alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/537f82c7bccb1752728b45c1/kaki-sering-kesemutan-berbahayakah
Kaki sering Kesemutan, Berbahayakah?
Kesemutan merupakan fenomena umum yang sering terjadi pada tubuh manusia, pada umumnya yang sering mengalami kesemutan adalah kaki. Fenomena kesemutan terjadi karena posisi duduk atau tidur terlalu lama pada posisi yang tidak berubah, hal ini menyebabkan terganggunya system saraf sensorik yang kemudian menyebabkan salah satu organ tubuh seperti mati rasa.

Pada dasarnya kesemutan bukan merupakan penyakit, namun terkadang malah penyakit yang membuat system saraf sensorik terganggu dan menyebabkan kesemutan. Berbahaya atau tidak kesemutan tergantung penyebabnya, jika karena posisi duduk atau tidur yang salah dalam waktu lama bisa jadi itu gejala alami, namun jika desebabkan oleh suatu penyakit atau merupakan gejala dari suatu penyakit tentunya hal ini perlu anda waspadai.

Istilah medis untuk kesemutan adalah parestesia, pada umumnya kesemutan disebabkan oleh tekanan pada saraf. Ketika sistem persarafan berjalan lancar, arus listrik kecil mengalir di sepanjang jaringan saraf di lengan dan kaki, tulang belakang dan otak. Tetapi jika ada tekanan terus- menerus pada saraf, arus ini terhambat dan menyebabkan sensasi kesemutan. Kondisi ini terjadi misalnya ketika Anda jongkok atau bersila dalam waktu lama. Ketika Anda berdiri, tekanan pada saraf-saraf kaki dilepaskan dan arus persarafan kembali normal, maka kesemutan pun berangsur menghilang.

Kesemutan yang berlangsung lama atau sering (kronis) adalah hal yang berbeda karena dapat mengindikasikan gangguan saraf yang lebih permanen. Kondisi yang dapat menyebabkan kesemutan kronis antara lain :

Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


Spoiler for 7:


Spoiler for 8:


Spoiler for Sumur:

Semoga bermanfaa Jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan
Owh begono emoticon-Cendol (S)
ane jarang ngalamin parestesia gan, lebih sering kramp
emoticon-Mewek

nais info gan emoticon-thumbsup
Setuju sekali masalah kesemutan bisa jadi pertanda suatu penyakit dan sebaiknya tidak diremehkan begitu saja. Namun, ada sedikit yang kurang tepat karena carpal tunnel syndrome ini lebih tepatnya terjadi di daerah pergelangan tangan dan bukan di kaki.

Selain itu, kasus parestesia pada kaki, lebih banyak terjadi pada penderita yang merokok dalam jumlah banyak, dimana terjadi peyumbatan pembuluh darah yang akibatnya adalaj 4P: 1. Paim (nyeri), 2. Parestesia (kesemutan), 3. Pale (pucat), dan 4. Pulselessness (denyut nadi yang lemah bahkan hilang).
Nih gan, artikel tambahan, siapa tau bisa berguna emoticon-Smilie


Kesemutan juga mesti ke Dokter
Gaya Hidup Sehat
Jum'at, 08 Agustus 2014

Hampir semua orang pernah mengalami apa yang disebut kesemutan atau kebas. Kalau sudah kesemutan, biasanya akan terasa kebal, ngilu, walau akan berangsur-angsur hilang jika kita mulai menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan tersebut. Banyak orang yang menganggap enteng gejala kesemutan ini. Mungkin karena gejalanya yang kadang datang, lebih banyak tidak. Mudah datang, mudah pula hilang. Kesemutan bisa disebabkan oleh salah posisi, tangan yang terlalu lama tertindih saat tidur, atau kaki yang terlipat terlalu lama, toh nanti segera hilang saat tangan atau anggota tubuh tersebut digerakkan. Begitulah anggapan umum yang ada. Dalam bahasa kedokteran, “kesemutan” disebut sebagai parestesi. Gejala ini terjadi akibat gangguan pada myelin atau selubung saraf pada saraf tepi, dan juga dapat terjadi akibat gangguan pada sel neuron sistem sensorik di susunan saraf pusat. Pasien akan merasa seperti “banyak semut” berjalan di permukaan kulit pada anggota badan (tergantung pada sistem saraf yang terkena). Kesemuatan biasanya disebabkan oleh adanya penurunan kecepatan hantar saraf (neuropati) atau gangguan system sensorik pada susunan saraf pusat. Sehingga beberapa penyakit yang berkaitan dengan mekanisme tersebut akan menyebabkan sensasi kesemutan. Tetapi kesemutan patut diwaspadai jika kesemutan itu terjadi di satu bagian tubuh. Kemudian menjalar ke bagian tubuh lain di sekitarnya, dan kemudian memperburuk fungsi-fungsi tubuh lainnya, bisa jadi itu adalah manifestasi suatu penyakit yang amat serius dengan gejala awal sepele.

Klik next untuk melihat deret penyakit penyebab kesemutan.

- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha....j7alNPAs.dpuf

Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin