Kali ini saya akan memperkenalkan kembali motor ini
Suzuki RK67
Seperti di trit ane sebelum-sebelumnya motor yg ane bahas adalah motor-motor hebat, bengis, bin sadis di jaman monster perotomotifan . Dimana pembatasan power dan kecepatan belum diberlakukan
Lalu apa yg hebat dari Suzuki RK67ini?
Dan kenapa ane mengangkat tema Mini but Maxi ?
Spoiler for Pertama:
Mesinnya mini gan.. .. Hanya berkubikasi 50cc
Iye gan beneran 50 cc Koq. . . FYI, Pada era 1960-an dulu, Balapan Motor terakbar di Dunia WorldGP, Terbagi menjadi banyak kelas yakni 50, 125, 250, 350 & 500 cc.
Team Suzuki sendiri mulai terjun ke balapan dunia pada tahun 1960 di Kejuaraan Isle Of Man TT,
Sampai akhirnya ikut serta WorldGP pada ajang GP Assen, Belanda di tahun yang sama.
Sayangnya, Saat itu Suzuki tak mendapatkan hasil yang diinginkan. .
Spoiler for Kedua:
Motor ini diciptakan saat Suzuki kala itu terdesak oleh super powernya Motor 4-Tak Pabrikan Honda di ajang WordGP kelas 50 cc.
So, Suzuki pun pun dituntut untuk menciptakan sesuatu yang Mutakhir dan Benar-benar “Gila”. .
Nah akhirnya pada akhir tahun 1965, Tepatnya pada ajang GP Amerika di sirkuit Daytona Beach, Suzuki memperkenalkan jagoannya yang kini memiliki spek 11-12 dengan jagoan Honda kala itu yakni Suzuki RK66/67. . . Yap ! Suzuki RK67 ini dibekali Mesin 2-Tak 50 cc dengan konfigurasi Inline 2 Silinder !!
Sebagai gambaran gan Mesin 2-Strokebisa 2kali lebih kencang dari mesin 4-stroke dengan kubikasi yg sama.. :
Dengan konfigurasi 2 silinder paralel, maka kailan RPM yg diraih pun jadi lebih tinggi.
pengen tahu berapa limit RPM nya?
ntar ane kasih tau dibawah..
Ini adalah alasan ketiga kenapa si RK67 ini hebat bin sadis untuk kelas 50cc, yaitu :
Motor ini dibekali part yang kecilnya imut-imut plus transmisi 14-Percepatan,
iya.! 14 percepatan, alias 14 gigi, alias 14 speed.! opo ora edan kui bro..
Yang bikin lebih gila lagi, Motor 50 cc alias cuma setengah kubikasi Supr* Fit Jadul ini mampu memuntahkan power sebesar 17,5 HP dengan Redlinehingga 17.500 RPM !!
Lu bisa bayangin gak suara motor 2-Tak Redlinenya setinggi itu?
Kalo 4-Tak sih sudah pernah ane bikin trit pada duet Edan Honda RC166 & Honda RC149,
Dan hasilnya Fantastis. . . Lantas apa jadinya motor yang standarnya sudah menjerit (ingat Suzuki RK67 mesin 2-sroke) kemudian ditambah lagi jeritan ala 17.000 RPM??
Video raungan mesinnya ntar ane posting di akhir trit..
Spoiler for Keempat - rahasia terakhir motor hebat ini:
Alasan keempat yg menjadikan motor ini begitu hebat adalah Rangkanya.!
Sekilas bila kita amati, Memang terlihat hanya seperti seonggok rangka milik motor Jadul.
Tapi jangan salah gan, Rangka tersebut berbahan baku alumunium loh.
Hebatnya lagi, Berkat pengaplikasian rangka ringan tersebut Berat Kosong dari Suzuki RK67 hanya 58 kg saja Brosist !!
Perpaduan antara sektor mesin & rangka yang unik tadi berimbas kesisi performa.
Ternyata Suzuki RK67 yang hanya bermesin 50 cc ini saat race mampu menembus top speed hingga 176 Km/hloh Brosist.
Alias sama dengan Ninja 250cc plus knalpot Racing di era modern ini
Spoiler for Juara Dunia:
Berkat pembalap asal Jerman Hans-Georg Anscheidt, Suzuki akhirnya mampu menjadi Juara dunia WorldGP 50cc pada tahun 1966. . . Pada tahun berikutnya, Suzuki seakan semakin berada diatas angin. . . Yap ! Berkat mundurnya Pabrikan Honda dari ajang GP 50cc, Akhirnya Suzuki bersama Anscheidt mampu kembali menjadi juara dunia pada tahun 1967, Sekaligus mengunci gelar Juara Dunia Konstruktor di tahun yang sama
Spoiler for Spesifikasi:
Manufaktur : Suzuki Motor Co.Ltd
Model : RK67 Class : WorldGP
Engine : 2-Tak, Parallel-Inline 2 Sinder, Liquid Cooled, Rotating-Disk
Bore x Stroke : 32,5 x 30 mm
Kapasitas Silinder : 49,7 cc
Rasio Kompresi : 8,3 : 1 Transmisi : 14 Percepatan
Max Power : 17,5 HP @ 17.500 RPM Top Speed : 176 Km/h
Frame : Alumunium Double Craddle
Suspensi Depan : Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Double-Shock, Alumunium Swingarm
Rem Depan : Drum Brake (Tromol)
Rem Belakang : Drum Brake (Tromol) Berat Kosong : 58 Kg
Spoiler for at least..:
semua yg hebat ada masanya, dan akhirnya Suzuki RK67 tak bisa lagi race di WorldGP karena Peraturan yang ditetapkan FIM untuk ajang GP 50cc ditahun 1968 sangat memberatkan Suzuki,
yakni pembatasan jumlah silinder menjadi hanya 1 silinder dan jumlah transmisi maksimal 6-Speed. . . Otomatis, Pengembangan versi Terbaru dari RK67 yakni Suzuki RP68 yang memiliki spek mesin 2-Tak,
Inline-3 silinder plus Redline 20.000 RPMini pun terhenti, dan akhirnya Suzuki Resmi mengundurkan diri dari ajang GP 50cc pada tahun 1968
Suzuki RP68 layu sebelum berkembang gan.
Well. . . Mahakarya Suzuki barusan memang sangat layak bila mendapatkan acungan 5 jempol. . . Dari Suzuki RK67 juga lah, Kita seharusnya belajar tentang makna kerja keras, semangat pantang menyerah & inovasi tingkat tinggi. . . Meskipun saat itu Suzuki bisa dibilang sebagai Anak Bawang di kelas World GP, Namun berkat Inovasi para team engineer-nya Suzuki RK67 mampu mencatatkan hasil yang fantastis, yaitu :
Juara Dunia
oke, biar nggak HOAX dan sebagai penutup trit.. monggo silahken nge-wafer videonya..