alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/536a33bd9acf17f00f0001bc/berbagai-mitos-dan-fakta-seputar-menstruasi-cari-tahu-kebenarannya-disini-yuk-gan
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!



emoticon-cystg Halo juragan, ane mau share tentang mitos dan fakta seputar menstruasi emoticon-cystg

Kalau bermanfaat, boleh di bintang-lima-in
emoticon-Maaf Agan
gak repost

Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Quote:
Agan pasti pernah dapet Broadcast tentang mitos-mitos seputar menstruasi?

Kalau buat yang cowok mungkin diabaikan aja, tapi buat yang cewek pasti bertanya-tanya benar atau gak nya emoticon-Ngakak (S)

Nah, supaya ente tidak terus-menerus terjebak dalam mitos-mitos yang salah, simaklah mitos dan fakta seputar menstruasi berikut ini.

Cekidot emoticon-cystg



Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!



Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Minum soda mempercepat menstruasi?

Banyak orang yang percaya kalau mengonsumsi minuman bersoda saat menstruasi dapat mempercepat menstruasi, betulkah?

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa minuman bersoda dapat memperlancar menstruasi, karena lancarnya proses menstruasi dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikis. Pada dasarnya soda hanya bisa membuat seseorang merasa lebih segar.

Namun, mengonsumsi minuman bersoda yang rutin dalam jangka panjang justru harus diwaspadai karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh, mempengaruhi keseimbangan hormon dan dapat mempengaruhi siklus menstruasi.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Minuman dingin memperlambat menstruasi?

Mitos ini tidak benar. Mengonsumsi minuman dingin sama sekali tidak berpengaruh dengan siklus menstruasi, karena siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Ketika hormon seorang wanita tidak seimbang, menstruasinya bisa tidak teratur.

Faktor lainnya yang mempengaruhi teratur atau tidaknya menstruasi adalah faktor fisik seperti kelelahan, stres dan penyakit.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Tidak boleh keramas saat menstruasi?

Ente mempercayai mitos ini? Terbayang bagaimana lepeknya rambut ente selama mentruasi karena tidak boleh mencuci rambut.

Padahal, pada saat menstruasi semua wanita harus menjaga kebersihan tubuh dengan optimal, mulai dari kebersihan tubuh dan rambut.
Malah, ketika sedang haid disarankan mandi atau keramas dengan menggunakan air hangat ampuh meredakan kram perut.

Mencuci rambut saat menstruasi tidak akan mengakibatkan gangguan menstruasi apapun malah dapat membuat rasa nyaman dan santai karena bersih dan wangi.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Dilarang berenang saat menstruasi?

Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi sebenarnya tidak dilarang.

Tetapi karena pada saat menstruasi kontraksi otot perut sedang sangat intens, maka sangat mungkin terjadi kram otot. Jika hal ini terjadi, segeralah berhenti berenang.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Jangan olahraga saat sedang menstruasi?

Olahraga bukanlah hal yang buruk saat ente sedang haid. Bahkan beberapa orang mengalami mood yang lebih baik serta tubuh yang lebih nyaman ketika berolahraga di hari haid.

Pilih saja olahraga-olahraga ringan yang akan membuat ente jadi lebih nyaman dan tidak terlalu memforsir energi.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan?

Secara medis pembalut merupakan sarana yang membantu seseorang agar tetap bersih dan tidak lembab selama menstruasi.

Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi atau iritas. Ini dikarenakan sensitivitas dari organ kelamin setiap orang berbeda-beda.

Karena itu disarankan agar setiap menstruasi mengganti pembalut sesering mungkin (idealnya setiap 4 jam).


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Perempuan remaja yang belum menstruasi tidak dapat hamil?

Mitos ini sangat kuat melekat di masyarakat, padahal pernyataan ini tidaklah benar. Kehamilan itu berkaitan dengan ovulasi (matangnya sel telur).

Beberapa remaja bisa saja mendapatkan menstruasi sebelum masa ovulasi, bersamaan saat tubuh beradaptasi dengan tingkatan hormon. Tapi beberapa remaja lainnya ada yang mengalami ovulasi terlebih dahulu sebelum menstruasi. Jadi bisa saja terjadi kehamilan sebelum mendapat menstruasi pertama.

Bila siklus haid sudah berlangsung, yaitu saat memasuki usia akil baligh maka sel telur sudah dipersiapkan setiap siklusnya. Tapi karena masih dalam proses awal, seringkali pematangan sel telur belum terjadi secara sempurna sehingga menyebabkan haid tidak teratur. Terjadinya haid bisa berarti sudah dihasilkannya sel telur (ovulatoar) atau bisa juga tanpa sel telur (anovulatoar).


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Menggaruk Paha Saat Menstruasi Bisa Menimbulkan Stretch Marks?

Hal itu tidak benar kerena stretch marks yang terlihat seperti garis garis putih yang terdapat pada kulit merupakkan tanda bahwa kulit sudah merenggang lebih dari kemampuan aslinya. Hal tersebut tidak akan muncul akibat garukan dari tangan ente.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Tidak bisa hamil saat haid?

Ente memang tak bisa hamil saat menstruasi. Tetapi ini bukan berarti tak bisa terjadi pembuahan jika ente melakukan seks. Jadi jangan merasa aman karena mengira ente tak bisa hamil jika melakukan seks saat haid.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Kita kehilangan banyak darah saat menstruasi?

No you don't! Itu hanya kelihatannya saja kok. Sebenarnya selama menstruasi rata-rata kita hanya kehilangan enam hingga delapan sendok darah. Tapi enggak ada salahnya juga kita bnayak mengkonsumsi zat besi selama menstruasi agar terhindar dari anemia, karena cewek Asia cendrung mengeluarkan darah lebih banyak.


Quote:
Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

Tidak menstruasi dalam sebulan berarti hamil?

Kita enggak akan pernah hamil kalau kita enggak melakukan hubungan seksual dengan cowok. Ini bisa disebabkan karena hormon yang enggak stabil, stress atau sakit. Kita bisa enggak dapat menstruasi dalam waktu satu bulan atapun dapat lebih dari satu kali dalam sebulan.



Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!


emoticon-cystg Nah itu dia kebenaran tentang mitos-mitos yang selama ini salah emoticon-cystg
Semoga gak ada BC menyesatkan lagi ya gan.
emoticon-Maaf Agan


Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!


Quote:


Berbagai Mitos Dan Fakta Seputar Menstruasi. Cari Tahu Kebenarannya Disini Yuk, Gan!

sumber
buat tambahan
TS nya pengertian banget soal ginian :""")



emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By .renan.
TS nya pengertian banget soal ginian :""")



emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak

nice info TS emoticon-Ngakak

Boleh tanya gak, kalo yang penyebab kanker itu gimana? emoticon-Bingung
ane ga berani deketin cewe ane kalo dia lagi mens emoticon-Takut (S) daripada ane dibanting emoticon-Takut (S).. btw nice inpo emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By monocimon
ane ga berani deketin cewe ane kalo dia lagi mens emoticon-Takut (S) daripada ane dibanting emoticon-Takut (S).. btw nice inpo emoticon-thumbsup


Nah ini juga mitos / fakta? emoticon-cystg
Quote:Original Posted By .renan.
TS nya pengertian banget soal ginian :""")



emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

ah bisa aja emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By monocimon
ane ga berani deketin cewe ane kalo dia lagi mens emoticon-Takut (S) daripada ane dibanting emoticon-Takut (S).. btw nice inpo emoticon-thumbsup


masa ampe d banting emoticon-Ngakak
Nice info gan, share juga donk gan tips sehat mengurangi gejala pms N tips sehat mejalani masa menstruasi. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Renan

Nah ini juga mitos / fakta? emoticon-cystg

kalo itu asli faktaemoticon-Embarrassment dibanting dijambak dicakar digigit dilempar vas bunga dicekik kadangemoticon-Takut (S) tapi endingnya sih tetep dipelukemoticon-Angel
Quote:Original Posted By monocimon

kalo itu asli faktaemoticon-Embarrassment dibanting dijambak dicakar digigit dilempar vas bunga dicekik kadangemoticon-Takut (S) tapi endingnya sih tetep dipelukemoticon-Angel


ini mah labil emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By shovea
Nice info gan, share juga donk gan tips sehat mengurangi gejala pms N tips sehat mejalani masa menstruasi. emoticon-Malu (S)


diatas kalo mau cermat ada gan emoticon-Embarrassment
ane cowo
baru tau ane gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By andiokto5
ane cowo


siapa yang nanya emoticon-Mewek
nice info gan emoticon-Ngakak
kalo lagi M mending jangan berenang bray emoticon-Big Grin

soalnya kasian pengguna kolam renang yg lain emoticon-Frown

nice info gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
kalo lagi M mending jangan berenang bray emoticon-Big Grin

soalnya kasian pengguna kolam renang yg lain emoticon-Frown



betul juga emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
kalo lagi M mending jangan berenang bray emoticon-Big Grin

soalnya kasian pengguna kolam renang yg lain emoticon-Frown



emoticon-Ngakak air darah
ane tutup pekiwan gan