalam perencanaan produk.

Setelah produk diperkenalkan maka Anda perlu secara rutin mengevaluasi produk yang dijual. Dengarkan masukan dari pelanggan karena ini akan sangat membantu Anda untuk dapat menyempurnakan produk agar sesuai dengan keinginan pembeli kedepannya.

sumber
Diubah oleh calvinhonda 16-06-2014 06:37
0
3.5K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan