alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/536eb4a78907e7e6108b459d/mengenal-lebih-dekat-penyakit-quotkanker-ovariumquot
icon-hot-thread
Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"
Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"
Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"
Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"
Apa Sih Kanker Ovarium Itu ? emoticon-Bingung (S)
Quote:
Kanker ovarium mengacu pada adanya pertumbuhan sel-sel asing yang berbahaya pada beberapa bagian dari ovarium. Ovarium adalah organ reproduktif wanita, dimana sel telur berkembang. Umumnya kanker ovarium diklasifikasikan sebagai epithelial dan tumbuh dari permukaan ovarium. Jenis lain dari kanker ovarium tumbuh dari sel telur (tumor sel germinal) atau sel-sel pendukung (tumor stroma).


Seberapa Umumnya Kanker Ovarium Terjadi ?
Quote:
Kanker Ovarium menempati posisi ke-5 teratas kanker yang paling umum terjadi pada wanita di Singapura. Berdasarkan data Singapore Cancer Registry Annual Registry Report, pada tahun 2007 hingga 2011 saja tercatat 1.506 kasus terdiagnosa kanker ini. Kanker tipe ini merupakan kanker pada alat reproduksi wanita kedua yang paling umum terjadi.
Spoiler for Maaf Rada BB+:


Usia Serangan
Quote:
Kanker pada epitel ovarium umumnya menyerang wanita berumur, walaupun tetap bisa terjadi pada wanita muda. Kanker sel germinal pada ovarium lebih sering terjadi pada wanita muda.


Apa Penyebabnya ?
Quote:
Faktor resiko yang terkait dengan kanker ovarium meliputi:
  • Kehamilan di usia lanjut
  • Siklus menstruasi seringkali datang lebih awal
  • Masa menopause datang terlambat
  • Tidak pernah melahirkan-memiliki riwayat kanker payudara
  • Faktor keturunan/genetic
  • Endometriosis


Kanker ovarium terjadi pada anggota keluarga yang memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker endometrial (misal kelainan gen BRCA) atau resiko tinggi terkena kanker endometrial, kanker kolorektal disamping terkena kanker ovarium (Sindrom Lynch). Pada wanita yang memiliki saudara kandung perempuan atau ibu dengan kanker jenis ini, resiko terkena kanker ovarium meningkat hingga 20 kali lipat. Kanker ovarium juga terjadi pada keluarga dengan riwayat kanker payudara dan kanker usus. Ada bukti-bukti yang menunjukkan bahwa gen-gen tertentu dapat menyebabkan terjadinya kanker jenis ini.


Apa Saja Gejalanya ?
Quote:
Kanker Ovarium jarang sekali menunjukkan gejala. Gejala baru timbul saat kanker sudah memasuki stadium akhir.

Gejala-gejala yang timbul meliputi:
  • Bagian perut membengkak dan menjadi sangat tidak nyaman
  • Merasa kembung
  • Gangguan pencernaan, kandungan gas tinggi atau mual yang berkepanjangan
  • Perubahan kebiasaan usus, seperti terjadinya konstipasi
  • Hilangnya selera makan
  • Sakit punggung


Bagaimana Cara Mendiagnosanya ?
Quote:
TES DARAH CA 125

Quote:
CA 125 merupakan protein yang terdapat pada permukaan sel kanker ovarium dan beberapa jaringan sehat. Kandungan CA-125 meningkat sekitar 80% pada pasien yang terkena kanker ovarium epithelial. Akan tetapi metode ini tidak terlalu akurat untuk mendiagnosa kanker ovarium karena protein CA-125 juga dapat meningkat dalam kondisi non-kanker, seperti saat terjadi endometriosis dan radang usus buntu.


PEMERIKSAAN PELVIK
Quote:
Dokter memeriksa permukaan vulva, uterus serta ovarium untuk mencari perubahan abnormal.


X-RAY DADA
Quote:Diagnosa ini membantu untuk mendeteksi apakah bagian tubuh yang lain seperti paru-paru, juga telah terkena kanker.

SCAN ULTRASOUND
Quote:
Ada kemungkinan perlu dilakukan pemeriksaan dengan transvaginal ultrasound, dengan memasukkan alat ultrasound ke dalam vagina. Pemeriksaan juga dapat dilakukan melalui pemeriksaan ultrasound eksternal di mana alat ultrasound diletakkan di atas perut. Gambar yang dihasilkan kemudian akan menunjukkan ukuran serta tekstur dari ovarium Anda, sekaligus kista yang mungkin ada.


SCAN CT ATAU SCAN MRI
Quote:
Pemindaian visual pada bagian perut, dada dan pelvik ini dapat membantu untuk mendeteksi tanda-tanda terjadinya kanker pada bagian tubuh yang lain.


BEDAH ATAU BIOPSI

Quote:Pada dasarnya metode ini adalah metode pembedahan atau biopsi yang diperlukan untuk membuktikan bahwa sel yang didiagnosa adalah kanker dan berasal dari ovarium.


Pengobatan Kanker Ovarium
Quote:
Untuk menentukan tingkat penyebaran kanker, perlu dilakukan bedah eksploratif atau penahapan. Pada prosedur ini, dokter akan memeriksa peritoneum, yaitu lapisan dalam pada perut. Cairan yang ada dalam bagian perut tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk dipelajari dengan menggunakan mikroskop. Disamping menentukan stadium kanker, tujuan dari pembedahan adalah untuk mengangkat kanker sebanyak mungkin. Pada umumnya prosedur ini juga mengangkat ovarium, uterus dan kantung-kantung getah bening disekitarnya.

Pengobatan tambahan setelah pembedahan ditentukan sesuai dengan stadium kanker, tingkatan kanker, dan jenis kanker.

Untuk jenis kanker pada tahap dini dan tipe non-agresif, pengobatan lanjutan umumnya tidak diperlukan. Untuk kanker yang sudah ada di tahap lanjut dan merupakan tipe kanker yang agresif, kemoterapi merupakan pilihan pengobatan terbaik.


Sekian dulu gan tentang Kanker Ovarium emoticon-Toast

Sumber
Quote:Sumber :cendols


Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"
Klik Gambar Untuk Menuju Markas Kami

Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"
Tambahan Dari Kaskuser
Quote:Original Posted By sfsiddiq
ini kan ane baca barusan nih gan
ane nambahin ya
3 jenis kanker ovarium,

1. Tumor epitel primer (tumor serosum, tumor musinosum, kanker endometrioid, tumor
sel jernih, tumor brenner, karsinoma diferensiasi). Jenis tumor dengan insiden yang
terbanyak sekitar 85 96, lebih banyak terjadi pada umur 50 tahun atau lebih.

2. gell cell tumor (dysgerminoma, tumor sinus endodermal, karsinoma embrional,
koriokarsinoma, teratoma). Lebih banyak terjadi pada wanita muda atau anak-anak.

3. sex-Cord stromal tumor (tumor sel granulosa, androblastoma, ginandroblastoma,
fibroma).

sumber :kanker ovarium


Quote:Original Posted By reynbellagio
emoticon-Takut serem juga ya gan, bagus infonya buat ane share ke temen2 ane emoticon-Jempol

sedikit info yg berhubungan dengan alat reproduksi wanita gan, pejwan kalo berkenan emoticon-Big Grin
Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"
Quote:Original Posted By .kunka.
MANFAAT PAP SMEAR BAGI KESEHATAN REPRODUKSI

Mengenal Lebih Dekat Penyakit "Kanker Ovarium"Kanker mulut rahim atau leher rahim atau di kenal dengan istilah kedokterannya kanker serviks merupakan jenis kanker yang sering terjadi pada wanita dan juga merupakan penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Untuk dapat mendeteksi kanker serviks tersebut maka perlu melakukan pemeriksaan pap smear.

PAP SMEAR adalah pemeriksaan untuk mendeteksi gejala kanker serviks secara dini. Dengan melakukan pemeriksaan pap smear setiap tahun, jika ditemukan adanya kanker serviks baru pada tahap awal sehingga kesempatan untuk sembuh lebih besar. Artinya semakin dini penyakit kanker serviks diketahui maka semakin mudah menanganinya.

Pemeriksaan Pap smear sangat sederhana, tidak sakit, mudah dikerjakan, memerlukan waktu tidak lebih dari 10 menit. Pap Smear merupakan tes yang aman dan murah dan telah dipakai bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim. Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan setiap tahun.

Pemeriksaan Pap smear secara teratur telah menyelamatkan jiwa jutaan wanita di seluruh dunia dari kanker serviks. Kebanyakan wanita yang terkena kanker serviks adalah mereka yang belum pernah atau tidak teratur menjalani Pap smear.

Penelitian dari Swedia, menunjukkan bahwa perempuan yang melakukan pap smear secara rutin cenderung lebih bisa selamat jika mereka terdiagnosa kanker serviks, bila dibandingkan dengan perempuan yang memiliki kanker serviks yang terdeteksi dari gejalanya. Diagnosa kanker serviks setelah melakukan rutinitas pap smear meningkatkan angka kesembuhan dari 66 % ke lebih dari 90 %. Pada hampir 400 perempuan yang meninggal karena kanker serviks, 75 % tidak pernah menjalani tes pap smear.
MANFAAT PAP SMEAR :


Manfaat pemeriksaan pap smear adalah untuk :

Pemeriksaan skrining adanya perubahan sel ke arah keganasan secara dini sehingga kelainan prakanker dapat terdeteksi serta pengobatannya menjadi lebih murah dan mudah
Menentukan proses peradangan akibat infeksi kuman, jamur, parasit maupun virus
Mengetahui adanya sel kanker leher rahim
Interprestasi kondisi hormonal wanita

SIAPA SAJA YANG SEBAIKNYA MELAKUKAN PAP SMEAR ?

Beberapa faktor resiko bagi wanita yang perlu melakukan pemeriksaan pap smear ini adalah :

Pernah melakukan hubungan seksual
Memiliki riwayat hubungan seksual dengan beberapa pasangan
Mempunyai riwayat penyakit menular seksual seperti herpes, GO, chlamidia, dll
Di keluarga mempunyai riwayat penyakit kanker serviks.
Adanya infeksi Human Papilloma Virus (HPV).
Memiliki banyak anak
Sebagai perokok baik aktif maupun pasif, karena zat nikotin serta racun lain yang masuk ke dalam darah melalui asap rokok mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya tumbuhnya sel-sel abnormal pada rahim.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT MELAKUKAN PAP SMEAR ?

Waktu untuk melakukan tes pap smear adalah setiap saat di luar masa haid. Waktu yang paling tepat melakukan Pap smear adalah 10-20 hari setelah hari pertama haid terakhir. Panduan dari American Cancer Society merekomendasikan bahwa pemeriksaan untuk kanker serviks dimulai tiga tahun setelah seorang perempuan aktif secara seksual, namun tidak sebelum berusia 21 tahun. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (1989) dalam Feig (2001), merekomendasikan setiap wanita menjalani Pap Smear setelah usia 18 yahun atau setelah aktif secara seksual. Sebelum pemeriksaan Pap smear dianjurkan untuk tidak melakukan pencucian vagina dan melakukan berhubungan seksual 1-2 hari sebelum pemeriksaan.

sumber : www.dokterkuonline.com

Quote:Original Posted By ovonelpotpal
Masyarakat umum yang penting dikasih tau cara pencegahannya. Cara diagnosis gak tlalu penting

Soalnya pengobatan alternatif banyak yg periksa ca-125 padahal pd gak ngerti. Sampai kanker serviks jg diperiksa, harusnya dituntut jg. Banyak yg parah atau stadiumnya naik krn telat datang.

Skrinning ca ovarium sulit dilakukan krn modalnya cuman usg, petanda tumor, sama pemeriksaan fisik.
Taunya kista ovarium atau tumor padat ovarium itu ganas atau tidak cuman dari operasi.

Pencegahannya gimana? Cari tahu faktor resikonya.
Kontrol ke dokter meskipun gak ada keluhan, krn penyakit kandungan awalnya gak ada keluhan. Tiap berapa tahun?ask the doctor.
Kalau ada anggota keluarga yg kena pada usia muda, ada kemungkinan mutasi gen, bisa diturunkan, hati!! Gimana pencegahannya? Ask the doctor, enak aja gratisan terus


Kapan dicurigai ganas? Saya gak jabarin disini.

Apakah semua kista ovarium ganas? Gak

Kapan harus dioperasi? Gak saya jabarin disini

Apa kista ovarium harus operasi? Gak
Hati2 Sama alternatif bilang bisa sembuhin sakit kista. Kalau kistanya kecil bisa sembuh sendiri, tp tetap harus observasi ke dokter.




Tambahan Dari Moderator
Quote:Original Posted By makankamus
ada yang perlu ditambahkan, salah satu penyebab utama kejadian kanker serviks uteri adalah infeksi dari Human Papilloma Virus (HPV).

di sini belum dibahas mengenai pencegahan ya? kalau begitu saya tambahkan karena "mencegah lebih baik daripada mengobati"

pecegahan primer : dapat dilakukan dengan menghindari diri dari faktor2 risiko yg dapat menyebabkan kanker, dalam hal ini kanker serviks. informasi dan program pendidikan kesehatan/penyuluhan yang menekankan pada perilaku hidup sehat untuk mengurangi atau menghindari faktor resiko, seperti melakukan hubungan seksual di usia dini kurang dari 20 tahun, sering melahirkan, merokok, dll seperti yg juga telah disebutkan TS perlu diberikan dan diketahui masyarakat. dan terima kasih buat TS yg telah membuat thread ini sehingga bisa mengedukasi kaskuser lain emoticon-Smilie

pencegahan sekunder : dapat dilakukan dengan deteksi dini dan skrining kanker serviks, yg bertujuan untuk menemukan kasus-kasus dini sehingga kemungkinan penyembuhan dapat ditingkatkan.
ngeri juga ya, merinding bacanya

Nah, sayangilah wanita
menopause datang telat mahal bahaya y emoticon-Belo
nais info gan.
supaya kita semua selalu waspada terhadap gejala2nya yak emoticon-Matabelo

mencegah lebih baik daripada mengobati emoticon-Angkat Beer

Quote:
DILIAT BOLEH, DIPEGANG JANGAN!!
ngeri sekali..emoticon-Takut (S)
untung ane cowok..emoticon-Big Grin
tambahin lagi gan gambarnya..emoticon-Rate 5 Star
share jg makanan yg bisa mengurangi atau pola hidup yg jg mengurangi kemungkinan terkena kankernya gan.. ngeri jg kalau2 orang terdekat ane kena penyakit kya gitu.. emoticon-Takut
Pencegahannya begimana ya gan ?
Quote:Original Posted By dapegan
supaya kita semua selalu waspada terhadap gejala2nya yak emoticon-Matabelo

mencegah lebih baik daripada mengobati emoticon-Angkat Beer



nah betul tuh..emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By barunemu
ngeri sekali..emoticon-Takut (S)
untung ane cowok..emoticon-Big Grin
tambahin lagi gan gambarnya..emoticon-Rate 5 Star

paling banter ente kena gonorhoea atau raja singa gan, nyantai aja gan emoticon-Ngakak (S)

dari kanker payudara ke kanker ovarium emoticon-Takut (S)



Posted by ngadurat
pejwan dlu ya
baru dibaca
serem banget ini bro
nais ser gan
kalo kena kanker ovarium jadi gak bisa punya anak ya sis?
Quote:Original Posted By kris12
kalo kena kanker ovarium jadi gak bisa punya anak ya sis?


iya bisa di bilang begitu gan emoticon-Cendol (S)
Semoga kita selalu bisa mengambil tindakan preventif untuk penyakit apapun ya gan, khusunya penyakit kanker ovarium, nice share gan, nanti ane kasi liat bini ane juga yah... emoticon-2 Jempol
refrensi ni, harus lebih peka sama gejala2 nya emoticon-Matabelo
ga bisa punya anak ya emoticon-Matabelo
emoticon-Takut (S)
closedemoticon-Cendol (S)