alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5379a3d9a2cb17673c8b4567/mitos-menaburkan-garam-disekeliling-rumah-berdasarkan-ilmiah-dan-mitos
Poll: pendapat dan komentar agan aganwati
pendapat 0% (0 votes)
komentar 0% (0 votes)
mitos garam sebagai media pengusir makhluk halus , percaya ga sih ??
mitos menaburkan garam disekeliling rumah (berdasarkan ilmiah dan mitos)

Hallo semua agan dan aganwati… Welcome to my first thread.
Setelah membaca thread ini, silakan memberi komentar berisi pendapat atau opini agan dan aganwati tentang mitos ini. Soalnya ane lagi riset nih tentang mitos klenik buat tugas fotografi ane. Makasih sebelumnya dan selamat membaca.
emoticon-Shakehand2emoticon-Peluk

MITOSNYA
Orang-orang jaman dulu (barangkali orang jaman sekarang juga sama) suka menaburkan garam di sekeliling rumah, konon katanya untuk mengusir makhluk halus atau hantu. Apakah ini mitos atau fakta?

ILMIAH MAKHLUK HALUS
Makhluk halus tidak memiliki unsur jasad sehingga bebas dari ikatan karbon, molekul, dan atom. Karenanya ia tidak bisa dilihat. Tetapi makhluk halus terdiri dari unsur gelombang, sehingga keberadaannya dapat dideteksi dengan teknologi gelombang. Gelombang elektromagnetik yang dimiliki oleh makhluk halus bermuatan positif. Dan karena bumi juga bermuatan positif, maka hukum coulomb dapat menjelaskan mengapa makhluk halus tidak menapak bumi (muatan yang sama akan saling tolak menolak).

ILMIAH GARAM
kristal garam mempunyai ion positif dan ion positif akan menetralisir yang negatif, garam juga dapat menghasilkan listrik , listrik juga menghasilkan elektromagnet

KEJADIANNYA
Menurut penjelasan orang-orang yang percaya pada mitos ini, jika di suatu tempat sering ada penampakan hantu dan kemudian di tempat tersebut ditebarkan garam dapur, maka konon katanya hantu yang tadinya sering nongol jadi semakin jarang menampakkan dirinya di tempat itu. Karena muatan elektromagnetik dari hantu telah dinetralisir oleh muatan elektromagnetik dari kristal garam tadi. Dengan demikian menebarkan garam dapat mempersempit wilayah penampakan makhluk halus.
Dan sekadar info, jika memang di tempat itu ada makhluk halusnya, biasanya di sekitar garam yang ditebar akan muncul sejenis abu. Nah, konon abu itu terbentuk dari sesuatu yang dimaterialisasikan, yaitu hantu tersebut. Hal ini juga biasanya sering terjadi jika ada santet yang gagal mencelakai korban. Biasanya korban akan merasakan adanya hujan abu di sekitarnya.
Ibu ane sendiri sampai sekarang masih sering melakukan ritual tabor garam di sekitar rumah ane saat menjelang maghrib. Garam itu beliau dapatkan dari orang pintar yang dipercaya bisa mengusir makhluk halus yang ada di sekitar rumah ane.


Nah, sekarang bagaimana menurut pendapat agan dan aganwati? Apakah agan dan aganwati juga percaya dengan mitos ini? Kasih komentar yah please… Soalnya ane lagi riset buat tugas fotografi tentang klenik. Plis cuplis yah, gan… Ditunggu komentarnya… Terima kasih… emoticon-Malu emoticon-I Love Kaskusemoticon-2 Jempol
ngabisin duit aja gan garam kok buat ditaburin di rumah mending buat masak emoticon-Kiss (S) tapi setahu ane yang dilakuin Nenek ane yang dulu juga naburin garam katanya kalau ada yang mau nyantet atau berniat buruk ama kita bisa ditangkal pake garam itu gan

Kalo dulu saya kemah saya naburin garam khusus buat ngusir hewan melata gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By imrifpo
ngabisin duit aja gan garam kok buat ditaburin di rumah mending buat masak emoticon-Kiss (S) tapi setahu ane yang dilakuin Nenek ane yang dulu juga naburin garam katanya kalau ada yang mau nyantet atau berniat buruk ama kita bisa ditangkal pake garam itu gan

Kalo dulu saya kemah saya naburin garam khusus buat ngusir hewan melata gan emoticon-thumbsup



Penelitian modern malah menunjukkan ular gak takut garam loh emoticon-Big Grin
nice info gan... emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By Edgun86



Penelitian modern malah menunjukkan ular gak takut garam loh emoticon-Big Grin


stau ane, ular emang g takut garam... tp, krn hewan melata bergerak dengan kulit mereka, kemungkinan akan terjadi luka sangat besar...
klo luka d kasih air garam, kan sakit gan... emoticon-Sorry

Yg namanya setan itu nda takut garam lah.
Malahan bnyk yg suka tinggal di dlm laut. Sekalipun laut itu berkadar garam sangat tinggi.. gak ngaruh.

Yg masi bodo dan tetep bodo ajah,..yg make garam,. emoticon-Big Grin
kayaknya bisa ditrima... scara ilmiahnya,
kalo dilakoni atas dasar "kata orng pintar" ntr jadi syirik gan

emoticon-Matabelo
yang ane tau garan bisa buat menghalau binatang kayak ular atau pun binatang penghisap darah, kayak pacat, lintah gt gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Thread pindahan dari forum spiritual

emoticon-Salaman
Garam itu cuman efektif utk hewan yg berlendir kayak lintah atau bekicot, ular kan gak berlendir... Mereka jalan pake perut tapi hak mungkin luka gan, kan udah dr sono mereka terlatih pake perut, hehehe.... Klo mau anti uler katanya sih pake parfum, jadi ketika ular mendekat n lidahnya ngerasain udara yg wanginya udah tercampur parfum, doi bakalan muter n pergi...

Liat aja pawang uler mana ada yg wangi emoticon-Big Grin
Wetew kurang tau jg om emoticon-Frown
Garam pan lwt proses pengkristalan yak emoticon-Frown
Kalo dikira2, satu drum air laut bs ngasilin brp banyak garam padat? emoticon-Frown

Mungkin sama aja kek manusia emoticon-Frown
Bs hidup di tempat yg ngandung aer, tp kalo berlebihan yaa modyar juga om emoticon-Frown
Quote:Original Posted By squiddy
Wetew kurang tau jg om emoticon-Frown
Garam pan lwt proses pengkristalan yak emoticon-Frown
Kalo dikira2, satu drum air laut bs ngasilin brp banyak garam padat? emoticon-Frown

Mungkin sama aja kek manusia emoticon-Frown
Bs hidup di tempat yg ngandung aer, tp kalo berlebihan yaa modyar juga om emoticon-Frown


sumpah ane gagal paham emoticon-Frown
yang namanya garam itu netral..
kalo dicemplungin air baru misah jadi ion positif dan negatif..
misal garam dapur NaCl.. ketika dimasukin ke air akan berpisah meenjadi ion Na+ dan ion Cl-..
sekali lagi garam netral.. karena ada positif dan negatif yang pasti sama.. kalo gak netral/sama bukan garem..

anyway, kok font merah bisa lolos yak???
Quote:Original Posted By semarstore
kayaknya bisa ditrima... scara ilmiahnya,
kalo dilakoni atas dasar "kata orng pintar" ntr jadi syirik gan
emoticon-Matabelo

setuju ama ente gan,.. emoticon-2 Jempol
Nyemak bahasan para sesepuh...
Ndeprok sambil ngowoh
Quote:Original Posted By squiddy
Wetew kurang tau jg om emoticon-Frown
Garam pan lwt proses pengkristalan yak emoticon-Frown
Kalo dikira2, satu drum air laut bs ngasilin brp banyak garam padat? emoticon-Frown

Mungkin sama aja kek manusia emoticon-Frown
Bs hidup di tempat yg ngandung aer, tp kalo berlebihan yaa modyar juga om emoticon-Frown


maksudnya om? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By squiddy
Wetew kurang tau jg om emoticon-Frown
Garam pan lwt proses pengkristalan yak emoticon-Frown
Kalo dikira2, satu drum air laut bs ngasilin brp banyak garam padat? emoticon-Frown

Mungkin sama aja kek manusia emoticon-Frown
Bs hidup di tempat yg ngandung aer, tp kalo berlebihan yaa modyar juga om emoticon-Frown

Masuk akal Puh....

wah mantep nih emoticon-linux2
Nyimek aje gan ane
wah penjelasannya seperti ini ya puh emoticon-Matabelo
ane baru tau, biasanya naburin bata sama semen biar jadi tembok emoticon-Ngakak
mau kasih pendapat aja sih,, bukan pendapat sih sebenernya cuma denger2 dari tetua dan sepuh..
sebenernya selain dipercaya untuk mengusir MG, garam juga dipercaya sebagai pencegah binatang pengganggu masuk kedalam rumah, contohnya Ular, curut, tikus..
kalo secara ilmiahnya ane blom dapet tuh masgan emoticon-Big Grin
oiya selain garam juga katanya air tajin juga bisa tuh (katanya loh yah emoticon-Big Grin)