alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539a9b0d138b46b7228b461e/mooc-sebuah-alternatif-pendidikan
MOOC: Sebuah Alternatif Pendidikan
MOOC: Sebuah Alternatif Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan suatu bangsa. Sistem pendidikan yang baik dapat membantu mengentaskan kemiskinan yang mengakar. Selain itu, dengan pendidikan kita juga dapat memperkaya pikiran dan meningkatkan kualitas kita sebagai manusia. Dengan pendidikan kita dapat membantu mengentaskan jurang antara si kaya dan si miskin karena hanya melalui pendidikanlah mereka yang kurang beruntung bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk memperbaiki taraf hidupnya.

Bagi mereka yang berada di kota besar, pendidikan kerapkali menjadi sesuatu yang bersifat sekunder. Kesibukan dan beban kerja yang berat membuat mereka seakan lupa untuk merasa haus akan ilmu. Selain itu, minimnya ruang publik membuat pelaksanaan pendidikan non-formal menjadi sangat sulit untuk dilaksanakan. Padahal, pendidikan non-formal berbentuk sharing dan diskusi merupakan alternatif bentuk pendidikan yang sangat efektif untuk mereka yang tidak mempunyai uang dan waktu untuk berkomitmen menempuh pendidikan melalui jalur formal.

Solusinya adalah dengan melirik platform pendidikan baru yang sekarang sedang berkembang di dunia internet, yaitu MOOC (Massive Open Online Course). Secara etimologis, MOOC berarti “Kursus Online Terbuka Secara Besar-besaran.”Berdasarkan penjabaran tersebut, kurikulum MOOC didesain untuk diakses secara online dari mana pun para pesertanya berada dan mengakomodasi jumlah peserta yang sangat besar.

Di MOOC, para peserta dapat memilih berbagai macam kelas sesuai dengan bidang yang diminati. Kelas-kelas yang ditawarkan MOOC sangat beragam, mulai dari ekonomi, komputer, sampai dengan biologi. Setelah mendaftar dalam kelas tersebut, para peserta akan mendapatkan kuliah video serta artikel-artikel yang relevan tentang bidang yang bersangkutan. Selain itu MOOC pada umumnya juga memberikan tugas-tugas yang dapat dikerjakan untuk mendapatkan pengertian lebih mendalam akan topik yag diajarkan. Kunci dari MOOC adalah fleksibilitas, oleh karenanya para peserta diberi kebebasan mengenai kapan mereka dapat mengakses materi-materi dan tugas-tugas kuliah yang diberikan.

Salah satu aspek terpenting dalam pembelajaran berbasis MOOC adalah partisipasi peserta dalam forum-forum yang disediakan dalam situs penyedia layanan. Peserta sangat dianjurkan untuk mendiskusikan mengenai apa yang mereka pelajari di forum-forum tersebut. Selain itu para peserta yang berada di area yang berdekatan dianjurkan untuk bertemu langsung (meetup) untuk mendiskusikan materi kuliah di Coursera atau pun untuk sekedar berbagi tentang pengalaman belajar.

Di Indonesia pun sudah ada komunitas bernama IDCourserians yang bertujuan untuk mengumpulkan para pengguna Coursera. IDCourserians yang bertujuan untuk menfasilitasi pertemuan dan menjadi wadah berbagi pengalaman dan pengetahuan antar para pengguna Coursera. Dengan begitu, diharapkan para pengguna Coursera di Indonesia dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik.

Melalui MOOC, waktu, tempat, dan dana bukan lagi merupakan suatu penghalang untuk memperoleh pendidikan. Kebanyakan kelas MOOC ditawarkan secara gratis. Selain itu, kita juga dapat menyesuaikan ritme belajar kita dengan keseharian kita sendiri karena fleksibilitas yang ditawarkan program-program MOOC. Dengan begitu, diharapkan MOOC dapat menjadi platform alternatif untuk membantu meningkatkan pendidikan bangsa.

sumber: Masuk