CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Civitas Academica /
[LOUNGE] Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia - Part 2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5389da9d6b07e717798b47cd/lounge-sekolah-penerbangan-sekolah-pilot-di-indonesia---part-2

Lounge Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia

emoticon-Hot NewsKopdar Lounge Penerbangan Kaskus, Sabtu 22 November 2014emoticon-Hot News

Click here for Latest news for all FS (updating...)

Quote:

Quote:


SANKSI BAGI YANG MELANGGAR RULES
========================================================

Quote:


Quote:




Quote:


Berikut ini adalah daftar Flying School (FS) yang terdapat di Indonesia. Terdapat juga beberapa FS dari luar negeri yang memiliki siswa-siswa asal Indonesia

Quote:



Quote:


Nah itu dia pertanyaan perangsang pertama emoticon-Big Grin kita dapat apa dengan join ke FS?
ya mau jadi pilot lah
Tau bos, tapi pilot yang mana dulu?
Lho memangnya pilot ada banyak macamnya ya?
mmm bukan begitu sih, tapi lebih tepatnya, dengan join ke FS, kita dapet lisensi apa nih?
ow yayayaya emoticon-Big Grin jelasin dong gan emoticon-Peace

Jadi, lisensi seorang pilot itu ada macam2nya. FYI, pada umumnya FS akan memberikan dua jenis lisensi ketika kita lulus, yaitu PPL (private pilot licence) dan atau CPL (commercial pilot licence). Lalu apa perbedaan antara keduanya?


Quote:

Quote:


Kalau tujuan kita mau jadi pilot buat hepi2 aja, terbang saat weekend, maka lisensi yang diperlukan hanyalah PPL. tapi kalau tujuan utamanya adalah menjadi pilot profesional dan terbang dengan maskapai, ya harus punya CPL. Ingat, CPL tidak bisa didapatkan tanpa sebelumnya meraih PPL dulu. Ibarat mau masuk SMA, mesti lulus SMP. Selain CPL, FS juga biasanya memberikan lisensi IR (instrumen rating). Ini biasanya satu paket dengan CPL.
Quote:


Penjelasan mengenai lisensi2 pilot TS kutip dari :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot
BTW, TS berpesan kepada agan2 semua yang belum tahu, tapi suka sama dunia penerbangan, buat sering2 main ke situs di atas. Dijamin bikin makin pinter emoticon-thumbsup


Quote:

Setelah mengetahui daftar FS yang ada, maka pertanyaan berikutnya bagi para calon siswa ialah bagaimana cara mendaftar (enroll) ke FS? Pada umumnya enrollment tiap sekolah bisa jadi berbeda satu sama lain. Tetapi, terdapat garis besar dimana setiap FS memiliki kesamaan persyaratan untuk calon siswanya. Persyaratan utama itu antara lain : Medical Examination (Medex), English Proficiency, terakhir Psikotest dan atau Aptitude Test. Beberapa FS bahkan menambahkan lagi persyaratan lain seperti tes fisik (misalnya di STPI Curug), Tes NBO (misalnya di BIFA), atau bahkan wawancara (di STPI dan BIFA juga). Hal ini adalah normal mengingat persyaratan enrollment adalah hak prerogatif tiap FS.

Namun sebelum dibahas mengenai 3 persyaratan di atas, pastinya tiap FS memiliki persyaratan umum bagi calon siswa. Persyaratan tersebut antara lain :
1. Berusia minimal 17 atau 18 tahun
2. Lulus SMU atau sederajat
3. Tinggi minimal 165 atau 170 bagi lelaki dan 160 bagi perempuan

Untuk latar belakang usia, walaupun tidak dijelaskan batasan maksimumnya, namun beberapa FS seperti STPI dan BIFA memberikan batasan umur maksimal. Jenis kelamin bebas. Latar belakang jurusan ketika SMU biasanya juga bebas. Selama ini setahu TS hanya STPI Curug saja yang mengharuskan calon siswanya dari jurusan IPA. Untuk tinggi badan akan ditentukan ketika Medex. Sejauh ini tidak dijelaskan mengenai batasan berat badan, namun pada umumnya yang diminta adalah ideal, dan ini juga ditentukan ketika Medex.

Panduan menghitung berat badan yang ideal bisa dilihat disini :

http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=466
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1021

Panduan singkat menjadi penerbang bisa dilihat disini :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot

Untuk Informasi persyaratan umum calon siswa ini silahkan dikonfirmasi kembali dengan FS masing2.

Diubah oleh aviation.geek
Halaman 1 dari 220
Balasan post vanGiovani
Quote:


Simple. Keinginan lo untuk jadi pilot ga cukup kuat.

Kalo masalah kontrak 18 taun aja lo takut. Lo mau kerja di maskapai kayak apa dengan modal 170 jam terbang? Emirates? Coba bro main-main ke forum pprune.org, disana ada ratusan pilot Emirates ngeluh karena jam kerjanya gila2an, terbang ultra long haul diatas 12 jam, jet lag pas libur, dan udah harus terbang lagi 3 hari kemudian. Gua paham dengan idealisme lo, tapi dengan kondisi sekarang ya take it or leave it.

Goodluck dengan kerjaan lo di Batu malang, mungkin disana lebih sesuai dengan passion lo
Balasan post tedmosby48
@tedmosby48
Halo om sorry baru bales...

Kalau masalah keserap atau gak keserap nya kita bahas & lihat dari semua FS aja ya om biar enak emoticon-Big Grin

Sejauh yang saya tau, lulusan FS manapun itu ada yang keserap dan gak keserap.

Kalau "ada" ya pasti "ada" tapi saya gak berani bilang banyak atau engga nya ya om hehe emoticon-Stick Out Tongue

Yang saya tau banyak yang nganggur bertahun-tahun dan pindah jalur emoticon-Stick Out Tongue

Mungkin buat gambaran aja, dari 10 siswa kemungkinan nya hanya 1:10 yang terserap dalam waktu dekat, dalam waktu yang jauh mungkin bisa 3:10 kira kira.

Menurut saya hanya ada 2 faktor yang menentukan di sini.
Pertama, faktor uang,
  1. Apakah uang kita sudah cukup untuk mengambil Rating pesawat ini itu?
  2. Cukup kah untuk biaya keseharian kita selama training?
  3. Cukup kah biaya kita untuk memenuhi persyaratan ini itu? Seperti ATPL, Bahasa Inggris, dsb.
Kedua, faktor luck alias keberuntungan, yang ini saya rasa bukan rahasia umum lagi kali ya...yang ber-uang akan kalah sama yang beruntung.

Jawaban di atas hanya sekedar yang saya tau dari teman-teman saya dan fakta yang saya ketahui sendiri di lapangan.

Kalau ada yang keliru dengan senang hati monggo tegur saya emoticon-Big Grin



Best Regards,
vanGiovani
Balasan post vanGiovani
@vanGiovani om kalo aero flyer kira2 banyak yg keserap ga ke lapangan kerja?


Quote:


Siap Terima Kasih Bro 🙏🏼🙏🏼👍
profile-picture
vanGiovani memberi reputasi
Balasan post ivanarsyandi
Aamiin terima kasih bro emoticon-thumbsup
Tetap semangat untuk semua lulusan FS.


Best Regards,
vanGiovani


Quote:



Tetap Semangat Bro, Semoga Masih ada Jalan dan Terus Berusaha. Aamiin Ya Allah.
Lihat 3 balasan
Quote:


Ok bre , cuma mw berpendapat , gw punya temen persis kaya lau kira2 4 tahun yang lalu , doi kaga mw tes masuk maskapai singa , temen2 nya yg lain pada tes dong dan sebagian keterima ,, dan lau tau doi masih nganggur smpe skrg , smpe frustasi karena skrg mau masuk maskapai singa susah pake banget , dan temen2 nya yg dulu keterima di maskapai singa sekarang at least udah kumpulin 2500-3000 jam dan mungkin bentar lagu jadi captain ,, masalah kontrak 18 tahun , enjoy aja bro , minimal punya kerjaan 18 tahun emoticon-Sundul Up
Balasan post frankli
Halo agan @frankli emoticon-Cendol (S)

Di atas, ane menyebutkan "ingin dibantu lewat jalur belakang" dan ane pun belum sempat mengikuti tahap ini itu karena sudah ane urungkan niat setelah mengetahui jenjang kontraknya.

Yes ente benar, banyak yang tersingkir oleh anak dari orang yang "berpangkat"




Best Regards,
vanGiovani
Diubah oleh vanGiovani
Quote:


Koq gw agak ragu denger cerita ante ya , lau termasuk yang gagal waktu tes masuk lion group kali emoticon-Cape deeehh , pake bilang kaga mw lanjutin kesana ... emoticon-Ngakak ,, emang lau punya pilihan ,, dengan modal cpl ir bodong ,, banyak di luar sono yang rebutan masuk lion group bro ,, fyi , anak mentri , pejabat dan jenderal bnyk yang terbang di lion group
profile-picture
sierra4 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Selamat pagi, ane ingin berbagi sedikit pengalaman ane.

Perkenalkan nama ane Giovani, seorang laki-laki lulusan salah satu sekolah Pilot swasta di Indonesia yg memiliki base di Jawa dan Sumatera.
Ane lulus tahun 2017 bulan November kemarin. Ane seorang CPL IR Holder dengan 170an jam terbang tanpa memiliki Frozen ATPL dan rating lainnya. Hanya SEL (Single Engine Land) C172. Ane memulai sekolah Pilot begitu setelah lulus dari SMA, tanpa kuliah. Namun, saat ini ane tidak bekerja di Maskapai, melainkan di balik meja alias pekerja kantor.

Mungkin banyak yg bertanya-tanya kenapa? Akan ane coba ceritakan di bawah.

Ane terlahir dari keluarga yg cukup mampu, sampai akhirnya ekonomi keluarga ane goyang. Ane bertekad untuk masuk Sekolah Pilot saat ini meskipun dengan keadaan ekonomi yang kurang mumpuni. Pada akhirnya, orang tua ane harus menjual rumah ane satu-satunya untuk membiayai Sekolah Pilot tersebut, saat itu biaya pendidikan sebesar 720jt di luar uang hidup ane (Uang jajan dan kost)
Kenapa ane berani menagambil Sekolah Pilot pada saat itu? Karena saat itu untuk masuk maskapai masih tergolong mudah, apa lagi masuk ke maskapai "Singa"

Singkat cerita setelah selesai pendidikan, ane mencoba lamar ke berbagai Maskapai namun hasilnya adalah nihil.
Kenapa bisa? Pertama dari syarat yang tidak ane penuhi dan kedua kurangnya koneksi yang ane miliki.

Ada maskapai yang mengharuskan calonnya memiliki Frozen ATPL, memiliki Type Rating terlebih dahulu, memiliki nilai Bahasa Inggris Penerbangan dengan skor tertentu. Dan semua itu bayar alias keluar modal lagi. Ane sadar dengan kondisi saat ini dan tidak ingin merepotkan kedua orang tua ane.

Bahkan bila agan anak dari seorang Captain, tidak akan menjamin mudah masuk.
Sudah punya Type Rating sendiri? Tidak menjamin juga. Banyak teman ane yang sudah punya Type Rating sendiri dan masih belum bekerja, even itu anak Captain atau keluarga dari Penerbangan.

Sempat ane ingin melamar ke Maskapai Singa karena persyaratannya yang masih bisa ane cukupi. Seperti memiliki ATPL dan skor TOEIC di atas 700, dengan sistem Type Rating akan dibayarkan dan potong gaji. Ane jujur saat itu ingin dibantu lewat jalur belakang oleh seorang ang "Tinggi" di sana. Namun, ane urungkan niat tersebut setalah mengetahui bahwa kontraknya selama 18 Tahun.

Banyak teman ane yang "angkat alis" dengan keputusan ane untuk tidak melanjutkan ke sana. Kenapa? Agan tidak akan tau 18 tahun ke depan akan terjadi apa. Resiko nya terlalu besar menurut ane.

Dan pada akhirnya ane merantau ke Batu untuk bekerja di salah satu tempat wisata selama 1 tahun dan melanjutkan bekerja kantor di Jakarta saat ini.

Ane percaya bila Tuhan memiliki jalanNya sendiri untuk ane agar dapat mengudara kembali.
Tetap semangat dan berjuang untuk kawan-kawan, tetap berjuang dan berdoa. Ane percaya Tuhan memiliki jalan yang terbaik emoticon-thumbsup



Best Regards,
vanGiovani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivanarsyandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vanGiovani
Lihat 1 balasan
Sore gan emoticon-Wowcantik

Sekarang udah ga ada lagi flying school yang ikatan dinas dengan maskapai lagi ya?
emoticon-Ngacir Tubrukan emoticon-Ngacir Tubrukan emoticon-Ngacir Tubrukan
absen dulu ah...
BIFA buka batch 47 gan. Sekarang peminat BIFA masih sebanyak dulu atau engga ya? Entah udah berapa jumlah lulusan FS sekarang yg blm dapet kerja. emoticon-Frown
Diubah oleh Dorchi.
Balasan post ranisyanjari
ada tahapan seleksi BMI gan
Balasan post tedmosby48
sama aja sepertinya gan
Diubah oleh valentin03
Ponakan ane (umur 18 tahun) baru saja lulus SMA 2019 ini. Dia sangat passionate pengen jadi pilot commercial airlines. Mengingat terlalu banyak pilot ab initio yang masih nganggur sekarang ini, ane sarankan dia untuk menunda masuk FS sampai kondisi dunia penerbangan bisa di puncak kejayaannya seperti 10 tahun lalu.
Jika usulan Jokowi mengundang maskapai asing masuk ke penerbangan domestik Indonesia dijalankan, mudah-mudahan dalam 5 tahun ke depan akan booming lagi permintaan untuk pilot ab initio.
Meanwhile, untuk merintis jalan ke sana, ane sarankan dia kuliah dulu S1 ambil jurusan sastra Inggris. Dengan demikian, dia bisa dapat gelar S1 sekaligus memperlancar English nya sebagai bekal untuk masuk FS dan maskapai nantinya.
Kalau pun setelah selesai S1 nanti dan kondisi dunia penerbangan masih suram, setidaknya dia bisa menggunakan ijazah S1 nya untuk bekerja di sektor lain. Atau bisa menggunakan dana untuk FS dari ortunya Rp 1M itu untuk memulai bisnis sendiri.
Demikian saran ane bagi lulusan baru SMA yang masih berminat untuk menjadi pilot. Era kejayaan profesi pilot seperti 10 tahun lalu kelihatannya memang susah diulangi lagi.
Balasan post valentin03
Quote:


Tahun ini masih susah gan? Ada info sampai kapan ga kondisi gini? Gw baca2 banyak maskapai merugi jadi serem juga, apalagi ni banyak penerbangan tutup rute gara2 penumpang dikit
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


Ada baiknya berat badan dijaga gan emoticon-Big Grin
Karena BMI adalah salah satu tahapan seleksi maskapai emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 220


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di