alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539ab734c1cb17755f8b462a/mengenal-penyakit-asma-yg-sakit-masuk-yg-sehat-masuk
Mengenal Penyakit ASMA, Yg Sakit Masuk, yg Sehat Masuk,,
APA ITU ASMA & APA PENYEBABNYA?
Asma merupakan penyakit paru-paru menahun yang timbul jika saluran tenggorokkan yang membawa udara keparu-paru meradang. Gejala khasnya adalah sesak napas, mendesah, batuk berdahak, perasaan tercekik dan sesak di dada.

Kebanyakan serangan Asma adalah respons reaksi berlebihan dari pemicu eksternal seperti serbuk sari, bahan kimia, jamur, asap, radang virus pernapasan, dan aktivitas. Asma juga dapat disebabkan oleh kondisi yang sebenarnya, seperti bronkitis atau emosi tertekan.

KAPAN BAIKNYA KITA BERKONSULTASI Ke DOKTER?
Jika memiliki masalah pernafasan untuk pertama kalinya, atau Anda memakai obat dengan resep untuk asma tetapi gejalanya menjadi lebih parah, segera berkonsultasi ke Dokter.

Apa yang harus kita lakukan untuk perawatan sehari-hari?
  • Buatlah sebuah catatan harian untuk mencaritahu pemicunya, sehingga Anda dapat menghindarinya di kemudian hari.
  • Minumlah kopi atau air hangat yang dapat memperlebar saluran udara Anda.
  • Makan makanan yang kaya vitamin C dan kalsium seperti labu, kurma, jeruk, tomat, cabai hijau, dan tahu. Dari sudut pandang pengobatan China, makanlah biji bunga teratai, kastanya, ubi china, kacang hitam, walnut, buah pir, umbi bunga bakung, daging kambing, dan jamur putih china.
  • Kendalikan emosi Anda. Penelitian menunjukan bahwa 30% asma disebabkan oleh faktor psikologi seperti marah, tertekan, atau gelisah.
  • Sangat penting untuk berolahraga setiap hari. Berenang adalah latihan terbaik untuk mengatasi asma. Qi Gong dapat membuat bronkus lebih rileks. Berjalan sejauh 1mil dalam sehari, baik untuk jantung dan paru-paru Anda. Untuk pertama kali, cobalah untuk berjalan an sejauh 1/2mil selama 20menit, kemudian istirahat selama lima menit. Setelah itu jalan kembali ke arah rumah anda selama 20menit. Selanjutnya secara berangsur-angsur, cobalah untuk memperpanjang jarak Anda berjala.
  • Bernyanyi dapat membantu meringankan asma karena Anda harus bernafas dengan perut ketimbang bernafas dengan dada. Bernafas dengan perut dapat menambah kapasitas vital dan mengurangi tekanan paru-paru.
  • Pada permulaan musim panas, cucilah muka Anda dengan air dingin. Setalah itu, secara bertahap mulailah mandi cepat dengan air dingin, jika mungkin.
  • Jika dokter memberi alat bantu pernafasan untuk Anda, bawalah selalu kemana pun.


Apa yang tidak boleh kita lakukan?
  • Jangan merokok atau minuman beralkohol.
  • Kurangi makan-makanan yang asin. Bagi beberapa orang, makanan laut memicu serangan asma.


Obat Tradisional
Bawang putih membantu Anda melawan asma.
  • Makan bawang putih dengan gula: Kupas 16 ons bawang putih. Masukan kedalam panci dengan 8 ons gula kristal(gula pasir). Tambahkan air hingga menutupi semuanya. Didihkan dan masak dengan api kecil sampai menjadi sup kental. Simpan dalam sebuah botol. Minumlah sebanyak 1sdt. sehari. Hentikan jika bawang putih itu menyebabkan perut merasa tidak enak.
  • Hirup aroma bawang putih: tumbuk 2 butir bawang putih hingga alus dan simpan dalam sebuah botol kecil. Hirup sebanyak tiga kali dalam sehari. ganti Bawang putih setiap hari.


Terapi Makanan
  • Minum campuran air gula dan cuka:
    Bahan: 16 ons gula dan 500ml cuka beras.
    Cara membuat: Masukkan gula kedalam panci, tambahkan cuka dan didihkan hingga gulanya meresap. Simpan dalam sebuah botol. Minumlah sebanyak 10 ml dua kali sehari. Setelah itu Agan Wajib Gosok gigi..
  • Makan buah pir dengan gula merah: Keluarkan biji buah pir lalu isi dengan gula merah. kukus hingga gula lengket. Makanlah selagi masih panas.
  • Makan telur dengan campuran teh hijau:
    Bahan:1/2 ons daun teh hijau dan 2 butir telur.
    Cara Membuat: Masukan telur dan daun teh kedalam panci dengan dua cangkir air. Masak hingga telur matang. Kupas telur kemudian masukan lagi kedalam panci dan teruskan masak dengan api kecil hingga airnya habis. Makan satu telur setiap hari.
  • Makan campuran biji wijen hitam dan walnut dengan madu:
    Bahan: 3ons biji wijen, 8 ons walnut, dan 100ml madu.
    Cara membuat: Goreng walnut dan biji wijen perlahan-lahan diatas api kecil. Setelah itu, tumbuk walnut. Campurkan walnut, biji wijen, dan madu ke dalam panci dan kukus selama 20 menit. Makan 1 sdt sebanyak dua kali dalam sehari.

tolong dicantumkan referensi yg digunakan untuk membuat thread. terima kasih
Quote:Original Posted By makankamus
tolong dicantumkan referensi yg digunakan untuk membuat thread. terima kasih


terimakasih atas masukkannya segera saya update pak,,

Mungkin artikel ini bisa jadi tambahan juga emoticon-Smilie

9 Fakta Seputar Penyakit Asma
Paru-paru
Senin, 05 Januari 2015

Asma adalah penyakit yang berhubungan dengan faktor genetik, bahkan menurut penelitian sebanyak 30 % penderita asma, memiliki keluarga dekat yang juga memiliki asma. Apabila seorang ibu menderita asma, maka kemungkinan besar anaknya menderita asma. Tetapi, apabila seorang ayah yang menderita asma, maka kemungkinan anaknya menderita asma akan lebih kecil.
Selain sesak nafas yang disertai suara mengi, gejala asma lainnya dapat berupa batuk, sulit bernafas, terasa berat di dada, adanya dahak ketika batuk, serta kemampuan beraktivitas yang berkurang. Gejala asma yang ringan bisa hanya batuk-batuk. Bila batuk lebih berat pada malam hari, maka harus diwaspadai bahwa orang tersebut menderita asma.
Ada 3 tanda yang merupakan khas serangan asma. Yang pertama, serangan asma lebih sering terjadi malam hari. Kedua, asma bersifat periodik (timbul pada waktu-waktu tertentu dimana antar serangan asma penderitanya bisa bebas dari gejala. Tanda khas lainnya adalah asma hampir selalu reversible atau dapat kembali ke keadaan semula, baik sebagian maupun dengan sempurna.
Pencetus asma terdiri dari berbagai hal, diantaranya debu, udara dingin, aktivitas fisik yang berlebih, serpihan kulit atau rambut binatang, infeksi daluran nafas, stress emosional dan polusi udara.
Waktu pertama kali serangan asma dapat menentukan perkembangan penyakit ini di kemudian hari. Mereka yang terkena serangan pada usia anak, 80% diantaranya asmanya menghilang atau sangat berkurang pada saat dewasa, 20% sisanya menetap. Sebaliknya, bila pertama kali terkena pada usia dewasa, maka 80 % akan menetap dan sisanya menghilang atau sangat berkurang.
Berat serangan asma berbeda-beda di antara penderitanya. Serangan asma ada yang ringan, dimana penderita masih sanggup bekerja dan bersekolah, namun ada juga yang berat sehingga harus tetap di rumah karena sesak. Penderita yang berat dapat terganggu tidurnya karena kesulitan berbaring akibat sesak.
Sebanyak 30% dari penyandang asma dewasa serangan asmanya dicetuskan oleh alergi. Pada anak-anak, angka ini bahkan lebih tinggi lagi. Tidak heran bila membicarakan asma tidak lepas dari pembahasan tentang alergi.
Salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai asma yang terkontrol adalah dengan memperbaiki gaya hidup. Dalam hal ini terutama dilakukan dengan mengenali dan menghindari berbagai pencetus asma. Perlu di ingat bahwa saluran nafas penderita asma lebih peka terhadap berbagai rangsangan dibanding orang normal. Rangsangan inilah yang disebut sebagai pencetus asma, yang wajib dihindari bagi penderita asma.
Asma tidak dapat disembuhkan , namun dapat dikontrol untuk mencegah serangannya datang. Perlu diketahui bahwa tidak ada istilah sembuh untuk penyakit asma. Pada penyandang asma, walau tanpa gejala klinis, sebenarnya peradangan dalam saluran nafas terus menerus terjadi. Dengan pengobatan yang teratur, asma dapat dikontrol sehingga gejalanya tidak ada lagi.


Penyusun : dr. Rizky Amelia

- See more at: http://udoctor.co.id/paru-paru/9-fak....UGjCVvcW.dpuf

Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin
×