CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
BCA menolak bertanggung jawab atas kelalaian karyawannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5372d0f9bccb1734048b45e0/bca-menolak-bertanggung-jawab-atas-kelalaian-karyawannya

BCA menolak bertanggung jawab atas kelalaian karyawannya

BCA menolak bertanggung jawab atas kelalaian karyawannya

Pada tanggal 1 April 2014 (Selasa) saya bermaksud melakukan pembayaran kartu kredit BNI yang sudah jatuh tempo pada tanggal 29 Maret 2014 (Sabtu), karena sudah menyadari bahwa saya sudah terlambat melakukan pembayaran, saya menghubungi pihak BNI dan diinformasikan apabila saya melakukan pembayaran di hari Selasa tersebut, maka denda dan keterlambatan tidak akan dikenakan (karena Senin tanggal 31 Maret 2014 libur). Masalahnya adalah saya ada karyawan kantoran sehingga dan tidak dapat datang ke BNI untuk melakukan pembayaran, oleh karena itu saya coba menghubungi Halo BCA (500888) dan menanyakan apakah ada cara dari BCA untuk melakukan pembayaran kartu kredit BNI yang masuk secara online, diinformasikan oleh bapak P dari Halo BCA bahwa ada caranya, yaitu melalui ATM BCA menu pembayaran kartu kredit itu online, tidak melalui kliring secara pembayaran tersebut akan masuk secara online.
Sekitar pukul 12 siang saya melakukan pembayaran kartu kredit BNI dari ATM BCA, namun alangkah terkejutnya saya melihat adanya denda keterlambatan yang dikenakan oleh BNI pada tagihan di bulan April. Saya melakukan pengecekkan terhadap pembayaran yang saya lakukan dan tercatat di tagihan BNI bahwa pembayaran tersebut masuk di tanngal 3 April 2014. Saya coba menghubungi BNI mengenai masalah ini dan diinformasikan memang pembayaran dari BCA masuk di tanggal 3 April 2014 karena pembayaran tersebut masuk ke dalam proses kliring, bukan secara online.
Saya kembali menghubungi Halo BCA dan menanyakan masalah ini, dan diinformasikan bahwa memang tidak ada pembayaran kartu kredit yang online dari BCA, berarti di sini saya telah dirugikan dengan informasi yang salah sebelumnya, karena itu saya minta pihak BCA untuk mengecek rekaman pembicaran saya dengan CS sebelumnya dan menanyakan apabila saya terbukti benar apa tanggung jawab dari BCA yang bisa dilakukan. Jawaban yang saya terima sungguh mengecewakan yaitu tidak tahu dan tidak bisa dijanjikan.
Hari ini, tanggal 13 Mei 2014, saya akhirnya dihubungi dari Halo BCA oleh pak D yang menginformasikan bahwa BCA sudah meakukan pengecekkan terhadap rekaman telepon saya dan MENGAKUI BAHWA ADA KESALAHAN INFORMASI DARI BCA mengenai masalah ini. BCA berjanji akan melakukan tindakan tegas terhadap karyawannya yang salah menginformasikan kepada saya NAMUN MENOLAK UNTUK BERTANGGUNG JAWAB kepada saya yang sudah dirugikan secara finansial karena harus membayar denda keterlambatan. Jujur saja saya sangat kecewa dengan BCA yang notabennya sudah memiliki nama besar namun ternyata tidak mau bertanggung jawab atas kelalaian karyawannya.

Kemarin saya sudah masukkan SP ini ke detik.com, tapi masih menunggu review dari detik.com, moga2 cepet dipublish supaya semua orang tahu adanya resiko ini. Ingat yang saya permasalahan di sini bukan dimana saya telat membayarnya, tapi seperti yang sudah saya BOLD, yaitu tidak adanya tanggung jawab dari BCA atas kesalahan yang sudah diakuinya! Masalah saya sudah telat bayar di BNI itu adalah kesepakatan di antara saya dengan BNI, bukan urusan BCA mengenai hal saya sudah terlambat atau tidak, urusan BCA hanyalah mengenai masalah salah informasi yang diberikan dan apa tanggung jawabnya terhadap hal tersebut!
Diubah oleh Cio2008
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
pertamax gan

emoticon-Turut Berduka
kalo menurut gw sih gak ada salah dari info CS nya, cuma kurang lengkap aja. hal yang seharusnya semua pemengang kartu kredit sudah tau jadi gak dijelaskan lagi.
dimana2 pembayaran tagihan kartu kredit di bank lain, mau online, mupun atm emang 3 hari baru masuk.

dari cerita TS sih menurut gw kan gak ada informasi yang salah. TS bisa melakukan pembayaran online di inet banking BCA.

EDIT : setelah baca yang bener, saya ralat komentar saya diatas. apabila benar seperti cerita TS berarti emang karyawan tersebut melakukan kesalahan misinformasi. sayangya TS bakal sulit untuk memberikan bukti untuk asus ini agar layak sensor rules SP.

gw emang kebiasaan suka baca sekilas doang hehe. harap maklum.
Diubah oleh pitbull
Quote:


Makanya gua ga bisa kasih bukti, gimana caranya kalo rekaman gini haha... Tapi apa yang katakan di sini semua fakta (tetep gua ga bisa buktiin), dan setelah gua call BNI malah si BNI mau langsung apusin denda keterlambatan dan bunga nya...
Abis gimana lagi gua mau bikin surat pembaca kalo kasusnya seperti ini kan... Toh di kata2nya gua juga yang penting ga bersifat menjelek2an dan mengajak orang2 untuk tidak memakai jasanya, cukup tahu pengalaman gua aja kalo ada kasus misinformasi seperti ini.
Quote:

BNI mau hapusin denda dan bunga, clear?

Quote:


BNI mau ajukan karena diliat pembayaran gua selama 5 tahun ga pernah bermasalah, tapi blon diapusin nunggu 7 hari kerja, gua ga anggep ini clear karena gua pengennya si BCA baca ini dan bisa perbaikin SOP nya die kalo ada kasus begini karena yang dirugikan itu nasabah, masa die lebih rela ilang reputasi nama daripada uang denda yang ga seberapa itu. Gua ga masalahin duit yang keluarnya tapi tanggung jawabnya BCA nya yang gua liat ga ada itikad baik untuk bertanggung jawab.
paling gak TS minta bank tsb minta maaf secara tertulis dah.
Setau ane sih gan, jika melakukan pembayaran kartu kredit seperti agan akan jatuh 2 atau 3 hari ke bank yang dituju...soalnya ane juga udah pernah ngalami hal yang sama di Bank Mega dengan membayar tagihannya di atm Bank BCA ( tapi belum jatuh tempo ketika itu ).

ane juga dapat saran dari Call center Bank Mega, jika pembayarannya langsung online lebih baik pilih menu transfer kemudian tekan nama Bank ( Kode Bank ) lalu nmr kartu kreditnya gan...itu langsung online kurang lebih 5 menit langsung terbayarkan kartu kredit agan..

Kalo sudah seperti ini agan udah kena denda + BI Cheking juga kena gan...

Mungkin ada tambahan lainnya dari yang lain..
Quote:
barusan gw mau posting baru keingat, kalo pake cara ini "konon" katanya langsung masuk. tapi gw gak pernah coba, mending cari aman aja bayar 3 hari atau lebih dari sebelum jatuh tempo.

Quote:

Pembayaran CC BNI tidak bisa lewat transfer bank via atm secara langsung (atm bersama). Kalo bisa ane udah jalanin dari dulu daripada kena charge Rp 7500 bayar pakai mandiri/bca, lumayan kan buat beli ketoprak emoticon-Hammer (S)

Buat TS, lain kali kalo mau tanya pembayaran gini perlu tanya di 2-2nya (bank
penerbit cc dan penerima pembayaran)

Telat bayar itungan hari ga masuk BI checking, cuma nyesekin memang fee keterlambatannya emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh teke29
Quote:

gw juga punya kebiasaan suka OOT dan nimbrungin komentar agan pitbull doang hehe. harap maklum.
Diubah oleh arnold.02
Quote:

Gan..., saya minta maaf secara tertulis karna suka OOT dan nimbrungin komeng agan ya. emoticon-Malu (S)
Quote:


Ini gua yang bold gua uda tanya ke 2 bank yang bersangkutan bro, makanya gua jengkel banget ama BCA. Dan postingan di atas udah gua ingatkan juga, gua ga masalahin telatnya, tapi misinformasinya si BCA itu, gua tau kalo trx dari bank lain memang harusnya masuknya ke kliring, tapi si BCA kasih gua opsi ada yang opnline dan gua udah berkali2 nanya ke mereka "yakin?" dan si BCA bilang "iya" makanya gua tantang cek rekaman, dan terbukti die sudah akui die salah, tapi ga mau bertanggung jawab.

Kalo gua sich pengennya liat die ada itikad baik aja, surat permintaan maaf boleh, or kasih gua service di BCA kayak voucher belanja juga boleh, yang jelas gua pengen liat SEKEDAR ITIKAD BAIK dari BCA bagaimana dia bertanggung jawabnya.
dari bank yang berbeda bila memang pembayaran kartu kredit adalah 3 hari kerja

karena beda bank

1. TS kenapa bayar mepet"
2. karena ada hari libur maka mungkin tidak dihitung sebagai hari kerja
3. apakah ini baru pertama kali bayar melalui BCA?
4. selama ini metode bayar nya gimana? dan apakah memang terbiasa mepet mepet?
Quote:

yg dibold, ente cuma tanya masalah pembayaran online ini ke bca, ga tanya ke cc penerbit pembayaran lewat mana yg bisa langsung masuk selain lewat teller si bank penerbit (bni). Kalo ente tanya juga ke bninya, ane yakin ente ga bakal bayar lewat bca.

Pengertian tanggung jawab ente dengan pihak bca berseberangan, ente minta sesuatu, pihak bca akan menindak cc yg salah kasih informasi. Ada di bold di bawah

Quote:


Quote:


1. Alasannya simple, gua lupa. Dan ini gua call ke BNI di hari selasa itu makanya, dan diinfokan bisa ga kena denda kan.
2. Yup.
3. Yup.
4. Selama ini mah gua bayar biasa pas gua gajian which is tgl 26 tiap bulannya dan ga pernah kena denda.

Quote:


Gua tanya ke bank penerbit, kalo dari BNI kasih tau suruh bayar ke teller BNI, makanya gua uda ceritain kan gua ga bisa ke BNI karena gua karyawan kantoran dan ga ada ATM BNI, makanya gua call BCA nanya apakah ada yang online.

Betul, BCA akan menundak cs yang salah kasih info, tapi itu kan ga ada impact langsung ke gua, tetep aja istilahnya gua uda dirugikan karena kesalahan csnya kan. Ibaratnya gini, kalo kita digigit anjing tetangga, trus tetangga bunuh anjingnya, apakah kita puas dengan itu? Kalo gua, gua pengennya diobati luka akibat gigitannya.
Quote:

bukan nya BNI akan menghapus denda dalam 7hari kerja??
atau agan ingin BNI hapus denda+BCA ganti rugi denda yang sudah akan dihapuskan? emoticon-Cape d... (S)


*agan digigit anjing tetangga, luka agan diobati oleh tetangga depan rumah, terus tetangga yang punya anjing ngaku salah dan dan meminta maaf. clear?

Diubah oleh rp.1000000
Quote:


BNI akan menghapus denda itu jika disetujui pengajuannya, dan gua ga pernah minta ini ke BNI, BNI sendiri yang inisiatif ini, menurut gua BNI ga salah dan sebenernya ga perlu bertanggung jawab atas masalah ini. Gua ga pernah minta dobel ganti rugi ke BNI dan BCA, gua cuman minta BCA tanggung jawab, misal mengirim surat ke BNI mengakui adanya kesalahan itu dan bersedia menanggung denda itu.

Quote:


Yup, betul, tanggung jawab seperti itu yang gua cari.
Apakah tanggung jawab semacam ini menurut agan keterlaluan dan ga masuk akal?
Diubah oleh Cio2008
Quote:

kok jadi aneh ya? emoticon-Bingung (S)
BNI aja gak keberatan loh untuk hapus denda agan, tapi kok agan malah ngotot harus BCA yang tanggung jawab?emoticon-Bingung (S)


Quote:

kayaknya gagal paham, saya perjelas ya,
Quote:

menurut agan clear gak?
Quote:


Jelas gua ngotot ke BCA yang HARUSNYA tanggung jawab donk, emangnya agan akan fine2 aja ama pihak yang udah nonjok agan walopun agan diobatin ama orang laen? Sekalipun luka agan sembuh berkat orang laen itu, tapi yang nonjok agan tuh tetep berkeliaran dan ga merasa perlu tanggung jawab ke agan loh.

Apa logika gua salah? Teman-teman yang laen ada yang sependapat ama agan rp ini? Boleh coba dijelaskan dengan lebih detil dimana salahnya logika gua???

Quote:


Emang menurut agan kalo yang ngobatin luka itu tetangga depan rumah, sementara si tetangga sebelah kiri yang anjingnya gigit agan CUMAN minta maaf TAPI GA MAU ngobatin lukanya itu fine2 aja?
Diubah oleh Cio2008
Quote:


emang BCA nonjok agan? emang BCA sengaja kasih info yang salah ke agan? emoticon-Bingung (S)
ayolah, itu ketidak sengajaan, kalau ada yang sengaja tonjok ane ya bakal panjang masalahnya. emoticon-Ngakak (S)

gak ada yang salah dengan logika nya, cuma logikanya aneh aja, sesuatu yang simple dan bisa dianggap selesai tapi dibikin ribet dan panjang, kayak sinetron aja. emoticon-Ngakak (S)


Quote:

ane akan anggap selesai, toh pemilik anjing udah ngaku salah dan minta maaf kok. ngapain dibikin panjang dan ribet?
emang akan berbeda gitu kalau pemilik anjing nya yang ngobati? langsung sembuh gitu?emoticon-Bingung (S)
Halaman 1 dari 3
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di