alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5369b4b86507e79e568b472f/jalan-jalan-ke-kota-ramah-pejalan-kaki-di-indonesia-yuk
icon-hot-thread
Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..
emoticon-Selamat Selamat Ulang Tahun ke-1 emoticon-Ultah
Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..
Klik Image Untuk Ngucapin Selamat


Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..
Spoiler for HT:

Welcome to

Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..

Kali ini TS mau membahas kota-kota di Indonesia yang enak buat jalan-jalan berdasarkan Sumber Ini gan. Kota-kota yang TS sebutin diambil dari artikel yang ada di sumber (bukan TS pribadi yang bikin listnya), jika agan merasa ada kota yang layak masuk tapi belum disebutin, agan bisa tambahin. emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Yuuk kita Simak Kota-kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia emoticon-Request

Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..

1. BANDUNG, JAWA BARAT
Quote:Parijs van Java, Kota Kembang, Kota Mode. Apa pun sebutan Anda tentang Bandung, kota ini sangat cocok dieskplorasi dengan berjalan kaki. Trotoar lebar menghiasi kawasan ramai turis, pun yang paling banyak peninggalan bangunan Belanda.
Mulai dari Hotel Preanger ke Jalan Asia Afrika, Alun-alun, Masjid Agung, Kantor Pos, hingga Jalan Braga dan berujung pada Balai Kota. Sepanjang jalanan ini, agan bisa melihat aneka bangunan peninggalan zaman Belanda. Kafe-kafe dan pertokoan yang berderet bisa dimasuki untuk wisata kuliner dan belanja. Tak puas hanya sampai Balai Kota? Teruskan perjalanan Agan ke Jalan Ir H Juanda alias Dago, kemudian Jl Riau berujung pada Gedung Sate

Spoiler for :



2. LABUAN BAJO, NTT
Quote:Traveler yang akan menyambangi Taman Nasional Komodo biasanya memulai perjalanan dari Labuan Bajo. Ini adalah kota mungil di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores. Meski hanya sebagai tempat transit, Labuan Bajo sangat menyenangkan untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.
Pertokoan dan kafe-kafe nyaman berderet di dekat pantai. Trotoar membentang sepanjang jalan, cukup luas untuk turis berjalan. Tak terlalu banyak kendaraan yang lalu-lalang, sehingga Agan bisa menghirup udara segar khas tepi pantai.
Jalanan di Labuan Bajo cukup berkontur. Terus menanjak ke atas bukit, pemandangan teluk beserta pelabuhannya terhampar cantik di depan mata. Saat malam, Labuan Bajo juga asyik dijelajahi

Spoiler for labuan bajo:



3. MALANG, JAWA TIMUR
Quote:Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang menjadi destinasi yang nyaman dikunjungi wisatawan. Kota sejuk ini juga punya beberapa gedung peninggalan Belanda, termasuk Jalan Ijen yang sangat cantik.
Menyusuri Jalan Ijen, traveler bisa memasuki beberapa tempat wisata dan museum seperti Museum Brawijaya, Gereja Khatolik, juga Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Agan juga bisa berjalan santai di kawasan Alun-alun, Masjid Agung, kemudian mampir di Toko Oen untuk berwisata kuliner.

Spoiler for malang:



4. BUKITTINGGI, SUMATERA BARAT
Quote:[B]Jam Gadang bukanlah satu-satunya tempat yang wajib dikunjungi di Bukittinggi. Kota kecil nan sejuk di Sumatera Barat ini jadi destinasi asyik untuk berjalan kaki. Meski kotanya kecil, banyak tempat yang bisa dikunjungi.
Tak perlu repot-repot ke luar kota untuk melihat salah satu ngarai tercantik di Indonesia: Ngarai Sianok. Tak jauh dari sana, berjalan ke Goa Jepang untuk melihat lebih dalam peninggalan Jepang pada Perang Dunia II.
Agenda berjalan kaki belum lengkap tanpa melintasi Jembatan Limpapeh, yang terhubung langsung dengan Kebun Binatang. Agan bisa menghabiskan seharian jalan kaki di Bukittinggi termasuk mengunjungi Rumah Bung Hatta, Pasar Atas, dan Pasar Bawah untuk wisata kuliner.

Spoiler for Bukit Tinggi:



5. SEMARANG, JAWA TENGAH

Quote:Kota lain di Pulau Jawa yang punya banyak bangunan peninggalan Belanda adalah Semarang. Setidaknya ada 3 kawasan di mana Agan bisa jalan kaki sepuasnya: Pecinan, Kota Tua, dan Simpang Lima.
Kawasan Pecinan di Semarang adalah salah satu yang paling cantik, pun terjaga keasliannya. Di sini traveler bisa memasuki kuil-kuil seperti Sam Po Kong, Masjid Cheng Ho, dan berwisata kuliner khas peranakan.
Di kawasan Kota Tua, berjalanlah di antara gedung-gedung peninggalan kolonial Belanda termasuk Gereja Blenduk yang berkubah. Sore menuju malam, langkahkan kaki ke Simpang Lima. Masukilah Lawang Sewu, dan susurilah pinggir jalan untuk wisata kuliner malam.

Spoiler for Semarang:



6. BATU, JAWA TIMUR
Quote:Batu adalah kota mungil sekitar 20 Km sebelah barat Malang, Jawa Timur. Kota sejuk ini terletak persis di lereng Gunung Arjuna dan Gunung Welirang. Terbayang kan, indahnya pemandangan saat Agan jalan kaki menyusuri kota?
Langkahkan kaki Agan ke Alun-alun. Batu punya salah satu alun-alun tercantik di Indonesia, punya instalasi lampu yang menyala warna-warni saat malam. Agan juga bisa belanja aneka camilan khas: beragam olahan apel, stroberi, juga susu segar.
Rumah-rumah penduduk di Kota Batu sangat cantik. Sepanjang jalan Agan akan menemukan rumah-rumah dengan halaman yang dipenuhi bunga, pohon cemara, bahkan pinus. Usai menyusuri Kota Batu, saatnya bertolak ke Air Terjun Coban Rondo atau Taman Bunga Selecta naik kendaraan umum

Spoiler for Batu:



7. YOGYAKARTA, DI YOGYAKARTA
Quote:[B]Bisa dibilang, Kota Yogyakarta adalah kiblatnya traveler di Pulau Jawa baik domestik maupun mancanegara. Kota Gudeg ini punya banyak suguhan mulai dari tempat wisata, museum, pertunjukan budaya, sampai kuliner yang menggugah selera.
Dokar atau andong menjadi alat transportasi favorit keliling Kota Yogyakarta. Bagi yang pertama kali menyambangi kota ini, bolehlah naik andong terlebih dahulu untuk mengenal ruas-ruas jalan di Yogyakarta. Selebihnya, serahkan nasib ke mana kaki melangkah!
Mulailah dari Stasiun Tugu ke arah Malioboro, menyusuri Jalan Malioboro sampai Benteng Vredeburg. Sebelum memasuki benteng, masukilah Pasar Beringharjo untuk belanja atau wisata kuliner. Langkahkan kaki Agan lebih jauh ke kawasan Taman Sari dan Keraton, juga Alun-alun Selatan tempat mencoba mitos beringin kembar

Spoiler for Yogyakarta:



8. BOGOR, JAWA BARAT

Quote:Meski identik dengan hujan, Bogor adalah kota yang pas untuk berjalan kaki. Rindangnya pepohonan di sepanjang jalan membuat agenda berjalan kaki jadi menyenangkan, dan terhindar dari teriknya sinar matahari.
Mulailah agenda jalan kaki dari air mancur di Jl Sudirman sampai menemukan Istana Bogor yang rindang. Pilih sendiri akan bertolak ke mana, sebelah kiri atau sebelah kanan.
Kalau belok ke kiri, Agan akan menemukan Taman Kencana. Inilah tempat warga dan turis mengobrol santai di kafe-kafe ternama seperti Macaroni Panggang, Death by Chocolate, dan Pia Apple Pie.
Kalau bertolak ke kanan, Agan akan menyusuri Jalan Juanda melihat rusa-rusa Istana Bogor, tepian Kebun Raya, sampai bertemu Jl Suryakencana yang dipenuhi aneka kuliner khas Bogor. Anda akan menemukan pintu masuk utama Kebun Raya Bogor, yang bisa langsung dieksplorasi dengan berjalan kaki.

Spoiler for Bogor:



9. UBUD, BALI
Quote:Wilayah perbukitan Ubud cukup terkenal di kalangan wisatawan. Inilah tempat para turis menghindari keramaian Kuta atau Legian, dan meresapi kehidupan lokal yang kaya adat istiadat.
Ubud sangat nyaman untuk berjalan kaki. Pepohonan membuat suasana semakin rindang. Trotoar pun tersedia, kendaraan yang lewat pun tak banyak. Panorama pesawahan terbentang di kiri dan kanan jalan. Rumah-rumah tradisional, kafe, dan galeri seni menjadi pemanis pesawahan di kawasan Ubud.
Meski jalannya berkontur, Agan tak akan letih berjalan kaki di Ubud. Turis juga bisa menyewa sepeda dan menyusuri pedesaan cantik ini.

Spoiler for Ubud:



10. WONOSOBO, JAWA TENGAH
Quote:Kota Wonosobo merupakan Kota mungil nan sejuk ini sangat cantik dan nyaman untuk berjalan kaki seharian.
Coba bayangkan. Jalanan di Kota Wonosobo bagus dan bersih, dengan trotoar yang lebar. Petunjuk jalannya jelas, sehingga kecil kemungkinan Agan akan tersasar. Kawasan Alun-alun menjadi tempat favorit untuk jalan-jalan sepanjang hari atau malam. Ada pula kawasan pemerintahan dengan gedung dan hotel-hotel tua yang sangat cantik diabadikan dalam kamera.
Hampir tiap bangunan punya halaman, yang ditumbuhi pohon rindang dan bunga warna-warni. Mayoritas jalan di Wonosobo adalah satu arah, sehingga tak terlalu berbahaya untuk turis menyeberang. Hal lain yang membuat turis betah jalan kaki di sini, warga lokal sangat ramah menyapa pendatang!

Spoiler for wonosobo:



11. BRASTAGI, SUMATERA UTARA
Quote:Brastagi adalah kota kecil di Sumatera Utara, yang punya udara sejuk dan pemandangan indah. Brastagi bagi warga Medan bagaikan Lembang bagi orang Bandung, atau Batu bagi orang Malang. Ini adalah salah satu kota favorit untuk berwisata akhir pekan.
Semakin pagi, semakin baik Agan memulai jalan kaki di Brastagi. Panorama matahari terbit sangat cantik dari sini, memberi kehangatan di tengah udara yang menggigit kulit. Berjalanlah menuju Pasar Buah Brastagi, tempat warga dan turis membeli dan menikmati aneka buah segar

Spoiler for Brastagi:



:request
Kunjung Karya Breaman Brotherhood Lainnya


Sekian dari TS, Semoga Bermanfaat. Jangan lupa rate dan komeng yah gan..
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)

Maen ke Trid TS yang laen ya gan emoticon-Smilie


Terima Kasih telah Mampir
Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..
Kota ane, Solo, kok gak masuk gan? emoticon-Bingung (S)
======

Komeng Spesial Dari Momod Paling Ganteng Se-Kaskus emoticon-Cool
Quote:Original Posted By makankamus
yogya


ah ga dapet pejwan emoticon-Frown
emoticon-I Love Kaskus (S) Tambahan dari Kaskuser emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By aris.taufik19
SURABAYA MANA GAN...???
nih ane kasih picnya.. emoticon-2 Jempol

Spoiler for SURABAYA:


bagaikan diluar negeri... emoticon-Matabelo
hampir seluruh jalan raya, memiliki trotoar seperti ini gan.. bahkan disebagian jalan raya, seperti jalan raya darmo.. memiliki trek khusus sepeda.. emoticon-thumbsup



Quote:Original Posted By Jackhammer


v
v
v



pada intinya sama. di surabaya dulunya juga trotoar dihuni oleh PKL dan pemotor. Tapi adanya tindak tegas dari aparat sedikit demi sedikit bisa dikurangi. Jakarta bisa kok. Yogya juga bisa emoticon-Malu

anehnya keadaan pedestrian yg nyaman sedikit ironis dengan sedikitnya penggunaan. semoga ke depan warga masyarakat bisa sadar akan pentingnya pedestrian...


Quote:Original Posted By andre.zaoldyeck
Noh ane tambahin kota ane gan..

Spoiler for solo:


Quote:Original Posted By mulyono23
tambahan gan di kota semarang, simpang 5 sekarang udh nggk kyk dulu, panaaas, sumpah, paling enak kalo siang itu ya kalo jalan" di pahlawan, ke taman kb- jalan ke jalan pandanaran, ke tugumuda deh emoticon-Matabelo kalo pengen jalan" lagi ke jl pemuda 10 menit masuk paragon emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Jackhammer


nih run, Jalan Ijen tempo doeloe...

Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..




Quote:Original Posted By vric.zean
Kota ane juga bagus pedestriannya gan..udah terintegrasi antar spotnya..emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for magelang:

Quote:Original Posted By aimanc


ia bener koq solo gak masuk .. mungkin TS belom pernah ke solo gan ... emoticon-Bingung (S)

Spoiler for pedestrian solo:


masih bnyk lagi sebenernya

artikel pendestrian solo

Quote:Original Posted By moetzeckhovia
ijin nambahin gan kalo berkenan taruh di pejwan ya!!
Spoiler for City Walk di sepanjang Jl Slamet Riyadi:




Quote:Original Posted By motownman
Jalan-jalan di kota Jayapura gan.

Menikmati Penduduk sana yang ramah tamah.
Dan ikan yang baru ditangkap, disana murah2 gan.
Malah kalo gak laku dalam 1 hari, dibuang sama penduduk sana (nelayan)




Quote:Original Posted By sakamaru
kayanya hampir semua kota di indo punya sisi yg ramah buat pejalan kaki dah
misal jawa tengah, coba deh pikir... ampir smua juga ramah2 kok...solo, boyolali, jepara, banjarnegara de el el
itu kota2 yg disebutin TS dasarnya apa? emoticon-Bingung (S)
labuan bajo baru kmaren maret gw ksana... debunya rame emoticon-Ngacir

Itu berdasarkan artikel gan, ada sumbernya diatas emoticon-Malu (S)
TS sendiri belum mengunjungi semua kota yang disebut emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By oelpha_18
Bukittinggi gan emoticon-2 Jempol
ane dulu tinggal disini hampir 8 tahun.pernah sekali ane pulang lagi ke kota ini terus eksplor kota dari simpang empat-jam gadang-pasar atas-janjang 44-pasar bawah enak banget gan. Capek sih iya, tapi gak gerah, Bukittinggi kan adem banget emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Spriadhys
kota tangerang jg trotoarnya lebar2 gan, jrg ada pedagang kaki lima...nyaman tidaknya jalur pedestrian suatu kota tergantung kepala daerahnya gan, klo dia krg peduli ya acak2an...kya di kota ane, jalur pedestrian tingginya hampir setengah meter, jd org2 mls jln di trotoar krn tingginya itu, alhasil jalan raya jd tmpt jln kaki org...

Quote:Original Posted By hafizlepizt
Kota malang ame kota batu gaannemoticon-Big Grin kalo agan belum pernah ke batu, silahkan dateng pagi kita bersepeda keliling alun alun batu, udah tau kan cantik nan ramainya alun alun batu, malemnya kita naik dermulen ato ferish wheelemoticon-Big Grin liat daerah yang namanya punten wuihh siiipp, abis itu kita bisa makan ketan di LEGENDA uss ajib gan, kota ane emang kota pariwisata emoticon-2 Jempol ada jawa timur park, screet zoo, batu night spectaculer sampai yang terbaru museum angkut rameee gan, kalo malang ya jalan ijen gan, waktu CFD rame ama kulinernya gan juaraemoticon-Big Grin mampir ke rumah ane gan 5langkah dari alun alun, pejwan bila berkenan emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By gadogadopecel
ke wonosobo ama jogja ane pernah gan... emoticon-Big Grin
wonosobo tmpat super duper sejuk apalagi ko d terusin ke dieng emoticon-Cool

Quote:Original Posted By anvreak7
kecewa dan sayang bgt surabaya nggak masuk 10 pringkat, padahal mnrt ane kota ini plg bagus urusan pedestriannya...

1. rapi
2. perpaduan warna keramikna bagus
3. rata2 pedestriannya lebar dan rata
4. lebih mendukung utk disable person, pengguna kursi roda

jadi dr poin2 itu yg bagus,

trs yg kecewa malang kota ane kok masuk, padahal pedestriannya buruk, 'malang' nasibnya, rata2 banyak paving yg pecah, yg difoto yg bagus doang emoticon-Mad


Quote:Original Posted By tanksystem
Ane kaskuser dari Semarang gan, kalau jalan jalan di Kota Semarang itu baiknya pagi jam 6 sampai jam 8 atau jam 4 sore ke atas. Karena kalau jalan-jalan diluar jam itu Semarang panas banget gan...
Kalau orang tidak terbiasa dengan panasnya Semarang yang menyengat, bisa stres sendiri. Banyak banyak minum air kalau di Semarang, takutnya dehidrasi dan sering pusing kalau kena panasnya di Kota Semarang..

Walaupun Panas, tapi ane suka dan bersyukur banget lahir di Kota Semarang Tercinta.


emoticon-Kiss


Quote:Original Posted By GM07
dari daftar di pejawan, ane cuma baru pernah ke yogya, bogor, dan bandung.
paling berkesan sih yogya.
bandung pernah waktu wisata smp, jalan pedestriannya memang oke emoticon-thumbsup
bogor belum terlalu nyoba pedestriannya emoticon-Hammer

nah, klo yogyakarta, ane pernah beberapa tahun yg lalu, jadi masih lumayan inget.
nih kota memang nyaman buat pejalan kaki gan emoticon-Big Grin
apalagi ditambah suasana kotanya yg khas emoticon-thumbsup

kota ane (Tangerang) juga banyak jalur pedestriannya gan, terutama di sekitar kawalan elit nya sih emoticon-Embarrassment
klo sekitar rumah ane, trotoar masih banyak jadi tempat orang berjualan atau parkir mobil emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By BangBuddeLC
kalo di America ada konsep bernama Complete Street.. jadi jalan bukan cuma berpijak sama pedestrian, tapi bagi semua pengguna
seharusnya di satu jalan itu, ada 4 pengguna yang harus diperhatikan dan ga ada yg dianaktirikan.. yaitu pejalan kaki, pengguna sepeda, pengguna kendaraan bermotor, dan pengguna kendaraan umum
minimal kaya gini gan :
Spoiler for complete street:

di Indonesia, ga ada yg menerapkan seperti ini secara benar.. pasti ada yg ga disayang, dan pengguna yg paling ga disayang adalah pejalan kaki.. di Indonesia, jalannya dibuat kaya di atas bisa aja.. tapi risiko macet kalo pengguna kendaraan pribadinya ga diturunkan.. apalagi complete street itu memperlebar trotoar.. jadi trotoar bukan cuma untuk jalur pedestrian, tapi bisa juga untuk cafe outdoor (kalo di Indonesia ya PKL2)
kebetulan tugas kuliah ane lagi bikin ini..


Quote:Original Posted By SosokDia
Ane Bogor gan, udah fasih bener lokasi di Bogor. Nih, ada tambahan rute nikmat pedestrian, jajan-jajan, nongkrong, dan lainnya, tapi khusus jl. Pajajaran aje yee, soalnya ni jalan panjang banget dari ujung ke ujung haha emoticon-Ngakak

1. Jalan Pajajaran part 1 gan, dari Plaza Jambu Dua sampai Lodaya..
jalanan adem, kanan kiri pohon, pertokoan berjajar rapi dan masih komplek pertokoan dengan jajanan berharga terjangkau, ada kuliner, karaoke, kantor perusahaan sampe jajanan malam yg terkenal, warkop Tampomas. Lodaya juga bisa nyambung ke Taman Kencana, deket gan.

2. Jalan Pajajaran part 2 gan, dari Lodaya sampai Pangrango Plaza..
jalanan masih adem, pedestrian juga dimanjakan, dan pinggir jalan sudah ada ornamen dan hiasan2 gitu, jadi ajib deh, tapi di wilayah ini jajanan dan tempat nongkrongnya udah high class gan, kaya McD, Outlet BBOS, Blossom, Domino Pizza, Paparon Pizza, RM Bumbu Desa, dll. Di depan Pangrango Plaza juga bisa nyambung ke Taman Kencana gan, lewat jl. Jalak Harupat ( ini wilayah car free day, tiap minggu jam 6-9)

3. Jl. Pajajaran part 3 gan, dari Pangrango Plaza sampai Botani Square..
jalanan makin adem, deket kebun raya, ornamen dan hiasan makin indah, ada wilayah PascaSarjana IPB juga, jadi jelas isinya pohon mulu._. ada rumah sakit PMI gan, ada Taman Koleksi IPB, ada Tugu Kujang gan, icon Bogor, ada terminal Baranangsiang terminal terbesar di kota bogor, kulinernya campuran gan, ada yg mahal ada juga yg standar, ya namanya juga deket mall Botani Square, ada KFC, Hollan Bakery, RM Trio Masakan Padang, ada juga wartegnya gan, ini enak, deket toll, dan bisa nyambung ke Jl. Surya Kencana juga gan, dari tugu kujang ke arah bawah.

4. Jl. Pajajaran part 4 gan, ini yg terakhir, dari Baranangsiang sampai Ekalokasari Plaza..
ini rutenya panjang gan, tapi di jamin adem, kuliner, tempat nongkrong dan tempat belanja lengkap gan, ada Masjid Raya Bogor, Giant, Gramedia, Bale Binarum (bisa nyambung ke bendungan Katulampa), ada wilayah Ciheuleut gan kalo masuk dikit dari samping Gramedia, Ciheuleut ini wilayah yg banyak distronya, ada juga Plaza Ekalokasari, mall asik buat nongkrong gan, bisa tembus ke sukasari juga yg nantinya nyambung sama surya kencana (lagi)


See? intinya gan, Jalan Pajajaran itu vital banget di Bogor, pusat pertokoan, perdagangan, perkantoran sampai tempat nongkrong di pinggiran jalan Pajajaran, Rutenya panjang dari Bogor Utara sampai Bogor Selatan, Intinya paling enak main di wilayah pajajaran deh gan.

Vital gan, Vital! hahaha
ditunggu visit bogornya!

Salam

Quote:Original Posted By kasus.ko.id
Kediri gan emoticon-Malu
Trotoarnya emoticon-Jempol
Spoiler for Buka gan:


Tapi licin gan buat roda 2 yang mau turun dari deretan ruko yang agak nanjak ,Licin soalnya . apalagi kalo hujan emoticon-Cape d... (S)

Ini gan ane tambahin
Spoiler for Simpang Lima Gumul:

Spoiler for Pusat Oleh Oleh:


Kediri kan kota tahu gan emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By tony2008
menurut ane TS ini ngambil sampel dari kota2 yg sejuk kebanyakan. menurut ane kalo untuk kenyamanan berjalan kaki bukan masalah temperatur yg panas ato sejuk, tp fasilitas pejalan kaki yg memadai. surabaya dibandingkan dg bandung jauh bget luas trotoar yg memenuhi standart. surabaya punya banyak trotoar yg lebar dan rapi. hampir semua jalan utama di surabaya trotoarnya luas dan rapi. nih ya sbg contoh trotoar yg rapi dan luas di surabaya terbentang jauh dari jalan gemblongan, tunjungan, gub suryo, pangsud, basra, sumoharjo, raya darmo. itu baru yg tengah kota belum lagi jalan utama pinggir kota yg laen


Quote:Original Posted By fikrisma3
Kalo di Gili Trawangan-Lombok. Bener-bener itu ramah buat pejalan kaki gan, bisa ngelilingin pulau dengan jalan kaki dan ga ada kendaraan bermotor sama sekali di sana.. emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By biersack6
ane terharu gan kota ane masuk ke salah satunya (Malang) emoticon-Sorry
walaupun sebenarnya bisa dibilang ramah pejalan kaki itu ga disetiap sudut kota, tapi cuman sebagian. overall ane masih bangga sebagai warga indonesia khususnya warga Malang emoticon-I Love Indonesia (S)
dari sini ane belajar untuk lebih bersyukur menghargai kota ane emoticon-Kiss (S)


Quote:Original Posted By febrianjrit
wew ada Wonosobo. Kota ini sangat sangat sejuk. Apalagi bulan Juli-September. Bisa kayak suhu lemari es. Cocok untuk liburan keluarga...

Back to topic, sebenernya Wonosobo itu dulu kumuh kotor tertinggal.. Terkesan cuek pemerintahannya. Tapi sekitar 10thn terakhir Wonosobo mulai berbenah..

Ane inget jaman SD SMP kl pulang sekolah pasti jalan kaki. Lumayan jauh sekitar 5km dan hampir semua ada trotoarnya.
Kawasan alun alun juga sangat baik perkembangannya. Lebih ramah dg pejalan kaki, lebih bersih dan terawat..

Itu dulu deh.. Sudah lama gag pulang Wonosobo.. Jadi jangen gan. emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By aisderossi
masuk juga kampung ane bukittinggi!
enaknya bukittinggi tuh tempat wisatanya ga bakal jauh2 dari pusat jam gadang. ada istana bung hatta, pasar atas, pasar bawah, benteng fork de kock, jembatan limpapeh, panorama, gua jepang masih banyak lagi yg belum disebutin.
udaranya sejuk banget gan mana dikelilingin 2 gunung, gunung marapi sama gunung singgalang.
tempat pedestriannya? jelaaas kalo dibukittinggi tuh pas banget buat pejalan kaki karena begitu lebar jalan pedestriannya. lagipula parkir mobil di jam gadang mahal gan apalagi hari raya bisa abis ceban kali sekali parkir. makanya rata2 orang ke pusat kota pake angkutan kota sembari jalan kaki keliling pasar.


Quote:Original Posted By lucifellshinz31
kota ane bogor masuk gan emoticon-Big Grin

emang nyaman dan adem pedestariannya, mao kemana mana asal kuat jalan kaki nya mah silahkan haha

pas pindah ke jakarta buat kuliah sampe skrg kerja berasa bobrok banget ini kota, jalan kaki aja kudu saingan sama mobil + motor, jalan nyantai dikit udh diklaksonin, pengen jalan minggir eh sebelahnya got, tinggal nyebur dah emoticon-Ngakak (S) emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By sieiimudh
emang sih gan dari kota-kota di atas ada yang gak senyaman yang terlihat di artikel agan.. tapi utk bukittinggi dan batu masih bisa dibilang asik untuk pejalan kaki kok gan.. wonosobo asik cuma butuh kendaraan juga untuk eksplore titik titik wisatanya..

dan ane masih penasaran brastagi sama labuan bajo, soalnya belom pernah ke 2 tempat itu.. nice thread gan!


Quote:Original Posted By havidbla3
Alun2 batu emang tempatnya bersih bgt gan,
kota batu kebetulan dataran tinggi,jadi cuacanya dingin,
suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius,
dukung bgt dah untuk wisata,
di sekitar alun2 batu jg ada yang jual ketan,namanya KWB(ketan wisata batu) ketannya macem2 modelnya,
& klo pesen kopi su2,su2nya pasti su2 murni,klo su2 murninya abis gak pernah di ganti su2 kental manis.


tempat2 wisata lainnya di kota batu:
- jatim park 1
- jatim park 2 ada secret zoo,keren gan
- klub bunga
- argo wisata (jg tempat perkebunan apel
- BNS ( batu night spectacula) tempat permainan keran gan,kagak kalah deh sama Dufan
- Cangar (pemandian air panas)
- Songgoriti (pemandian air dingin dan panas)
- sengkaling(tampat pemandian)
- air terjun coban rondo
- paralayang
- payung (warung2 di sekitar pinggiran tebing) sambil makan jagung bakar sama minum,agan bisa lihat pemandangan indah,terutama di malam hari,pemandangan lampu kota

pokoknya agan2 harus mampir dah emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By blackcatbone
Alhamdulillah bro ane udah hampir ke semua ketempat yang bro kasih tau di listnya dan ngerasain juga keliling di kota itu jalan kaki kaya Bandung, Bogor(ane paling sering kalau ke bogor mending naek bis atau kereta terus sisanya jalan kaki lumayan enak, tapi klo tahun tahun ini udah rada kurang) Malang, Batu, Jogja(klo ini lebih sering jalan kaki paling naik bisnya transjogja) huehuehue sama di Garut juga enak bro unutk jalan kaki masih adem biar kata jalan pagi atau siang.


Quote:Original Posted By pandamaniac
bener nih yang bandung, ane dlu pertama kali kesana modal nekat gaktau jalan malah disamperin ibu2 ngasih tau jalan2 yang dituju dan pake angkot yang mana aja. padahal ane sama temen2 ane diem aja, pengertian si ibu emoticon-Stick Out Tongue
kalo jogja gausah ditanya lagi, paling nyaman kalo nanya sama orang asing emoticon-Big Grin
dijawabnya sopan kadang kalo orang jawanya asli jawabnya alus emoticon-Big Grin
wonosobo juga emoticon-Big Grin rata2 kalo di jawa emang ramah sih karna banyak pendatang
btw cuma yang dari jawa sama sumatra aja nih yang ramah? emoticon-Big Grin
yang dari kalimantan, sulawesi sampe yang ke timur nya mana gan? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By lantaihitam
iya gan dulu si bandung enak buat jalan kaki, ane kalo maen ke bandung pasti kebanyakan jalan kaki gan , ane pernah tuh jalan dari PVJ sama temen temen sampe ke BIP (bandung indah plaza) kita jalan kaki di atas jembatan pasupati , terus kalo maen ke atas (lembang) , biasanya naik angkot dulu sampe pintu masuk boscha , terus ke boscha nya jalan , pulang nya ngambil arah berbeda ke arah pasar lembang , emang ga terlalu jauh cuma jalanan nya tanjakan jadi lumayan cape . tapi lebih seru aja kayaknya kalo jalan kaki. tapi udah lama ga kesana lagi gatau deh sekarang masih enak ga jalan kaki di Bandung , bandung kan udah macet banget , kita jalan yang ada nanti di seobot motor yang suka ngambil jalur prjalan kaki alias trotoar.

Quote:Original Posted By eza_game
Pacitan,
tempat tinggal ane & presiden SBY emoticon-Hammer2gan,
kalau urusan ramah buat pejalan kaki tentu kota yg satu ini gk boleh ketinggalan, wajar jg karena emang pacitan kotanya kecil & gk begitu rame emoticon-Cape d... (S), berikut penampakannya :

Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Spoiler for buka:

Spoiler for buka:


jk berkenan ditaruh pekiwan emoticon-Malu (S)



Lanjut di Post #5 Gan..
purwokerto gak dimasukin gan? emoticon-Bingung (S)
Lanjuut...

Ketika Kenyataan tak Seindah Artikel yang Tertulis emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By mulyono23
tambahan gan di kota semarang, simpang 5 sekarang udh nggk kyk dulu, panaaas, sumpah, paling enak kalo siang itu ya kalo jalan" di pahlawan, ke taman kb- jalan ke jalan pandanaran, ke tugumuda deh emoticon-Matabelo kalo pengen jalan" lagi ke jl pemuda 10 menit masuk paragon emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By alvetamra
Ane udh 5 tahun di malang. Malang skrg udh mulai padet gan.
Tapi emang tu jalan Ijen emang legendaris. Pedestriannya jg bagus, adem lagi soalnya banyak pohonnya. Enak kayaknya buat joging emoticon-Matabelo

Batu jg keren. Udh mulai cantik lagi jg udh mulai banyak taman2. Enak bgt buat jalan2 jadinya emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By clasicman
gan di semarang trotoar yang lebar cuma di sekitaran kantor walikota sama simpang lima aja. di daerah lainnya malah ga ramah gan sama pejalan kaki soalnya capek gan kalo di semarang atas naik turun bukit n panas gan kalo di semarang bawah deket laut soalnya. buat yang ga setuju sama ane silahkan tapi ane pernah ngiterin semarang jalan kaki gan.

Quote:Original Posted By nona007
kota ane bogor gan emoticon-Cool
menurut ane bogor skrg udah ga sesejuk dulu kalo buat jalan kaki.
kalo buat bukittinggi, berhubung ane lg merantau disana, sejuk gan. pemandangannya enak bgt buat mata.


Quote:Original Posted By thekingofkong
wah kota ane masuk. tapi sekarang dijogja banyak motor2 yg naik ke trotoar apalagi kalo macet


Quote:Original Posted By 3261
malang gak ramah buat pejalan kaki gan, pengendaranya banyak yang sembarangan gan. ane sama temen2 ane nyeberang malah kayak mau di tabrak gan, padahal udah di zebra cross emoticon-Marah


Quote:Original Posted By Maitingna
wah berastagi kampung ane masuk emoticon-Malu (S)
kurang perawatan skrg gk kyk tahun 90an banyak bule emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By mogofresha
Kalo boleh jujur, jogja kayaknya udah enggak deh. Sama aja. Terutama yang kawasan 0 km, banyak pedagang, banyak pengamen (dan maksa), parkir liar (dan 3000/parkir, bayangin!). Padahal udah ditertibin, tetep aja balik lagi, balik lagi.

Emang jadi oase tersendiri sih, tapi yaaa... masih kurang menurut ane. Secara taman kota satu-satunya yang ada.


Quote:Original Posted By 13460
semarang ga enak... panass.

ane pernah nginap dihotel besar ternyata dekat stsn poncol.... serem gannn jalan2 siang hari disana apalagi kalo malam

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut


Quote:Original Posted By haryyos
dari mana solo bisa masuk kota ramah pejalan kaki? ane orang solo itu jalur lambat di pake buat jualan dan lahan parkir, terkadang buat lewat motor. itu foto cuman di satu tempat aja slamet riyadi city walk, di city walk juga di pake jualan pedagang kaki lima. pemkotnya nih berani apa enggak menindak yang kayak gini jangan cuman gembar gembor dapet penghargaan aja tapi langkah pemkot menertibakan yang berkelanjutan.


Quote:Original Posted By Destructomatic
Jogja udah gak kek dulu lagi gan. emoticon-Cape d...

sekarang udah banyak polusi. emoticon-Mewek

Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..



Quote:Original Posted By faiz.rachiemy
ane agak bingung kenapa kota ane Bandung masuk. jujur gan, mungkin di masa depan karena sekarang walkotnya arsitek bisa diatur. kalau sekarang sih, trotoarnya dimana mana acak acakan gan. dan menurut ane, mau diaturnya pun susah soalnya... di tengah trotoar sering ada pohon besar yang akar akarnya keluar.
pohonnya kan kecil kemungkinan dipindahin walaupun buat alesan penataan.
Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..
walaupun di sebagian tempat emang ada yang 'nyaman' kaya di pejwan itu
btw, ini aja contoh waktu ngebenerin trotoar jl merdeka depan balai kota. rusak dan sempet rame di koran
Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..


Quote:Original Posted By jogokaryan
ane sendiri sbg warga jogja msh ngrasa kurang gan jalan bwt pjalan kaki
itu aja cm disekitaran nol kilometer aja
atau ga dideket kampus uin
**mgkn ada yg tahu emoticon-Malu
selebihnya msh byk trotoar bwt jualan lah lahan parkir lah ato tmpt usaha apa lah emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By kuran26
kayanya bogor cuma di kota Bogor ya aja yg cukup nyaman buat pejalan kaki soalnya masih banyak pohon rindang

klo daerah kab bogor terutama cibinong buat jalan kaki kayanya ga banget dahemoticon-Hammer udah panas, trotoar penuh tukang dagang, parkir motor/mobil dan trotoarnya juga mini banget, apalagi buat nyebrang susah banget kendaran banyak+kebut2n terutama di jln raya bogoremoticon-Hammer dan tidak tersedianya jpo


Quote:Original Posted By Pandjoel.123


setuju banget buat Klaten gan emoticon-thumbsup

jogja kota ramah pejalan kaki ??? dulu iya, skrg ?? emoticon-Frown
pkl merajarela, parkir, pengemis, pengamen gila2an, Preman jangan tanya !!!!..
yg ada hny simbolis aja di dpn stasiun tugu buat pedestrian ...
coba cek dimana tmt pdestrian jogja yg bagus ?? emoticon-Frown

ane yg juga org joglo (jogja solo) jujur prihatin gan emoticon-Frown
jogja yg skrg udah beda gan dgn yg dulu..
entah apa yg di hasilkan dari UU Keistimewaan emoticon-Amazed
cukup bandingkan dgn jogja 5 tahun yg lalu & ente akan kaget ..,

Quote:Original Posted By rzxtama
horeee malang, kota ane masuk emoticon-Jempol

tapi sayang, klo sekarang jalan kaki di malang, panasnya minta ampun, polusi juga dimana-mana, ga sesejuk dulu emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By bagastamaaulia
Bandung apus aja gan emoticon-Ngakak trotoar di.kota ane ini masih buruk gan tp menuju bagus sih skrg seiring dengan walkot baru
trotoar di bandung ganyaman bgt,banyak pohon.gede di tengah tengah trotoar jd harus ke jalan dulu dikit


Quote:Original Posted By nugroho.andika


yoi gan setuju..ane asli semarang dari lahir ampe sekarang 19tahun,kalo menurut ane,semarang masih terpusat di situ2 aja gan pengembangan nya,cuma daerah simpanglima dan pemuda pandanaran,yang pinggir kota naujubilah parah pedestrian nya...tapi semakin kesini udah dikit2 berubah ke arah kebaikan kok,ada solusi pemecah konsentrasi pembangunan,kayak banjirkanal barat,trus mau ada waduk jatiluhur,banjirkanal barat enak banget tuh kalo sore2 gitu,adem,malem jg rame bgt..apalagi ada ababil pada cipok2an emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Pazonda95
bagus lah....Jakarta ga masuk,klo masuk dibilang fitnah emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By englishtest
sepertinya malang pun sudah sedikit panas, dan yg jalan2 pun bisa banget diitungnya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By baguscakti
Jangan ngaco gan kota Jogja ramah buat pejalan kaki.. apalagi Malioboro. Saya sebagai orang yang tinggal di Jogja ga pernah merasakan Malioboro sebagai jalan yang ramah buat pejalan kaki hehehe emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By condet killer
Mungkin bagian2 tertentu aja ya gan ramah pejalannya...
Yg aering ane datengin ky bogor dan bandung, beberpaa daerah cukup lebar trotoarnya
Tapi gak jauh langsung sempit bgt... Udah gt ad yg kepotong ama jalur kluar masuk mobil
Pdhl harusnya jalur mobil yg ngikutin trotoar


Quote:Original Posted By nugroho.andika


ane murid polines tembalang gan,naujubilah kalo buat jalan kaki,selain panas,naik turun jalan nya,pengendara motor ama mobil nya kebanyakan kagak ramah gan,pada ngebut2 gitu,ane juga sih emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S) mungkin udah terlalu padat gan tembalang

Quote:Original Posted By adagiorum
Bandung? Kayaknya cuma sebagian aja deh gan (dan memang itu yang agan sebut adalah spot2 favorit). Mudah2an segera melebar ke tempat2 selain yang disebut di page one...
Semarang, Yogya juga oke buat pejalan kaki gan..

Ubud paling top emoticon-thumbsup: emoticon-thumbsup: emoticon-thumbsup:


Quote:Original Posted By cha3rul
kenapa bogor masuk gan? emoticon-Ngakak
orang angkotnya sering lewat trotoar atau malah bikin jalan sendiri emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By Blue_community
ane termasuk kaskuser yang tinggal di kota Malang...
jujur aja sih ane awal2 baca kurang setuju klo malang termasuk ramah pejalan kaki....
jujur saja sekarang di Malang jarang banget penduduk yang kemana2 jalan kaki... lha wong transportasi umumnya memang tidak mendukung menurut ane..
terus masalah trotoar.. ya memang di tempat2 yang ts sebutkan memang bisa dikatakan memadai trotoarnya dan ramah pejalan kaki.. tapi di tempat lain gimana emoticon-Bingung (S)

jadi intinya ane aja yang dimalang mikir malang g ramah buat pejalan kaki. tapi kok malah bisa masuk daftar ts... emoticon-Matabelo
akhirnya ane pikir2 lagi sih kesimpulan ane karena mungkin di tempat (kota besar) standar kenyamanan pejalan kaki masih dibawah kota Malang,....
Ane emoticon-Takut klo mo ngebayangin gimana jadinya ya kira2 di kota lain klo kota Malang yang kayak gini aja bisa masuk list kota paling ramah buat pejalan kaki...
pasti mengerikan dah emoticon-Takut


Quote:Original Posted By Patrawali
Setau ane dari 100% trotoar yang ada di Kota Bandung, cuma 5% yang pantes buat bisa jalan-jalan, itu pun di pusat kota aja ...

Coba agan jalan di jalan buah batu, sukarno, kiara condong, jalan ditrotoar ibarat bercumbu dengan maut gan.

Banyak kriminal sama tukang dagang ditrotoar, sebagian besar trotoar nya juga pada rusak ato berlubang,

emoticon-Sorryemoticon-Matabeloemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By Dikus
Kok malang masuk ya? emoticon-Bingung (S):

gw kuliah disini dan asli jakarta

padahal pedestrian disini agak kesiksa kalo menurut gw..

gue malah lebih prefer surabaya daripada malang (jangan diliat dari panasnya, tp dari pavement dll)


Quote:Original Posted By mzar
Surabaya donk gan...
Sudah di akui dunia..

Penghargaan internasional dari inggris, jepang, dll... Wah wah..

Ane sampe bingung ama kota ini.di lokasi yang sama, misal Basuki Rahmat gitu ya... Pagi siang sore malem tengah malem
Sampe hampir pagi... Slaluuuu aja ada yang sapu sapu.... Jempol dah buat yg mau membiayai itu...

Kalo hanya bikin semua pasti bisa.kalau mau merawat... Saya belum yakin... emoticon-Smilie

#saverisma


Quote:Original Posted By wongpanji
baca judulnya pertama kali yg terlintas di pikiran ane adalah surabaya. tapi ternyata gak termasuk.. mungkin ts belum pernah ke surabaya. kota2 yg disebut ts hanya labuan bajo dan berastagi yg belum pernah ane singgahin sisanya sudah. Bandung menurut ane justru sangat kurang nyaman buat pejalan kaki gan haha... tapi walikota bandung yg skrng bagus tuh.. semoga saja bisa benahin kotanya jadi lebih baik.


Quote:Original Posted By ekranoplane
Menurut ane bagusan solo kalau buat jalan kaki. Kalau yogya & terutama yang TS bahas. Menurut ane Malioboro bukan tempat jalan kaki yang asyik.

Kalau tempat belanja yang asyik, boleh lah. Tapu kalau jalan kaki, menurut ane gak lah. Kanan kiri tukang jualan ditrotoar. Parkiran motor di atas trotoar. Jalan berlubang.

Tapi asyiklah buat belanja.

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller


Quote:Original Posted By garistemu
ane orang bandung gan,,masih belum ramah ahh,,ada unsur sotoynya nii TSemoticon-Matabelo,,kalo pun ada pesdestrian yg bagus biasanya jarang dilewatin pejalan kakiemoticon-Ngakak,,pedestrian yg sering dilewatin pejalan kaki diisi sama pkl yg susah bgt direlokasi,,tapi pak ridwan kamil selaku walikota lagi berusaha nii gan ngebuat bandung jadi kota nyaman yg ditinggali semua kalangan dari menengah atas sampe menengah ke bawah,,mudah2an beberapa tahun ke depan bandung bener2 jadi kota yg ramah buat pejalan kaki,,
taro pejwan gan,,biar tidak ada dusta diantara kitaemoticon-Ngakak



Quote:Original Posted By SanguineVamp
Malang mah ga ramah buat pejalan kaki gan
Ane pernah hampir sebulanan lah tinggal dimalang
Banyak jalan-jalan kayak T-junction maupun crossroad yg ga pake traffic light
Kendaraan seenak jidat kalo jalan
Serem kalo nyebrang....


emoticon-I Love Kaskus (S) Sementara TS off..silakan bagi yang mau nambahin..emoticon-I Love Indonesia (S)
dah lama ane ga ke brastagi
ramah pejalan kaki?
lha wong malah banyak trotoar yang dijadikan lahan para pedagang kok emoticon-Hammer
kota malang dan batu termasuk nih
kota ane ........jadi rindu malang pingin jalan2 dan beli makan
Semarang menurut ane bersih bgt tuh kota. Walaupun panasnya naujubile cuma gara2 bersih jd berasa adem emoticon-thumbsup
labuan bajoooo,ane pengen banget gan kesana emoticon-Matabelo
labuan bajoooo,ane pengen banget gan kesana emoticon-Matabelo
SURABAYA MANA GAN...???
nih ane kasih picnya.. emoticon-2 Jempol

Spoiler for SURABAYA:


bagaikan diluar negeri... emoticon-Matabelo
hampir seluruh jalan raya, memiliki trotoar seperti ini gan.. bahkan disebagian jalan raya, seperti jalan raya darmo.. memiliki trek khusus sepeda.. emoticon-thumbsup
ane baru pernah ke bandung sama bogor gans emoticon-thumbsup Jalan-jalan ke Kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia yuk..

Quote:
DILIAT BOLEH, DIPEGANG JANGAN!!
Mau dong gan ane kesana kyaknya keren tuh emoticon-Matabelo
ramahnya maksudnya gimana tuh run emoticon-Big Grin, selama di Malang, aku jarang banget liatin orang orang pada jalan kaki di lokasi yang ada di foto emoticon-Big Grin
rate 5 done emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Constell.Leo
Widihh mantep2 itu kotanya
ts jalan2 yuk sama ane emoticon-Malu
*ra oleh pejwan emoticon-Frown


Quote:Original Posted By makankamus
yogya
ah ga dapet pejwan emoticon-Frown


ane tau nih kenapa Jakarta gak masuk
soalnya trotoarnya rebutan ama pengendara motor dan pedagang kaki lima

itu yang di ubud keren gan!
jam gadang rame ganemoticon-Matabelo
Keren gan tempatnya emoticon-Matabelo
wah kota ane Semarang masuk emoticon-Big Grin
Wajib dikunjungi nih kota2nya..
Pasti udaranya sejuk emoticon-Big Grin