alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5397cae132e2e6ff068b4577/mengapa-demam-berdarah-bisa-mematikan
Peringatan! 
Mengapa Demam Berdarah bisa mematikan?
WELCOME TO MY THREAD

TERSANGKA
Spoiler for TSK:


Kenapa Bisa Mematikan?
Quote:Dengan risiko kematian mencapai 0,9 persen, penyakit demam berdarah jelas bukanlah penyakit yang bisa diremehkan. Apalagi kasus penyakit ini mencapai 140.000 setiap tahunnya.

"Kalikan saja 0,9 persen dengan 140.000, sudah 1.400 dalam setahun. Sehingga dalam sebulan paling tidak rata-rata ada 100 kematian karena DBD di Indonesia," kata dr.Leonard Nainggolan, Sp.PD, dalam diskusi kesehatan SOHO #BetterU bertajuk Waspadai Kebocoran Plasma Saat DBD pada Selasa (10/6/2014) di Jakarta.

Ia menjelaskan, DBD bisa menyebabkan kematian jika pasien tidak bisa melewati fase kritis dengan baik. Pada fase kritis, virus dengue penyebab DBD mulai beraksi merusak celah antarsel di pembuluh darah.

Ketika celah antarsel ini melebar, maka cairan pada darah akan keluar melalui celah ini. Diketahui, darah terdiri dari dua komponen yaitu plasma yang berupa cairan dan sel darah. Meski plasma darah bisa keluar, namun celah tidak cukup besar untuk sel darah untuk keluar.

"Jika plasma darah keluar, maka darah akan menjadi lebih kental, karena konsentrasi sel darah berbanding dengan plasma akan lebih banyak dari yang biasanya," tutur dia.

Ia menganalogikan dengan cairan gula. Bila satu sendok gula biasa dilarutkan dalam satu gelas air, larutan gula akan lebih pekat bila gula hanya dilarutkan dalam setengah gelas air.

Nah, komplikasi pengentalan darah inilah yang berakibat fatal. Leonard menjelaskan, darah yang lebih kental akan lebih sulit dialirkan ke seluruh tubuh. Lama kelamaan organ-organ tubuh akan kekurangan pasokan oksigen dari darah.

Kurangnya oksigen pada organ akan menganggu fungsinya. Jika dibiarkan, pasien akan mengalami kegagalan multiorgan dan meninggal.



Pencegahan
Spoiler for CGH:


MELIHAT BAHAYANYA, AYO LAKUKAN PENCEGAHAN SEDINI MUNGKIN, BIAR SEMUA SEHAT, SEMUA SENANG emoticon-Smilie

Jangan Lupa emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Tinggalkan Komen Biar Lebih Berbekas emoticon-Smilie

SUMBER
fase kritis mulai hari ke berapa & gejala nya gimana gan? emoticon-Big Grin

emoticon-Rate 5 Star
tambahan pencegahan dengan mengenakan APD (alat pelindung diri) seperti pakai kelambu saat tidur, menggunakan lotion anti nyamuk
Quote:Original Posted By makankamus
tambahan pencegahan dengan mengenakan APD (alat pelindung diri) seperti pakai kelambu saat tidur, menggunakan lotion anti nyamuk


makasih gan tambahannya, ya bisa juga biar proteksinya nambah
Siapa tau artikel ini bisa bantu juga ya gan emoticon-Smilie

Kenali dan Waspadai Demam Berdarah Pada Musim Hujan
Infeksi & Penyakit Menular
Jum'at, 12 Juni 2015

Penyakit demam berdarah adalah salah satu penyakit yang sering terjadi ketika musim penghujan tiba. Musim hujan seperti sekarang ini merupakan iklim yang sangat kondusif bagi perkembang biakan nyamuk, ditambah lagi dengan pola hidup kita yang jauh dari pola hidup sehat. Ini disebabkan karena nyamuk akan mudah berkembang biak pada kubangan air yang ada di halaman, pot bunga, maupun got. Demam berdarah dengue merupakan penyakit yang senantiasa ada sepanjang tahun di negeri kita, oleh karena itu disebut penyakit endemis. UDoctorians, jangan anggap sepele sebab penyakit ini sangat mematikan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab, cara pencegahan, dan juga cara penyembuhannya.

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegepty yang telah menggigit dan menghisap darah penderita DBD. Nyamuk yang menularkan penyakit adalah nyamuk betina dewasa.Jika nyamuk ini menggigit anda, maka anda bisa tertular penyakit DBD. Ciri-ciri nyamuk ini adalah warna kaki dan badannya belan putih-hitam/bergaris-garis.

Gejala Penyakit

1. Hari 1 – 3 Fase Demam Tinggi
Demam mendadak tinggi, dan disertai sakit kepala hebat, sakit di belakang mata, badan ngilu dan nyeri, serta mual/muntah, kadang disertai bercak merah di kulit.

2. Hari 4 – 5 Fase KRITIS
Fase demam turun drastis dan sering mengecoh seolah terjadi kesembuhan. Namun inilah fase kritis kemungkinan terjadinya Dengue Shock Syndrome.

Tanda-tanda syok harus dikenali dengan baik bila kita merawat penderita yang dicurigai menderita demam berdarah, atau penderita yang telah demam tinggi selama 3 hari atau lebih. Penderita tampak gelisah atau bila syok berat penderitanya menjadi tidak sadarkan diri, nafas cepat seolah-olah sesak nafas. Seluruh badan teraba dingin dan lembab, perasaan dingin yang paling mudah dikenal bila kita meraba kaki dan tangan penderita. Bibir dan kuku tampak kebiruan menggambarkan pembuluh darah di bagian ujung mengkerut sebagai kompensasi untuk memompa darah yang lebih banyak ke jantung. Penderitanya akan merasa haus, serta kencing berkurang atau tidak ada kencing sama sekali.

Apabila syok tidak diobati dengan baik maka akan menyusul gejala berikutnya yaitu perdarahan dari saluran cerna. Perdarahan saluran cerna ini dapat ringan atau berat tergantung dari berapa lama syok terjadi sampai diobati dengan tepat.

3. Hari 6 – 7 Fase Masa Penyembuhan
Fase demam kembali tinggi sebagai bagian dari reaksi tahap penyembuhan.

Pada hari sakit keenam dan seterusnya, merupakan saat penyembuhan. Saat ini demam telah menghilang dan suhu menjadi normal kembali, tidak dijumpai lagi perdarahan baru, dan nafsu makan timbul kembali. Pada umumnya, setelah seseorang sembuh dari sakitnya penderitanya masih tampak lemah, muka agak sembab disertai perut agak tegang tetapi beberapa hari kemudian kondisi badan anak akan pulih kembali normal tanpa gejala sisa. Sebagai tanda penyembuhan kadangkala timbul bercak-bercak merah menyeluruh di kedua kaki dan tangan dengan bercak putih diantaranya, pada penderita mengeluh gatal pada bercak tersebut. Jadi, bila telah timbul bercak merah yang sangat luas di kaki dan tangan itu pertanda penderitanya telah sembuh dan tidak perlu dirawat lagi.


Klik next untuk mengetahui cara pertolongan pertama pada penderita DBD

- See more at: http://udoctor.co.id/infeksi--penyak....m095ogej.dpuf

Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin