CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53766758fbca175b778b45f4/hal-umum-yang-bikin-shalat-kita-kurang-khusyu-nggak-ada-dibuku-agama

Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Pernah shalat Jama’ah ?
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

pasti buat kalian muslimin muslimah pernah-lah shalat dirumah, di masjid/mushalah dekat lingkungan rumah ataupun di lingkungan sekolah, kecuali ada Abu Jahal di tempat lo yang suka ngelarang-larang shalat, wajar kalo lo gak pernah shalat. Khusu’ waktu shalat Jama’ah itu lumayan sulit buat dilakuin. Ada beberapa fakta menarik tentang hal-hal yang biasa terjadi waktu kita lagi shalat jamaah. Dan hal-hal ini yang menjadi hambatan kita buat khusu’ waktu shalat jamaah. Mudah-mudahan semua yang gue tulis berhasil membuat kalian sadar bahwa kebiasaan yang kaya gini waktu shalat itu adalah SALAH. Penasaran ada apa aja kali ini di penulusuran gue HAHAHAHA, mari kita cek hasil penelusuran singkat dari kreariefitas. SELAMAT MEMBACA

Baca Tulisan Di Belakang Baju Orang
Lo tau kan ? kenapa baju muslim dan mukenah itu motifnya polos. Sekalipun bermotif yah mungkin hanya pola garis-garis atau garis yang meliuk-liuk berbentuk ukiran. Namun ada juga orang yang emang gak suka atau dalam keadaan darurat banget sampe- sampe mau gak mau shalat jamaah pakai kaos doang. Dan lebih parahnya lagi, itu kaos ada tulisan di belakangnya. Berapa orang mungkin hilang kekhusu’annya gara-gara shalat di belakang orang yang pakai kaos ini. Seperti mereka yang pakai kaos Dagadu atau kaos kreatif lainnya, yang biasanya mempunyai tulisan yang lucu, menyindir dan terkadang cerdas. Misal lagi khusu’ shalat, eh gak sengaja baca tulisan di kaos itu, tulisannya lucu akhirnya yang baca senyum-senyum sendiri dalam hati, kalau tulisannya cerdas dalam hati pasti kita bilang “oh iyaa yak ? (senyum)”. Kalau yang di depan kita pakai kaos bola klub yang kita benci, pasti sekelebat kita mengumpat dalam hati waktu nengok kearah kaosnya. Gak percaya ? coba shalat pakai kaos Persija shaf paling depan dimasjid daerah Bandung.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Nguaantuuk Banget
Di bulan Ramadhan biasanya jamaah shalat Shubuh di tempat ibadah bertambah banyak dibanding bulan biasanya. Beberapa dari mereka tampak masih Ngantuk sampai kadang menguap selebar-lebarnya waktu shalat. Jadi waktu imam melafadzkan “Waladhaalliin” si makmum yang nguantuk berat jawab “AaammmHoaaaaaaammmmminnn” matanya merem melek dan berair karena puas menguap. Belum nanti pas bangun dari sujud untuk rakaat kedua, dia muter-muter kepalanya yang pegel sampe bunyi “Breteeg” dari tulang. Gak cuma saat shalat Shubuh, jamaah yang tertidur waktu khutbah Jumat juga nguaantuk berat waktu shalat Jum’at, karena memang ada beberapa lelaki yang tertidur waktu Imam Khutbah jadi pas shalat Jum’at mereka jadi kurang khusu’ buat shalat.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Khawatirin Gadget
Buat mereka yang tak bisa lepas dari gadgetnya mau gak mau harus membawa minimal handphonenya kemana pun, kalau kalau ada SMS atau Telepon penting kan sudah siap. Mereka bawa handphone saat mau shalat di mushalah kampus atau kantor, daripada nanti dikantongin ganggu shalat mending di taruh di bawah sajadah. Yang buat gak khusu adalah ketika sedang shalat damai-damai, eh ada anak kecil atau orang asing yang lalu lalang di depan kita, terlebih anak kecil yang sulit dikontrol pergerakannya. Dia gak tau dibawah sajadah ada Handphone !!, jadi yang ngumpetin handphonenya di bawah sajadah sewaktu shalat was-was aja takut tuh bocah melintas tau tau “nginjek” handphonenya, Mana handphonenya touchscreen yang sekali keinjek LCD’nya, langsung ada bercak hitamnya di layar dan kalau didiemin bisa membesar.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)
Atau lagi shalat khusu’ tahu tahu handphone berdering ! ! . Galau deh tuh, kalau kita gak matiin orang lain keberisikan suara handphonenya, kalau di matiin ketahuan dong kita lagi shalat sempet-sempetnya nekan tombol reject di handphone, yaudah ditungguin aja sampai kelar berdering. Biasanya setiap shalat jum’at pasti aja ada yang handphonenya berdering. . . itu orang mana yak yang nelpon di waktu shalat Jum’at ?. kalau handphone di taruh di sajadah, tahu tahu ada mention dari twiiter terus ada sms bareng sama ada yang neg-chat di What’s app bunyinya udah rame banget tuh handphone. Yang punya handphone gak enak sama makmum lain, makmum lain juga udah sebel banget sama suara handphone yang bunyi waktu shalat.

Sarung Atau Bawahan Mukenah Melorot
Ketiduran, bangun-bangun udah adzan. Bergegaslah ke Masjid atau Mushalah terdekat. Pakai baju dikancingin dijalan, pakai sarung juga buru-buru takut ketinggalan waktu shalat. Shalat udah khusu, namun napas masih terengah-engah kecapean, tiba-tiba sarung melorot pelan-pelan secara teratur. Lantaran tadi pakai sarung buru-buru jadi sarung gak kokoh di pinggang. Mau benerin sarung tapi udah masuk rakaat ketiga, ditambah lagi shalatnya di shaf paling depan, dibelakangnya ada 4 shaf jamaah shalat yang masih khsusu’ shalat. Tiap bangun dari sujud sarung makin turun, mau gak mau lutut harus di tekuk kesamping ngejaga biar sarung gak terlalu turun, kemudian posisi sidekap tangan agak di fungsikan ganda yaitu sambil memegangi gulungan sarung di perut biar gak makin melorot sambil sesekali menggulung sarung. Mana saat pakai sarung lupa pakai celana pendek alias langsung celana dalam, sekuat tenaga dan segala cara di lakukan agar sarung itu gak melorot.
Begitupun dengan bawahan mukenah, pas bangun dari sujud gak sengaja kain paling bawah mukenah keinjek, eaaaaa ! ! . Akhirnya bingung benerinnya gimana, gerak kebanyakan ntar batal, makin panik aja karena lama-lama tuh bawahan mukenah melorot. Ada yang pas lagi sujud kutak kutik narik narik mukenah biar gak kelihatan melorot, ntar bangun lagi eh keinjek lagi karena mukenah itu gak kaya celana pensil, mukenah itu lebar dan panjang. Akhirnya sampai akhir shalat si korban terus mengkhawatirkan mukenahnya, ribet, kesel, gerutu deh waktu shalat gara-gara kemerosotan mukenah.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Ngomongin Orang Di Sebelah
Mungkin anda pernah menemukan orang dengan kelakuan aneh waktu shalat.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)
Misal baca Al Fatihah dan bacaan shalat lainnya dengan suara yang kadang keras kadang pelan. Misal Attahiyatul . . .(ilang bacaannya) Shalawatusss. . .(ilang lagi) Assalamu alaika. . . (ilang lagi). Yang disebelahnya pasti gerutu dalam hatinya karena keganggu, sekalipun dia tidak nggerutu pasti dia nguping bacaan orang itu sampai dia sendiri lupa buat baca bacaan shalatnya. Belum lagi ada orang yang waktu Tahiyatul Akhir jarinya goyang-goyang pasti yang sebelahnya merhatiin dan bertanya-tanya dalam hati “apa coba maksudnya di goyang-goyang gitu telunjuknya pas Tahiyat”. . . . Nah kan lo jadi ngomongin orang pas shalat.

Gerutu Karena Shalatnya Lama Banget
Di mushalah atau beberapa masjid masih melesetarikan budaya sesepuh sebagai imam shalat, sehingga tiap hari shalat di pimpin oleh orang tua bahkan manula, ciri khas imam manula waktu memimpin shalat adalah lamaaaa banget, baca surat Al Fatihah menempuh waktu 15 menit lamanya, karena Tua/manula jadi ruku’nya tuh lama, dari ancang-ancangnya buat ruku’ sampai bangun dari ruku’nya itu penuh khitmat takut pinggangnya keseleo. Belum lagi pas bangun dari sujud ke takbiratul ihram rakaat selanjutnya, imam udah “Allaaaahu Akbar” sampai selesai terucap, tapi posisi imam itu sendiri belum sempurna berdiri, akhirnya makmum yang kuat dan lebih muda udah berdiri sempurna duluan duluin imam, kan gak boleh makmum duluin imam. Nanti pas kelar shalat beberapa makmum ngomong dah sama makmumnya yang lain “buseet shalat lama banget”. Pasti waktu shalat dia juga udah banyak ngeluh nih gara-gara imamnya terlalu Slowmotion.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Disebelah Bikin Ketawa
Gara-gara banyak pikiran waktu shalat, alam bawah sadar kita ngomong macem-macem waktu shalat, sehingga kadang ada yang lupa gerakan shalat. Harusnya dia Tahiyat Awal malah berdiri langsung, tanpa pikir panjang dia balik ngikutin imam. Orang yang sebelahnya pasti ngomong macem-macem atau bahkan tergelitik karena ulah orang disebelahnya yang lupa gerakan shalat. Kalaupun orang disebelah kanannya diem aja gak bereaksi pasti orang di sebelah kirinya ketawa, atau mungkin makmum dibelakangnya yang melihat langsung tuh orang salah gerakan juga gak khusu’ karena hal demikian.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Karaoke Gak Sengaja
Kalau yang pernah hidup di tengah perkampungan pasti pernah ngerasain hal ini. Biasanya letak tempat ibadah di perkampungan, pasti sebelahan sama rumah warga, Banyak juga mushalah yang berdiri di tengah-tengah permukiman warga. Sewaktu kita shalat di mushalah itu, baik shalat sendiri ataupun berjamaah. Saat sedang menjalani rukun ibadah shalat, tiba-tiba terdengar suara musik dari rumah sebelah yang ternyata lagi muter lagu kesukaan kita, atau lagu yang lagi HEPENING banget ! !. Musik pun berdendang, yang lagi shalat ngikutin liriknya tanpa sadar karena denger itu lagu, kebetulan lagu yang di puter dia kenal dan hapal liriknya. Dalam hati pasti dia karaoke tuh sambil shalat. nyanyi nyanyi kecil sampai lupa teriak “AMIIINNNN” ketika imam sudah melafadzkan “Waladhalliin”.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Surprise ! !
Ada beberapa lelaki yang takut menjadi imam shalat, jadi kalau shalat di mushala itu dia mojok atau kepinggir banget. Biar gak ada lagi orang yang tahu-tahu jadi makmum dan meminta dia jadi imam. Tapi namanya muslim yang baik, lebih mengutamakan shalat Jamaah, lagi shalat tuh orang yang gak mau jadi imam khawatir banget ntar ada yang nepuk punggungnya akhirnya dia shalat buru-buru, udah buru-buru eh ada aja yang nepuk. Walhasil dia ketakutan dalam hati, kaget karena dia terjebak dalam kondisi di suruh jadi Imam. Mau ngebatalin Shalat gak tahunya yang shalat di belakang dia udah ada lebih dari 5 orang dan sudah dalam keadaan khusu’ shalat.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)
Belum lagi kalau nepuknya pas Shalat Mahgrib, Isya atau Shubuh. Gak cuma mimpin gerakan shalat doang, si imam juga harus baca surat Al Fatihah dan surat pendek waktu Takbiratul Ihram dengan suara yang lantang dan keras sampai terdengar sama makmumnya. Gemeteran-gemeteran dah, tak sedikit lelaki yang gue temui melambaikan tangan namun masih dalam keadaan shalat, pas di tepuk pundaknya atau pas di tepuk dia bergeser menandakan dia gak mau jadi imam. Lucu kan ? lagi shalat nolak permintaan HEHEHEHE.

Kepikiran Hal Lain Dirumah
Lagi asyik nonton Final Piala Dunia antara Indonesia vs Argentina eh masuk waktu shalat. Mau gak mau berangkat menunaikan ibadah shalat terlebih dahulu. Mana pas Final, menit terakhir pula, pasti yang shalat kepikiran “udah berapa berapa yah skornya ??” atau suara komentator di Televisinya teriak-teriak karena banyak peluang buat goal, pasti yang shalat kepikiran “aduhhhh siapa tuh yak yang golin”. Atau pas berangkat ke mushalah/masjid kita galau mikirin rumah tadi udah di kunci atau belum, kompor tadi udah dimatiin apa belum yak ?, pasti semua hal ini terlintas waktu lagi shalat.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)

Karpet/Sajadah Bau Kaki
Ini biasanya mushalah yang ada di kantor atau di pusat perbelanjaan, yang letak mushalanya di lantai paling bawah banget sejajar dengan parkiran. Karena letaknya lebih dekat dengan parkiran, kadang tuh supir atau office boy yang males keluar lebih memilih untuk melangsungkan shalat di mushala ini. Dan gak cuma itu, mereka juga kadang tidur di mushalah ini. Tempat wudhunya becek banget, kesetnya udah basah karena puluhan kaki meperin kaki basahnya di keset yang sama dan nggak diganti-ganti. Kemudian kaki yang basah dan lembab berubah jadi kaki yang bau dan masuk mushalah, sehingga karpetpun dengan terpaksa menyerap aroma kaki yang bau karena basah dan lembab. Walhasil, karpet ikut bau kaki, kondisi demikian bisa membuat orang yang shalat tuh gak khusu’. Gimana nggak ?, lagi sujud pasti yang pertama terlintas di pikirannya “BUSETTTT BAU BANGET”, gue pernah lihat orang saking baunya tuh karpet dia sujud cepeeeet banget, sekelebat langsung bangun lagi, dengan harapan tuh shalat cepet selesai.

Derita di Raka’at Terakhir
Dalam shalat lo gak boleh buang angin, atau nanti shalat lo batal. Namun apa yang terjadi ketika kita mau banget kentut tapi udah masuk raka’at terakhir. Mungkin bagi beberapa orang merasa sedikit terganggu dengan keadaan seperti itu hingga kemudian langsung membatalkan shalatnya segera dan mengulang shalatnya dari awal lagi. Namun bagi orang yang pada dasarnya susah banget shalat kecuali kalau mood atau termotivasi, gejala nahan kentut itu di hadapi dengan sulit. Udah raka’at terakhir sebentar lagi selesai, tapi udah gak tahan lagi mau kentut, akhirnya sekuat tenaga nahan tuh kentut. Nahan sekuat tenaga dalam hati sambil mengucap “ayo tahan, tahan jangan keluar dulu jangan keluar dulu,,, aduuuh” lagi nahan kentut sekuat tenaga dan menghindari gerakan tiba-tiba eh tau tau masuk gerakan Ruku’.

Barang Di Kantong Jatuh
Kali ini shalat tanpa ganguan, orang didepan gak pakai kaos, semua pakai kemeja ataupun baju muslim, dan imamnya juga shalat gak terlalu lama. Tapi ketika ruku’ berlangsung tiba tiba barang yang ada dikantong baju kita jatuh semua ke tempat sujud. Dalam hati pasti bilang “aduhh” apalagi yang jatuh gadget terbaru, ditambah lagi kebetulan saat itu lagi gak shalat di karpet tapi diatas lantai keramik. Orang disebelahnya pasti melirik Kepo pengen tahu apa yang jatuh, tahu yang jatuh dari kantong itu ternyata gadget terbaru dalam hati yang sebelah bilang gini “ckckckck manteb !”. Namun kebanyakan kejadian dalam kasus ini adalah koin receh yang jatuh, kalau jumlahnya banyak pasti yang disebelahnya sibuk ngitung jumlah duitnya dan kalau sudah kelar ngitung jumlah logamannya dia bilang “yaah keren-keren logaman semua duitnya”. Kemudian yang punya logaman juga ngomong dalam hati “aduhh jatoh semua duit gua, ntar sebelah gue ngambil logaman gua nih” makanya pas selesai shalat dia buru-buru ngantongin logamnnya tadi.

Keseluruhan
Sial banget buat orang yang waktu shalat, kepikiran tadi dikantor lupa matiin laptop mana di laptop ada video pribadi dia, khawatir mikirin “aduuh laptop belum dimatiin tadi, ntar temen kantor liat-liat laptop gue dah” panik banget mana yang jadi imam merbot masjid kantornya yang berumur 89 tahun shalatnya tuh lamaaaaaa banget. Tiba-tiba didepan tuh orang kantor ada makmum yang shalat pakai kaos ada tulisan dibelakangnya, tulisannya cabul pula, orang kantor tadi baca sampai nyengir-nyengir sendiri. masih melihat makmum dengan kaosnya yang cabul masuklah waktu Ruku’, orang yang pakai kaos ini salah gerakan pula, harusnya ruku dia malah teriak “AMIIIIIINNNNNNN !!!”, akhirnya dia buru-buru Ruku karena malu ketahuan salah gerakan shalat. Karena buru-buru waktu Ruku pecinya jatoh, pecinya bunder, kaku, warna putih jadi gelinding kedepan pas jatoh. Si orang kantoran merhatiin pecinya gelinding ke depan sambil menahan ketawa sampai kebelet kencing, imamnya masih lama banget jadi mau gak mau dia nahan kencing karena geli ketawa tapi ditahan waktu shalat.
Hal Umum Yang Bikin Shalat Kita Kurang Khusyu' (nggak ada dibuku agama)


sumber
blog ane
Halaman 1 dari 3
iyee sih gan , apalagi terkadang suka nongol tuh pas shalat hal yg tadinya ane lupa malah jadi keinget pas shalat , Ga khusyuk dah tu jadinya emoticon-Hammer2
ahahahaa, emang gda di buku agama kelas 6 sd nih
nice post gan emoticon-2 Jempol
Godaan terbesar yg sering ane alamin.... Kepikiran sesuatu gan saat sholat....
Godaan setan bener deh
Kocak bahasanya ente gan emoticon-Ngakak
Tapi emang bener sih itu emoticon-Hammer2
Huahahaha,
ane ketawa gan...

Bikin Thread Jokes Lucu ttg Shalat gan.
Ada yg bilang, klo kelupaan sesuatu, SHALAT deh.
Pasti Ketemu !!!

Quote:


emoticon-Ngakak (S) masa iya gan ada yang ditepuk malah geser emoticon-Ngakak (S)
ini sih ngawur semua gan
..klo dah niat ya niat lah
nice trit gan emoticon-2 Jempol
kalo ane biasanya karena banyak yang dipikirin emoticon-No Hope
Klo lagi tarawih surat yang di baca panjang banget emoticon-Big Grin
Bacaan panjang pas tarawih atau sholat subuh
Hahahaha point ngomongin orang dalam hati itu bener banget gan.. emoticon-Embarrassment
emoticon-Hammer (S) tau bgt yg no 1
kalo kutbah jumatan, para bocah malah main gambreng emoticon-Cape d... (S)
sorry yaaak kalau agak berantakan...thread pertama jadi masih kaya bocah banget yang ingusan bedaknya berantakan ..
kalo bole minta rated kalo gak bole kenalan aja juga gpp emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh celanaman
ijin nyimak dl gan emoticon-Smilie
Quote:


asaal jangan baca threadnya pas shalat gan emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

nggak ada itu mah di thread gue,,
ada anak kecil lari2 di sepanjang shaf gan,ane pernah batal sekali gara2 gitu emoticon-Cape d...
Quote:


lebih sering mah nyampah, bikin pesawat2an pake buletin Jumat..kesian DKM nyedian buletin buat dibaca malah jadi kreasi anak anakemoticon-Sorry
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di