alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5378386a6e07e728588b461e/manfaat-puasa
Manfaat Puasa
Siaang agan n aganwati.. emoticon-Blue Guy Smile (S)
ane pengen sharing lagi nih, kali ini tentang manfaat puasa.
Ane yakin ga sedikit disini yang punya penyakit maag, asam lambung & darah tinggi atau penyakit2 lainnya.:rolleye

Manfaat Puasa

Mungkin beberapa orang dari kita akan menghindari puasa kalo mereka punya sakit maag, karna kan kalo puasa tubuh kita sama sekali ga dapet asupan makanan apapun slama kurang lebih 14 jam.
Tapi siapa blg puasa bkin sakitnya kambuh. Dibawah ini ane cantumin beberapa fakta tentang puasa yang ane kutip dari beberapa sumber.



1. Penelitian para ahli medis di Amerika mengatakan, selama puasa tubuh kita memproduksi enzim yang bisa menambah kekebalan tubuh. Hebatnya, enzim itu bener-bener cuma keluar di saat kita berpuasa, lho. The point is puasa bisa bikin kita jadi lebih kuat dan tahan terhadap penyakit. Keren khan? jadi jgn takut puasa klo punya maag atau asam lambung.
sumber: indonesiaindonesia.com

2. menjaga kesehatan pencernaan. Saat puasa, organ pencernaan mengistirahatkan diri. Fakta menunjukkan bahwa lama makanan tinggal di usus adalah 14 jam. Selama setahun, organ ini bekerja nyaris tanpa henti, karena jeda waktu antara makan kita tidak selama itu. Padahal peremajaan bagi organ ini tak kalah penting. Tak heran kemudian, akibatnya banyak penyakit menyertai. Nah, berapa lama puasa kita? Lebih kurang 14 jam bukan?

3. perbaikan tubuh dan otak. Kedua hal tersebut terjadi saat tubuh beristirahat, terutama saat tahap "deep sleep" atau tidur yang berkualitas. Hasil penelitian oleh Dr. Ebrahim Kazim, seorang dokter, peneliti serta direktur dari Trinidad Islamic Academy, dengan menggunakan EEG (perekam gelombang otak) menunjukkan bahwa puasa membuat tidur lebih berkualitas. "Deep sleep" mudah tercapai. Efeknya pada perbaikan tubuh dan otak, termasuk molekul memori lebih maksimal.

4. menyehatkan jantung . Selama berpuasa, magnesium (salah satu mineral penting bagi tubuh) meningkat. Magnesium ini memiliki efek "cardio-protective" (pelindung jantung). Dengan demikian, dengan berpuasa, jantung kita lebih awet. Selain itu, magnesium memiliki sifat anti penjendalan darah. Seseorang bisa terserang stroke karena adanya jendalan darah yang tersangkut di pembuluh darah kecil, sehingga menghambat aliran darah. Daerah yang tidah teraliri darah tersebut akan terganggu fungsinya, berwujud kelumpuhan atau kematian jaringan. Proses yang sama dapat terjadi pada serangan jantung koroner karena jendalan itu masuk ke pembuluh koroner yang fungsinya memberi nutrisi bagi jantung. Oleh karena itu berpuasa dapat mencegah stroke dan jantung koroner.

5. menurunkan berat badan. Puasa - bahkan, di kalangan non muslim sekalipun - populer sebagai penurun berat badan. Dr. Madarina Julia, Sp.A, MPH menjelaskan, " Ketika puasa, kita menahan lapar. Ketika lapar itulah terjadi penurunan kadar gula darah dan pelepasan growth hormon (hormon pertumbuhan). Saat terjadi pelepasan growth hormon, lemak viseral yang posisinya biasanya di perut akan terbakar sehingga perut menjadi langsing. Jadi, berpuasa memiliki dua efek, yakni : pertama, mengurangi makan sehingga berat badan turun; kedua, efek dari lapar membuat gula darah menjadi rendah dan hormon pertumbuhan keluar, sehingga akan membakar lemak viseral dan memperbaiki kualitas pembuluh darah."

6. memelihara kesehatan jiwa. Ada zat lain yang juga diproduksi selama kita berpuasa. Zat ini pelengkap luar biasa. Lewat ketenangan yang didapat dari puasa, dipadu dengan ibadah sholat, zikir, doa dan sebagainya, muncullah enkefalin dan endorfin. Keduanya merupakan opiat alami. Semacam morfin, bedanya enkefalin dan endorfin ini alami, diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol. Jika morfin bisa memberi efek rasa senang, namun mengakibatkan ketagihan disertai segala efek negatifnya, enkefalin dan endorfin tidak. Kedua zat ini mampu memberi rasa bahagia, lega, tenang, rileks, namun secara alami.

7. meredakan rasa sakit. Hal ini terjadi karena sifat alami dari endorfin dan enkefalin yang lain yaitu pereda rasa sakit alami (natural painkillers). Jika atlet cedera saat bertanding, atau tentara terluka selama pertempuran. Mereka tidak akan merasakan sakit yang sangat, sampai situasi penuh stressor tersebut berakhir. Semua itu terjadi karena otak memproduksi endorfin dan enkefalin dalam kadar tinggi untuk meredakan rasa sakit tersebut.
sumber: m.kompasiana.com

7. Saat puasa kita akan lebih tenang dan kalem menjalankan aktivitas, ibadah jg lebih nikmat. otomatis emosi kita juga akan ikut terkontrol. tekanan darah juga akan stabil karna puasa membuat kita menenangkan hati dan pikiran. Ini bagus buat agan n sista yg punya darah tinggi.

8. Puasa bisa jadi ajang diri untuk lebih mendekat sama yg Kuasa. Pikiran tenang & hati yg bersih insya Allah akan ikut tertanam karna puasa. Kita bisa belajar pengendalian diri dan kesabaran saat puasa.

Nah, begitu banyaknya manfaat puasa buat tubuh kita, jadi apa masih ragu buat puasa? Jgn nunggu bulan Ramadhan aja ya puasanya, kan masih bisa puasa senin-kamis atau mungkin puasa daud. Pahala dapet, sehatnya juga dapet. emoticon-Blue Guy Peace
btw bentar lagi mau masuk Bulan Puasa emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By Pazonda95
btw bentar lagi mau masuk Bulan Puasa emoticon-Blue Guy Peace

iya gan..latihan dlu lah dr skrg..hehe
ijin nyimak dl ye gan
jadi makin rajin puasa... makasih infonya gan... :-D
mantap sharingnya emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By s.lestari
jadi makin rajin puasa... makasih infonya gan... :-D

Siipp dah.. ayo Semangat Puasaa.. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By hose85
mantap sharingnya emoticon-Kiss

emoticon-Ngacir2 hahahaa
Quote:Original Posted By byakuya123
ijin nyimak dl ye gan

monggo.. monggoo.. emoticon-Smilie
tinggal menghitung hari aja gan kita akan memasuki bulan puasa
memang banyak ternyata manfa'at berpuasa emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By captainkid15
memang banyak ternyata manfa'at berpuasa emoticon-I Love Kaskus (S)

banyak manfaat..sehat & berpahala..
Quote:Original Posted By nogmud
Nice info sis emoticon-thumbsup bentar lagi puasa kangen nyalain mercon

kl sy kangen nyemilin merconnya, halahh2..
kangen solat tarawihnya, saur n buka brg kluarga..
momen2 mahal yg jarang terjadi wkt bln biasa..
ane ga pernah ngeliat puasa dari segi ilmu kesehatan, ilmu psikology, atau ilmu-ilmu lainnya. puasa itu cukup dijalani dengan harapan mendapatkan Ridho Allah SWT.
Quote:Original Posted By clasicman
ane ga pernah ngeliat puasa dari segi ilmu kesehatan, ilmu psikology, atau ilmu-ilmu lainnya. puasa itu cukup dijalani dengan harapan mendapatkan Ridho Allah SWT.

ane setuju sama ente gan, yang penting puasa itu niatnya satu karena Allah SWT.emoticon-Cendol (S)
untuk menekan angka godaan setan gan
di bulan puasa setan di penjara gan wkwk
Quote:Original Posted By PusatDistribusi
bukannya sekali proses pencernaan (Dari mulut hingga titik pembuangan) itu butuh waktu komplit hingga sktr 18 jam?

Manfaat Puasa


petapa2 india dan biksu2 jaman dulu banyak yg melakukan puasa semacam ini, mereka cuma punya waktu makan dari pagi hingga siang, setelah itu tidak makan lagi sampai besok

OCD nya deddy corbuzier juga meniru puasa biksu, rentang waktu untuk makan ialah 6 jam, 4 jam atau 2 jam

dan puasa bagi mereka bukan berarti tidak minum, kalau tanpa minum menurut saya berbahaya, dan rasa haus membuat kita lemas dan tidak produktif



ada juga puasa termodifikasi untuk orang awam yg sekarang banyak di pakai untuk orang awam, mereka juga pakai waktu makan sekitar 6 jam, tapi di luar itu mereka cuma makan buah/sayur mentah/jus

misalnya sarapan dgn buah+sayur atau jus, siang dan sore menjelang malam baru makan agak berat


itu mah bukan puasa yang disyariatkan agama gan cmiiw
iya gan puasa banyak bgt manfaatnya

thanks info gan emoticon-Matabelo