alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539ac7e9dc06bdc0238b462f/penyakit-yang-sering-dialami-di-musim-tak-tentu
Penyakit yang sering dialami di Musim tak tentu
Penyakit yang sering dialami di Musim tak tentu

emoticon-Angel Semangat Siang semuanya.. dan Selamat ngapain ajah emoticon-Ngakak (S).. emoticon-Angel

Kebetulan akhir-akhir ini disekeliling ane banyak yang ikutan sakit diakibatkan cuaca yang nggak menentu.. Apalagi kalo udah mulai musim hujan, biasanya dimusim ini beberapa penyakit pun akan menyerang kita apalagi kalau kita tinggal dilingkungan tidak terjaga dengan baik dan kotor, kali ini ane mau bahas penyakit yang sering menyerang ketika musim hujan dan banjir tiba serta sedikit tips untuk menanganinya.



Quote:
Quote:Flu dan pilek
Spoiler for flu&pilek:

Sama halnya dengan cuaca terik, cuaca dingin juga bisa membuat daya tahan tubuh melemah sehingga lebih rentan terhadap infeksi kuman. Karenanya, virus flu maupun kuman lainnya mudah sekali menyerang saluran napas pada musim-musim hujan ketika temperatur udara cenderung dingin.
Gejala pilek yang paling sering timbul termasuk batuk, hidung meler, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Gejala lainnya bisa berupa nyeri otot, sakit badan ringan, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan. Batuk yang disebabkan oleh pilek biasanya lebih ringan daripada batuk yang disebabkan oleh flu. Batuk dan demam pada orang dewasa kemungkinan besar merupakan indikasi flu.
Pilek biasanya diawali dengan sakit badan ringan, perasaan kedinginan, bersin-bersin, dan sakit kepala. Gejala lainnya seperti hidung meler dan batuk terjadi setelah dua hari atau lebih.

Nah, setelah kita mengeahui apa saja hal yang dapat menyebabkan flu, sekarang waktunya saya berbagi tips seputar bagaiamana cara mengatasi flu atau pilek.

Quote:- Perbanyak mengkonsumsi air putih
- Mengkonsumsi Minuman Hangat
- Beristirahat Total
- Gunakan Aroma Bawang sebagai terapi UAP.
- Berkumur dengan air hangat, agar membersihkan mulut dari bakteri jahat.
- Mandi dengan Air Hangat
- Konsumsi Cabai / makanan yang mengandung cabai ( makanan super pedas )
- Konsumsi Rempah-rempah Yang Rasanya Hangat
- Campuran Madu dan Jahe atau sejenis wedang jahe atau bandrex.



Quote:Quote:Diare
Spoiler for diare:

Diare adalah penyakit dimana penderita mengalami rangsangan buang air besar yang terus menerus dengan tinja atau fases yang memiliki kandungan air berlebihan, yang disebabkan karena gijal dari luka, penyakit alergi terhadap gula, memakan makanan asam, pedas atau bersantan berlebihan, kelebihan vitamin C, atau infeksi bakteri.

Gejalapenyakit diare biasanya penderita mengalami sakit perut, sering mual dan muntah, buang air besar secara terus menerus, nafsu makan menjadi berkurang, disertai demam tinggi, terkadang ada darah dalam tinja atau fases. Gejala lainnya yang dapat timbul seperti pegal pada punggung dan perut yang berbunyi.
Quote:Untuk penanganan penyakit diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupi untuk mengantikan cairan dan zat kimia yang hilang yang akan lebih baik bilah dicampur garam dan gula (oralit) atau dengan meminum cairan isotonik danmengkonsumsi obat diare. Bila diare masih berlangsung lama, maka segeralah ke rumah sakit karena kemungkinan besar dapat terkena dehidrasi. dan jangan lupa hindari makanan yang terlalu padat. Dan untuk cara tradisional, agan bisa mengunakan pucuk daun jambu biji diberi sedikit garam, kunyah sampai halus dan telan (biasanya manjur sih emoticon-Hammer ).


Quote:Quote:Panas Dalam
Spoiler for panasdalam:
Panas dalam bisa disebabkan oleh keadaan cuaca dan bisa juga disebabkan oleh makanan, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dsb. Saat panas dalam biasanya bibir pecah-pecah, terasa sakit dan terdapat benjolan di bibir dan tenggorokan.
Penyebab utama penyakit panas dalam biasanya lebih kepada pola hidup sehat yang tidak dijalankan dengan baik terutama konsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang beraktifitas sebagaimana mestinya dan juga istirahat yang kurang bagi tubuh.

Panas dalam ini biasanya memiliki ciri-ciri awal dengan gejala susah buang air besar lalu akibat pencernaan yang tidak sehat dan berlanjut terasa kurang enak pada perut yang seterusnya berakibat terasa panas pada perut dan perih dan bisa naik ke ulu hati dan bahkan bisa mencapai dada. Bila kondisi sudah seperti ini rasanya badan tidak enak sekali, mau apapun tidak akan bisa menikmati dan terasa menyiksa sekali.

Berikut ini ada beberapa Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami, yang salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi yang dapat meredakan panas dalam dan mampu mempelancar sistem pencernaan. Makanan bergizi tersebut diantaranya yang bisa sebagai obat panas dalam.

Quote:- Minum Madu, manfaat madu sangat banyak sekali baik dalam mengobati berbagai penyakit termasuk panas dalam juga mampu menjaga daya tahan tubuh sekaligus menjaga kesehatan.
- Makanan laut, kandungan taurin dapat mengurangi asam lambung pada tubuh dan mengurangi rasa sakit pada perut.
- Pisang Sunrise, banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan membantu menyembuhkan panas dalam juga memperlancar pencernaan.
- Jeruk, memiliki kandungan vitamin C juga kandungan lainnya yang bisa mengurangi asam lambung pada perut.
- Jahe, memiliki kandungan yang dapat mengurangi asam penyebab panas dalam.
- Kubis dan Wortel, kombinasi makanan berserat yang bisa mengobati panas dalam.
- Oatmeal, makanan sehat bergizi kaya serat dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan dan dapat mengurangi asam penyebab panas dalam sekaligus memperlancar pencernaan.
- Susu dan Yogurt, keduanya kaya kalsium dan kandungan lain yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan juga dapat mengobati penyakit panas dalam sekaligus mempelancar pencernaan.


Quote:Quote:Gatal-gatal
Spoiler for gatal:
Gatal-gatal pada biasanya disebabkan oleh bakteri atau kringat. Penyakitgatal tersebut biasanya terjadi pada tangan, kaki dan mulut si anak. Selain merasa gatal anak-anak akan merasa tidak enak badan. Dimana suatu perasaan yang secara otomatis membuat tangan melakukan penggarukan.Kegiatan penggarukan yang dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit. Jangan anda kira jika anda menggaruk kulit yang gatal, maka rasa gatal tersebut akan hilang. Penggarukan secara terus menerus pada kulit bisa mengiritasi kulit yang selanjutnya akan menyebabkan bertambahnya rasa gatal dan bahkan jangka panjang bisa menyebabkan terjadinya jaringan parut dan penebalan pada kulit sehingga terkadang membentuk bentol-bentol yang berisi pada kulit yang gatal tersebut.

Penyebab Gatal bisa bermacam-macam. Bisa disebabkan oleh suatu penyakit kulit maupun penyakit sistemik, dan bisa juga disebabkan oleh beberapa hal seperti karena gigitan serangga, kaligata, dermatitik atopik,dermatitis kontak, dermatitis alergika dan infestasi parasit seperti skabies dan pedikulosis.

Selain sebab di atas, gatal-gatal juga dapat terjadi karena alergi dan juga kontak dengan bahan pakaian tertentu seperti wol dan sebagainya. Cuaca yang panas juga bisa menyebabkan gatl-gatal terutama pada daerah lembab seperti selangkangan karena banyaknya keringat.

Untuk mengatasi penyakit gatal maka kita perlu mengetahui penyebab dari gatal-gatal tersebut untuk kemudian dilakukan tindakan pengobatan.Dengan diketahuinya sebab penyakit gatal, maka bisa diberikan jenis pengobatan yang tepat. Jika kulit meradang, bisanya diberikan krim atau lotion pelembab yang tidak berbau dan berwarna, sebab pewarna atau aroma tambahan bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal-gatal. Yang perlu diperhatikan adalah beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk mencegah terjangkit penyakit gatal - gatal ini antara lain :

Quote:- Selalu menjaga kebersihan kulit dengan cara mandi minimal 2x sehari
- Selalu menjaga kulit untuk selalu kering dan tidak lembab
- Untuk jenis penyakit gatal yang menular, hindari melakukan kontak langsung dengan penderita penyakit gatal - gatal.
- Hindari juga mengenakan pakaian yang bekas dipakai oleh penderita penyakit gatal - gatal.
- Hindari mengenakan pakaian yang berbahan nylon
- Tidak mengkonsumsi makanan dan obat - oabatan yang bisa menyebabkan alergi.
Quote:Untuk krim, bisa juga diberikan Krim corticosteroid yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan gatal-gatal, hanya digunakan jika gatal-gatal terbatas pada suatu daerah yang kecil.Selain itu dapat juga memberikan obat yang mengandung mentol, kamper, kamomil, eukaliptus dan kalamin.
Untuk obat yang diminum bisa menggunakan Antihistamin (misalnya hydroxizin dan diphenhydramine) bisa membantu mengurangi gatal-gatal, tetapi obat ini menyebabkan kantuk. Untuk Antihistamin biasanya tidak diberikan dalam bentuk olesan langsung ke kulit karena bisa menyebabkan reaksi alergi.



Quote:Quote:Tipes atau tifoid.
Penyakit tipes atau yang biasa di kenal masyarakat thypus merupakan penyakit yang di sebabkan karena bakteri keluarga salmonella thypti yang bisa masuk lewat pencernaan melalui berbagai kegiatan seperti misal minum air keran (air mentah) masak sayur yang kurang bersih, tidak matang, karena lingkungan yang kumuh ataupun tertular melalui orang lain yang mengidap penyakit tipes.

Gejala penyakit tipes sendiri adalah demam dengan panas yang makin lama makin tinggi, gejala ini biasanya terjadi pada minggu kedua dan ketiga selam 7-10 hari dan baru turun perlahan-lahan pada minggu keempat. Selama demam tinggi penderita biasanya sering mengigau, dan ingatannya menurun atau tidak dapat berfikir secara jelas. Hilangnya nafsu makan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan berat badan berkurang. Otot terasa nyeri. Buang air besar tidak teratur, sembelit dan diare. Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin. Mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit. Batuk dan perdangan pada cabang tenggorokan. Timbul beberapa bercak kecil berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.
Jika anda mengalami ciri-ciri umum penyakit tipes di atas sebaiknya segera di periksakan ke dokter untuk mendapatkan kepastian tentang penyakit ini. Selain. itu jika keluarga anda positif mengalami penyakit tipes ada beberapa tindakan yang di anda perlukan agar segera pulih, yaitu dengan cara.

Quote:
- Istirahat penderita hingga kurang lebih 2 minggu (tergantung tingkat keparahan)
- Pergi ke dokter untuk memastikan seberapa parah penyakit anda dan langkah apa yang perlu diambil untuk menyembuhkannya.
- Makanlah makanan yang lunak, tidak menyengat dan tajam rasanya (pedas, asam dsb)
- Biasanya penderita dianjurkan untuk meminum obat antibiotic, cairan infuse dan obat analgesic.
- Apabila anda ingin mengobati secara tradisional ada ramuan yang cukup manjur, yaitu: Rebus labu/gambas/cerme yang sudah dikupas kulit kasarnya, lalu blender dan minum secara rutin setiap hari sampai sembuh.
- Banyak-banyak minum air putih yang steril
- Jika tak selerah makan, anda bisa mengkonsumsi jus alpukan tanpa susu untuk sarapan, makan siang dan malam.


Quote:Quote:Demam berdarah dengue (DBD).
Spoiler for dbd:

Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini menggigit manusia di siang hari.

Virus dengue terdiri dari empat jenis (strain), yakni dengue tipe 1, 2, 3 dan 4. Namun tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3. Virus dengue menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah sehingga mengakibatkan perdarahan, dapat menimbulkan kematian.Biasanya, penyakit demam berdarah mewabah ketika pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Gejala penyakit DBD sampai sekarang memang tidak terduga. Namun secara umum, penyakit ini memiliki ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan muntah darah. Namun sayangnya, gejala yang sama sering ditemukan pada penyakit lain. Akibatnya, sampai sekarang sering terjadi salah diagnosis. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dan mengenali gejala lainnya. Gejala Demam Berdarah Dengue :

- Mendadak panas tinggi selama 2 - 7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau lebih.
- Tampak binti-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
- Kadang-kadang perdarahan di hidung ( mimisan).
- Mungkin terjadi muntah darah atau berak darah
-Tes Torniquet positif
- Adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
- Kadang-kadang nyeri ulu hati, karena terjadi perdarahan di lumbung
- Bila sudah parah, penderita gelisah, ujung tangan dan kaki dingin. Berkeringat Perdarahan selaput lendir mukosa, alat cerna gastrointestinal, tempat suntikan atau ditempat lainnya
- Hematemesis atau melena
- Trombositopenia ( =100.000 per mm3)

Quote:Pertolongan Pertama Penderita Demam Berdarah hanya perlu bermain dengan cairan, saat terjadi kebocoran harus banyak minum, tapi saat kebocorannya sudah selesai maka dalam waktu 2×24 jam asupan cairan harus dikurangi. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap penderita demam berdarah yaitu:
- Memberikan minum sebanyak mungkin.
- Kompres agar panasnya turun.
- Memberikan obat penurun panas.
- Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas.
- Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondiai bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit.

Quote:Quote:Demam
Penyakit umum yang biasa terjadi adalah demam. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Virus ini adalah virus yang memicu gejala penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, kedinginan, dan kemerahan pada pipi, tampak lesu dan tidak mempunyai gairah untuk bermain. Infeksi virus ditandai dengan batuk, pilek atau diare tanpa darah. Ciri khas infeksi demam yang disebabkan oleh virus adalah demam yang tinggi pada hari 1-2 hari, biasanya pada hari ke 4-5 naik tetapi tidak setinggi pada hari pertama, umumnya pada hari ke 6-7 akan pulih sesuai dengan kondisi sebelumnya, sehingga dalam penanganan demam yang terinfeksi virus tidak memerlukan antibiotika ataupun cek darah.

Quote:
- Kompres dengan air hangat
- Usahakan selalu periksa suhu tubuh
- Minum obat penurun demam ( paracetamol )
- Jika demam tidak berkurang segerala pergi ke Rumah Sakit

Quote:Quote:Batuk
Penyakit yang ketiga yaitu Batuk. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang terhirup masuk ke dalam saluran pernafasan. Batuk ini biasanya diawali dengan sakit flu terlebih dahulu, kemudian berkembang dan menjadi sakit batuk yang parah.
Walau terkadang batuk dapat sembuh sendiri tanpa obat namun pada kondisi tertentu batuk dapat sangat parah dan sangat menganggu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi batuk dengan cara tradisiona

Quote:- Perbanyak komsumsi air putih
- Komsumsi madu dicampur dengan air hangat, teh atau jeruk
- Tinggikan kepala dengan bantal saat tidur dimalam hari
- Hentikan kebiasaan merokok dan segala hal pemicu batuk
- Perhatikan makanan dan minuman anda
- Jika memang perlu, konsumsilah obat batuk sesuai gejala yang anda alami
- Dan jika batuk tak kunjung sembuh, anda bisa segera periksa ke Dokter
Quote:Quote:Radang Amandel
Spoiler for amandel:

mandel atau tonsil adalah dua buah kelenjar getah bening di kedua sisi belakang tenggorokan. Amandel adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengandung sel-sel antibodi untuk menjebak dan membunuh bakteri dan virus patogen dalam perjalanan memasuki tubuh.
Ada banyak virus yang dapat menyebabkan tonsilitis, yang paling umum adalah virus Epstein-Barr dan virus Coxsackie. Di antara bakteri yang menyebabkan tonsilitis, kelompok streptokokus A adalah yang paling umum.

Bila tanpa komplikasi, biasanya tonsilitis hanya berlangsung sekitar beberapa hari dan hilang sendiri tanpa pengobatan. Tonsilitis karena virus bisa berlangsung lebih lama hingga hitungan minggu.

Komplikasi dapat terjadi bila ada infeksi sekunder di telinga tengah atau sinus. Streptokokus A bahkan dapat menyebar melalui tubuh dan menginfeksi organ-organ vital, khususnya jantung. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen, yang mengakibatkan penyakit jantung di masa depan.

Kemungkinan komplikasi lain dari tonsilitis adalah abses peritonsillar (quinsy). Ini terjadi ketika sekelompok bakteri terdorong oleh pertumbuhan jaringan baru. Abses ini tidak berada di amandel lagi tapi di salah satu sisinya. Tidak seperti tonsilitis sederhana, quinsy cenderung dirasakan pada satu sisi tenggorokan. Pasien dengan kondisi ini sering terlihat memiringkan kepala ke satu sisi untuk mengurangi rasa sakit. Quinsy terjadi pada sekitar 1 dari 3.000 orang per tahun dan lebih sering terjadi pada remaja dengan radang amandel.

Quote:Pengobatan
Pada kebanyakan orang, infeksi yang disebabkan oleh virus hanya perlu diobati dengan parasetamol untuk menurunkan demam. Pereda nyeri juga mungkin berguna untuk mengurangi rasa sakit . Tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri mungkin perlu diobati dengan antibiotik (misalnya penisilin atau eritromisin, jika alergi terhadap penisilin). Jika anak Anda mendapatkan antibiotik, penting sekali untuk meminum obat sampai tuntas agar bakteri benar-benar musnah dan tidak menjadi resisten obat.

Bedah amandel
Bedah untuk mengangkat amandel (tonsilektomi)–dulu pernah menjadi tindakan umum untuk mengobati tonsilitis–hanya dilakukan bila tonsilitis sering berulang atau kronis, tidak merespon pengobatan atau menyebabkan komplikasi serius. Pengangkatan amandel tidak berefek buruk terhadap daya kekebalan tubuh secara keseluruhan. Namun demikian, operasi ini kini relatif lebih jarang dilakukan dibandingkan dulu.

Quote:Konsultasi dengan dokter jika anak Anda mengalami:
- Sakit tenggorokan yang tidak hilang dalam beberapa hari
- Kesulitan menelan
- Demam tinggi
- Muntah- muntah
- Kelelahan atau lesu
- Kesulitan bernafas
- Mendengkur
- Nafsu makan buruk
- Bau mulut

Quote:Untuk pengobatan alami, Anda bisa mengkonsumsi daun sop secara mentah dengan cara dikunyah sampai halus


Spoiler for Sumber:

Quote:emoticon-Blue Guy Cendol (L) YANG ISO BISA IKHLAS TIMPUK CENDOL emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Angel YANG SR BOLEH RATE 5 NYA DONGemoticon-Angel
emoticon-MatabeloYANG KOMENT BISA SHARE PENGALAMAN DONGemoticon-Matabelo

Tambahan

Quote:
Quote:Quote:Cacar Air
Cacar air merupakan penyakit menular dan dapat menyebabkan penyakit demam, sakit kepala, gatal-gatal dan benjolan berisi cairan. Cacar air ini disebabkan oleh virus. Namun, pada umumnya penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak usia 2-8 tahun. Cacar air bawaan (kongenital) dapat terjadi pada bayi dalam kandungan ibu yang terserang cacar air. Infeksi cacar air pada bayi yang baru lahir dari seorang ibu yang sehat, jarang terjadi.
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus herpes varicella-zoster dan merupakan penyakit menular. Penularannya dapat melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak langsung dapat terjadi melalui cairan pernafasan dan kontak langsung dengan kulit penderita. Ruam pada kulit yang mulai merekah dan pecah sangat menular.

Kontak tidak langsung terjadi melalui udara. Menghirup udara yang mengandung kuman virus herpes varicella-zoster dapat menyebabkan seseorang terserang cacar air.

Cacar air dapat membahayakan dan menimbulkan kematian pada penderita kanker dan orang yang mengalami defisiensi sistem imun (penurunan fungsi sistem imunitas/kekebalan tubuh). Turunnya fungsi sistem imunitas tubuh tersebut menyebabkan tubuh tidak mempunyai kekebalan dan sistem ketahanan untuk melawan serangan virus penyebab cacar, sehingga kondisi penderita melemah yang pada akhirnya dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal.

Quote:Hal-hal yang perlu disiapkan mengobati cacar air,
Paracetamol, obat turun panas ini sangat penting kehadirannya, karena saat terkena cacar air tubuh menjadi mudah sekali demam, dan saat demam virus akan lebih cepat menyerang tubuh, dengan Paracetamol akan sangat membantu mencegah demam yang berkepanjangan.

Salep Acyclovir, salep ini biasa dioles pada bentol cacar baru dapat mencegah menyebarnya cacar ke area yang lebih luas lagi, oleskan setiap 3 jam sekali.

Bedak Caladine, bedak yang biasa dipakaikan pada anak kecil atau saat kita gatal-gatal, sangat sederhana memang tetapi sangat efektif dalam mencegah penyebaran cacar baru, serta mampu mencegah cacar yang kecil untuk bertambah besar, bahkan di kondisi tertentu cacar bisa langsung kering apabila terkena bedak jenis ini. Saran taburkan bedak ini keseluruh tubuh secara berkala terutama yang belum ditumbuhi cacar, niscaya cacar tidak akan mudah menyebar.

Alcohol, saat cacar pecah (terkena garuk, gesekan baju dll) kemungkinan besar akan terjadi infeksi dan luka akan bernanah dan tambah parah, pemakaian alkohol untuk membersihkan luka cacar yang pecah akan mampu mencegah infeksi lanjutan, juga sangat efektif dalam membersihkan wajah supaya tidak bengkak akibat cacar.

Kapas, digunakan dengan air atau alcohol untuk membersihkan luka serta cacar yang kotor.

Obat tetes mata, wajah adalah area empuk untuk ditumbuhi cacar, sedang cacar disekitar area mata sangat berbahaya, karena cairannya bisa masuk kedalam mata dan membuat iritasi, gunakan obat tetes mata secara berkala pagi siang sore dan sebelum tidur, supaya mata anda bebas dari infeksi kuman cacar.

Makanan nutrisi tinggi dan Vitamin C, saat tubuh diserang virus cacar air, daya tahan tubuh menjadi sangat lemah, dan untuk mengembalikan vitalitas tubuh kita perlu mengkonsumsi makanan2 bergizi tinggi, buah buahan seperti pear, jeruk, jambu biji, apel dan tak lupa tablet vit C seperti Xon-C atau C-1000



Ngeri bgt sama DBD sist emoticon-Mewek
Paling sering sih flu & pilek , apalagi kalo siang panas kaya di gurun, sorenya Hujan badai emoticon-Nohope emoticon-rose
paling sering ya itu flu sama pilek emoticon-Hammer
sering banget malah aku kena flu emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By si.juki
Ngeri bgt sama DBD sist emoticon-Mewek


Klonengan Juki yak? Bukannya Juki Verivied emoticon-Nohope emoticon-rose
Demam gan emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By kudo.balang
Paling sering sih flu & pilek , apalagi kalo siang panas kaya di gurun, sorenya Hujan badai emoticon-Nohope emoticon-rose


malemnya turun salju emoticon-Request
Quote:Original Posted By si.juki
Ngeri bgt sama DBD sist emoticon-Mewek

iya gan, ane udah pernah gan.. emoticon-Frown
Quote:Original Posted By kudo.balang
Paling sering sih flu & pilek , apalagi kalo siang panas kaya di gurun, sorenya Hujan badai emoticon-Nohope emoticon-rose

ane kalo udah cuaca begitu langsung KO dah.. capek ajah udah nggak boleh.. harus minum suplemen sama jaga makanan.. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By rjet
paling sering ya itu flu sama pilek emoticon-Hammer
sering banget malah aku kena flu emoticon-Hammer

samaa emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By kingkin28
Demam gan emoticon-Takut (S)

kamu demam kin.? emoticon-EEK!
ane sering
kena flu emoticon-Matabelo

emoticon-rose
Panas dalem biasanya gan ane mah emoticon-Frown
Quote:Original Posted By romyalfarezy
ane sering
kena flu emoticon-Matabelo

emoticon-rose
flu burung apa kecoakemoticon-EEK!
Quote:Original Posted By aldiazonator
Panas dalem biasanya gan ane mah emoticon-Frown
asal hatinya nggak panas ajah al..emoticon-Ngakak (S)
penyakit kangen gak dimasukin ?emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By olikering
penyakit kangen gak dimasukin ?emoticon-Sorry
itu masuk kategori malarindu yaa..emoticon-EEK!
Quote:Original Posted By alinzis
itu masuk kategori malarindu yaa..emoticon-EEK!


ane sering bitu lho gan emoticon-Kiss (S)
nambahin nih gan malarindu tropikangen bukan malarindu biasa karena ane lagi kena penyakit berbahaya itu nih gan namanya malarindu tropikangen itu tingkat akut malarindu tuw sampe nyerang otak ga enak makan minum tidur semuanya deh
panas dalem emoticon-Mewek
ane nih lagi kenak itu
yg terpenting minum air putih sist emoticon-Big Grin

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine
menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas/hari bagi wanita

air putih melancarkan saluran pencernaan, membawa racun dari organ vital tubuh kita sist emoticon-Big Grin

makan teratur, olahraga, konsumsi buah, & rajin personal hygiene , niscaya tubuh kita sehat mengarungi musim yg tak menentu sis emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By hollowfict
nambahin nih gan malarindu tropikangen bukan malarindu biasa karena ane lagi kena penyakit berbahaya itu nih gan namanya malarindu tropikangen itu tingkat akut malarindu tuw sampe nyerang otak ga enak makan minum tidur semuanya deh


nice info gan emoticon-Ngakak (S)

bagi referensi nya dong gan emoticon-Embarrassment