alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5363caf2f7ca17b7548b4660/selamatkan-nyawa-dalam-10-menit-pertama-kematian
icon-hot-thread
Selamatkan Nyawa, Dalam 10 Menit Pertama Kematian
Quote:HT PERTAMA ANE GAN
Spoiler for ss HT:
Quote:SUMBER
Spoiler for Sumur:
Quote:Thank's Buat Yang NGasih Cendol Dan Abu Gosok
Spoiler for Cendol dan Abu Gosok:
Thank's Buat Doa HT nya
Spoiler for Doa HT:



Quote:Cardiopulmonary resuscitation (CPR) / Resusitasi jantung paru (RJP)
Quote:Resusitasi jantung paru adalah suatu tindakan gawat darurat akibat kegagalan sirkulasi dan pernafasan untuk dikembalikan ke fungsi optimal guna mencegah kematian biologis
Spoiler for :



Quote:Pernahkah anda menemukan seseorang yang mengalami penyakit jantung kemudian seketika pingsan, tidak ada nafas dan tidak pula ditemukan denyut nadi??

Nah bila menemukan hal tersebut, anda harus segala melaksanakan Resusitasi Jantung Paru (RJP) yaitu Tindakan yang merupakan gabungan dari ketiga komponen A, B dan C (Airway control, Breathing Support dan Circulatory Support).
Spoiler for :



Quote:Kenapa Harus 10 Menit Pertama..??
Dalam Istilah kedokteran dikenal dua istilah untuk mati yaitu : MATI KLINIS dan MATI BIOLOGIS.

Korban dinyatakan MATI KLINIS bila pada saat melakukan pemeriksaan korban, penolong tidak menemukan adanya pernafasan dan denyut nadi yang berarti sistem pernafasan dan sistem sirkulasi darah terhenti.

Pada beberapa keadaan penanganan yang baik masih memberikan kesempatan kedua bagi sistem tersebut untuk berfungsi kembali (reversible). Korban masih memiliki kesempatan sekitar 4 - 6 menit sebelum kerusakan otak mulai terjadi. Bila tidak segera diatasi maka akan terjadi mati biologis.

MATI BIOLOGIS berarti kematian sel, yaitu karena terganggunya pasokan oksigen dan zat makanan ke sel-sel yang menyusun jaringan tersebut akan mati dan jaringan tersebut akan terganggu. Mati biologis ini bersifat menetap (irreversible), tidak akan bisa pulih kembali.

Masing-masing sel dan jaringan memiliki daya tahan yang berbeda-beda sebelum mengalami mati biologis. Pada manusia kematian biologis paling cepat terjadi pada sel-sel otak, yaitu berkisar 8 - 10 menit setelah henti jantung.

Otak merupakan pusat pengatur kegiatan seluruh tubuh manusia yang bila rusak tentu akan berakibat pada organ atau bagian tubuh lainnya. Walaupun muncul agak lama, ada beberapa tanda yang dapat menjadi pedoman sudah terjadi kematian pada seseorang.


Quote:Cara paling cepat untuk melihat sesorang telah mengalami mati biologis adalah dengan melihat perlebaran pupil, bila pupil telah melebar menandakan korban telah masuk ke tahap mati biologis, Melihat pelebaran pupil dengan memberikan pupil cahaya senter. memeriksa pelebaran pupil, di lakukan pada kedua mata, jangan di periksa hanya pada sebelah mata.

Praktekin aja ke orang lain langsung gan, senterin mata dari sudut mata luar ke tengah mata, dari A ke B, normalnya pupil akan mengecil, tapi klw pasien udah meninggal mata akan tetap melebar, lakukan pada pupil mata kiri dan kanan secara bergantian.
Spoiler for :



Quote:LANGKAH - LANGKAH MELAKUKAN RJP
Quote:1. Jika kita melihat pasien/korban yang tergeletak tampak tidak sadar, pertama kali yang kita harus lakukan adalah memastikan bahwa lingkungan di sekitar korban yang tergeletak itu aman. Jika belum aman (misalnya korban tergeletak di tengah jalan raya atau di dalam gedung terbakar), maka korban harus dievakuasi/dipindah terlebih dahulu ke tempat yang aman dan memungkinkan mendapatkan pertolongan. (JANGAN PINDAHKAN PASIEN TRAUMA/KECELAKAAN TANPA PENGETAHUAN / KETERAMPILAN)

Quote:2. Nilai respon pasien apakah pasien benar-benar tidak sadar atau hanya tidur saja. Mengecek kesadarannya dengan cara memanggil-manggil nama pasien, menepuk atau menggoyang bahu pasien, misalnya “Pak-pak bangun !” atau “Bapak baik-baik saja?” Jika masih belum sadar atau bangun juga bisa diberi rangsang nyeri seperti menekan pangkal kuku jari. Jika pasien sadar, tanyakan mengapa ia terbaring di tempat ini. Jika pasien sadar, terlihat kesakitan atau terluka segera cari bantuan dan kemudian kembali sesegera mungkin untuk menilai kondisi pasien.

Quote:3. Jika tidak ada respon. Aktifkan sistem emergensi dengan cara meminta tolong dibawakan alat-alat emergensi atau dipanggilkan petugas terlatih atau ambulan jika berada di luar RS. Misalnya ‘Tolong ada pasien tidak sadar di ruang A, ”tolong panggil petugas emergensi ” atau ”Tolong ambil alat-alat emergensi ada pasien tidak sadar di ruang A”. Jika di lapangan : ”Tolong ada pasien tidak sadar di pantai tolong panggil ambulan atau 118 ”. Jika yang menemukan korban tidak sadar lebih dari satu orang, maka satu orang mengaktifkan sistem emergensi sedangkan lainnya menilai kondisi pasien. INGAT ! Dalam menolong pasien tidak sadar, kita tidak mungkin bekerja sendiri jadi harus meminta bantuan orang lain. Dalam meminta bantuan, penolong harus menginformasikan kepada petugas gawat darurat mengenai lokasi kejadian, penyebabnya, jumlah dan kondisi korban dan jenis pertolongan yang akan diberikan.
Spoiler for :



Quote:4. Lakukan perabaan nadi segera dalam waktu 10 detik. bisa dilakukan mengecek nadi arteri karotis. Nadi carotis dapat diraba dengan menggunakan 2 atau 3 jari menempel pada daerah kira-kira 2 cm dari garis tengah leher atau jakun pada sisi yang paling dekat dengan pemeriksa. Waktu yang tersedia untuk mengukur nadi carotis sekitar 5 – 10 detik, ingat arteri karotis (pada leher) bukan arteri ulnaris dan brakialis (pada tangan dan lengan)
Spoiler for :


Jika nadi tidak teraba segera lakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) dengan perbandingan kompresi dada (pijat jantung luar) 30 kali dan pernafasan buatan 2 kali. Kecepatan kompresi dada sedikitnya 100 kali/menit. Kompresi dada merupakan tindakan yang berirama berupa penekanan telapak tangan pada tulang sternum sepertiga bagian bawah dengan tujuan memompa jantung dari luar sehingga aliran darah terbentuk dan dapat mengalirkan oksigen ke otak dan jaringan tubuh. Usahakan mengurangi penghentian kompresi dada selama RJP, sebelum melakukan kompresi dada pastikan dasar/alas korban tidak lunak spreti kasur, tetapi keras seperti papan.

Penekanan pada tulang sternur (tulang tengah dada)
Spoiler for :


Untuk Memudahkan pengukuran, tepatnya 2-3 jari dari ulu hati
Spoiler for :


Posisi jari tangan saling mengaitkan, di mana tangan terkuat penolong berada di atas tangan yang lemah

Spoiler for :


Posisi penolong harus tegak lurus 90 derjat dari korban, lengan harus lurus, dan daya penekanan berpusat pada bahu

Spoiler for :


dalam penekanan/kompresi sedalam 1 1/2 sampai 2 inci, atau 3-5 cm, berhati hatilah menekan pada korban usia di atas 60, karena pada lansia terjadi kerapuhan tulang.

Spoiler for :


Quote:5. setelah melakukan kompresi selama 30 kali, periksa jalan nafas (air way) korban dengan cara melakukan teknik cros fingers, perhatikan, apakah ada benda asing seperti batu / biji buah dll, jika ada segera buang, bila berisi cairan sperti darah / liur, segera bersihkan dengan kain / tisu.

Spoiler for :


6. Setalah jalan nafas bersih maka buka jalan nafas korban dengan metode Head-tilt chin-lift. Tujuannya adalah untuk membuka jalan nafas korban yang tersumbat oleh lidah yang tertarik ke tenggorokan sehingga menutupi jalan nafas. Cara melakukan metode Head-tilt chin-lift yaitu :
• Letakkan telapak tangan Anda di dahi korban dan letakkan jari-jari tangan Anda yang lain dibawah dagu korban.
• Kemudian tekan dahi ke bawah sambil angkat dagu keatas sehingga kepala korban mendongak keatas dan mulut korban terbuka.

Spoiler for :

youtube-thumbnail


Tetap dengan posisi Head-tilt chin-lift Periksa pernafasan dengan menggunakan tehnik LLF (Look, Listen, Feel) dengan tetap mempertahankan terbukanya jalan nafas selama 10 detik
- Look : lihat pegerakan dada korban
- Listen : Dengarakan Suara nafas korban
- Fell : rasakan nafas korban yang berhembus ke pipi penolong

Spoiler for :






Quote:.Jika tidak ada pernafasan maka segera beri nafas buatan dua kali pernafasan, (breathing)
caranya :
• Pastikan jalan nafas korban masih dalan posisi terbuka dengan metode Head-tilt chin-lift sebelumnya.
• Tekan hidung korban untuk memastikan tidak ada udara yang bocor melalui hidung, ambil nafas dengan normal lalu tempelkan mulut serapat mungkin pada mulut korban dan tiupkan nafas Anda melalui mulut.
Bila dengan mulut ke mulut/hidung (sebaiknya menggunakan alas pelastik yang telah di beri lubang, agar penyakit menular yang mungkin terdapat pada korban tidak tertular pada penolong)

Spoiler for :


atau dengan menggunakan sungkup muka (tenaga kesehatan).
Spoiler for :


Satu kali pernafasan selama satu detik sampai dada korban tampak mengembang. Jika dada tidak mengembang kemungkinan pemberian nafas buatan tidak adekuat atau jalan nafas tersumbat.


Quote:7.Lakukan dengan perbandingan 30:2 yaitu 30 kompresi dada dan 2 kali napas bantuan,
1 siklus = 30:2
Spoiler for :


setiap 5 siklus periksa kembali nadi karotis pasien dan nafas pasien dalam waktu 5-10 detik dengan posisi tehnik LLF (Look, Listen, Feel)

Spoiler for :

tangan pada dagu bergeser sedikit untuk mengecek nadi karotis

jika nadi teraba, tetapi nafas spontan tidak ada, cukup lakukan nafas buatan saja.



Quote:Berhentinya di lakukan RJP bila
- ada respon dari pasien batuk/mengerang/sadar
- penolong sudah kelelahan
- datangnya bantuan dari medis
- korban telah menunjukkan tanda mati biologis
- lingkungan yang mengancam penolong


Quote:ingat ya gan, ini hanya bisa di lakukan pada korban yang di mana organ organ tubuh lain berfungsi, tetapi karena suatu kondisi, organ pernafasan dan jantung tiba2 berhenti, seperti pasien jantung, tenggelam, shok.

bukan pada pasien yang telah lama di rawat di rumah sakit, di mana organ-organ tubuh penting sudah rusak, seperti pasien kencing manis, gagal ginjal, penyakit hati, kanker, dll


Quote:Tread ini hanya membahas pertologan pada korban dewasa, pada bayi dan anak2 yang berbeda hanya pada cara kompresi dan siklus RJP, tunggu saja update selanjutnya

Quote:Video nya buat yang masih kurang paham
youtube-thumbnail


Komentar ane tentang video di atas, secara keseluruhan udah bagus,
hanya saja sebelum melakukan teknik head tilt chin lift, periksa dulu mulut korban, apakah ada sumbatan jalan nafas, sperti cairan ludah atau muntahan, takutnya klw langsung head tilt chin lift, cairan ludahnya malah masuk ke paru-paru.
AVPU = Cek respon pasien (Alert, Verbal, Pain, Unrespon)
SPGDT = Meminta Bantuan (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu)

Quote:Video update nya
youtube-thumbnail

Perhatikan Kecepatan Kompresi




Quote:maaf kalau masih berantakan, maklum masih newbie, jgn lupa:
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Sundul Upemoticon-Rate 5 Staremoticon-2 Jempol

Quote:Quote:UP DATE NYA GAN


Quote:Quote:JANGAN PINDAHKAN KORBAN KECELAKAAN TANPA PENGETAHUAN
Hal ini di karenakan pada korban kecelakaan / trauma, di khawatikan terjadinya patah tulang leher, di mana tulang leher terdapat batang otak dan merupakan tempat pengatur pernapasan, jika korban terjadi patah tulang leher dan di tolong oleh petugas tidak terlatih, maka di khawatikan akan menekan batang otak dan mengakibatkan kematian.
bukannya nolong malah ngebunuh emoticon-Sorry


Quote:Quote:TANDA-TANDA CURIGA PATAH TULANG LEHER
1.Trauma/luka Kepala dengan penurunan kesadaran
Spoiler for :


2. Terdapatnya Banyak Trauma (kaki patah, dada lebam, Kepala luka, tulang bahu patah)
Spoiler for :


3. Terdapat jejas/luka di atas bahu kearah kepala (letaknya kira-kira di sini gan)
Spoiler for :


4. Biomekanika trauma mendukung (kejadian kecelakaan mendukung)
Spoiler for :



Quote:Quote:PRINSIP EVAKUASI/MEMINDAHKAN KORBAN PATAH TUALANG LEHER
Jangan membuat gerakan pada daerah kepala, kekiri, kanan atas dan bawah (Immobilisasi)
Spoiler for :


Quote:Salah seorang penolong harus tetap menjaga bagian leher, dengan cara
- Kedua siku penolong mengapit Kepala korban
- Kedua tangan penolong memegang pundak korban

Spoiler for :



Quote:Quote:TANDA SUMBATAN JALAN NAFAS & PENANGANANNYA
Tanda-tanda adanya sumbatan (ditandai adanya suara nafas tambahan) :
- Mendengkur(snoring), berasal dari sumbatan pangkal lidah. Cara mengatasi : chin lift, jaw thrust,
- Berkumur (gargling), penyebab : ada cairan di daerah mulut. Cara mengatasi : finger sweep, pengisapan/suction.

Cara Membersihkan jalan nafas
Periksa mulut korban dengan melakukan teknik cros fingers (ibu jari dan jari telunjuk yang disilangkan dan menekan gigi atas dan bawah.) perhatikan, apakah ada benda asing seperti batu / biji buah dll, jika ada segera buang, bila berisi cairan sperti darah / liur, segera bersihkan dengan kain / tisu .

Jika terdapat cairan liur / muntah gunakan TeknikSapuan jari (finger sweep)
caranya :
- Miringkan kepala pasien (kecuali pada dugaan fraktur tulang leher) kemudian buka mulut dengan jaw thrust dan tekan dagu ke bawah bila otot rahang lemas (maneuver emaresi)
- Gunakan 2 jari (jari telunjuk dan jari tengah) yang bersih atau dibungkus dengan sarung tangan/kassa/kain untuk membersihkan rongga mulut dengan gerakan menyapu.
Spoiler for :




Quote:Quote:PENGELOLAAN JALAN NAFAS (AIRWAY MANAGEMENT)
Gunakan salah satu teknik Head-tilt chin-lift atau jaw trusht

Head-tilt chin-lift
Caranya :
• Letakkan telapak tangan Anda di dahi korban dan letakkan jari-jari tangan Anda yang lain dibawah dagu korban.
• Kemudian tekan dahi ke bawah sambil angkat dagu keatas sehingga kepala korban mendongak keatas dan mulut korban terbuka.

Spoiler for :


Jaw thrust maneuver (tindakan mengangkat sudut rahang bawah)
Caranya :
- Berlutut disisi atas kepala korban, letakkan kedua siku penolong sejajar dengan posisi korban, kedua tangan memegang sisi kepala.
- Kedua sisi rahang bawah dipegang (jika korban anak atau bayi gunakan dua atau tiga jari pada sisi rahang bawah).
- Gunakan kedua tangan untuk menggerakkan rahang bawah ke posisi depan secara perlahan. Gerakan ini mendorong lidah ke atas sehingga jalan nafas terbuka.
- Pertahankan posisi mulut korban tetap terbuka
Spoiler for :


youtube-thumbnail


Pada Pasien Trauma/Kecelakaan Yang di Curigai Patah Tulang leher Jangan GunakanTeknik Head-tilt chin-lift, tapi gunakan lah teknik Jaw thrust maneuver
Spoiler for :




Quote:Quote:BANTUAN NAFAS (BREATHING SUPPORT)

Bila Agan Menggunakan cara mulut ke mulut sebaiknya menggunakan alas plastik, atau agan bisa beli di toko kesehatan CPR Barrier Face Shield
Spoiler for :



Quote:Quote:BANTUAN PEREDARAN DARAH (CIRCULATORY SUPPORT)

Untuk 1 orang penolong siklus nya 30 : 2
Spoiler for :


Untuk 2 orang penolong siklus nya 15 : 2
Spoiler for :


Pada Anak-Anak Gunakan Satu Tangan, Tangan Yang Melakukan Kompresi Tetap Lurus
Spoiler for :


Pada Bayi baru lahir Gunakan 3 Jari (dengan siklus 3:1)
Spoiler for :



Quote:Quote:POSISI PEMULIHAN (RECOVERY POSITION)

Di lakukan POSISI PEMULIHAN (RECOVERY POSITION)
- Adanya respon korban (batuk/mengerang/bicara)
- Penolong Kelelahan dan Ingin Mencari Bantuan
- Penolong Tidak Mengerti cara Melakukan RJP/CPR

Keadaan tidak boleh di lakukan POSISI PEMULIHAN (RECOVERY POSITION)
- korban patah tulang
- korban kecelakaan

Caranya :
1. Letakkan lengan kiri penderita di atas kepalanya, lalu silangkan tungkai kanan penderita di atas tungkai kiri.
2. Jaga bagian wajah penderita dan raihlah bahu kanannya.
3. balikkan penderita ke arah penolong lalu letakan tangan kanannya di bawah bagian muka. Bila mungkin balikan tubuh secara bersama-sama jangan sampai penderita menjadi terpuntir.
4. Tekuk bagian lutut tungkai yang berada disebelah atas.

Spoiler for :


youtube-thumbnail

perhatikan kecepatan rjpnya gan



Kaskuskes Baik Akan Meninggalkan Jejak.
Menerima
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Sundulemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-2 Jempol


Quote:Mampir di thread ane selanjutnya gan
insyaallah bermutu
Jenis-Jenis Keracunan dan Penanganannya
mantap gan infonya.emoticon-Matabelo

wajib di bookmark nih.emoticon-Matabelo

kita gak pernah tau saat-saat seperti ini terjadi. ada baiknya pengetahuan tentang hal seperti ini diketahui.

thanks gan threadnya.
agan udah bisa membantu mencegah kematian seseorang dengan thread agan ini. emoticon-Angkat Beer
mantap neh infonya..
tpi bahasa di buat lebih simple gan, biar gmpang di mengerti...


mampir gan
http://m.kaskus.co.id/thread/5357801...m-ada-obat-nya
simpen dulu lah, nice thread gan, ane sumpahin lu jadi HT!!
ijin bukmak emoticon-Angkat Beer


Quote:Selamatkan Nyawa, Dalam 10 Menit Pertama KematianSelamatkan Nyawa, Dalam 10 Menit Pertama Kematian
setrum raket listrik aja gan nyang buat nyamuk itu...dijamin langsung on emoticon-Ngakak
Quote:KOMEN DAN PERTANYAAN KASKUSER
Bingung mau di letakin di mana jadi ane letakin di sini aj, maaf kalau berantakanQuote:Original Posted By intkaza
setrum raket listrik aja gan nyang buat nyamuk itu...dijamin langsung on emoticon-Ngakak

sebenarnya ada sih gan yang bisa di bawa kemana mana automated external defibrillator (AED), biasa nya teletak di pesawat terbang, dan yang menggunakannya cuma orang terlatih,

Quote:Original Posted By yande ajus
Kalo pada penyembuhan tradisional cara untuk menyadarkan pasien yang tidak sadar malah lebih gampang.
1. Bila ada korek kayu, ujung bulatnya arahkan ke bawah hidung, tekan dengan kuat kemudian dengan dilepaskan dengan gerakan mencungkil ke arah mulut. Bila tidak ada korek bisa menggunakan jari telunjuk namun diusahakan tidak berkuku panjang karena dapat melukai kulit pasien.
2. Cara lebih cepat dengan menggunakan jarum akupuntur, jangankan pasien yang pingsan, pasien kesurupan juga bakalan sadar bila distimulasi pada titik tersebut.
3. Cara lainnya adalah dengan menstimulasi area adrenal pada telapak kaki dengan menggunakan teknik refleksi. Bila pas kena area yang benar pasti akan terbangun.
4. Jangan pernah memindahkan pasien yang pingsan akibat terjatuh. Hal tersebut justru akan menimbulkan trauma pada pembuluh darah ke otak, dan tidak jarang akan menyebabkan kondisi layaknya serangan stroke. Diupayakan agar sadar terlebih dahulu

Thanks gan..
Tapi tread ane bukan untuk nyadari orang pingsan, tapi menyelamatkan nyawa korban yang telah henti nafas dan henti jantung, biasanya kalau korban dah henti nafas dan henti jantung, masyarakat awam langsung bilang innalillah, padahal klw masih dalam 10 menit pertama, masih ada kesempatan kedua untuk di tolong


Quote:Original Posted By kltrs
om kenapa bikin 2 trit sih... gak di gabung jadi 1 aja...taruh di post 3 aja...
btw nanya donk...untuk korban pendarahan... (habis ditusuk dsb) katanya badan korban diselimutin...n kaki di posisikan lebih atas dari badan.....bnr gak tuh....

- ane masih newbie gan, 2 bln cm liatin ht, akirnya tertarik utk buat akun,.
- jodul udah salah gan, seharusnya di belakang judul ada kematian, liat aja agan di atas di sangkanya korban pingsan.
- pd pasien luka tusuk, klw benda yg di tusuk masih menempel di tubuh korban, biarkan aj, jgn di cabut,.
- liat2 jg gan, pendarahan di mn, klw kaki yg berdarah, ya kaki yg di angkat. Klw tngan yg berdarah ya tngannya di angkat, (diangkat lebih tinggi dari pd jantung)


Quote:Original Posted By todzzz
ane pernah liat video bagaimana melakukan CPR, kayaknya perlu ditamhan juga gan emoticon-Smilie

Kasih videonya gan..
Ane memakai AHA 2010 (yang terbaru).
Revisi oleh AHA entar 2015,. Revisi AHA tiap 5 tahun sekali.

Quote:Original Posted By rieanggrai
ane pernah nonton film gan, jadi udah ditolong pake nafas buatan belum
berhasil juga, akhirnya dadanya kayak ditusuk kecil gitu biar udara bisa
masuk ke paru2, pertolongan kaya gitu istilah medisnya disebut apa ya
gan? emoticon-Bingung (S) dan ada penjelasannya gak gan?

Itu pada kasus tension pneumothorax, di mana udara dapat masuk tapi tidak dapat keluar dari paru2, makanya paru2 nya ditusuk biar bisa keluar tuch udara dari paru2 (jangan di lakukan oleh orang awam).
klw dari penggambaran yang agan ceritain, sepertinya film nya mempunyai kesalahan, pasien tension pneumothorax udah pasti bisa bernafas, orang bisa bernafas udah pasti nadinya berdenyut, berarti tidak perlu di lakukan RJP/CPR


Quote:=ball.id;53664cb26507e79a388b4686]soal pelebaran pupil mata jelasin lagi gan saat disoroti senter gimana gimananya, ane belum ngeh
Praktekin aja ke orang lain langsung gan, senterin mata dari sudut mata luar ke tengah mata, dari A ke B, normalnya pupil akan mengecil, tapi klw pasien udah meninggal mata akan tetap melebar, lakukan pada pupil mata kiri dan kanan secara bergantian.
Selamatkan Nyawa, Dalam 10 Menit Pertama Kematian


Quote:Original Posted By terpaksangaskus
realitanya tidak semudah itu gan emoticon-Berduka (S)
ane beberapakali terpaksa men CPR orang karena udah mau die emoticon-Berduka (S)
syarat utama menolong orang lain saat darurat adalah : AMANKAN DIRI SENDIRI, TENANG DAN FOKUS
nah, masalahnya ini kaga ilmunya selain pengalaman gan.

gw udah teori bolakbalek tetep aja pas praktek keringet dingin, degdegan dan orang disekitar juga bikin nervous..
hasilnya ? beberapa teknik agak kurang tepat dan beberapa SOP sering ke skip.

bener banget gan, Prinsip dasar semua kerja 3A
Aman diri, Aman Lingkungan, Aman Pasien
kata AHA 2005 yang bisa melakukan RJP hanya tenaga terlatih, tapi setelah itu di revisi lagi oleh AHA 2010, Setiap orang boleh melakukan RJP, alasannya lebih baik berbuat sesuatu dari pada hanya diam.
jadi kesimpulan ane, apa aja yg bisa kita lakuin, lakuin aj, meski SOP nya belum sempurna.



Quote:Original Posted By R4itouYagami
Itu yg pernapasan buatan pakai plastik...apa plastiknya dilubangin sdkit dlu di tengah atau lngsung dipakai aja
jijik gan kalau ane byangin hrus ngasi napas buatan kontak lngsung

klw dpet plastik di t4 kejadian harus bersih dan di lubangin..
Tapi klw beli nya di alat kesehatan, lubangnya udah ada..
Perasaan jijik itu meningkatkan proteksi diri agan utk mencegah penyakit menular..



Quote:Original Posted By darkandsweet
Yooo gan thanks infonya.
Langkah nomor 3 dilakukan sebelum nomor 2.
Langkah nomor 5 itu dilakukan setelah cek respon.
Krn head tilt chin lift fungsinya untuk segera mempertahnkan airway (jalan napas).
Terus look, feel, listen, untuk lihat breathing (pernapasannya ada apa ga),

Langkah yg mudah dihapal :
A:airway
B:breathing
C:circulation

Tanda2 pernapasan sudah benar :
1.batuk2
2.muka memerah
3.dada kembang kempis


saran ane saat setiap memeriksa look, feel, listen, tangan yg di dekat dagu bergeser ke leher utk rasakan arteri karotis pd leher..
jd g buang waktu 5-10 detik rebes memeriksa kondisi pasien..

mudah menghapalnya emang sperti itu gan, abc, tp karena ada perubhan aha 2010 jd cab, maka ane nerangin cab..

urutannya menurut ane udah pas..
di cek dulu respon pasien, baru meminta bantuan..

saat menelofon rs terdekat jg lebih gampang utk menginformasi keadaan korban

Quote:Original Posted By megamorph


keburu koit korban nya gan..
ingat gan waktu kita cuma ada 10 menit.


cek respon 5-10 detik..
minta bantuan 5 detik..
masuk dech ke sillus rjp/cpr (cab/nafas buatan dan pompa jantung)..

klw 10 menit mah keburu, kecuali penolong baca tread/panduan dulu baru nolong, ia tidak keburu buat nolong..
intinya, kuasai tread ini
biar saat kejadian bs lngsung beraksi


Quote:Original Posted By takberkarep
nambahin gan,
waktu fase penekanan jantung / RJP, iramanya atau tempo tekanannya jgn berubah, jadi kalo pelan ya pelan terus atau kalo cepet ya cpet terus, dan di usahakan spt kata TS, mencapai 100x / menit

setiap 30x tekanan, tiupkan nafas 2x,

itu ilmu yg ane dapet waktu magang di RS
emoticon-Cool


siipp gan..
bner banget gan..
thank buat koreksinya.


Quote:Original Posted By putri..kodok
Buat all kaskuser.

Kalo sudah punya ilmu ini mohon dibagi2 ke sodara, tetangga, teman, pasangan dan lain2.
Karena biasanya yg pertama kali menemukan korban henti jantung, henti nafas, trauma/cidera kebanyakan masyarakat (first responder) kalo mereka nda paham cara menanganinya pertama kali disinilah kegagalan mempertahankan kehidupan dimulai.

Yg paling miris waktu itu ane jaga malam di ugd. Pas masih bulan puasa. Sekitar 2mgg yg lalu. Ada korban kecelakaan lalu lintas dengan biomekanik yg mendukung (menurut keterangan saksi mata) korban bapak2 naik motor nda ngebut tapi ditabrak dari belakang sama ababil ngebut n ugal2an. Terlempar sekitar 6-7meter dengan helm terlepas dan membetur bahu kanan duluan berikut menghantam kepala.
Saat dibawa ke ugd pasien hanya di gotong kaki tangannya sedangkan kepalanya dibiarkan tanpa sanggahan plus udah rhinorea (perdarahan dari idung).

Dalam hati ane "astaga...udah nih pasti nih"
eh iya bener ternyata setelah cek nafas. Udah ga bernafas. Tapi waktu itu nadi masih ada (cek nadi carotis)
Pasang neck collar. Cek saturasi. Kasi nrm. Liat hambatan nafas. Log roll. Penanganan shock. Hecting situasi. De el el de el el.
Skip skip. Pasiennya sih selamat setelah pembedahan n di icu 1 mgg. Syukur deh. Trus si ababil di polisikan. Ya iyalah ga ada sim, ga ada stnk, masi dibawah umur.
Dari pengalaman ini yg ane sayangkan keawaman masyarakat dalam menangani kejadian gawat darurat aja.
Kok ya korban udah hampir benyek gitu malah di emek2 bawa ke ugd...kesian lah tim ugdnya. Rempong bgt. Mana keluarga histeris pulak. Sangking nda ngertinya penolongan pertama pada kegawatdaruratan.

Semoga setelah baca trit ini para kaskuser tertarik buat ikut pelatihan pertolongan pertama pada kegawatdaruratan buat masyarakat awam atau tenaga medis (tenaga medis mah wajib)
Jadi kalo ada kasus2 begitu.. Korban bisa di tangani secara benar dan cepat.

Pageone please heheheheh
emoticon-Kiss


koment agan sangat bermanfaat dan memotivasi..
dan byak koment yg ingin ane letakin di page one..
tp utk dlm 1 bln ini belum bs, coz ane oll lewat hp..
maklum di kampung


Quote:Original Posted By ProVizard
wah trit keren ini
btw sampe berapa siklus gan?


setiap 5 siklus kita cek lagi nadi karotis korban (nadi leher)..
- tak ada nadi dan tak bernafas lnjutkan sampai kriteria berhenti yg ane smpaikan sblmnya
- ada nadi tak ada nafas, hentikan pompa jamtung cukup nafas buatan aj
- ada nafas, udah tentu ada nadi dan korban selamat


Quote:Original Posted By operz
ane juga pernah liat orang kejang kejang di jalan gan. dan ane bingung nolongnya gimnanaemoticon-Matabelo
thx gan infonya


cukup bersihkan jalan nafas nya gan, terutama perhatikan lidah korban, apakah jatuh ke belakang dan tidak tergigit, (airway)
kalau medis biasanya pakai alat opa (oro pharing airway)

Selamatkan Nyawa, Dalam 10 Menit Pertama Kematian

Quote:Original Posted By drreynard
Infonya mantap agan ramlis, cuma sedikit koreksi saja, Bantuan Hidup Dasar / Basic Life Support pada awam menurut konsensus dari American Heart Association (AHA) 2010, meniadakan adanya pemeriksaan nadi carotis. Jadi bila ada pasien tidak sadar yang tidak memberi respon dan tidak bernapas / bernapas tidak normal (napas pendek satu-satu), awam dapat langsung menyatakan sebagai kasus henti jantung henti nafas dan segera melakukan CPR. Kedua untuk bantuan 2x nafas setelah 30x pijatan tidak diperlukan metode LLF lagi, tapi langsung diberikan bantuan nafas. Saya juga tidak pernah mengajarkan metode ini, bahkan untuk evaluasi. Evaluasi tiap 2 menit selalu saya ajarkan untuk melihat respon dan gerakan dada. Tidak ada respon, tidak ada nafas, lanjut CPR, sesuai konsensus AHA untuk Bantuan Hidup Dasar Awam. emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


terimakasih koreksi nya gan, klw ane punya waktu akan ane letakin di page one..


Quote:Original Posted By esye36
ane mau tambahin gan: biar beat nya pas 100x/mnt bisa dipasin sama beat lagu Staying Alive ato ga Another One Bites the Dust


mau koreksi gan. kalo aed itu bukan buat pasien henti jantung karena fungsi aed itu buat menghentikan jantung, jd kalo dipake di pasien henti jantung ga ada gunanya



ane cerna dulu ya gan..
2 sertifikat ane mengatakan bahwa aed gunanya sama dengan defib yg ada di rs, hanya bedanya bisa di bawa ke mana2 dan ada petunjuk otomatis apa yg akan di lakukan..


Quote:Original Posted By vivamedika
nice thread gan emoticon-Big Grin memang ini kita harus tau dan belajar buat pertolongan pertama, tapi jangan lupa juga buat hubungin RS/kerabatnya atau kalau memungkinkan bawa ke RS. Karna CPR hanya pertolongan pertama. Lalu hati-hati juga jangan nekennya terlalu napsu nekennya nanti sternum korbannya bisa patah emoticon-Cape d... (S)

Terus ada satu artikel nih lumayan buat dibaca mengenai keefektifan CPR dalam pertolongan pertama:
http://news.msn.com/science-technolo...ision-portrays
Jadi ceritanya CPR ini gak selalu efektif, di artikel itu disebut dari 95000 kasus di Jepang cuman 2-3% yang bisa selamat. Gak kaya di acara tipi gitu selamat terus abis di CPR emoticon-Big Grin. Tapi ini bukan berarti CPR gak penting, CPR tetap menjadi sebuah pertolongan pertama yang esensial

Terus ada yang bilang juga ni kalau mau CPR biar ritme nekennya pas dan teratur sambil nyanyi lagunya bee gees yang stayin alive emoticon-Big Grin ane pas pertama tau ngakak banget judul lagunya juga bisa pas gitu staying alive, inget banget nih dulu ibu ane sering karokean lagu ini
sumber: http://www.nbcnews.com/id/27221281/n.../#.VAf50_mSzDE

Spoiler for Bee Gees - Stayin Alive:


once again, nice thread emoticon-Big Grin semoga teman-teman kaskuser bisa belajar dan melaksanakannya sewaktu-waktu


Quote:Original Posted By niceice
menurut ane TS udah bagus ngejelasinnya, tapi karena ane dokter. untuk orang awam masih kurang jelas karena masih banyak gap antara pengetahuan medis orang awam sama orang luat negeri. kayak perabaan arteri karotis, Head tilt- chin lift, dan penjelasan tentang cara menangani korban yang memiliki jejas pada cervical, masih perlu buat di jelaskan lagi. saran ane sih coba dipermudah lagi bahasanya... jadi gampang ditangkepnya. pake metode ABCD aja, atau sekarang udh ada yg baru CABD. jadi runut.. gitu.

semangat buat TS. ini TS nya sejawat apa gimana? hehe.


thank buat masukan nya,. ane perbaikinya pas udah aha 2015 aj ya, coz lagi susah luangkan waktu..


Quote:Original Posted By ElanMuach
Om, pelepasan ikat pinggang, dasi, sepatu, nggak om? Ane pernah nonton film ada adegan kayak gitu om. Katanya biar memperlancar peredaran darah. emoticon-cystg CMIIW.


itu untuk pasien pingsan gan, untuk pasien yang henti nafas dan henti jantung, langsung deh cab

Quote:Original Posted By kay97
Klo boleh ane nambain,gan,di guideline terbaru 2010,baik dari AHA,ERC, ataupun ILCOR,rekomendasinya adalah sebagai berikut:
Bila mendapatkan korban,pastikan korban sadar atau tidak,bila tidak sadar,call fir help alias panggil bantuan,kemudian evaluasi apakah bernafas atau tidak,dgn cara LLF seperti yg agan ceritakan,bila ternyata korban tidak sadar dan tidak bernafas,maka yg dilakukan adalah pijat jantung Tanpa meraba nadi carotis terlebih dahulu...lanjutkan dg nafas buatan 30:2 namun apabila penolong tdk mau atau tidak mampu melakukan nafas buatan,maka diperbolehkan pijat saja Saja tanpa pemberian nafas buatan,jd mmg guideline terbaru ini lbh memudahkan seseorang,yg awam sekalipun untuk dapat membantu korban dg henti jantung..
page 1 kalau boleh


ane cerna dulu gan, setahu ane kalau tak ada nafas harus raba nadi karotis dulu, kompresi gunanya kan mengembalikan fungsi jantung, klw jantung nya g bermasalah, kenapa harus di kompresi..??
kita saling mengkoreksi ya gan


Quote:Original Posted By gwnie
Berarti intinya klo korban kecelakaan ga usah dibantu yah gan,,

Hanya untuk org tepar yang ga ada bekas trauma nya...

Susah kyknya yg jaw lift... Salah2 malah kita yang jadi pembunuh...

Trus buat CPR nya klo korban mati keracunan jangan dikasi nafas buatan dong gan..?


mulut ke mulut ga boleh kasih nafas buatan pada pasien keracunan, yang tidak keracunan juga tidak boleh,


Quote:Original Posted By ara5
mantap neh infonya..
tpi bahasa di buat lebih simple gan, biar gmpang di mengerti...


mampir gan
http://m.kaskus.co.id/thread/5357801...m-ada-obat-nya


dari kuliah ampe sekarang itu masalah ane gan, kebanyak g' tau ane bahasa awam nya..

trit mantap gan calon ht nie
mantap gan
ane bisa praktekin nanti
kalau ada yang membutuhkan
Emergency rescue emoticon-2 Jempol standard penyelamatan nyawa yg harusnya diketahui oleh banyak orang... mantap gan infonya, sangat bermanfaat.
wah bermanfaat nih gan buat nolongin orang yg tenggelem emoticon-Big Grin
bagus gan trit nya, info nya jg bermanfaat
Kalo pada penyembuhan tradisional cara untuk menyadarkan pasien yang tidak sadar malah lebih gampang.

1. Bila ada korek kayu, ujung bulatnya arahkan ke bawah hidung, tekan dengan kuat kemudian dengan dilepaskan dengan gerakan mencungkil ke arah mulut. Bila tidak ada korek bisa menggunakan jari telunjuk namun diusahakan tidak berkuku panjang karena dapat melukai kulit pasien.

2. Cara lebih cepat dengan menggunakan jarum akupuntur, jangankan pasien yang pingsan, pasien kesurupan juga bakalan sadar bila distimulasi pada titik tersebut.

3. Cara lainnya adalah dengan menstimulasi area adrenal pada telapak kaki dengan menggunakan teknik refleksi. Bila pas kena area yang benar pasti akan terbangun.

4. Jangan pernah memindahkan pasien yang pingsan akibat terjatuh. Hal tersebut justru akan menimbulkan trauma pada pembuluh darah ke otak, dan tidak jarang akan menyebabkan kondisi layaknya serangan stroke. Diupayakan agar sadar terlebih dahulu
nice inpoh banget gan, thanks udah dikasih tau.
ane pengen banget jadi penolong kalo ada orang kek gitu gan, mau jadi pahlawan gitu emoticon-Matabeloemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By yande ajus
Kalo pada penyembuhan tradisional cara untuk menyadarkan pasien yang tidak sadar malah lebih gampang.

1. Bila ada korek kayu, ujung bulatnya arahkan ke bawah hidung, tekan dengan kuat kemudian dengan dilepaskan dengan gerakan mencungkil ke arah mulut. Bila tidak ada korek bisa menggunakan jari telunjuk namun diusahakan tidak berkuku panjang karena dapat melukai kulit pasien.

2. Cara lebih cepat dengan menggunakan jarum akupuntur, jangankan pasien yang pingsan, pasien kesurupan juga bakalan sadar bila distimulasi pada titik tersebut.

3. Cara lainnya adalah dengan menstimulasi area adrenal pada telapak kaki dengan menggunakan teknik refleksi. Bila pas kena area yang benar pasti akan terbangun.

4. Jangan pernah memindahkan pasien yang pingsan akibat terjatuh. Hal tersebut justru akan menimbulkan trauma pada pembuluh darah ke otak, dan tidak jarang akan menyebabkan kondisi layaknya serangan stroke. Diupayakan agar sadar terlebih dahulu


Thanks gan..
Tapi tread ane bukan untuk nyadari orang pingsan, tapi menyelamatkan nyawa korban yang telah henti nafas dan henti jantung, biasanya kalau korban dah henti nafas dan henti jantung, masyarakat awam langsung bilang innalillah, padahal klw masih dalam 10 menit pertama, masih ada kesempatan kedua untuk di tolong
ini trit harus HT nih....makasih gan inpoh nya...maap belum punya cendol...dirate aja ya....emoticon-2 Jempol
sip infonya gan
nais inpo nih emoticon-Toast