alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/539437cbc907e7cd338b4689/industri-periklanan-indonesia-dan-etika-pariwara-indonesia-epi
Thumbs up 
Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)
Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)

emoticon-2 Jempol emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Cool emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast

Haloo para Juragan-Juragan kaskus yang keren-keren. Nama saya A.F. Ramdhany dari Civitas Academica salah satu Universitas negeri Indonesia. Saya ingin menjelaskan beberapa hal penting mengenai Industri Periklanan di Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI), yakni aturan mengenai etika periklanan yang berlaku di Indonesia yang tentunya memberikan dampak positif bagi kelangsungan industri kreatif periklanan di Indonesia ini.

Quote:Sebelumnya, apakah agan-agan kaskus sudah mengetahui mengenai EPI dan pengaruhnya di Industri Periklanan / Advertising Industry di Indonesia? Jika para kaskuser setia ini belum mengetahuinya, saya akan memberi beberapa penjelasan penting mengenai EPI ini ya ;D

EPI merupakan singkatan dari Etika Pariwara Indonesia, yakni Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia. EPI ini mengatur tentang etika iklan-iklan yang ada di Indonesia, sesuai dengan situasi dan kondisi di Indonesia, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, maupun politik di Indonesia. Walaupun tidak ada sanksi hukum jika melanggar etika-etika periklanan ini, namun terdapat sanksi sosial dari pemerhati iklan, dewan pers, maupun masyarakat Indonesia yang melek dan kritis terhadap industri periklanan Indonesia. Dan jika diteruskan suatu brand / advertiser melanggar etika-etika ini, besar kemungkinan dia juga akan melanggar hukum pers dan bisa mendapatkan sanksi. Jadi, iklan yang baik sebaiknya mengikuti dan menghormati EPI ini ;D


Baik saya akan memberi penjelasan secara lebih merinci mengenai ketentuan / ayat-ayat yang ada di dalam EPI ini agar agan-agan kaskuser lebih memahami mengenai EPI yang mengatur industri periklanan di Indonesia.

Berikut ini adalah dua ayat yang saya pilih dalam EPI untuk bisa kita bahas lebih rinci. Saya memilih ayat 4.14 mengenai "Subliminal" dan ayat 4.15 "Subvertensi" dalam periklanan. Saya memilih kedua ayat ini karena menurut saya masih banyak orang awam yang belum mengetahui mengenai Subliminal dan Subvertensi ini. Saya rasa penjelasan saya ini bisa berguna untuk agan-agan sekalian untuk memberikan pengetahuan yang lebih dalam lagi mengenai ini, industri periklanan, dan EPI sebagai aturan etika periklanan yang berlaku di Indonesia.

Apakah dari agan-agan kaskuser ini sudah tahu dan memahami mengenai dua ayat ini? Saya kira sangat perlu kita bahas dengan lebih rinci lagi ya ;D

Quote:Yap, berikut penjelasan mengenai kedua ayat EPI tersebut.
A) 4.14 "Subliminal" -> Iklan tidak boleh ditampilkan sebagai "Subliminal".

Maksudnya Subliminal ialah penempatan atau penyisipan pesan periklanan amat singkat – umumnya kurang dari sepertiga detik – pada saat-saat adegan klimaks dalam film, program televisi atau rekaman video sedemikian rupa, sehingga dapat menyusup ke dalam alam bawah sadar manusia. Subliminal dapat menyebabkan calon konsumen mengikuti pesan periklanan tersebut tanpa sadar atau tanpa nalar. Karena itu, selain menyusup privasi khalayak, ia juga tidak menghormati hak calon konsumen untuk menolak atau memilih.

Belum pernah BPP PPPI mendengar ada kasus ini di Indonesia. Iklan subliminal biasanya (yang pernah terjadi) disisipkan dalam suatu program acara, tapi sisipan iklan tersebut begitu singkatnya (kurang dari sepertiga detik) sehingga tidak akan kelihatan oleh kasat mata. Tapi bila sisipan itu diulang-ulang dengan sangat sering selama program berlangsung, akibatnya secara bawah sadar konsumen tiba-tiba bisa mengingat suatu iklan yang sebenarnya tidak ia lihat secara kasat mata. Iklan jenis ini sangat berbahaya karena tidak ada yang bisa memonitor apa isi pesan dari iklan jenis ini.


Subliminal ada 2, yaitu:

1. Teori pengaruh inkremental.
Yaitu iklan yang dimuat berulang – ulang dan bahkan menjengkelkan.

2. Teori gerakan psikodinamis rangsangan.
Yaitu yang dikaitkan dengan seks atau yang lucu.


Video mengenai pengertian Subliminal di bawah ini mungkin dapat membuat agan-agan kaskus lebih paham ya ;D

youtube-thumbnail


dan juga gambar ini gaannn, check this out ya!! ;D
Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)

Yapp sudah cukup paham kaaann sekarang mengenai pengertian Subliminal. Biasanya memang kalau penjelasan melalui Video lebih mudah dimengerti khalayak gaaannnnsss hehe ;D

1. Teori Pengaruh Inkremental.
Contoh iklan yang pelanggar etika ini:
a). Iklan Tory Cheese kracker
youtube-thumbnail

b). Iklan Permen Mintz
youtube-thumbnail


2. Teori gerakan psikodinamis rangsangan.
Contoh Iklan yang melanggar etika ini:
a) M150 + Susu
youtube-thumbnail


b) Iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin versi “Burung”
youtube-thumbnail


Spoiler for Subliminal Print Ads yang melanggar EPI:


Spoiler for UU terkait ketentuan EPI ayat 4.14:



4.15 Subvertensi (Subvertising)
Iklan tidak boleh ditampilkan sebagai subvertensi.
Pengertian:
Subvertensi (subvertising); ialah praktik periklanan dengan menyabot pesan periklanan pihak pesaing, dengan menindih pesan lama dengan pesan baru -- pada ruang atau waktu yang sama -- yang merupakan plesetan, parodi, ataupun tipuan atas pesan-pesan periklanan asli dari pengiklan asli, sedemikain rupa, sehingga menampilkan makna yang sebaliknya, mencemooh atau merendahkan pesaing tersebut. Praktik ini utamanya dilakukan terhadap lawan korporat dan politik, namun kadang-kadang ditemui juga pada iklan-iklan produk atau merek.

Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)
Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)

*
youtube-thumbnail


*
youtube-thumbnail


*
youtube-thumbnail


*
youtube-thumbnail


*
youtube-thumbnail


*
youtube-thumbnail


*
youtube-thumbnail


Spoiler for UU Terkait Ketentuan EPI No. 4.15:


Nahhh, sekarang agan-agan kaskuser udah sangat paham kaann mengenai dua ayat tersebut, yakni ayat 4.14 dan 4.15. Penjelasan saya di atas sudah cukup lengkap kaaan.

Kedua ayat tersebut barulah sedikit dari etika-etika yang ada pada EPI ini. Banyak sekali ayat-ayat lainnya yang sangat berfungsi mengatur perindustrian periklanan di Indonesia. Jadi sekarang agan-agan kaskuser yang keren-keren ini paham yaa bahwa perindustrian iklan kita tidak sembarangan kok, kita juga melaksanakan industri dengan dengan menghormati aturan yang ada, baik secara etika maupun hukum. Saya rasa advertiser yang sering melanggar aturan yang ada, dengan sendirinya lama kelamaan pasti banyak yang tidak suka dengan iklan yang dibuatnya, jadi mau tidak mau ia akan kembali mengikuti aturan-aturan yang ada, agar iklan-iklan yang dibuatnya juga diterima dan dihargai masyarakat Indonesia, yang pada akhirnya akan memberikan pengaruh positif juga ke Brand yang diiklankannya.

Semoga bermanfaat yaa agan-agan untuk menambah pengetahuan mengenai perindustrian periklanan di Indonesia, dan industri periklanan di Indonesia semakin berjaya dan selalu pada jalur etika yang benar sesuai dengan ketentuan Etika Pariwara Indonesia. Jadi selalu dukung iklan-iklan yang benar-benar kreatif dan berguna di Indonesia ini yaaa agan-agan ;D[/quote]

Ditunggu reply dan cendolnya emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan rate 5 star emoticon-Rate 5 Star yaaa gaaannn-gaaaannsss, jangan pelit-pelit yaa hehe emoticon-2 Jempol

Thumbs up 
PERTAMAX!!

PERTAMAX LAH GAAANNN HAHAHAHA emoticon-Blue Guy Peace emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)

emoticon-2 Jempol emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star

GREAT POST GAN!!!!!

WAHH MANTAB BANGET GANN POSTING FORUM TENTANG ETIKA IKLAN INDONESIA INI GAN!!!!!
SEBELUMNYA GUE BELOM TAU NIHH INFO TENTANG INI. JADI SETELAH GUE BACA POST DARI AGAN-AGAN INI GUE LEBIH NGERTI GAN TENTANG ATURAN MAIN INDUSTRI PERIKLANAN DI INDONESIA.
GUE KIRA IKLAN-IKLAN DI INDONESIA INI SEENAKNYA AJA DAN KURANG BISA DIPERCAYA SAMA PENONTON, TERNYATA DENGAN ADANYA ATURAN INI BAIK SECARA ETIKA DAN HUKUM PASTINYA BIKIN IKLAN-IKLAN INDONESIA BISA DIPERCAYA YA GAN SAMA PENONTON.
CONTOH AYAT YANG AGAN KASI YAITU SUBLIMINAL DAN SUBVERTENSI INI JUGA BAGUS BANGET UNTUK DIANGKAT GAN!!

PERFECT POST DEHH GANNN!!!!! HEHEHEHE

emoticon-2 Jempol emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia

Thumbs up 
Sama-Sama dan Semoga My Great Post ini Bisa Banyak Berguna Buat Orang Lain Ya. Thanks

Quote:Original Posted By afbafbafbafbafb
WAHH MANTAB BANGET GANN POSTING FORUM TENTANG ETIKA IKLAN INDONESIA INI GAN!!!!!
SEBELUMNYA GUE BELOM TAU NIHH INFO TENTANG INI. JADI SETELAH GUE BACA POST DARI AGAN-AGAN INI GUE LEBIH NGERTI GAN TENTANG ATURAN MAIN INDUSTRI PERIKLANAN DI INDONESIA.
GUE KIRA IKLAN-IKLAN DI INDONESIA INI SEENAKNYA AJA DAN KURANG BISA DIPERCAYA SAMA PENONTON, TERNYATA DENGAN ADANYA ATURAN INI BAIK SECARA ETIKA DAN HUKUM PASTINYA BIKIN IKLAN-IKLAN INDONESIA BISA DIPERCAYA YA GAN SAMA PENONTON.
CONTOH AYAT YANG AGAN KASI YAITU SUBLIMINAL DAN SUBVERTENSI INI JUGA BAGUS BANGET UNTUK DIANGKAT GAN!!

PERFECT POST DEHH GANNN!!!!! HEHEHEHE

emoticon-2 Jempol emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia


Yaaappp thanks nihh gann CENDOL & 5 STAR RATEnya!! Wahh mayan banget nihh hehehe. Yaa semoga banyak berguna buat agan-agan semua yaa thanks ;DIndustri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)

Love 
PERFERCT POST BUNG GANSS!!

Wahhh mantab gan postnya tentang Etika Periklanan Indonesia (EPI) yang mengatur tentang Perindustrian Periklanan / Advertising di Indonesia. Emang pastinya EPI sangat perlu untuk mengatur perindustrian di Indonesia. Selain etika sebenarnya saya juga mau tau gan aturan-aturan hukum yang mengatur ini, karena kalo etika doang kan g ada sanksi tegasnya ya, paling hanya sanksi moril begitu. Hmm..

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Check This Cool Drift Car Picture Gan!! ;D

emoticon-2 JempolIndustri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)

Thumbs up 
Thanks Gaaannn ;D

Quote:Original Posted By sir.dhanz
Wahhh mantab gan postnya tentang Etika Periklanan Indonesia (EPI) yang mengatur tentang Perindustrian Periklanan / Advertising di Indonesia. Emang pastinya EPI sangat perlu untuk mengatur perindustrian di Indonesia. Selain etika sebenarnya saya juga mau tau gan aturan-aturan hukum yang mengatur ini, karena kalo etika doang kan g ada sanksi tegasnya ya, paling hanya sanksi moril begitu. Hmm..

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Check This Cool Drift Car Picture Gan!! ;D

emoticon-2 JempolIndustri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)


Yaapp thanks Gannn. Kalau mengenai hukumnya bisa dicek di Google gaann ada banyak, cuma g ada penjelasan yang kayak saya bikin ini gaaann hehehe emoticon-Big Grin

Oiya keren banget itu gan picturenya. Saya suka sekali gambar itu. Thanks banget ya gan ;D

Check this Perfect Grand Piano gannn!! Favorit saya nihhh bermusik piano!! hehehe ;D

Industri Periklanan Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia (EPI)