CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
PT Geo Indonesia Solusi belum Membayar Gaji Karyawannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/537f2da5108b4691318b45af/pt-geo-indonesia-solusi-belum-membayar-gaji-karyawannya

PT Geo Indonesia Solusi belum Membayar Gaji Karyawannya

Kronologi Cerita:
Ane geologist yang pada saat itu mencari pekerjaan. Kemudian pas main facebook, ada postingan dari teman saya. Isinya adalah Om nya dia buka lowongan eksplorasi bauksit di Ketapang, Kalimantan Barat. Secara omnya dia tuh bosnya di konsultan itu. Nama konsultannya PT GEO INDONESIA SOLUSI. Ane daftar dan diterima. Pas dikantornya ketemulah sama bosnya dan temen ane itu. Kemudian sampailah di teken kontrak. NAH, yang bikin ane janggal kontrak kerja yang disodorkan kok ga ada materai sama tanda tangan si bos. Berhubung dia temen ane ya ane percaya aja lah, lagian cewek inih temen anenya. Ow iya kami bertiga gan, 1 senior 2 junior (termasuk ane).

Berangkatlah kami ke Ketapang. Pada akhir bulan pertama yaitu 11 November 2013, kami mulai ngrasa firasat buruk. Kok gak ditanyain nomor rekening padahal dah waktunya gajian. Namun mungkin karena sempat stuck pekerjaan kami di sana jadi gajian diundur.

Pada bulan kedua kami mulai kerja ekstra keras kejar target (DENGAN FASILITAS SEADANYA). Kami tidak disediakan mobil. Motorpun mau sewa mikir-mikir karena dana katanya minim. Rokok pun kami ngutang warung bayarnya nunggu gajian. TAPI lagi-lagi akhir bulan kedua 11 Desember 2013, kok masih belom ditanyain gaji. Setiap kami tanyakan ke si bos, selalu dijawabnya "tenang aja pasti dibayar sudah tenang saja". Namun kami terus bekerja karena kami tidak mau mengecewakan client, jadi menjaga nama baik tanggung jawab kerja. Lha kan ada temen ane inih lah yang bisa diandalkan kalo ada masalah. Kan keponakannya inih. Pikir saya begitu.

Bulan ketiga datang dan kami masih terus bekerja walaupun belom gajian. Tapi kami terus menanyakan gaji kami ke bos. Namun jawabannya selalu sama "tenang saja pasti dibayar". Dan akhirnya pekerjaan kami selesai kalo gak salah 14 Januari 2014. Tapi ternyata lewat batas kotrak dan bos kami bilang nanti ada uang tambahan. (boro-boro uang tambahan, gaji saja kami blom dapat, pikir saya begitu).

Gaji yang ditunggu-tunggu pun tiba. Alhamdulillah tapi cuma gaji bulan pertama doang gan. waduh. Trus kita tanya lagi ke bosnya gimana untuk gaji sisa dua bulan+bonus??? . Jawabannya adalah "nanti dikantor Jakarta". Ow ya sudah mungkin ada data ada uang. Tapi di akhir kalimat ada omongannya yang bikin ga enak: "udah diem aja pasti aku bayar, kalo nanyain terus gak bakal aku pake lagi orang-orang itu. banyak kok yang ndaftar di perusahaan saya". Mendengar kata-kata si bos kami pun terdiam. Tapi ya sudah lah sabar aja.

Sampailah kami di Jakarta. Di Jakarta kami dikenalkan dengan orang-orang dari owner dan presentasi hasil kemarin di lapangan. setelah rapat selesai para senior pun rapat lagi. Isinya mungkin tentang gaji dan masalah uang. Sepulang kami ke kantor konsultas GIS, Kami diperlihatkan CEK yang bisa dicairkan untuk membayar sisa gaji kami+bonus. Nah bosnya bilang ini aku ada cek dari bos besar tenang aja gaji kalian akan terbayar. Nah mendengar hal tersebut kami pun menyerahkan data lapangan. Biasanya kan ditransfer tuh ke rekening masing-masing.

Akhirnya kami pun pulang. Tapi setelah seminggu, dua minggu kok belum dikirim uang nya?? Kami pun tanya ke sibos, mana gaji kami?? DIa jawab minggu depan. minggu depan ditanya katanya akhir bulan dibayar. Akhir bulan ditanya, katanya pertengahan bulan depan. Dan jawaban pamungkasnya pun keluar "tenang aja pasti aku bayar".

Dan sampai sekarang kami belum dibayar.

================================================================
Fact:
Bos kami kerja di owner yaitu PT PANCA RAJA PERKASA di jalan fatmawati Jakarta. Si owner punya lahan untuk digarap kemudian diambilah job itu oleh konsultan bos ane PT GEO INDONESIA SOLUSI

Issue yang berhembus:
- Si bos ane tuh katanya rugi dengan proyek kemarin. Dia punya modal gak seberapa tapi berani mengambil proyek dengan harga yang kecil. Jadi uang dia habis dan dia sekarang berhutang kepada owner dalam jumlah banyak.
- Dalam laporan keuangan PT GIS ke PANCA sudah dicantumkan gaji karyawan. Jadi owner atau PANCA taunya yang kerja dilapangan sudah digaji. Padahal belom
- Ternyata temen ane itu yang sodaranya si bos jarang dikasih gaji gan. dan temen ane yang lain yang kerja disitu juga (dikantor) belom dibayar. Padahal dia ampe lembur-lemburan ngerjain data gan.
- Bos ane itu dah dapet duit dari pt panca (owner) tapi uangnya buat bayar yang lain. seperti utang-utang dia terus bayar kontrakan kantornya dll. Walopun masih isu tapi sedih ane dengernya.
- Sekarang orang-orang dikantor pada cabut semua karena gak digaji

dan sekarang saya tahu kenapa surat kontrak kerja ga ada materai sama tanda tangan dia emoticon-Frown . Semenjak saat itu ane mulai hati-hati dalam mencari pekerjaan dan tidak mudah tergoda janji manis.

================================================================
Ini bos ane gan yang di PT GEO INDONESIA SOLUSI:
Nama : Wisnu Anton Nugroho
FB : https://www.facebook.com/wisnu.a.nug...oho.18?fref=ts
================================================================

Terima kasih yang sudah ikut bersimpati. Maaf gan karena gak ada barang bukti dan lain-lain tapi ini beneran kisah nyata. Saksi, korban, dan lain-lain ada. Bukan bermaksud menghina atau menjatuhkan tapi ini buat pengalaman dan ane gak ingin terjadi ke orang lain juga. Semua yang ane tulis diatas sudah dikemas dengan bahasa yang baik dan kejadian aslinya 70% lebih pahit. Kini ane masih nganggur dan masih mencari kerja. Dan seharusnya uang gaji itu untuk biaya ane hidup selama nganggur sampai dapet kerjaan lagi. Tapi apa boleh buat. Sampai saat ini uang didompet tinggal seberapa. Mau minta orang tua gak enak. Ane masih nagih terus gaji ane dengan bahasa yang baik hingga kurang baik karena ini sudah lewat 5 bulan. Terima Kasih kaskus emoticon-I Love Kaskus (S)


Thread sudah digembok
Turut prihatin gan.
Ente sabar bener 3 bulan ngak digaji
kok mau tetep kerja ampe 3 bulan walaupun blm digaji sih gan? ane aja gaji telat 5 hari aja udah blingsatan.. emoticon-Sorry
lah, kan katanya bosnya sodara temen lo?

ya lo tagih dong ke temen lo, datengin rumahnya, minta pernyataan hutang dari temen lo atau jualin barang yang ada di rumah temen lo
tanya ama temen ente gan alamatnya dimana. itu di fb ada poto istri sama keluarganya juga.
5 bulan mah keterlaluan. samperin aja emoticon-Cape d...
Dilaporin aja ke disnaker setempat, sesuai domisili kantornya, gan.
Seharusnya agan dapat copy surat kontrak kerjanya kan?
Dikumpulin aja temen-temen yang merasa dirugikan, jd ga cuma agan sendiri yang lapor kesana.
Yang seperti itu ga bisa didiemin aja.
Supaya hak agan dan temen-temen bisa agan terima, dan biar ga ada korban-korban berikutnya.

Semoga cepet selesai masalahnya, gan.
Sebagai pekerja agan gk salah

1. Agan punya copy dr kontrak yang di ttd gk?
2. Laporkan aja ke depnaker
3. Mungkin buat pembelajaran smua agar berhati hati terhadap perusahaan begini
4. Waspada jika gaji di bulan pertama mandek / seret. Mending keluar aja langsung
penting..
saat ttd kontrak pastikan ada materai dan di ttd oleh yg berwenang.. dan agan pnya copy ny emoticon-Big Grin

skrg mo lapor kemana2 jg susah klo gak ada hitam di atas putih,,

mudah2an si bos bulan ini nge gaji agan full emoticon-Smilie
ya betul laporin ke depnaker
Quote:


kalo kerja di konsultan rhytmnya gila2an n sense of responsibility karyawan lebih tinggi dr kantorny
ane liat ada mutual friend ama temen ane. anak UII Jogja juga emoticon-Matabelo
laporin ke disnaker gan
Sabar bro...

Yang paling utama ente udah tunjukin loyalitas dan dedikasi nya. Sekarang tinggal tunggu sembari cari pilihan lain, anggap aja sebagai tabungan akhirat kelak. Perkara yang g bisa hilang dunia akhirat salah satunya hutang.

Kebetulan ane kenal sama bos ente, dulu gajian selalu lancar. Sekarang sedang kurang kondusif memang dunia tambang.

Ane berusaha menilai secara objektif aja, ente memang salah pada awalnya karna kurang mawas diri tentang kontrak kerja yang ada (untuk pelajaran dihari kemudian), tapi disitu ente sudah menunjukan etikat baik untuk berusaha loyal dan memberikan dedikasinya untuk boss ente.

Dilihat dari informasi ente dan informasi beberapa kawan lain, ane juga sangat menyayangkan kenapa bisa terjadi seperti ini. Dan sudah sangat jelas konsultan ente salah dan bermasalah.


Cuma bisa doain yg terbaik aj mas bro.

Sambil nunggu gaji masuk, mending dibawa WAR aj bro...emoticon-Ngakak



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

DOTAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA 2
masukin aja di surat pembaca KOMPAS, biar jangan sampe ada korban lain, juga biar menjadi perhatian para pejabat berwenang
Iya, action dong gan, minta bantuan didaerah agan ..... depnaker, LBH, .....

Coz punya slip gaji ga .....?
Diubah oleh hr999
gan saya juga dulu pernah bekerja di perusahaan tersebut, bahkan saya tau persis temen cewe yang agan maksud, dia juga temen ane gan..
ane jga senasib sama agan waktu itu skitar bulan februari 2013 gan, ane berangkat dengan temen ane berdua ke halmahera untuk project nikel..
itu juga ditawarin sama temen cewe ane itu gan, saya percaya aja langsung berangkat kekantornya, 2 hari saya disana untuk meeting dan menyiapkan peralatan.. pada waktu meeting dijelaskan disana sudah ada mess dan ada senior geologist yang sudah ngubek ngubek daerah sekitar.
kamipun percaya dan tiba waktunya berangkat, kamipun membawa peralatan project dengan membawa tas jinjing.. eh pas disana gan ternyata semuanya bohong, kita harus flying camp dan perjalanan dari pantai sampe kelokasi di gunung dari jam 7 sampe jam 4 sore dan kami cuma berdua ditemani sama orang daerah setempat, tidak ada sinyal dan tidak ada listrik, setelah 5 hari kerja kamipun turun untuk meminta tambahan tenaga karena kami tdak sanggup mengerjakan pemetaan 12ribu ha dalam 3 minggu dan tenagapun ditambahkan,

pada masa project kamipun sangat susah mendapatkan uang operasional untuk pekerjaan dan gaji orang-orang lokal gan... setelah pekerjaan selesai, kamipun trun pemukiman warga dan meminta uang buat gaji orang lokal kemudian 2 hari kemudian uang tersebut baru ditransfer padahal kita sudah janji untuk membayarnya ktika selesai pekerjaan, untungnya orang-orang dihalmahera cukup baik dan cukup mengerti dalam keterlambatan ini..

waktu pulangpun tiba, setelah tiba dijakarta kami bekerja 2 hari untuk final report, setelah semua selesai kamipun bertemu hari yang ditunggu tunggu yaitu hari gajian, pada saat penggajian kami dikejutkan dengan kata-kata "kita baru bisa membayar setengah gaji kalian, sisanya minggu depan ya setelah kalian sampai dirumah ,masing-masing"

kitapun mengiyakan,


telah lewat 1 minggu kamipun menanyakan

"pak kapan gaji kita bisa dibayar?"

"dia menjawab, sabar ya kita juga menunggu bayaran client"


berjalan hingga bulan ketiga setelah cape saya menanyakan, saya langsung mendesaknya dengan cara mengancam kalo tidak membayar saya akan lapor polisi, dia menjawab akan segera membayar, sampe tiba bulan keempat, sayapun mengatur strategi membuat perjanjian dengan materai 6000 yang berisi kalo tidak dibayar kita akan menyita barang yang ada di kantornya yang sama nilainya dengan gaji kami berempat,,

kebetulan watu itu temen cewe yang kita sebutkan tadi menikah dibandung gan, nah bos perusahaan itu dateng, kebetulan saya tinggal dibandung.. langsung saja saya samperin dan minta dia tandatangan gan, dengan bukti slip gaji yang setngahnya sudah dibayar,, dan diapun menandatangani dan berkata akan mengirim gaji kami pada minggu yangsama.. pada waktu yang telah ditentukan kamipun mengancam lagi karena belum ada konformasi gan,,
akhirnya merekapun membayar gan



untuk pelajaran gan, walaupun ada teman di perusahaan, kita harus ada kontrak tertulis gan agar ketika kita terkena masalah seperti ini bisa membela diri..

sekian
Lah itu temen cewek itu udah tau bayar gaji susah tapi masih aja ngajakin temennya masuk mulu
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di